Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Usahamu Gagal? Jangan Putus Asa, Simak Tips Menghadapi Kegagalan Berikut Ini

Yuk, kembali bangkit!

Bobobox.co.id – Terkadang, kegagalan bisa sangat menjatuhkan. Sulit rasanya untuk kembali seperti sedia kala. Namun, tips menghadapi kegagalan berikut ini bisa membantu kamu kembali memulai. Tak peduli sejauh apa kamu gagal.

Kenali perasaanmu

tips menghadapi kegagalan
Photo by Tengyart on Unsplash

Saat kegagalan menghampiri, kemungkinan besar kamu akan merasakan beragam emosi. Nah, tips menghadapi kegagalan yang pertama adalah dengan mengenali perasaan tersebut. Berikut adalah beberapa perasaan yang mungkin kamu hadapi.

  • Putus asa
  • Kecemasan
  • Depresi
  • Perasaan tidak berdaya
  • Kurangnya dukungan
  • Tingkat percaya diri yang rendah
  • Merasa dibandingkan
  • Konsep diri yang buruk
  • Pembicaraan diri yang negatif
  • Harapan yang tidak realistis

Tips menghadapi kegagalan: rangkul emosimu dengan baik

tips menghadapi kegagalan
Photo by Marco Bianchetti on Unsplash

Nah, setelah kamu mengenali emosi yang kamu rasakan, tips menghadapi kegagalan berikutnya adalah dengan menghadapinya.

Kegagalan disertai dengan berbagai macam emosi seperti malu, cemas, marah, dan sedih. Perasaan-perasaan tersebut sering membuatmu tidak nyaman, dan banyak orang akan melakukan apa saja untuk menghindari perasaan tidak nyaman tersebut.

Jadi, alih-alih menghindarinya, rangkul dan akui emosimu. Biarkan diri kamu merasa tidak enak hanya untuk sebentar. Tips menghadapi kegagalan ini juga bisa diikuti dengan kata-kata afirmasi seperti “Tidak apa-apa untuk merasa tidak nyaman” dan lain-lain.

Jujur pada diri sendiri dan berefleksi

tips menghadapi kegagalan
Photo by Vince Fleming on Unsplash

Kegagalan adalah waktu yang tepat untuk belajar. Jujurlah pada dirimu sendiri dan cari apa yang menjadi penyebab kegagalan.

Sangat mudah untuk membohongi diri sendiri bahwa semua akan baik-baik saja. Namun, kenyataannya tidak demikian. Tips menghadapi kegagalan ini hanya bisa kamu terapkan jika kamu membuka diri dan menerima kegagalan yang menimpamu.

BACA JUGA: Sulap Hunianmu Jadi Makin Aesthetic Ala Pedesaan Inggris Dengan Gaya Rumah Cottagecore

Tips menghadapi kegagalan: atur ulang mindset

tips menghadapi kegagalan
Photo by Yosep Surahman on Unsplash

Tips menghadapi kegagalan lain adalah dengan mengatur ulang pola pikir. Jika kamu gagal untuk mencapai sesuatu menggunakan satu pola pikir, jangan paksakan hal yang sama untuk eksekusi berikutnya.

Pola pikir bisa sangat memengaruhi tindakan karena tips menghadapi kegagalan ini merupakan pilar dari aksi-aksi yang akan kamu buat selanjutnya. Jangan jatuh ke lubang yang sama dua kali. Begitulah kata pepatah lama.

Berhenti menyalahkan orang lain

tips menghadapi kegagalan
Photo by Icons8 Team on Unsplash

Sangat mudah untuk lari dari tanggung jawab ketika kegagalan menimpa. Namun, ada yang lebih berbahaya dari lari dari tanggung jawab, menyalahkan orang lain. Itulah mengapa kamu harus melakukan tips menghadapi kegagalan ini.

Kamu pasti merasa sudah melakukan semuanya dengan benar. Rencanamu sudah matang dan eksekusimu sudah sesuai. Namun, entah mengapa hasilnya belum sesuai dengan yang kamu inginkan.

Ketika berada dalam posisi demikian, mencari kesalahan orang sangat mudah untuk dilakukan.

Akan tetapi, alangkah lebih baik jika kamu mau menerima fakta bahwa kamu punya andil dalam kegagalan tersebut. Lakukanlah tips menghadapi kegagalan ini dan kamu akan merasa lebih damai dan bertanggung jawab.

Tips menghadapi kegagalan: fokus kepada hal yang bisa kamu kontrol

tips menghadapi kegagalan
Photo by Chase Clark on Unsplash

Ketika kamu melakukan sesuatu, tidak semuanya berada dalam kendalimu. Kamu hanya bisa fokus ke proses, bukan hasil. Apa lagi jika kamu menemukan kegagalan. Banyak hal yang bisa disalahkan atas kegagalanmu.

Namun, hal-hal tersebut bukanlah sesuatu yang bisa kamu kendalikan dan terlalu lama mempermasalahkannya hanya akan menambah beban bagi dirimu sendiri.

Untuk itu, mulailah berfokus pada hal-hal yang bisa kamu kendalikan seperti sikap. Degan menerapkan tips menghadapi kegagalan ini, kamu jadi lebih bisa merespons kegagalan dengan lebih baik dari sebelumnya.

Berkonsultasi ke orang yang ahli

tips menghadapi kegagalan
Photo by Medienstürmer on Unsplash

Terkadang, kegagalan menimpa karena memang kamu belum siap. Masih ada banyak hal yang harus kamu pelajari. Untuk itu, tips menghadapi kegagalan selanjutnya adalah dengan meminta saran ke orang yang memang ahlinya.

Katakanlah kamu sedang berjualan namun usahamu bangkrut. Untuk bisa kembali memulai usaha, kamu harus meminta pendapat orang yang sudah jatuh ribuan kali. Bukankah pengalaman adalah guru terbaik?

Tips menghadapi kegagalan: jadikan masa lalu untuk belajar

tips menghadapi kegagalan
Photo by Hadija Saidi on Unsplash

Masa lalu ada bukan untuk dikeluhkan namun untuk dijadikan pelajaran. Bisa jadi kamu pernah sukses sebelumnya dan hal tersebut menghambatmu maju karena saat ini kamu terus ditimpa kegagalan.

Bisa jadi kamu selalu mengalami kegagalan di masa lalu dan hal tersebut mematahkan semangatmu untuk memulai hal yang baru.

Namun, satu hal yang pasti keduanya tidak akan membantumu di masa kini. Yang bisa kamu lakukan dari tips menghadapi kegagalan ini adalah belajar dari masa lalu, baik itu masa lalu yang sukses atau tidak.

BACA JUGA: Tetap Stylish Di Cuaca Dingin Dengan Referensi Gaya Jaket Kulit Pria Berikut!

Bangun kebiasaan yang mendukung kegagalan

tips menghadapi kegagalan
Photo by Victor Rodriguez on Unsplash

Kegagalan bukanlah hal yang tabu. Justru, itulah yang akan membawamu ke pintu kesuksesan. Kegagalan membantumu untuk belajar dan gagal berkali-kali adalah hal yang biasa.

Ada pepatah yang mengatakan ketika kamu menghabiskan jatah kegagalanmu, kamu akan semakin dekat dengan kesuksesan.

Jadi, tips menghadapi kegagalan selanjutnya adalah dengan membangun kebiasaan bahwa gagal adalah hal yang normal. Teruslah berusaha hingga akhirnya kamu menemukan titik terang di balik kegelapan.

Tips menghadapi kegagalan: ciptakan momentum baru

tips menghadapi kegagalan
Photo by Jukan Tateisi on Unsplash

Kamu mencoba sesuatu dan itu tidak berhasil. Kamu lelah? Tidak masalah. Mungkin sekarang adalah waktu yang tepat untuk beristirahat dan memulihkan diri dengan tips menghadapi kegagalan ini.

Coba renungkan kegagalanmu sementara waktu. Belajar dari hal tersebut dan kemudian beralih ke ide berikutnya. Tahan godaan untuk menunda-nunda pekerjaan, dan jangan terlalu banyak menganalisis.

Pasalnya, setelah mengalami kegagalan, kamu mungkin ingin memastikan semuanya sempurna sebelum melanjutkan. Namun, kesempurnaan adalah mitos, dan jika kamu menunggu kesempurnaan, kamu tidak akan pernah maju.

Oleh karena itu, buatlah tips menghadapi kegagalan terbaik lalu pastikan kamu telah belajar dari kegagalan. Yang terpenting, mulailah mengambil tindakan untuk bangkit kembali.

Mau staycation di hotel kapsul yang nggak biasa? Menginap di Bobobox aja!

Bobobox adalah hotel capsule Jakarta yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati, apalagi buat kamu yang suka foto-foto.

Nggak percaya? Tenang. Supaya kamu punya gambaran yang lebih jelas soal pengalaman menginap yang lebih nyata, kamu bisa lho keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob. Kamu bisa membuktikan sendiri sebelum dateng langsung ke tempatnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak.

***

You might also like