Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tips Menghilangkan Bau Tidak Sedap Dari Sepatumu

Bau sepatu? Duh, pasti bikin nggak pede!

Bau tidak sedap pada sepatu bisa disebabkan oleh berbagai hal. Salah satu penyebabnya adalah karena kurangnya menjaga kebersihan kaki dan sepatu.

Selain itu, malas menjemur sepatu, tidak memakai kaus kaki atau memakai kaus kaki dengan bahan yang salah, memakai sepatu yang sama setiap hari (tidak pernah ganti sepatu), dan memakai sepatu ketika masih basah sehingga menyebabkan sepatu berjamur, juga bisa menjadi penyebab timbulnya bau sepatu yang sangat tidak sedap.

Untuk menghilangkan bau sepatu, ada berbagai cara yang dapat kamu lakukan selain mencucinya dengan air dan sabun. Apa saja tips menghilangkan bau sepatu tak sedap dengan menggunakan bahan-bahan sederhana? Simak penjelasan Bob berikut ini, ya!

tips menghilangkan bau sepatu

(Photo by: @RahulPandit via pexels.com)

Bedak Bayi

Untuk kamu yang kakinya mudah berkeringat, tips menghilangkan bau sepatu yang satu ini wajib banget kamu coba di rumah. Bahan yang diperlukan untuk menghilangkan bau sepatu ini juga terbilang sangat murah dan mudah didapat.

Yap! Bahan yang kamu perlukan hanyalah bedak bayi. Kamu bisa menaburkan bedak bayi secukupnya pada kakimu sebelum memakai sepatu. Cara ini cukup efektif untuk menyerap keringat pada kakimu sehingga dapat mencegah bau tidak sedap pada sepatumu.

Selain itu, kamu juga bisa menaburkan langsung bedak bayi ke dalam sepatumu begitu sepatu selesai digunakan. Diamkan sepatumu semalaman, kemudian bersihkan sisa bedaknya saat sepatu hendak digunakan kembali. Bedak bayi juga mampu membantu menyerap sisa-sisa keringat dan kelembapan yang ada di sepatumu.

Kopi Bubuk

Kamu pasti sudah tahu, kan, kalau kopi memiliki aroma yang wangi dan kuat. Tidak heran, jika kopi sering digunakan untuk menetralisir bau di banyak gerai-gerai parfum. Oleh karena itu, bahan satu ini bisa kamu manfaatkan sebagai salah satu cara untuk menghilangkan bau sepatu.

Caranya, kamu tinggal taruh bubuk kopi secukupnya ke dalam kaus kaki yg sudah tidak terpakai, kemudian simpan di dalam sepatumu semalaman. Tips menghilangkan bau sepatu yang cukup mudah, bukan?

Soda Kue

Ternyata, soda kue tidak hanya bisa digunakan untuk bahan tambahan saat membuat kue atau makanan saja, lho. Kamu juga bisa menggunakan soda kue untuk membantu menghilangkan bau sepatu.

Caranya sama seperti menggunakan bubuk kopi, kamu bisa mengisi kaus kaki bekas dengan soda kue secukupnya lalu taruh di dalam sepatu semalaman. Atau kamu juga bisa menaburkannya langsung ke dalam sepatumu, dan membersihkannya keesokan harinya. Dijamin, cara ini ampuh untuk menghilangkan bau sepatu kamu.

Spray Penghilang Bau

Kalau kamu ingin menghilangkan bau sepatu dengan praktis, sebenarnya kamu bisa membeli spray penghilang bau sepatu yg banyak dijual di pasaran. Namun, jika ingin lebih hemat, kamu juga bisa membuat ramuannya sendiri di rumah, lho.

Caranya, campurkan air dan cuka putih dengan perbandingan 1:1, lalu tambahkan dengan beberapa tetes minyak atsiri. Setelah tercampur rata, masukkan ke dalan botol spray yg kamu punya di rumah.

Semprotkan 1 hingga 2 jam sebelum sepatu dipakai, tunggu hingga sepatu benar-benar kering, setelah itu sepatumu siap dipakai kembali tanpa takut bau. 😉

Kantong Teh

Jenis minuman satu ini memang kaya akan berbagai manfaat, salah satunya bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bau sepatu yg tidak sedap. Ini dikarenakan adanya senyawa polifenol dan kandungan tanin yg terkandung dalam teh.

Kedua senyawa ini berfungsi untuk membunuh bakteri yg dapat menyebabkan bau pada sepatumu. Kamu cukup merebus 1 kantong teh selama 2 hingga 3 menit. Setelah ditiriskan dan cukup dingin, simpanlah kantong teh tersebut di dalam sepatu selama 1 jam. Setelah kantong teh diangkat, tunggu sampai sepatu benar-benar kering, lalu boleh dipakai.

tips menghilangkan bau sepatu

(Photo by @SidesImagery via pexels.com)

Kulit Jeruk

Selain buahnya, kulit buah jeruk juga memiliki berbagai macam kegunaan. Selain mampu mengusir nyamuk atau sebagai pengharum ruangan, aroma kulit jeruk yang kuat ini juga berguna untuk membantu menghilangkan bau sepatu.

Cara menghilangkan bau sepatu dengan kulit jeruk juga sangat mudah. Kamu cukup menaruh kulit jeruk pada sepatumu dan biarkan semalaman. Maka, sepatumu yang tadinya bau, akan berubah menjadi harum jeruk. 😉

Garam

Cara menghilangkan bau sepatu yang satu ini merupakan cara yang mengatasi masalah dari akarnya. Bumbu dapur yang biasa kita temui sehari-hari ini, ternyata mampu menyerap kelembapan di kakimu yang bisa menyebabkan bau tidak sedap saat memakai sepatu.

Caranya, campurkan garam ke dalam air hangat secukupnya di dalam baskom. Kemudian, rendamlah kakimu selama 20 menit, lalu bilas dan keringkan. Cara menghilangkan bau sepatu ini sangat ampuh untuk membunuh bakteri pada kaki yang menyebabkan bau tak sedap.

Selain dapat menghilangkan bau kaki, merendam kaki pada larutan air garam juga berguna untuk mengatasi berbagai masalah pada kakimu. Contohnya untuk mengatasi kaki pecah-pecah, mengurangi rasa nyeri pada kaki, mencegah infeksi jamur pada kaki, hingga merawat kebersihan dan kesehatan kuku kaki.

Kertas Koran

Kertas koran ternyata dapat menjadi media yang baik untuk menyerap kelembapan dan aroma tidak sedap pada sepatu. Caranya, cukup siapkan beberapa kertas koran bekas, kemudian sumpalkan kertas koran tersebut ke dalam sepatumu.

Setelah itu, diamkan semalaman dan jangan lupa taruh  sepatumu di tempat yang kering dan sejuk. Cara menghilangkan bau sepatu dengan kertas koran jni termasuk ampuh, lho, meski kedengarannya sangat sederhana.

Freezer

Cara menghilangkan bau sepatu dengan memasukkannya ke freezer mungkin tidak terpikirkan olehmu sebelumnya. Namun, cara ini juga ampuh, lho, untuk menghilangkan bau sepatu yang mengganggu.

Suhu dingin dipercaya mampu untuk mematikan bakteri, kuman, dan jamur dalam sepatu yang bisa menimbulkan bau sepatu. Tetapi jika kamu takut aroma sepatumu mengontaminasi makanan yang ada di lemari pendingin, kamu bisa membungkus terlebih dahulu sepatumu dengan kantong plastik.

Minyak Esensial

Jika kamu merupakan pecinta wewangian minyak esensial, kamu bisa menggunakan minyak esensial ini untuk menghilangkan bau sepatu kamu, lho. Kamu bisa meneteskan minyak esensialnya langsung ke dalam sepatumu, atau meneteskannya ke tissue dan disimpan ke dalam sepatu semalaman.

Aroma minyak esensial yang sebaiknya kamu pilih untuk menghilangkan bau sepatu adalah aroma cengkeh, kayu putih, atau tea tree. Ketiga aroma minyak esensial ini diyakini memiliki sifat anti-bakteri dan mampu menyerap bau tidak sedap atau disebut juga sebagai deodorizer.

tips menghilangkan bau sepatu

(Photo by @PhilipJustinMamelic from pexels.com)

Semoga tips-tips di atas bisa membantu kamu untuk menghilangkan bau sepatu tak sedap, ya! 😉

Cari hotel yang nyaman dan affordable? Bobobox jawabannya.

Jika kamu butuh referensi hotel yang nyaman namun tetap affordableBobobox adalah solusinya. Walaupun harganya sangat terjangkau, namun hotel kapsul yang modern dan unik ini menawarkan fasilitas yang sangat oke, lho. Jadi, kamu nggak perlu bingung lagi mau pilih hotel yang mana.

Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama nginap di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Pesan kamarnya pun nggak ribet, tinggal download aja aplikasinya di siniQR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox!

You might also like