Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tips Menghemat Listrik Ala Bob Selama #dirumahaja

Tips menghemat listrik berikut ini dijamin akan menyelamatkan kantong kamu!

Tips menghemat listrik selama #dirumahaja ini Bob rangkum mengingat pengeluaran listrik yang cenderung menjadi lebih besar dari biasanya saat menjalani masa karantina. Menanggapi wabah virus corona yang kini menyebar di berbagai daerah di Indonesia, pemerintah menghimbau masyarakat untuk melakukan berbagai aktivitas #dirumahaja. Kegiatan seperti bekerja hingga kegiatan belajar mengajar kini banyak dilakukan di rumah secara remote atau online.

Masa karantina di dalam rumah ini diberlakukan untuk memutus rantai penyebaran virus corona dan memberi waktu bagi para petugas medis untuk menyembuhkan pasien positif virus corona. Salah satu dampak yang timbul karena berlakunya masa karantina #dirumahaja adalah membengkaknya tagihan listrik. Hal ini dikarenakan segala aktivitas yang dilakukan seluruh penghuni rumah dilakukan secara bersamaan dengan jumlah daya listrik yang cukup besar.

Tentu dalam situasi seperti ini kamu berharap tagihan uang listrik tidak membengkak. Berita baiknya adalah hal ini bisa disiasati dengan beberapa langkah sederhana. Pada kesempatan kali ini Bob akan menjabarkan beberapa tips menghemat listrik yang ternyata mudah kamu lakukan di rumah seperti berikut ini!

membuat musik

1. Tips Menghemat Listrik Dengan Membuka Jendela Saat Pagi Dan Siang Hari

Tips menghemat listrik yang pertama adalah dengan membatasi penggunaan AC dan lampu yang menyala seharian penuh. Jangan biasakan hal ini agar kamu bisa menghemat biaya listrik dan juga menjaga penggunaan energi bumi secara berlebihan yang tidak baik bagi lingkungan. Untuk mensiasatinya kamu bisa mematikan AC juga lampu ruangan dengan membuka jendela. Jendela yan terbuka akan membantu sinar matahari yang cerah masuk ke dalam ruangan dan dapat menggantikan penggunaan lampu.

Sinar matahari pagi juga dinilai baik untuk kesehatan terutama dalam situasi global pandemic ini. Selain sinar matahari, udara di luar ruangan terutama udara pagi yang segar dapat membantu mengganti penggunaan AC untuk sementara. Jendela yang dibuka lebar saat pagi hari akan membantu membuat sirkulasi udara di rumah lebih baik dan sehat. Saat siang hari kamu bisa mensiasatinya dengan menggunakan tirai tipis agar ruangan tidak terlalu panas.

2. Tips Menghemat Listrik Dengan Mencabut Colokan Tidak Terpakai

Tips menghemat listrik yang kedua adalah dengan mengusahakan mencabut colokan yang memang tidak terpakai di rumah. Hal ini mungkin terkesan sepele namun memberikan perubahan yang cukup besar. Terutama jika jumlah colokan yang tak terpakai dan yang menempel di stop kontak cukup banyak. Kamu bisa mulai dengan mencabut charger ponsel sampai charger laptop yang tak terpakai.

Mencabut colokan setelah selesai digunakan bisa sangat membantu menurunkan tagihan listrik bulanan kamu. Percayalah jika kamu disiplin maka kamu pasti bisa lebih hemat. Tips menghemat listrik ini juga bisa kamu terapkan dengan juga mematikan beberapa peralatan elektronik lainnya seperti televisi ketika sudah tidak ada yang menonton.

Kamu bisa memulai kebiasaan seperti memeriksa seluruh alat elektronik sebelum tidur. Jika kamu memiliki masalah tidur di tempat yang sepi kamu juga bisa mensiasatinya, lho. Saat kamu harus tidur ditemani dengan televisi yang menyala kamu bisa memanfaatkan fitur timer pada televisi agar TV dapat mati secara otomatis.

hotel murah bandung

3. Tips Menghemat Listrik Dengan Mematikan Lampu Di Malam Hari

Tips menghemat listrik selanjutnya adalah membiasakan mematikan lampu. Sebelum kamu akan tidur kamu bisa memperhatikan lampu mana saja di rumah kamu yang tidak terlalu perlu dinyalakan. Dengan mematikan beberapa lampu di rumah kamu saat malam hari maka kamu bisa mengurangi penggunaan listrik. Namun pastikan untuk tetap menyalakan lampu bagian luar rumah kamu untuk keamanan.

Jangan lupa juga untuk mematikan lampu di ruangan yang tak terpakai. Hal sederhana ini tak hanya bisa membantu menghemat listrik saja, namun juga meningkatkan kualitas tidur kamu. Faktanya otak tidak bisa berhenti bekerja jika masih ada cahaya yang menyala. Mematikan lampu dapat membantu kamu menambah kualitas istirahat malam.

4. Tips Menghemat Listrik Saat Memasak Nasi

Kamu juga bisa mencoba menerapkan tips menghemat listrik yang satu ini untuk membantu menghemat listrik sesederhana memasak nasi. Rice cooker menjadi salah satu barang elektronik yang banyak dan mudah ditemukan di setiap rumah di warga Indonesia. Rice cooker menjadi pilihan banyak orang sebagai alat untuk memasak nasi karena kepraktisannya. Faktanya penggunaan rice cooker cukup banyak menggunakan daya listrik.

Untuk mensiasati penggunaan listrik berlebih, tips menghemat listrik yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan air panas. Memasak nasi dengan air panas dinilai membuat proses memasak nasi menjadi lebih cepat dan menghemat listrik daripada menggunakan air dingin. Setelah nasi matang, usahakan jangan terlalu lama menyalakan rice cooker. Tips menghemat listrik dengan cara ini juga membantu agar nasi yang terlalu lama berada di rice cooker memiliki kualitas yang tidak baik.

tips menghemat listrik

5. Tips Menghemat Listrik Saat Menggunakan Mesin Cuci

Tips menghemat listrik berikutnya yang bisa kamu coba adalah dengan memaksimalkan penggunaan mesin cuci kamu di rumah. Jika kamu merasa pakaian kotor yang perlu dicuci masih belum terlalu banyak sebaiknya kamu menunda niat kamu mencuci pakaian. Kamu bisa mulai mencuci pakaian kotoran kamu setelah kamu menunggu pakaian kotor kamu cukup banyak.

Mencuci dalam waktu yang sering dengan jumlah pakaian sedikit faktanya berkontrisbusi terhadap membengkaknya taghan listrik. Tips menghemat listrik ini juga membantu kamu untuk menghemat air dan detergen. Kamu juga harus ingat untuk tidak mencuci pakaian melebihi kapasitas mesin cuci milik kamu di rumah. hal ini dikarenakan malah membuat penggunaan listrik semakin membesar.

Tips menghemat listrik selanjutnya adalah untuk memanfaatkan waktu mencuci pakaian pada malam hari. Biasanya pemakaian listrik akan cenderung membengkak pada pagi menjelang malam hari. Hal ini dikarenakan waktu pagi, siang, dan sore hari adalah saat kamu dan anggota keluarga atau penghuni lainnya banyak beraktivitas menggunakan listrik.

6. Tips Menghemat Listrik Dengan Mengeringkan Baju Secara Alami

Tips menghemat listrik yang terakhir adalah tetang proses pengeringan pakaian yang baru saja kamu cuci. Mesin pengering pakaian menjadi salah satu mesin yang sangat praktis digunakan untuk mengeringkan pakaian dengan cepat. Faktanya mesin pengering pakaian ini cenderung menghabiskan daya listrik yang cukup banyak, lho.

Oleh karena itu tips menghemat listrik yang bisa kamu lakukan selama #dirumahaja adalah dengan mengeringkan pakaian secara alami. Kamu bisa memanfaatkan angin dan juga matahari di luar ruangan untuk mengeringkan pakaian kamu. Tips menghemat listrik ini akan sangat membantu pengeluaran listrik kamu terkontrol.

Mengenakan pakaian yang bersih setelah dijemur di bawah matahari dijamin akan membuat tidur kamu menjadi lebih nyenyak. Jika kamu memiliki kesulitan untuk tidur nyenyak kamu bisa coba pengalaman tidur nyenyak dan berkualitas di Bobobox. Kamu tak perlu ragu dengan keamanan, kenyamanan, dan kebersihannya. Yuk unduh aplikasi Bobobox sekarang untuk informasi lebih lanjut!

You might also like