Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Jangan Sampai Diabaikan, Ini Dia 7 Tips Menghindari Cedera Saat Berolahraga

Pemanasan dan pendinginan wajib dilakukan!

Bobobox.co.id — Cedera adalah hal menakutkan yang tak ingin kamu alami selama berolahraga. Untuk meminimalisir kemungkinan terkena cedera, kamu perlu mengetahui beberapa tips menghindari cedera.

Dengan begitu, risiko berbagai cedera yang mungkin saja terjadi seperti terkilir atau keseleo bisa berkurang atau tak terjadi sama sekali. Kamu pun akhirnya bisa nyaman dalam melakukan olahraga yang kamu senangi.

Berikut adalah tujuh tips menghindari cedera yang wajib kamu lakukan sebelum dan setelah berolahraga. Setelah mengetahuinya, jangan sampai terlewatkan dan diabaikan lagi, ya!

Inilah Tips Menghindari Cedera Saat Berolahraga

1. Perhatikan Kondisi Saat akan Berolahraga

Tips menghindari cedera pertama adalah memerhatikan kondisi terkini saat akan berolaharaga. Kamu bisa memulainya dengan mengecek apakah kamu merasakan nyeri pada beberapa bagian tubuh saat kamu gerakkan.

Tak hanya itu, untuk mendapatkan hasil optimal terkait kondisi tubuhmu, kamu bisa melakukan cek fisik secara rutin. Akan sangat baik jika kamu bisa melakukan tips menghindari cedera ini sebelum memulai latihan atau olahraga.

Pasalnya, setia[ aktivitas baru mampu memberikan tekanan pada tubuh, khususnya pada persendian dan kardiovaskular. Dokter pun nantinya akan memberikan penyesuaian terkait aktivitas fisik apa saja yang bisa dilakukan.

Dengan menyesuaikan program latihan dengan kondisi tubuh, risiko terkena cedera saat melakukan olahraga pun akan mengecil. Oleh karena itu, kamu pun bisa melakukan olahraga yang direkomendasikan dengan nyaman.

Kondisi terkini tubuh tips menghindari cedera
Kondisi terkini tubuh via pexels.com/@karolina-grabowska

2. Pilih Olahraga Sesuai Kondisi

Setelah mengetahui kondisi terkini, memilih olahraga sesuai kondisi adalah tips menghindari cedera selanjutnya. Kamu bisa langsung melakukan olahraga yang direkomendasikan saat mengecek kondisi pada dokter.

Namun, tak perlu khawatir karena kamu yang tak melakukan pengecekan kondisi tubuh pada dokter. Kamu bisa mempertimbangkan pemilihan olahraga sesuai kondisi dan juga berdasarkan usia.

Misalkan saja, bagi kamu yang memulai olahraga, cobalah aktivitas dengan intensitas ringan. Beberapa olahraga yang bisa dipilih dari tips menghindari cedera adalah jalan santai, jogging, bersepeda, dan berenang.

Jika kamu memiliki pergelangan tangan yang lemah, hindarilah olahraga seperti angkat beban. Setelah nyaman, kamu bisa mulai untuk meningkatkan intensitas agar manfaat olahraga yang didapat lebih optimal.

Lari tips menghindari cedera
Lari via pexels.com/@mary-taylor

Baca Juga: Tak Disangka-Sangka! Inilah 7 Olahraga Bikin Panjang Umur Yang Wajib Kamu Lakukan


3. Gunakan Perlengkapan Olahraga yang Sesuai

Tak hanya menyesuaikan dengan kondisi tubuh, tips menghindari cedera selanjutnya adalah menyesuaikan perlengkapan yang digunakan. Pasalnya, setiap jenis olahraga tentunya memiliki perlengkapan yang berbeda-beda.

Mulailah dari sepatu. Dalam tips menghindari cedera, sepatu yang dibutuhkan bakal berbeda untuk badminton dan jogging. Kedua sepatu yang digunakan memiliki fungsi dan karakteristik berbeda satu sama lain.

Tak hanya sepatu, ada berbagai perlengkapan olahraga lain yang perlu disesuaikan. Saat kamu bersepeda, pastikan bahwa perlengkapan seperti kacamata pelindung, pelindung siku, dan bantalan mengikuti bentuk tubuhmu.

Kamu pun perlu juga memastikan bahwa pendukung olahragamu masih dalam kondisi baik. Di samping itu, kamu pun harus memahami lebih dalam mengenai cara menggunakan perlengkapan tersebut dengan benar.

Perlengkapan olahraga tips menghindari cedera
Perlengkapan olahraga via pexels.com/@karolina-grabowska

4. Lakukan Pemanasan dan Pendinginan

Sebelum dan sesudah melakukan olahraga, pemanasan dan pendinginan adalah dua hal yang kerap diabaikan. Padahal, manfaat dari melakukan keduanya mampu menghindarkanmu dari cedera yang tak diinginkan.

Melakukan pemanasan sebelum berolahraga mampu membuat darahmu mengalir lancar. Selain itu, dengan melakukan tips menghindari cedera ini, manfaat seperti melemaskan otot-otot tubuh pun bisa kamu dapatkan.

Secara bertahap, tubuhmu akan siap untuk melakukan aktivitas fisik. Lakukanlah pemanasan setidaknya enam menit. Nah, tak lupa juga untuk melakukan pendinginan setelah melakukan aktivitas fisik seperti olahraga.

Dengan melakukan tips menghindari cedera ini, risiko keseleo atau otot tertarik bakal berkurang. Melakukan pendinginan setelah berolahraga dengan benar dan baik, hal ini mampu mengembalikan tubuh ke kondisi semula.

Melakukan pemanasan dan pendinginan tips menghindari cedera
Melakukan pemanasan dan pendinginan via pexels.com/@rodnae-prod

Baca Juga: Tetap Bugar Walau Hujan, Ini Dia 10 Olahraga Saat Musim Hujan Yang Bisa Dilakukan


5. Jangan Paksakan Diri

Saat melakukan olahraga, tubuhmu tentu membutuhkan istirahat. Terkadang, saat merasa terlalu asyik berolahraga, justru kamu terlalu memaksakan tubuhmu sendiri sampai akhirnya justru kamu mengalami cedera.

Untuk itu, alangkah baiknya jika kamu tak memaksakan diri sebagai tips menghindari cedera. Pasalnya, jika sampai cedera, kamu perlu menghentikan olahragamu dan harus beristirahat selama beberapa hari.

Tips menghindari cedera ini bisa disiasati dengan mengatur waktu berolahraga. Aturlah seberapa intens dan lama durasi yang kamu bisa lakukan serta jangan lupa untuk mengaplikasikan variasi pada olahraga yang dilakukan.

Selain variasi intensitasm durasi, serta frekuensinya, jenis olahraganya pun perlu dapat perhatian. Dengan variasi jenis olahraga yang beragam, kamu pun berkesampatan untuk melatih kelompok otot yang berbeda.

Jangan paksakan diri tips menghindari cedera
Jangan paksakan diri via pexels.com/@ketut-subiyanto

6. Penuhi Cairan Tubuh

Seperti yang kamu ketahui, kamu diwajibkan untuk memenuhi asupan cairan sehari-hari. Nah, hal tersebut berlaku jika kamu akan melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga sebagai salah satu tips menghindari cedera.

Tips menghindari cedera ini berlaku di manapun kamu berolahraga baik di ruangan gym ber-AC atau lapangan outdoor. Hal terpenting adalah untuk selalu menyiapkan botol minum untuk cegah dehidrasi.

Pasalnya, melakukan tips mencegah cedera dapat mencegah dehidrasi yang mampu menurunkan fokus. Tak hanya itu, manfaat yang bisa didapat adalah risiko terkena cedera pun akan berkurang dengan terhidrasinya tubuh.

Jika bisa, minumlah dua hingga tiga gelas dua jam sebelum berolahraga. Bila intensitas olahraga terbilang tinggi dan dilakukan lebih dari satu jam, ada baiknya untuk menyiapkan minuman isotonik untuk tambahan.

Penuhi cairan tubuh tips menghindari cedera
Penuhi cairan tubuh via pexels.com/@maumascaro

Baca Juga: 7 Cara Yang Bisa Dilakukan Untuk Mengurangi Rasa Sakit Setelah Berolahraga


7. Dapatkan Arahan dari Ahli

Tips menghindari cedera terakhir adalah mendapatkan arahan dari ahlinya atau pelatih. Untuk tips menghindari cedera ini, rasanya bakal cocok jika kamu adalah pemula dan ingin melakukan program atau fasilitas gym.

Mendapatkan panduan orang yang lebih ahli atau pelatih pribadi tak hanya sekadar untuk memperkecil risiko cedera. Kamu pun bisa mendapatkan pengetahuan lebih khususnya dalam melakukan teknik-teknik dasar.

Pengawasan dari pelatih pribadi adalah alasan di balik itu. Salah satu tips menghindari cedera ini bisa didapat karena arahan pelatih pribadi yang akan memberitahumu jika kamu tidak melakukan teknik dengan benar.

Para pelatih pribadi bakal memberikan contoh dan membenarkan postur tubuh dan cara menggunakan fasilitas gym yang baik. Dengan begitu, kamu bisa berlatih dengan benar dan risiko cedera pun dapat diminimalisir.

Personal Trainer tips menghindari cedera
Personal Trainer via pexels.com/@pixabay

Tenangkan Dirimu dengan Staycation di Bobobox

Ingin menenangkan diri di tengah situasi yang tak menentu? Tenangkan dirimu dengan staycation di Bobobox. Hotel kapsul ini menawarkan fasilitas keren seperti lampu LED yang siap memberikan suguhan bersantai yang berkualitas.

Informasi lebih lanjutnya bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

You might also like