Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tips Mengelola Keuangan Selama Wabah COVID-19

Mengelola keuangan selama wabah Covid 19 memang cukup menantang. Simak tips dan trik dari Bob supaya bisa menghemat uang dengan lebih optimal selama pandemi.

Mengelola keuangan di tengah masa pandemi memang sangat menantang. Tidak mudah mengatur berbagai macam kebutuhan saat kondisi perekonomian sedang lesu-lesunya. Tidak sedikit yang mengalami pemutusan kerja atau dirumahkan sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Situasi seperti ini memang baru pertama kali dialami tidak hanya oleh Indonesia namun juga hampir semua negera di dunia. Maka dari itu, tidak heran banyak orang yang cenderung gegabah, panik berlebihan, dan malah mengambil keputusan yang salah yang akan merugikan mereka di kemudian hari.

Tidak sedikit juga orang-orang yang santai menghadapi pandemi ini. Mereka merasa masih aman selama masih bisa mengelola keuangan dan tidak ada orang disekeliling mereka yang terjangkit virus corona.

Nah, dari sekian banyak pilihan sikap selama wabah virus corona, kira-kira keputusan bijak apa sih yang bisa kamu lakukan sehingga bisa mengelola keuangan lebih baik di tengah pandemi? Kalau penasaran, kamu bisa simak tips dan trik mengelola keuangan selama pandemi dari Bob di bawah ini loh.

Jangan Panik! Mengelola Keuangan Bisa Dimulai dari Sekarang

mengelola keuangan

Hal paling pertama yang harus kamu lakukan ketika menghadapi situasi yang serba tidak pasti adalah jangan panik. Terbukti rasa panik malah akan mengarahkanmu pada keputusan yang salah dalam mengelola keuangan.

Sekarang saatnya menarik diri dari dunia sekejap dan memikirkan lagi dengan hati-hati dan penuh perhitungan, langkah apa saja yang harus kamu ambil untuk mengelola keuangan selama pandemi.

Apapun kondisimu, apakah kamu tidak memiliki simpanan sama sekali atau memiliki simpanan namun juga punya banyak hutang, memiliki simpanan dan tidak memiliki hutang, atau pun kamu yang memiliki investasi, semua keputusan dalam mengelola keuangan harus dipikirkan secara matang dan jangan panik.

Saatnya Kencangkan Sabuk dan Kumpulkan Dana Darurat

Kalau kamu adalah orang yang jarang menabung, inilah saat yang tepat untuk memulai mengelola keuangan. Tidak ada kata terlambat untuk menabung. Kumpulkan setiap uang yang kamu punya dan mulai menyusun rinci kira-kira pengeluaran terbesarmu untuk apa.

Kalau kamu tidak memiliki dana darurat, apa yang harus kamu lakukan? Kalau kamu tidak memiliki dana darurat, kamu bisa mulai untuk menghitung aset apa saja yang kamu punya, seperti emas atau alat elektronik. Aset-aset ini bisa sangat berguna saat mengelola selama masa darurat pandemi Covid 19.

Kamu pun bisa menggadaikan atau menjual asetmu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sebisa mungkin hindari untuk berhutang, atau kalaupun kamu tidak memiliki pilihan selain berhutang, kamu harus memikirkan keputusanmu dalam mengelola keuangan dengan sangat hari-hati.

Kalau kamu tidak punya dana darurat ataupun aset, kamu bisa mendatangi pemerintah lokal setempat untuk mengajukan dirimu untuk mendapatkan bantuan yang sudah dikelola oleh pemerintah, swasta, maupun swadaya masyarakat.

Namun kamu harus ingat kalau bantuan tersebut diutamakan bagi mereka yang tidak memiliki dana darurat maupun aset. Maka dari itu, mengelola keuangan dari sekarang sangat penting supaya kamu memiliki dana darurat.

Mulai Membuat Catatan Keuangan yang Lebih Terperinci

mengelola keuangan

Kondisi pandemi ini mau tidak mau memaksamu untuk menjadi serba hemat dan perhitungan. Bagi kamu yang jarang membuat catatan keuangan, ada baiknya mulai belajar dari sekarang untuk mengelola keuangan yang lebih baik.

Dengan membuat catatan, mengelola keuangan akan menjadi lebih mudah. Kamu pun bisa menentukan skala prioritasmu. Kebutuhan apa yang harus dipenuhi pertama kali dan kebutuhan mana yang tidak begitu penting dan bisa ditunda.

Dengan begitu, kamu bisa mengelola keuangan dengan lebih hemat dan efektif.

Kurangi Langganan yang Tidak Penting

Mungkin banyak dari kamu yang berlangganan fitur-fitur premium dari berbagai platform aplikasi berbayar. Nah, di tengah masa pandemi yang serba tidak pasti ini, kamu sebaiknya berhenti berlangganan fitur-fitur yang jarang kamu gunakan sehingga bisa mengelola keuangan lebih baik.

Memutuskan untuk tidak berlangganan fitur-fitur dari platform aplikasi tertentu bisa menjadi upaya yang tepat dalam mengelola keuangan di masa pandemi. Kamu bisa menyimpan uangmu untuk kondisi darurat yang mungkin terjadi di masa yang akan datang.

Mulai Masak dan Kurangi Belanja yang Tidak Penting

mengelola keuangan

Kecenderungan untuk menumpuk makanan di tengah wabah memang umum terjadi pada siapa saja, tidak terkecuali kamu. Rasa takut berlebihan kadang membuat beberapa orang malah melakukan panic buying dengan perencanaan yang tidak matang yang menandakan bahwa kemampuan orang tersebut dalam mengelola keuangan sangat buruk.

Akibatnya mereka menjadi jauh lebih boros dengan menimbun makanan yang tidak begitu diperlukan. Beberapa makanan malah menjadi basi dan akhirnya dibuang. Sayang sekali kan. Mulai sekarang yuk mengelola keuangan dengan lebih baik dengan merinci dan membeli barang-barang apa saja yang benar-benar kamu butuhkan.

Selain itu, untuk kamu yang jarang masak, waktu selama karantina di rumah bisa dimanfaatkan untuk mulai belajar masak. Memasak bisa menjadi pilihan dalam mengelola keuangan karena lebih hemat daripada membeli makanan jadi.

Mulai Berkebun Yuk

mengelola keuangan

Di tengah masa pandemi seperti saat ini, ketahanan pangan menjadi salah satu isu yang disorot selain kesehatan dan ekonomi. Kecenderungan orang untuk menimbun makanan saat darurat membuat pasokan makanan menjadi langka dan beberapa harga bahan makanan naik drastis.

Hal ini tentu membuat masalah baru. Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan berkebun sendiri. Untuk kamu yang memiliki cukup pekarangan, boleh tuh mencoba urban farming. Berkebun juga terbukti bisa menjadi salah satu strategi dalam mengelola keuangan selama wabah virus corona.

Berkebun juga membuatmu menjadi jauh lebih hemat karena kamu tidak perlu berbelanja sayuran lagi. Jika satu lingkunganmu juga menerapkan urban farming, ketahanan pangan menjadi lebih terjaga. Serunya lagi jika kamu bisa berter sayuran dengan tetanggamu.

Yuk mulai urban farming supaya bisa mengelola keuangan lebih baik lagi di saat pandemi.

Jangan Lupa Memberi

Mengutip kata-kata Gubernur Jawa Barat, Bapak Ridwan Kamil, bahwa tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah memang harus diterapkan dalam pola pikir kamu selama wabah corona. Selama wabah ini ada baiknya kita berhenti saling menyalahkan dan mulai mengambil peran.

Untuk kamu yang masih memiliki simpanan dana darurat, pekerjaan, dan tidak memiliki hutang, mungkin kamu adalah sebagian kecil dari golongan masyarakat yang beruntung di tengah pandemi. Masih banyak teman-temanmu di luar sana yang harus memutar otak lebih keras untuk mengelola keuangan dan bertahan hidup di masa darurat ini.

Maka dari itu, yuk mulai saling memberi manfaat. Mari membantu sesuai dengan kapasitasmu. Karena wabah ini bukanlah masalah yang harus diselesaikan oleh sekelompok orang saja namun merupakan masalah kita bersama.

Mau Menginap Hemat? Selalu Cek Promo Bobobox

mengelola keuangan

Mau menginap hemat atau mau cari suasana karantina baru, bisa banget loh coba menginap di Bobobox. Bobobox merupakan hotel kapsul pertama di Indonesia yang terintegrasi IoT. Dengan menghabiskan masa karantinamu di Bobobox, kamu dijamin tidak akan bosan deh.

Bobobox dilengkapi dengan fasilitas wifi yang cukup kencang sehingga kamu bisa internetan atau bekerja di ruang bersama maupun di dalam podsmu. Jangan takut karena selama pandemi corona, Bobobox telah meningkatkan standar kebersihan dan berupaya maksimal untuk mencegah penyebaran virus corona.

Tunggu apalagi, selalu cek promo Bobobox disini.

 

 

 

 

 

 

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.