ekor kucing

Kucingmu Baru Melahirkan? Simak Tips Mengurus Kitten Berikut!

Tips mengurus kitten berikut ini sangat penting untuk dilakukan dan diperhatikan agar anak kucing dapat tumbuh menjadi kucing yang sehat dan juga bahagia. Apa saja tips mengurus kitten yang perlu kamu coba lakukan? Berikut adalah informasinya!

1. Tips Mengurus Kitten: Menyiapkan Tempat yang Nyaman

Siapkan tempat yang nyaman dan aman bagi anak kucing maupun induknya untuk menetap. Kamu bisa memberikan lampu di kandangnya agar kucing hangat jika diperlukan.

2. Tips Mengurus Kitten: Jangan Tinggalkan Sendirian

Anak kucing membutuhkan perhatian ekstra karena mereka tidak berdaya. Biasanya, induk kucing akan melahirkan beberapa ekor anak kucing yang menggemaskan. Sayangnya, tidak semua orang bisa memeliharanya sekaligus. Namun, jika kamu memutuskan untuk memeliharanya semua, pastikan mereka berada pada satu tempat. Tujuannya adalah agar mereka tetap merasa hangat dan nyaman, meskipun tanpa kehadiran induknya.

3. Tips Mengurus Kitten: Memberikan Susu yang Tepat

Tips Mengurus Kitten

Sumber makanan utama anak kucing adalah air susu. Pastikan induk kucing memenuhi kebutuhan air susu anaknya. Jika induk kucing tidak dapat menyususi anaknya dengan baik atau jika anak kucing tak memiliki induk pastikan untuk memberinya susu formula. Pilihlah susu dengan formula khusus yang biasanya bisa diperoleh pada toko hewan terpercaya.

Hindari memberikan susu sapi atau cairan yang mengandung gula karena jenis kalsium yang mengandung laktosa tidak cocok untuk anak kucing.

4. Tips Mengurus Kitten: Membantu Kucing untuk Bersendawa

Tak hanya bayi manusia, anak kucing juga bisa merasa kembung karena yang menumpuk setelah diberikan susu. Kamu bisa menepuk punggungnya beberapa kali secara perlahan agar gas di dalam tubuhnya bisa keluar secara maksimal.

Baca Juga: Pemilik Anabul Jangan Sampai Gak Tau. Ini Dia 7 Ciri-Ciri Kucing Sakit Wajib Diketahui

5. Tips Mengurus Kitten: Membuat Jadwal Pemberian Susu

Jika kamu merawat anak kucing yang tidak ada induknya maka kamu harus dengan sabar memberikan anak kucing air susu formula dengan cara yang tepat. Berikut ini adalah panduannnya:

  • Anak kucing usia 0-1 minggu dengan berat 50-150 gram bisa diberikan 2-6 ml susu formula setiap 2 jam.
  • Anak kucing usia 1-2 minggu dengan berat sekitar 150-250 gram bisa diberikan 6-10 ml susu setiap 2-3 jam.
  • Anak kucing usia 2-3 minggu dengan berat 250-350 gram bisa diberikan 10-14 ml susu formula setiap 3-4 jam
  • Anak kucing usia 3-4 minggu dengan berat 350-450 gram bisa diberikan 14-18 ml susu formula setiap 4-5 jam.
  • Anak kucing usia 4-5 minggu dengan berat 450-550 gram bisa diberikan 18-22 ml susu formula setiap 5-6 jam.
  • Anak kucing usia 5-8 minggu dengan berat 550-850 gram bisa diberikan makanan padat basah khusus setiap 6 jam.

6. Tips Mengurus Kitten: Melakukan Grooming Secara Rutin

Tips Mengurus Kitten

Tabby cat lying in her owner’s lap and enjoying while being brushed and combed. Selective focus

Biasanya, anak kucing yang memiliki induk akan bersih dengan cara dijilati oleh induknya. Namun, karena tidak mempunyai induk, maka kamu harus berperan sebagai ibu mereka. Salah satu caranya adalah melakukan grooming dengan menggunakan sisir, lap atau kain. Hindari untuk memandikan kucing saat masih bayi, karena akan berdampak buruk bagi kesehatan mereka.

7. Tips Mengurus Kitten: Menjauhkan dari Kucing Dewasa

Kucing dewasa bisa saja menjadi ancaman bagi anak kucing karena kucing dewasa bisa saja terlalu kasar pada anak kucing. Meskipun bisa saja tidak berbahaya sebaiknya pisahkan mereka terlebih dahulu sampai mereka mencapai usia yang cukup. Jika anak kucing dan kucing dewasa terlihat akur maka hal ini tidak menjadi masalah.

8. Tips Mengurus Kitten: Menyediakan Litter Box

Latih anak kucing untuk dapat buang air kecil dan buang air besar pada tempatnya. Oleh karena itu siapkanlah litter box atau kotak pasir yang bersih dan nyaman. Simpan di tempat yang mudah dijangkau oleh anak kucing, tidak terlalu jauh maupun tidak terlalu tinggi. Anak kucing biasanya akan memiliki instingnya tersendiri untuk buang air kecil dan besar di kotak pasir.

9. Tips Mengurus Kitten: Memberikan Vaksin Kepada Anak Kucing

Penting bagi anak kucing untuk mendapatkan vaksin agr tidak mudah terserang penyakit. Vaksin tersebut akan membantu mencegah resiko penyakit atau virus yang mungkin menyerang kapan saja. Umumnya anak kucing dapat mendapatkan vaksin ketika sudah berusia 6-8 minggu hingga usia mereka sekitar 16 minggu.

10. Tips Mengurus Kitten: Membawa Anak Kucing ke Dokter Hewan

Saat anak kucing terlihat sakit dan lesu maka jangan ragu untuk segera membawanya ke dokter hewan. Hal ini bisa terjadi karena mereka mengalami suatu penyakit. Dengan membawa kucing ke dokter hewan segera maka kamu bisa mencegah timbulnya berbagai risiko penyakit dan mengetahui lebih awal kondisi kucing tersebut.

11. Tips Mengurus Kitten: Check Up Secara Rutin

Tips Mengurus Kitten

Lakukan cek up rutin untuk memastikan kesehatan anak kucing. Berikut adalah hal-hal yang perlu kamu perhatikan secara berkala:

  • Cek berat badan apakah ada timbunan lemak pada pinggul, pangkal paha, atau bawah perut.
  • Perhatikan kulit dibalik bulu untuk menghindari penyakit tersembunyi, seperti kulit berkerak, terluka atau mengelupas.
  • Periksa bagian bokong, ekor, dan perut untuk menghindari adanya kutu-kutu yang menempel.
  • Periksa kesehatan mata agar tidak terkena infeksi mata pada kucing.
  • Perhatikan kesehatan telinga anak kucing.
  • Cek kesehatan gigi maupun gusi anak kucing.
  • Cek jika ada tonjolan atau luka pada bagian kaki dan cakar.

Baca Juga: Kecil-Kecil Cabe Rawit, Yuk Lihat Fakta Kucing Sand Cat, Saudara Anabul Kamu!

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Bobocabin by Bobobox Indonesia

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain pengalaman menginap di Bobobox Gunung Mas, yuk! Menginap di Bobobox bisa jadi sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota. Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles