Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Menjadi Vegetarian Tidak Sesulit Itu Kok: Yuk Intip 7 Tips Menjadi Vegetarian yang Baik dari Bob the Koala!

Semoga bisa membantu selama proses menjadi vegetarian ya!

Bobobox.co.id — Menjadi seorang vegetarian untuk tidaklah mudah. Pasalnya, kamu dituntut untuk berhenti mengonsumsi makanan berbahan dasar daging yang cukup umum ditemukan.

Oleh karenanya, kamu membutuhkan tips menjadi vegetarian yang baik untuk bisa membantu dalam proses menjadi seorang vegetarian. Tips ini sendiri mencakup berbagai hal yang berkaitan dengan pola makan ini.

Dengan adanya tips menjadi vegetarian, Bob pun berharap tips-tips yang Bob akan sampaikan akan berguna. Bahkan, Bob harapkan bisa mempermudahmu saat menjadi seorang vegetarian nantinya.

Tak usah berlama-lama lagi, yuk, langsung saja intip 7 tips menjadi vegetarian yang baik dari Bob the Koala berikut ini. Semoga tips yang Bob sampaikan membantumu ya!

Ketahui Terlebih Dahulu Informasi Vegetarian

Tips menjadi vegetarian yang baik dari Bob the Koala adalah ketahuilah terlebih dahulu informasi mengenai vegetarian. Jika kamu benar-benar serius, tips menjadi vegetarian ini jarang sampai terlewatkan.

Menjadi seorang vegetarian sendiri nyatanya bukan hanya berarti tidak memakan makanan hewani dan hanya memakan buah-buahan dan sayur. Ada hal lain yang perlu dicermati untuk menjadi seorang vegetarian.

Misalkan saja, efektivitas untuk menjadi vegetarian akan lebih terasa jika kamu mengetahui tipe-tipe vegetarian. Tipe-tipe vegetarian di bawah ini bisa kamu pilih mana yang cocok untukmu.

  • Ovo vegetarian: tidak makan makanan hewani, kecuali telur.
  • Lacto vegetarian: tidak makan makanan hewani, kecuali susu dan produknya.
  • Lacto-ovo vegetarian: tidak makan makanan hewani, kecuali telur, susu, dan produknya.
  • Pesco vegetarian: makananhewani yang dimakan hanyalah ikan.
  • Pollo vegetarian: makanan hewani yang dimakan hanyalah daging unggas.

Jika kamu sudah mengetahui tipe vegetarian mana yang akan dipilih, kamu akhirnya bisa menentukan makanan apa yang bisa dikonsumsi dan wajib dihindari selama menjadi vegetarian.

tips menjadi vegetarian tahu tipe vegetarian
@taryn-elliott via pexels.com

Kurangi Makanan Hewani secara Perlahan

Setelah kamu mengetahui tipe vegetarian mana yang dipilih, tips menjadi vegetarian selanjutnya adalah kurangi makanan hewani secara perlahan. Hal ini berlaku bagi yang baru pertama kali ingin jadi vegetarian.

Tips yang satu ini sendiri sangat disarankan untuk kamu lakukan agar tubuhmu tidak mengalami shock dengan tidak mengonsumsi makanan hewani. Ada proses adaptasi yang dilakukan oleh tubuh.

Kamu bisa memulai dengan mengonsumsi makanan hewani tiga hari seminggu dengan hari lainnya untuk sayuran, kacang-kacangan, dan buah. Setelah dirasa pas, kurangi durasi tersebut.

Misalkan kamu boleh mengonsumsi daging dua minggu sekali dengan hanya setengah porsi. Kemudian, semakin dikurangi, hingga akhirnya kamu tidak mengonsumsi daging sama sekali nantinya.

@carlo-fuentelsaz-2179289 via pexels.com

Mencari Alternatif Makanan Hewani

Nah, jika tips menjadi vegetarian sebelumnya belum mampu menghilangkan kebiasaan mengonsumsi daging, tips selanjutnya bisa kamu aplikasikan. Caranya adalah dengan mengganti bahan alternatifnya.

Kamu bisa mencari tahu terlebih dahulu mengentai bahan makanan alternatif dari sumber nabati yang bisa mengganti produk hewani. Misalkan saja, susu sapi diganti dengan susu kedelai atau susu almon.

Selain yang Bob sudah sebutkan, sebenernya ada beberapa produk nabati pengganti produk hewani. Mulai dari tahu, tempe, kaldu dari sayuran, hingga kacang-kacangan seperti kedelai dan kacang mete.

Tips menjadi vegetarian ini mungkin akan relatif menyiksa pada awalnya. Namun, tidak ada salahnya untuk kamu mengaplikasikannya terlebih dahulu selama empat hingga lima minggu.

@pixabay via pexels.com

Tambah Porsi Makanan

Saat kamu beralih menjadi vegetarian, kemungkinan besar porsi makanmu akan relatif bertambah. Pasalnya, kebanyakan makanan yang dikonsumsi rendah energi sehingga membuat mudah cepat lapar.

Nah, menambah porsi makanmu merupakan tips menjadi vegetarian berikutnya. Walaupun kamu disarankan untuk menambah porsi makan, ada hal yang harus kamu perhatikan baik-baik.

Tambahan porsi makanmu harus dibarengi dengan makanan vegetarian yang mampu menjaga asupan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Jadi, tidak asal menambah porsi makanmu ya!

Beberapa bahan makanan seperti gandum, kacang-kacangan, dan sayuran seperti bayam dan brokoli wajib dikonsumsi. Selain itu, konsumsi suplemen untuk menambah nutrisi yang jarang ada di produk nabati.

@roman-odintsov via pexels.com

Berinovasi dalam Mengolah Menu Makanan

Sekarang ini, kamu tentu sudah bisa menemukan berbagai toko online yang menjual makanan khusus untuk vegetarian. Namun, hal tersebut belum tentu cocok untuk selera makanmu.

Oleh karenanya, kamu bisa mencoba untuk berinovasi dalam mengolah menu vegetarian yang kamu konsumsi setiap harinya. Hal ini untuk menghindarkanmu dari rasa bosan dalam mengonsumsi itu-itu saja.

Pertama-tama, kamu bisa menuliskan menu yang berbeda setiap harinya. Kamu bisa mengombinasikan antara buah dan sayuran pada hari pertama dan saus kacang untuk salad pada hari ketiga dan seterusnya.

Selain dengan memasak, seperti yang sudah Bob singgung, kamu bisa saja berlangganan ke toko makanan yang kamu rasa sesuai seleramu. Kombinasikan dengan makanan yang kamu masak agar tidak monoton.

@mediocrememories via pexels.com

Bergabung dengan Komunitas Vegetarian

Jika kamu masih merasa kebingungan dalam beberapa hal mengenai vegetarian, alangkah baiknya jika kamu bergabung dengan komunitas vegetarian. Tips menjadi vegetarian ini bakal menjadi banyak hal.

Kamu bisa mendapatkan berbagai informasi secara langsung dari orang-orang yang sudah menjadi vegetarian. Mulai dari resep makanan hingga tempat makan vegetarian bisa kamu dapat.

Tak hanya itu, kamu bisa bertanya soal tips menjadi vegetarian di komunitas tersebut. Bisa jadi, tips yang mereka ucapkan bisa manjur dan lebih applicable dengan situasimu sekarang kamu hadapi.

Bahkan, motivasi hingga dukungan moril yang instrumental bisa didapat juga di komunitas vegetarian. Mereka tahu kesulitan yang mungkin kamu alami selama proses menjadi vegetarian.

@bertellifotografia via pexels.com

Perkuat Niat untuk Menjadi Vegetarian

Tips menjadi vegetarian terakhir adalah perkuat niat untuk menjadi vegetarian. Hal satu ini harus datang dari dirimu sendiri. Kamu harus bisa menguatkan niatmu selama prosesnya.

Niat yang kuat akan memberimu energi tambahan untuk terus tegar dalam menjadi proses sebagai vegetarian. Kamu tidak akan mudah tergoda untuk menyerah begitu saja jika kamu memiliki niat yang kuat ini.

Pasalnya, kamu akan mendapatkan godaan saat kamu bersama keluarga atau teman-temanmu. Mereka bisa makan sesuka hati mereka sedangkan kamu hanya bisa memakan makanan vegetarian.

Salah satu cara untuk mendapatkan niat yang kuat adalah ingat kembali alasanmu untuk menjadi vegetarian. Tak hanya itu, kamu juga bisa membayangkan manfaat menjadi vegetarian agar niatmu semakin kuat.

@tirachard-kumtanom-112571 via pexels.com

Menginap dengan Harga Terjangkau? Bobobox Jawabannya

Mencari akomodasi penginapan dengan harga terjangkau memang sangatlah sulit. Namun, hal tersebut tidak akan terjadi lagi. Pasalnya, ada Bobobox yang menawarkan harga terjangkau dengan fasiltas yang tidak murahan.

Dengan begitu, kamu pun tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkan penginapan yang menawarkan kenyamanan yang serupa dengan hotel berbintang lima.

Pemesanan pod bisa kamu lakukan di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini dan virtual tour Bobobox melalui link ini.

bobobox hotel semarang

You might also like