Keluarga Cemara

Jangan Panik! Ini Dia Tips Menjadi Orang Tua Bahagia Tanpa Stres

Tips menjadi orang tua bahagia tanpa stres berikut ini sangat penting untuk kamu terapkan agar kamu bisa menikmati peran kamu sebagai orang tua dengan seutuhnya. Menjadi orang tua memang sangat menguras energi dan seringkali membuat seseorang menjadi stres. Jang stres, ini dia 10 tips untuk menjadi orangtua bahagia yang direkomendasikan oleh para ahli di bidang parenting.

1. Tips Menjadi Orang Tua Bahagia Tanpa Stres: Terhubung Dengan Anak

Tips yang pertama adalah untuk menjalin hubungan dekat dengan sang anak. Kamu bisa coba membacakan dongeng sebelum anak tidur atau sesederhana sesi mengobrol sebentar setelah makan malam. Pastikan kegiatan ini menjadi sebuah rutinitas yang walaupun singkat namun tetap berkualitas.

2. Tips Menjadi Orang Tua Bahagia Tanpa Stres: Mengerjakan Lebih Awal

Tips yang kedua adalah menghindari menunda pekerjaan dan coba mengerjakan lebih awal. Sebagai orangtua kamu mungkin sering merasa tertekan atau stres. Hal ini sangat wajar terjadi karena ada banyak hal yang harus kamu kerjakan dalam waktu bersamaan.

Saat ini terjadi kamu mungkin tanpa sengaja membentak anak. Untuk menghindari hal ini terjadi cobalah untuk mengerjakan hal lebih awal dari jam yang ditentukan seperti menyiapkan keperluan sekolah di malam hari sebelum tidur.

3. Tips Menjadi Orang Tua Bahagia Tanpa Stres: Berhenti Membentak atau Berteriak

Tips Menjadi Orang Tua Bahagia Tanpa Stres

Seperti yang disebutkan di atas kebiasaan membentak dan berteriak bukanlah sebuah tindakan yang bijak. Hal ini dikarenakan kebiasaan ini dapat meninggalkan trauma pada anak. Tak hanya itu, para orang tua juga seringkali merasa bersalah setelah ia berteriak pada anak. Agar hal ini tak terjadi kamu bisa membuat daftar hal yang bisa kamu lakukan untuk mengalihkan perhatian agar tidak berteriak pada anak seperti menarik napas dalam-dalam atau berjalan keluar ruangan.

4. Tips Menjadi Orang Tua Bahagia Tanpa Stres: Jangan Terlalu Keras Pada Diri Sendiri

Menjadi orang tua seringkali membuat kamu merasa harus sempurna dalam mengurus anak. Faktanya kesempurnaan hanyalah milik Tuhan dan melakukan kesaahan merupakan hal yang wajar terjadi oleh karena itu janganlah terlalu keras pada diri sendiri. Coba untuk lihat sisi positif dari kesalahan yang telah terjadi dan hentikan terus menerus menyalahkan diri sendiri.

Baca Juga: 9 Manfaat Memeluk Anak Bagi Kesehatan Fisik dan Mental Anak

5. Tips Menjadi Orang Tua Bahagia Tanpa Stres: Hilangkan Rasa Bersalah

Menyalahkan diri sendiri atas sesuatu yang terjadi sebagai orang tua hanya akan meningkatkan stres dan membuat kamu menjadi sulit untuk bahagia. Daripada berjibaku dengan pikiran “seandainya dan seharusnya”, sebaiknya kamu coba untuk menerima dengan ikhlas apapun situasi yang sedang kamu hadapi meskipun nyatanya memang berat.

Ambillah waku yang cukup untuk kamu mencerna semua emosi yang ada. Jadikan semua pelajaran dan tetap semangat untuk menjadi orang tua yang lebih baik.

6. Tips Menjadi Orang Tua Bahagia Tanpa Stres: Kenali Tingkat Stres

Cobalah ambil waktu bagi kamu untuk mengenal diri sendiri mulai dari mengenal tingkat stres. Kamu bisa coba duduk  sejenak untuk merenung dan memikirkan seberapa banyak hal yang kamu lalui hari ini,. Hal ini dapat membantu kamu dalam mengenali berapa tingkat stres yang terjadi saat menghadapinya. Hal ini akan membantu kamu untuk mengetahui cara dan kegiatan untuk menurunkan tingkat stres tersebut sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kamu.

7. Tips Menjadi Orang Tua Bahagia Tanpa Stres: Bersyukur

Sudah mencoba beberapa tips di atas tapi lupa untuk selalu bersyukur? Bersyukur merupakan kunci meraih kebahagian. Seringkali kita terlalu fokus mengejar sesuatu yang sulit untuk kita raih dan terlupa akan berbagai nikmat yang kita miliki.

Faktanya ada banyak sekali hal kecil yang kamu miliki agar selalu bisa berpikir positif seperti fakta bahwa anak tumbuh sehat dan jarang sakit. Jangan lupa juga bersyukur bahwa kita masih diberi rejeki yang cukup untuk memenuhi kebutuhan anak.

8. Tips Menjadi Orang Tua Bahagia Tanpa Stres: Mengurangi Kegiatan Tambahan

Banyaknya kegiatan yang harus kamu kerjakan tentu berkontribusi pada stres yang kamu alami sebagai orang tua. Cobalah untuk mengurangi kegiatan tambahan dan mulai perhatikan skala prioritas. Pilih mana saja kegiatan yang paling penting bagi kamu agar terhindar dari menumpuknya daftar kegiatan yang bisa membuat waktu kamu dengan keluarga berkurang.

9. Tips Menjadi Orang Tua Bahagia Tanpa Stres: Melakukan Hal yang disukai

Saat menjadi orang tua kamu mungkin terlalu fokus mengurus anak dan pekerjaan lainnya sehingga lupa membahagiakan diri sendiri. Cobalah untuk mengurangi stres dengan melakukan hal yang disukai seperti belanja atau liburan ke tempat yang menyenangkan. Jangan lupa untuk memastikan budget rumah tangga tidak akan terganggu dengan pengeluaran tersebut.

10. Tips Menjadi Orang Tua Bahagia Tanpa Stres: Luangkan Waktu Bersama Pasangan

rekomendasi film keluarga

Photo by Phillip Goldsberry on Unsplash

Tips yang terakhir adalah jangan lupakan menghabiskan waktu bersama pasangan. Untuk menjadi orang tua yang bahagia kamu harus memiliki hubungan baik dengan suami/istri. Oleh karena itulah penting bagi kamu untuk coba meluangkan waktu berdua bersama pasangan. Kamu bisa mengagendakan kencan berdua secara rutin atau sekedar mengobrol santai sebentar saat malam setelah anak pergi tidur.

Saat menghabiskan waktu bersama pasangan, kalian berdua bisa bicara dari hati ke hati, saling mengoreksi, serta berbagi pandangan tentang cara mengasuh anak. Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi perkembangan mental anak yang juga berdampak pada pengurangan tingkat stres yang kemungkinan dialami orang tua. Kesimpulannya? Orang tua dan anak sama-sama bahagia tanpa stres!

Baca Juga: Khusus Untuk Para Orangtua! Ini Dia Rekomendasi Game Anak-Anak Terbaik Untuk Pembelajaran Versi Bob

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandung

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain pengalaman menginap di Bobobox Gunung Mas, yuk! Menginap di Bobobox bisa jadi sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota. Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles