Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Takut Kadar Kolesterol Naik? Ini Tips Mengontrol Kolesterol Saat Idul Adha

Rips mengontrol kolesterol saat Idul Adha ini bantu kamu tetap sehat.

Tips mengontrol kolesterol saat Idul Adha ini akan sangat membantu kamu dalam menjaga kesehatan kamu selama dan setelah hari raya Idul Adha. Umumnya saat dan setelah perayaan hari raya Idul Adha kamu akan mengonsumsi daging merah seperti daging kambing dan sapi dengan berbagai olahan sebagai menu sarapan, makan siang, bahkan juga makan malam. Kebiasaan ini tanpa disadari akan membuat kadar kolesterol kamu meningkat.

Apa yang akan terjadi jika kadar kolesterol kamu meningkat? Tentunya hal ini akan mempengaruhi penurunan kondisi kesehatan kamu. Untuk menghindari hal buruk tersebut, Bob punya beberapa tips yang dapat kamu ikuti agar kolesterol dan berat badan tetap terkontrol saat ataupun paska Idul Adha. Simak sampai akhir, ya!

1. Tips Mengontrol Kolesterol Saat Idul Adha: Pilih Daging yang Rendah Lemak (Lean Meat)

Tips mengontrol kolesterol saat Idul Adha yang pertama adalah dengan memilih daging yang rendah lemak. Tips ini tidak hanya membantu mengontrol kadar kolesterol kamu tapi juga membantu kamu yang sedang menjaga berat badan. Kamu bisa mencoba untuk memilih bagian daging dengan kandungan lemak yang rendah (lean meat). Daging dengan kandungan lemak rendah (5% – 10%) ini umumnya hanya memiliki kadar lemak sebesar 11,8 gram tiap 100 gram daging.

Berdasarkan informasi dari healthline, daging rendah lemak terbukti memberikan dampak baik terhadap kadar kolesterol dalam darah. Selain rendah lemak, daging ini juga dikenal mengandung berbagai nutrisi penting bagi tubuh. Meskipun lemak dalam daging sapi tidaklah rendah, tetapi kamu harus hati-hati karena proporsi lemak jenuh dan lemak tak jenuh tunggalnya hampir sama. Makanlah dengan porsi secukupnya, ya.

Baca Juga: Ingin Kurban Online untuk Idul Adha? Di mana dan Bagaimana Caranya?

2. Tips Mengontrol Kolesterol Saat Idul Adha: Makan dengan Porsi Kecil

Tips mengontrol kolesterol saat Idul Adha selanjutnya adalah dengan menjaga porsi makan daging. Tentunya segala yang berlebihan itu tidaklah baik. Sangat penting bagi kamu untuk menjaga jumlah konsumsi daging. Hal ini dikarenakan daging mengandung cukup banyak lemak. Di sisi lain lemak merupakan zat yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.. Makan daging dengan porsi secukupnya merupakan tips mengontrol kolesterol saat Idul Adha yang bisa kamu coba.

3. Tips Mengontrol Kolesterol Saat Idul Adha: Konsumsi Serat Larut Air

Tips mengontrol kolesterol saat Idul Adha berikutnya adalah dengan memperbanyak konsumsi serat larut air. Serat larut air ini akan membantu kamu dalam mengontrol penyerapan kolesterol di saluran pencernaan. Beberapa contoh sumber serat larut air yang dapat kamu pilih di antaranya adalah whole grain atau serealia utuh, buah, dan sayuran.

Tips mengontrol kolesterol saat Idul Adha ini tidak hanya bisa kamu dapatkan dari sayur dan buah tapi juga dari sumber karbohidrat kompleks seperti oats, jelai utuh (barley), beras coklat, beras hitam, atau beras merah.

4. Tips Mengontrol Kolesterol Saat Idul Adha: Cukup Minum Air Putih

Tips berikutnya adalah dengan mencoba minum air putih sekitar 30 menit sebelum kamu mengkonsumsi daging atau akan makan besar. Konsumsi air putih sebelum makan ini kemudian akan membantu kamu mempersiapkan saluran pencernaan dalam menerima zat makanan serta mengontrol porsi makan kamu.

5. Tips Mengontrol Kolesterol Saat Idul Adha: Aktif Bergerak dan Berolahraga

Tak hanya membuat tubuh sehat dan bugar, aktif bergerak dan berolahraga punf aktanya dapat berkontribusi terhadap penurunan kadar kolesterol. oleh karena itu saat kamu merasa terlalu banyak mengonsumsi daging sangat disarankan bagi kamu untuk memperbanyak gerakan fisik dan hindari bermalas-malasan.

Kamu bisa coba berjalan santai 15-30 menit untuk membantu tubuh membakar asupan kalori selain juga untuk menggerakkan otot tubuh. Tips mengontrol kolesterol saat Idul Adha rutin ini tak hanya dapat mengontrol berat badan tapi juga mengelola stres.

6. Tips Mengontrol Kolesterol Saat Idul Adha: Perhatikan Cara Memasak Daging

Tak kalah efektif dengan tips mengontrol kolesterol saat Idul Adha di atas, tips mengontrol kolesterol saat Idul Adha ini juga bisa kamu coba untuk mengurangi kadar kolesterol tubuh kamu. Kamu bisa memilih opsi memasak daging dengan memanggang, membakar, atau grilled, seperti dalam membuat sate atau steak. Hindari menggunakan mentega atau margarin yang berlebihan dalam memasak daging.

7. Tips Mengontrol Kolesterol Saat Idul Adha: Batasi Konsumsi Makanan Manis

Tips Mengontrol Kolesterol Saat Idul Adha di Atas

Tips mengontrol kolesterol saat Idul Adha yang terakhir adalah dengan dengan membatasi konsumsi makanan yang manis. Seperti yang kamu ketahui, kalori yang terkandung dalam daging lebih banyak daripada kebanyakan jenis makanan. Oleh karena itu sebaiknya jika kamu mengonsumsi daging sebaiknya kurangi makanan atau camilan manis agar tidak menambah asupan kalori.

Kesimpulan Tips Mengontrol Kolesterol Saat Idul Adha di Atas

Setelah membaca tips di atas, Moms tidak lagi perlu takut untuk mengkonsumsi daging kurban. Kebanyakan orang memiliki persepsi bahwa daging membuat gemuk. Kunci dari tips mengontrol kolesterol saat Idul Adha di atas adalah dengan tetap jaga gaya hidup sehat dan batasi konsumsi daging harian. Semoga tips mengontrol kolesterol saat Idul Adha membantu kamu, ya!

Baca Juga: Sudah Siap Menyambut Idul Adha di Minggu Depan? Simak Tradisi Idul Adha Paling Unik di Indonesia Berikut Ini!

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Bobocabin by Bobobox Indonesia

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan baru Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store  dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

You might also like