Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ketombean? Ini Dia Tips Menghilangkan Ketombe yang Ampuh!

Agar kulit kepala bebas ketombe simak cara menghilangkan ketombe berikut ini!

Menghilangkan ketombe memang terasa gampang-gampang susah. Mudah menghilangkan ketombe dalam satu waktu namun tidak menutup kemungkinan ketombe akan datang kembali tak lama setelahnya. Saat kamu memiliki ketombe salah satu hal yang akan kamu rasakan adalah kulit kepala yang terasa gatal dan menggangu. Tentu kamu tidak mau menghabiskan banyak waktu untuk menggaruk-garuk kepala terutama jika harus menggaruk kepala di tempat umum.

Saat kamu berada di tempat yang panas, kulit kepala berketombe biasanya akan terasa sangat gatal. Salah satu solusi untuk menghilangkan ketombe adalah dengan memilih produk rambut yang tepat yang khusus diformulasikan untuk menghilangkan ketombe. Produk-produk seperti sampo dan tonik yang tepat khusus untuk menghilangkan ketombe bisa coba kamu gunakan. Selain itu kamu juga bisa gunakan beberapa bahan alami yang bisa kau temukan dengan mudah untuk menghilkan ketombe.

Faktanya salah satu penyebab kulit kepala berketombe adalah kulit kepala dan rambut yang berminyak. Kondisi kulit kepala seperti itu kemudian membuat jamur penyebab ketombe kemudian menyebar di sekitar kulit kepala dan menimbulkan rasa gatal. Agar kamu bisa menghilangkan ketombe dengan ampuh dan tepat, yuk simak beberapa bahan alami berikut ini yang bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan ketombe!

1. Menghilangkan Ketombe dengan Tea Tree Oil

Bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan ketombe adalah tea tree oil. Tea tree oil belakangan ini cukup populer ditemukan menjadi salah satu bahan perawatan kulit untuk meredakan jerawat. Fakatanya selain bermanfaat untuk mengurangi jerawat di kulit, tea tree oil pun bisa kamu gunakan untuk menghilangkan jerawat.Kamu hanya perlu mencelupkan kapas yang telah diberi tea tree oil ke kulit kepala dan memijatnya hingga menyerap.

2. Menghilangkan Ketombe dengan Minyak Kelapa

Sejak lama banyak orang yang menggunakan minyak kelapa di area kulit kepala yang faktanya memiliki kemampuan untuk mnghilangkan ketombe. Kamu hanya perlu menggunakan sekitar dua sendok makan minyak kelapa dan mengusapnya di area kulit kepala hingga ujung rambut agar rambut menjadi berkilau dan sehat. Pijat kulit kepala dengan lembut sekitar kurang lebih lima menit kemudian tutup kepala menggunakan shower cap dan biarkan semalaman.

Setelah itu kamu bisa mencucui bersih kulit kepala dan rambut kamu seperti biasa keesokan harinya. Lakukan hal ini secara rutin dan teratur untuk hasil yang maksimal agar ketombe dapat hilang. Pastikan untuk menggunakan minyak kelapa organik untuk menghindari adanya reaksi iritasi maupun alergi.

3. Menghilangkan Ketombe dengan Lidah Buaya

Bahan alami yang kamu bisa gunakan untuk menghilangkan komedo selanjutnya adalah lidah buaya. Lidah buaya memang sudah dikenal sejak lama memiliki kandungan manfaat bagi kesehatan kulit kepala juga rambut. Beberapa manfaat lidah buaya selain menghilangkan ketombe diantaranya adalah mampu membuat rambut terlihat lebih berkilau, mencegah rambut rontok, dan menguatkan akar rambut.

Caranya pun cukup mudah, lho. Kam tinggal siapkan lidah buaya secukupnya tergantung panjang dan ketebalan rambut kamu. Kupas kuli lidah buaya kemudian sisihkan gel-nya. Oleskan gel pada rambut serta kulit kepala sambil dipijat secara perlahan kemudian diamkan selama 45 menit. Terakhir kamu hanya perlu membilasnya dengan air dingin tanpa sampo.

4. Menghilangkan Ketombe dengan Cuka apel

Terdapat dua cara yang kamu bisa pilih dalam menggunakan cuka sari apel untuk menghilangkan ketombe. Cara yang pertama adakah dengan menambahkan beberapa sendok makan cuka ke sampomu untuk kemudian digunakan keramas. Cara kedua adalah dengan mencampurkan cuka apel dan essential oil yang kamu miliki ke dalam botol semprot lalu semprotkan campurannya ke rambut dan ulit kepala kamu.

5. Menghilangkan Ketombe dengan Aspirin

Aspirin merupakan obat sakit kepala yang dapat kamu manfaatkan untuk menghilangkan ketombe. Kandungan asam salisila pada aspirin merupakan musuh dari ketombe dan jamur penyebab ketombe. Siapkan dua tablet aspirin dan hancurkan keduanya hingga membentuk bubuk kemudian campurkan bubuk aspirin dengan sampo untuk digunakan keramas.

menghilangkan ketombe
EKramar

6. Baking soda

Selain terkenal sebagai salah satu bahan memasak, baking soda  juga dipercaya memiliki kemampuan pengelupas kulit (eksfolian) yang cukup lembut mengangkat sel kulit mati. Kandungan dalam baking soda pun dapat mengurangi rasa gatal pada kulit kepala karena sifat anti jamurnya. Gunakan baking soda secukupnya di kulit kepala yang basah lalu pijat dan biarkan selama dua menit. Setelah itu lanjutkan dengan berkeramas menggunakan sampo.

7. Daun Sirsak

Daun sirsak memiliki kandungan acetogenin yang bermanfaat bagi kesehatan. Acetogenin merupakan kumpulan senyawa aktif yang memiliki aktivitas sitotoksik (membunuh racun) di dalam tubuh dengan cara menghambat transport ATP (adenosina trifosfat) atau energi yang dibutuhkan sel kanker untuk berkembang. Kamu bisa manfaatkan daun sirsak dengan cara menggerusnya dan memijatnya di kulit kepala kemudian bilas setelah beberapa saat untuk menghilangkan ketombe.

8. Jeruk Nipis

Kandungan vitamin C yang kaya pada jeruk nipis faktanya dapat membantu menghilangkan ketombe pada kulit kepala. Selain mengandung vitamin C, jeruk nipis pun mengandung  vitamin B1, B2, B3, B5, karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, asam folat, zat besi, fofsor, magnesium, kalium, seng, dan gula. Selain menghilangkan ketombe, kandungan asam sitrat yang membuat rasa asam pada jeruk nipis dan vitamin C mampu mendorong pertumbuhan akar rambut.

Photo by Mohd Aram on Unsplash

9. Menghilangkan Ketombe dengan Bawang merah

Pernah menyaksikan orangtua yang membalurkan bawang merah ke kepala seorang bayi? Hal ini normal dilakukan karena tumbukan bawang merah yang dibalurkan ke kulit kepala faktanya dapat membuat rambut menjadi lebat. Selain membuat rambut menjadi lebat, bawang merah pun dapat kamu manfaatkan untuk menghilangkan ketombe secara alami.

Cara mengilangkan ketombe menggunakan bawang merah adalah dengan mengupas kulit bawang merah kemudian haluskan. Setelah bawang merah dihaluskan selanjutnya oleskan secara merata pada kulit kepala, diamkan beberapa saat, kemudian bilas dengan air.

10. Kurangi Tingkat Stres

Secara umum stres memang dapat memberikan dampak buruk terhadap kesehatan fisik, kesehatan mental, dan tak terkecuali kesehatan kulit kepala dan juga rambut. Saat kamu mengalami stres maka kulit kepala akan cenderung kering dan membuat kulit kepala terasa gatal. Stres kemudian akan menyerang sistem imun tubuh dan membuat tubuh kurang mampu melawan infeksi jamur juga kondisi kulit yang berdampak pada ketombe.

Stres terkadang memang sulit untuk dihindari. Selain memperhatikan keadaan dirimu dan kesehatan fisikmu, kamu juga perlu memperhatikan kondisi mentalmu. Jika kamu merasa ada sesuatu yang salah, jangan sungkan untuk reach out pada support systemmu atau pergi berkonsultasi. Tapi jika kamu stres karena butuh waktu untuk beristirahat, Bobobox bisa menjadi pilihan staycation mendadakmu!

Penasaran dengan interiornya? Jangan khawatir, kamu bisa melakukan virtual tour untuk bisa melihat beragam fasilitas dan interior instagenic-nya Bobobox.

Bobobox pods dilengkapi dengan nature noises pada speakernya dan juga lampu yang mudah diatur sehingga kamu bisa rileks tanpa perlu ribet dan khawatir! Download aplikasinya sekarang dan dapatkan penawaran menarik lainnya dari Bobobox! Don’t be afraid to treat yourself.

Communal Area – Bobobox Pods Paskal

You might also like