Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Tips yang Bisa Kamu Coba Untuk Meningkatkan Produktivitas

Jangan lupa terapkan tipsnya ya!

Setiap orang ingin hari-harinya bisa terus produktif. Tentu saja itu bukanlah hal yang mustahil. Ada banyak tips yang bisa kamu coba agar tetap produktif. Setiap orang pastinya memiliki tips yang berbeda untuk dirinya sendiri. Akan tetapi, beberapa tips yang akan Bob kasih tahu berikut ini bisa kamu coba sebagai permulaan. Simak terus di sini ya!

Tips 1: Jangan menunda-nunda

tips
Photo by¬†Hello I’m Nik ūüćƬ†on¬†Unsplash

Musuh terbesar produktivitas adalah penundaan. Tim Urban, penulis blog berjudul “Wait But Why”, setiap orang memiliki kecenderungan untuk menunda-nunda pekerjaan. Kamu bisa merencanakan banyak hal yang akan kamu kerjakan dalam satu hari dan berujung hanya berbaring di kasur sambil menonton film.

Urgensi untuk menyelesaikan pekerjaan biasanya tidak muncul hingga tiba di detik-detik terakhir sehingga mengakibatkan pekerjaan tidak selesai dengan baik akibat deadline. Oleh karena itu, tips pertama adalah untuk menyadari bahwa ada dua sisi dalam diri kita itu penting, sisi rasional dan sisi nafsu.

Sisi rasional ingin menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan tepat waktu sedangkan sisi nafsu hanya ingin bersantai dan melakukan hal-hal yang mudah. Jika kamu sudah memahami cara kedua sisi tersebut bekerja, kamu akan bisa lebih produktif dan fokus dalam menyelesaikan pekerjaan.

Tips 2: Lakukan hal satu per satu

tips
Photo by Prateek Katyal on Unsplash

Terkadang kita hanya ingin segudang target dan pekerjaan yang kita miliki segera selesai. Akan tetapi kamu bukanlah manusia super. Kamu tidak bisa menyelesaikan pekerjaan yang membutuhkan waktu satu bulan dalam satu minggu. Kalaupun bisa, hasilnya cenderung akan kurang baik.

Oleh karena itu, membuat kurikulum pribadi tentang perencanaan pekerjaan sangat membantu. Tips berikutnya adalah capai targetmu dengan melakukannya satu per satu. Jika satu pekerjaan sudah selesai, kerjakan hal yang lain, dan begitu seterusnya. Dengan demikian, kamu bisa fokus dan tidak memikirkan hal lain yang belum selesai.

8 Cara Ampuh Agar Kamu Selalu Produktif Saat Bekerja

Tips 3: Buat daftar pekerjaan

tips
Photo by Cathryn Lavery on Unsplash

Jangan hanya membayangkan rincian pekerjaan yang harus kamu selesaikan. Membuat daftar mengenai target kamu adalah hal yang penting. Bukan hanya daftar membantu kamu dalam melacak progres produktivitas kamu, tips ini juga mampu memberikan kesan urgensi.

Jika satu pekerjaan sudah selesai, beri tanda ceklis dan begitu hingga pekerjaanmu selesai. Perasaan yang akan kamu dapat ketika melihat daftar pekerjaanmu selesai dengan baik tidaklah tergantikan. Kamu akan jadi lebih semangat dan percaya bahwa kamu bisa menjadi produktif.

Tips 4: Mulai dari hal-hal kecil

tips
Photo by Prateek Katyal on Unsplash

Ada tips two-minute rule (aturan dua menit) yang diperkenalkan oleh David Allen dalam bukunya “Getting Things Done”. Inti dari tips ini adalah bagaimana kamu memulai hal-hal yang bisa diselesaikan dengan cepat.

Pekerjaan seperti membereskan kamar, mencuci pakaian, membalas surel, dan hal-hal yang terlihat sederhana lainnya bisa menjadi bumerang jika kamu tunda. Kamu akan melihat hasilnya setelah kamu mencoba tips aturan dua menit ini.

Model manajemen waktu ini bisa meningkatkan produktivitas kamu karena mengurangi menunda-nunda pekerjaan dan membuat kamu menyelesaikan lebih banyak pekerjaan.

Tips 5: Luangkan waktu untuk beristirahat

tips
Photo by Drew Coffman on Unsplash

Menjadi produktif bukan soal kerja keras namun kerja cerdas. Meskipun kamu tidak boleh menunda-nunda pekerjaan, kamu harus tahu kapan waktunya beristirahat.

Tips berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah menentukan kapan kamu harus berhenti. Untuk bisa tetap menghasilkan, tubuhmu juga butuh istirahat.

Jangan biarkan dengan dalih ingin menjadi produktif kamu malah jadi tidak produktif. Setelah, mengambil cukup istirahat otakmu akan kembali segar dan bisa kembali menjalani hari-hari yang produktif.

Jika kamu bekerja di depan komputer, beristirahatlah sejenak dari layar dan lihat sesuatu yang menyegarkan seperti bunga, pohon-pohon, dan langit. Waktu tidur juga menjadi hal yang penting. Usahakan tidur siang tidak lebih dari 30 menit dan cukupi waktu tidur tujuh hingga sembilan jam per hari.

Tips 6: Cari lingkungan yang mendukung

tips
Photo by Mika Baumeister on Unsplash

Meskipun semua tips di atas sudah kamu lakukan, kamu tidak akan betah menyelesaikan pekerjaan kamu jika lingkungannya tidak mendukung. Jika kamu bekerja di rumah, kamu tidak perlu melakukan dekorasi besar-besaran. Buat ruang kerjamu senyaman mungkin hingga kamu betah berlama-lama di sana.

Nah, jika kamu bosan, kamu bisa coba mencari tempat lain untuk bekerja. Di Indonesia sendiri sudah banyak coworking space dan kafe yang mengakomodasi kebutuhan ini. Kamu hanya perlu mencari mana yang cocok dengan kepribadian dan gaya bekerja kamu.

Coworking Space; Solusi Bekerja Produktif Dan Fun!

Tips 7: Jauhkan distraksi

tips
Photo by freestocks on Unsplash

Di era digital ini, hiburan lebih mudah diakses sehingga peluang kamu untuk terdistraksi sangatlah besar. Semuanya ada di genggaman tangan bahkan bersatu dengan alat untuk kamu bekerja. Jika laptop merupakan gawai utama kamu untuk bekerja, di sana jugalah kamu akan menemukan hiburan.

Kamu bisa melakukan berbagai hal seperti memblokir sementara situs-situs hiburan atau meng-uninstall permainan-permainan sebagai tips untuk tetap produktif. Jauhi juga mengecek media sosial di telepon genggam kamu karena tanpa sadar kamu bisa menghabiskan berjam-jam menatap telepon genggam.

Sudah siap untuk produktif?

Pada dasarnya, produktivitas adalah kemampuan seseorang untuk mengubah usaha mereka menjadi sesuatu yang berguna. Waktu dan tenaga yang dikeluarkan harus menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya dan juga orang lain.

Nah, untuk meningkatkan produktivitas jangan lupa terapkan tips-tips di atas ya supaya kamu target dan cita-cita kamu bisa tercapai. Pada awalnya mungkin akan terlihat sulit namun setelah dijalani Bob jamin kamu pasti bisa kok. Gimana, sudah siap untuk lebih produktif hari ini? Tetap semangat dalam berkarya ya!

Bobobox, hotel kapsul pilihan kamu

Bobobox Pods Alun-Alun; Hotel Dekat Alun Alun Bandung

Bobobox adalah hotel kapsul yang modern dan unik. Desain kamarnya futuristik dan teknologi yang digunakan pun canggih. Di Bobobox, kamu akan tidur di atas kasur berukuran king size yang empuk dan nyaman. Ada dua jenis kamar yang bisa kamu pilih saat menginap di Bobobox, yaitu earth dan sky.

Di hotel kapsul ini juga ada ruang komunal yang bisa kamu gunakan untuk nongkrong lho. Karena tema yang diusung adalah travel more, jadi kamu bisa bertemu rekan sesama traveler dan bertukar cerita.

Kalau soal kamar kamu bisa memesannya melalui situs resmi atau aplikasi Bobobox. Selain untuk memesan kamar, aplikasi ini juga memiliki fungsi sebagai kunci kamar yang menggunakan sistem QR code dan juga pengatur lampu led. Selain itu, buang jauh-jauh kesan sempit saat kamu mendengar hotel kapsul.

Jadi, tunggu apa lagi? Isi liburan kamu kali ini dengan menginap di Bobobox!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.