Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Pandemi Bikin Pengeluaran Tak Terkendali? Ikuti Tips Menghemat Uang Saat Pandemi Ini Agar Kantongmu Aman

Kantong aman, kamu pun senang!

Bobobox.co.id — Pandemi virus corona yang terjadi di hampir seluruh negara di dunia membuat kondisi finansial jutaan orang tak menentu. Kondisi ini tentu membuat jutaan orang tersebut menjadi cemas dan tak karuan.

Namun, daripada cemas berlebihan, alangkah lebih baiknya jika kamu mulai mencatat pengeluaranmu. Pasalnya, hal tersebut dilakukan agar pengeluaranmu selama pandemi ini aman terkendali.

Sebagian orang justru mendapati pengeluaran mereka tak terkendali selama pandemi berlangsung. Untuk itu, Bob akan berusaha berbagi tips menghemat uang saat pandemi agar kantongmu tetap aman.

Daripada berlama-lama, langsung saja simak tips menghemat uang saat pandemi berikut ini. Coba aplikasikan ketujuh tips menghemat uang dari Bob ini secara berkala ya!

Hitung Pengeluaran dan Evaluasi Berkala

Tips menghemat uang saat pandemi pertama adalah menghitung total pengeluaranmu selama sebulan. Dengan adanya catatan pengeluaran, kamu tahu apa saja yang bisa kamu belanjakan per bulannya.

Luangkan waktumu sejenak untuk menghitung pengeluaran ini. Kamu bisa mencatatnya dalam sebuah buku catatan. Jika tidak, ada banyak aplikasi soal catatan keuangan ini yang bisa kamu unduh secara gratis.

Gak cuma mengurangi pengeluaran, kamu juga perlu menyiasati agar semuanya tetap maksimal dengan minim pengeluaran. Buat kamu yang punya rencana menikah di tahun 2021 ini Bob punya tips menarik yang bisa kamu ikuti!


Baca Juga: Ingin Nikahan Hemat? Ini Dia 10 Tips Menikah Hemat 2021!


Dengan melakukan pencatatan pengeluaran ini, kamu bisa mengetahui apa saja yang mungkin overspending. Kamu bisa menekan atau bahkan menghapus beberapa belanjaan yang dianggap tak perlu.

Namun, hal terpenting lainnya yang mesti kamu ingat adalah evaluasi berkala. Kamu wajib melakukannya agar dapat mengetahui secara pasti kekurangan dari tips menghemat uang saat pandemi dari Bob ini.

Tips Menghemat Uang Saat Pandemi
@karolina-grabowska via pexels.com

Sisihkan Uang di Hari Mendapat Pemasukan

Tips menghemat uang saat pandemi berikutnya adalah menyisihkan uangmu di hari di mana kamu mendapatkan pemasukan atau gaji. Hal ini wajib kamu lakukan dengan beberapa pertimbangan.

Kebanyakan orang akan cenderung overspending jika mereka tak mencatat dan menyisihkan uang mereka ke dalam kategori tertentu. Pasalnya, tak ada batasan yang mencegah mereka untuk membelanjakan uang mereka.

Untuk itu, sisihkan uang tersebut pada pos pengeluaran yang sudah ditentukan. Atur sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhanmu. Kamu bisa mengaplikasikan prinsip 10 – 20 – 30 – 40 keuangan.

Aturan tersebut mengatur 10 persen untuk kebaikan, 20 persen masa depan, 30 persen cicilan, dan 40 untuk kebutuhan. Namun, aturan tersebut bukanlah aturan baku. Aplikasikan aturan terbaik untuk finansialmu sendiri.

@karolina-grabowska via pexels.com

Hindari Mengikuti Tren Terkini

Tren terkini tidak akan ada habisnya. Setiap tahunnya, tren berganti dan terus berlanjut. Kamu tak mungkin bisa mengikuti perkembangan terkini sepanjang tahun. Hal yang terjadi justru kamu bakalan boros.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk menghindari dalam mengikuti tren terkini. Hal ini tentu semakin penting untuk dipertimbangkan mengingat pandemi virus corona yang belum menunjukkan penurunan kasus.

Tips menghemat uang saat pandemi ini tak hanya membuatmu hemat secara finansial. Kamu pun bisa terhindar dari fear of missing out yang kerap kali melanda generasi milenial semisal untuk dunia fashion.

Bahkan, ada baiknya jika kamu mulai untuk hidup sederhana. Dengan hidup sederhana, tak hanya uang yang bisa dihemat dan diinvestasikan untuk masa depan, kualitas hidupmu tentu jauh lebih baik lagi.

@landall via unsplash.com

Utamakan Kebutuhan Primer

Tips menghemat uang saat pandemi lainnya ini masih berkaitan dengan poin sebelumnya. Hindarilah untuk mengikuti tren kekinian dan fokus pada kebutuhan utama yang harus kamu penuhi terlebih dahulu.

Kebutuhan primer sendiri relatif beragam. Namun, kebanyakan orang tentu setuju jika kebutuhan primer terdiri atas sandang, pangan, dan papan. Ketiga kebutuhan inlah yang menunjang manusia.


Baca Juga: Ingin Hemat? Ini Dia 10 Peralatan Untuk Membuat Furnitur Sendiri Di Rumah!


Cobalah untuk mengalokasikan danamu pada ketiga kebutuhan ini terlebih dahulu. Setelah ketiga terpenuhi, barulah kamu beranjak pada tips menghemat uang saat pandemi lainnya yakni mengumpulkan dana darurat.

Dana darurat inilah yang kerap kali terlewatkan saat akan berinvestasi. Oleh karenanya, usahakan untuk memenuhi kebutuhan primer lalu mengumpulkan dana darurat sebelum berinvestasi.

@olly via pexels.com

Sebisa Mungkin Gunakan Uang Tunai

Kemajuan teknologi membuatmu kini tak perlu membawa banyak uang tunai di dompetmu. Walaupun begitu, kemudahan transaksi yang ditawarkan sendiri bak pisau bermata dua karena ada efek samping yang ditimbulkan.

Kemudahan bertransaksi dengan cashless ini membuat banyak orang tak memperhitungkan uang yang dikeluarkan. Alhasil, banyak orang yang terkejut di mana uang mereka sudah habis di pertengahan bulan.

Untuk menghindari impulsif dalam mengeluarkan uang, ada baiknya untuk sebisa mungkin menggunakan uang tunai. Pasalnya, kamu mengetahui dengan jelas uang yang kamu keluarkan jika berbentuk tunai.

Dengan begitu, secara psikologis, kamu pun akan berusaha untuk berhati-hati dalam mengeluarkan uang. Saat hal tersebut terjadi, maka kamu sudah mengaplikasikan tips menghemat uang saat pandemi ini.

@cottonbro via pexels.com

Menambah Penghasilan Tambahan

Tips menghemat uang saat pandemi lainnya adalah mencoba untuk mencari cara dalam menambah penghasilan. Tips yang satu ini bisa dipertimbangkan jika kamu sudah mentok dalam mengatur pengeluaranmu.

Sekarang ini, ada banyak cara yang bisa kamu coba untuk menambah penghasilan. Mulai dari berjualan online, menjadi guru les, atau pekerja lepas lainnya merupakan beberapa contoh pekerjaan sampingan.

Jika kamu tidak memiliki modal untuk berjualan online, kamu bisa mencoba dropship. Intinya, jika ada kemauan, di situ ada jalan. Kamu bisa mendapatkan jalan untuk menambah penghasilan dengan adanya kemauan yang keras.

Nah, dengan adanya penghasilan tambahan, kamu bisa melakukan budgeting kembali. Namun, jangan sampai penghasilan tambahan ini digunakan untuk meningkatkan gaya hidup yang tak benar-benar diperlukan.

@jpvalery via unsplash.com

Cari Alternatif Menekan Pengeluaran

Tips menghemat uang saat pandemi terakhir adalah mencari alternatif untuk menekan pengeluaran. Tips menghemat uang saat pandemi ini merupakan cara terakhir jika beberapa tips di atas tidak berhasil.

Misalkan saja, kamu sudah berusaha untuk mencari penghasilan tambahan dan tak jua mendapatkan hasil yang diinginkan. Untuk itu, cara yang wajib dilakukan adalah menekan beberapa pos.

Pos yang ditekan pengeluarannya pertama bisa dari belanja online setiap bulannya. Jika dirasa tidak benar-benar diperlukan, kamu bisa menahan untuk tidak melakukan belanja online ini.

Selain itu, kamu bisa mengatur pengeluaran pada pos kebutuhan sehari-hari. Jika kamu biasa makan di luar, cobalah untuk membeli bahan makanan mentah untuk kemudian dimasak agar biaya yang dikeluarkan lebih murah.

@pixabay via pexels.com

Mencari Penginapan Murah tapi Tidak Murahan? Bobobox Solusinya.

Biasanya, liburan panjang tentu berkaitan erat dengan di mana kamu akan beristirahat setelah seharian berkeliling kota dan menikmati berbagai tempat wisata yang ditawarkan kota tujuan liburanmu.

Kamu yang memiliki bujet yang terbatas, tentu akan berpikir ulang untuk memilih akomodasi penginapan tersebut karena akan mempengaruhi rencana liburan yang sudah kamu tuliskan jauh-jauh hari.

Salah satu yang akomodasi penginapan murah tapi tidak murahan yang recommended adalah Bobobox. Pemesanan dan informasi lebih lanjut bisa kamu dapat dengan mengunduh aplikasi Bobobox di sini.

You might also like