Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tips Menghadapi Telepon Spam agar Terhidar dari Penipuan!

Tips menghadapi telepon spam berikut ini dijamin simple dan praktis!

Tips menghadapi telepon spam berikut ini bisa membantu kamu mengatasi berbagai telpon spam yang menggangu aktivitas harian kamu. Tidak dapat disangkal beberapa telepon spam dari telemarketer dan bahkan penipuan terkadang membuat kita merasa terganggu. Telepon spam ini bahkan tak akan berhenti menelepon kamu sekalipun kamu tidak mengangkat telepon mereka. Jika dibiarkan saja maka telepon spam ini akan selalu mengganggu kamu.

Indonesia menjadi salah satu negara di Asia yang memiliki tingkat spam yang tinggi baik itu dari segi SMS maupun telepon. Berdasarkan sebuah laporan terbaru dari aplikasi identifikasi telepon bernama Truecaller, Indonesia dinobatkan sebagai negara yang paling banyak mendapat panggilan spam di Asia pada 2020 ini. Pada dasarnya di tahun 2020 ini Indonesia mengalami penurunan panggilan spam dalam setahun terakhir yaitu sebesar 34 persen dibanding tahun 2019.

Berdasarkan laporan riset Truecaller Insight Report 2020 Indonesia akhirnya berhasil turun peringkat ke posisi ke-6 dalam 20 negara paling banyak mendapat panggilan spam. Namun hal ini bukan berarti telepon spam tidak menggangu masyarakat kita, Indonesia masih dinobatkan menjadi yang pertama sebagai korban panggilan spam di Asia seperti tahun lalu. Pada tahun 2020 ini catatan Truecaller menunjukkan bahwa rata-rata panggilan spam di Indonesia adalah 18,3 call per orang setiap bulan.

Fakta tersebut menunjukkan bahwa negara kita memiliki tingkat spam yang lebih tinggi dibandingkan negara Asia lain  seperti India (16,8 panggilan per bulan) dan Vietnam (14,7 panggilan per bulan). Layanan keuangan merupakan salah satu jenis spam paling besar yang umumnya ditemukan  Indonesia dengan proporsi 52 persen. Sudah merasa gelisah dan terganggu dengan telepon spam tersebut? Yuk simak tips menghadapi telepon spam berikut ini!

Smartphone
Photo by Jamie Street on Unsplash

Penurunan Telepon Spam Saat Pandemi Covid-19

Sebelum kita membahas tips menghadapi telepon, Bob akan membahas sedikit fakta penurunan telepon spam saat pandemi tahun 2020 ini. Dilansir dari catatan Truecaller, telepon spam sempat menurun saat awal terjadinya pandemi corona di Indonesia tepatnya pada sekitar bulan Maret dan April 2020. Fakta ini menunjukkan bahwa pandemi COVID-19 tidak hanya berpengaruh pada sektor ekonomi dan masyarakat global tetapi juga pada para pelaku spam.

Namun meskipun demikian pada Oktober 2020 yang lalu aktivitas panggilan spam tercatat mencapai puncaknya. Peningkatan panggilan spam ini mengalami peningkatan hingga 22,4 persen lebih tinggi dibandingkan pra-lockdown. Namun secara umum, panggilan spam tersebut faktanya tetap meningkat 25 persen secara global.

Tren panggilan spam pada tahun ini di Indonesia dan penyebaran spam di seluruh dunia menunjukkan bahwa alih-alih mengurangi spam, pandemi hanya menawarkan kelonggaran singkat bagi korban penipu. Fakta dari data-data ini pun menjadi informasi bagi kita semua bahwa kerentanan pengguna telekomunikasi di Indonesia terhadap spam cukup tinggi dan membutuhkan solusi yang tepat.

Tips Menghadapi Telepon Spam

Tips Menghadapi Telepon Spam: Menggunakan TrueCaller

Apakah kamu pernah memilki pengalaman menerima telepon atau SMS spam ke smartphone kamu? Banyak masyarakat yang mulai resah dengan menumpuknya SMS spam yang tidak wajar seperti SMS spam santet dan pesugihan online. Selain itu telepon spam yang menawarkan berbagai peminjaman online dan masih banyak lagi pun cukup menggangu. Bagi kamu yang pernah mengalaminya mungkin tips menghadap telepon spam beikut ini bisa membantu kamu.

Tips menghadapi telepon spam ini adalah dengan menggunakan aplikasi bernama TrueCaller. Aplikasi TrueCaller adalah aplikasi yang dapa membantu kamu dapat mengetahui identitas penelpon jika nomor tidak dikenal. Selain itu tips menghadapi telepon spam ini pun dapat membantu kamu untuk langsung memblokir nomor telepon pelaku spam tersebut secara mudah.

Fitur-fitur canggih dalam aplikasi TrueCaller ini secara otomatis akan tersimpan dan dibagikan ke semua pengguna agar tidak ada yang terjebak lagi dengan si pelaku spam. Aplikasi TrueCaller ini memiliki sejumlah iklan bagi yang tidak menggunakan fitur berbayar. Meskipun demikian iklan tersebut tidak terlalu mengganggu performa fitur pada aplikasi ini.

Tips Menghadapi Telepon Spam: Menonaktifkan Fitur Nomor Penelepon

Tips menghadapi telepon spam yang pertama adalah dengan menonaktifkan fitur nomor pelepon. Tips menghadapi telepon spam ini dapat kamu praktekkan dengan sangat mudah, lho. Pada dasarnya nomor penelepon dan perlindungan spam aktif secara default pada smartphone kamu, namun kamu memiliki opsi untuk dapat menonaktifkannya. Tips menghadapi telepon spam ini dapat kamu lakukan dengan cara mengirimkan informasi tentang panggilan telepon ke Google.

Tips menghadapi telepon spam ini tidak mengontrol apakah nomor kamu ditampilkan saat melakukan panggilan. Untuk dapat mempraktekkan tips menghadapi telepon spam ini yang perlu kamu lakukan adalah membuka fitur telepon pada smartphone kamu. Setelah itu tap bagian Lainnya atau Others lalu masuk ke bagian Setelan atau Setting. Selanjutnya aktifkan atau nonatifkan nomor penelepon dan spam.

manfaat baik kencur untuk kesehatan
Photo by Icons8 Team on Unsplash

Tips Menghadapi Telepon Spam Tersebut Akan Memfilter Panggilan Masuk

Tips menghadapi telepon spam selanjutnya adalah dengan memfilter panggilan yang masuk ke smartphone kamu. Tips menghadapi telepon spam ini juga bisa membuat kamu dapat menghentikan panggilan spam agar smartphone kamu tidak berdering. Tips menghadapi telepon spam agar smartphone kamu tidak berdering adalah dengan mengaktifkan filter panggilan yang diduga spam.

Dengan mengikuti tips menghadapi telepon spam ini maka kamu tidak akan mendapatkan notifikasi panggilan tak terjawab atau pesan suara. Namun kamu masih akan dapat melihat panggilan yang difilter di histori panggilan dan dapat memeriksa pesan suara/voice mail apa pun yang kamu terima dengan melakukan tips menghadapi telepon spam ini. Nomor penelepon menurut Google dapat menampilkan nama perusahaan dan layanan dengan listingan Google Bisnisku.

Nomor tersebut kemudian akan melakukan proses pencocokan di direktori apa pun yang menampilkan informasi akun kantor atau sekolah si penelepon. Tips menghadapi telepon spam ini akan membantu kamu menandai semua panggilan telepon dari nomor yang menggangu ke dalam daftar spam. Tips menghadapi telepon spam ini akan membuat kamu terhindar dari menerima panggilan spam secara berulang dan melaporkan pelaku spam.

Menginap dengan Nyaman di Bobobox!

Nah, ngomongin tips menghadapi telepon spam di smartphone, kamu tahu nggak, kalau Bobobox punya aplikasi khusus yang bisa kamu unduh di smartphone? Hmm.. Belum, ya? Berbeda dari akomodasi lain, Bobobox menawarkan akomodasi terjangkau dengan teknologi yang sudah terintegrasi dengan aplikasi seluler. Jadi, lewat aplikasi, kamu bisa mengakses pod, mengatur pencahayaan, mengunci pintu, dan sampai menghubungi staf. Bener-bener no ribet deh!

Bobobox juga dilengkapi fasilitas seperti shared bathroom, musala, pantry, dan communal space untuk memenuhi kebutuhan kamu saat menginap. Buat nge-download aplikasi Bobobox, kamu nggak perlu sampai me-root ponsel, kok! Aplikasi ini tersedia secara gratis di Google Play Store dan App Store. Kamu juga bisa pakai link yang Bob sertakan untuk mengunduh aplikasi. Kalau belum punya, yuk download aplikasi Bobobox ke ponselmu sekarang!

You might also like