Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Rambut Sudah Mulai Tidak Sehat? Ini Dia 7 Tips Mengatasi Rambut Rontok Terbaik Patut Dicoba

agar rambutmu kembali sehat!

Bobobox.co.id — Rambut rontok mungkin merupakan hal wajar yang pastinya dialami setiap orang. Namun, tak jarang rambut rontok mampu membuat beberapa orang yang mengalami menjadi cemas.

Sebenarnya, rambut rontok sendiri dipengaruhi oleh banyak faktor. Faktor-faktor tersebut bisa berbeda-beda untuk tiap orangnya. Namun, kebanyakan orang akan menggunakan sampo antirontok untuk mengatasi masalah tersebut.

Padahal, kamu bisa melakukan hal lain yang mungkin memberikan hasil yang baik. Cara lain untuk mengatasi rambut rontok ini bisa saja mengatasi masalah rambutmu yang rontok berlebihan.

Nah, berikut ini merupakan 7 tips mengatasi rambut rontok terbaik yang patut kamu coba. Lakukan tips mengatasi rambut rontok di bawah ini jika rambutmu sudah mengalami tanda-tanda tidak sehat lagi ya!

Memilih Sampo yang Tepat

Tips mengatasi rambut rontok pertama adalah memilih sampo yang tepat. Kebanyakan orang cenderung abai dalam memilih sampo dan biasanya akan membeli sampo berdasarkan harga yang paling murah.

Namun, hal tersebut justru merupakan kebiasaan yang wajib diubah. Pasalnya, tiap sampo memiliki kegunaannya masing-masing. Ada yang ditujukan untuk mengatasi ketombe dan ada juga yang dikhususkan untuk rambut rontok.

Oleh karenanya, pilihlah jenis sampo khusus rambut rontok. Pada sampo tersebut, nutrisinya sendiri sudah disesuaikan dengan masalah rambut yang mudah rontoh. Dengan begitu, rambutmu tidak cepat patah.

Tips mengatasi rambut rontok lainnya pada poin ini adalah menghindari keramas dengan air panas. Air panas justru dapat mengelupas warna rambut. Usahakan untuk menggunakan air bersuhu ruang saja untuk keramas.

tips mengatasi rambut rontok memilih sampo
@charissek via unsplash.com

Tips Mengatasi Rambut Rontok dengan Bahan Alami

Kamu pun bisa mengatasi masalah rambut yang sedang kamu hadapi tersebut dengan menggunakan bahan alami. Tips mengatasi rambut rontok ini cocok bagi kamu yang lebih senang dengan perawatan alami.

Ada beberapa bahan alami yang bisa kamu jadikan sebagai masker merawat rambut. Beberapa bahan alami tersebut antara lain lidah buaya, santan kelapa, yoghurt, minyak zaitun, dan putih telur.

Hampir semua bahan tersebut bermanfaat untuk memperbaiki sel kulit mati di kulit kepala, memperkuat akar rambut, mengurangi rambut rontok, dan masih banyak lainnya. Bahannya tinggal kamu oles secara merata.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukanlah tips mengatasi rambut rontok ini secara rutin. Nantinya, hasil yang didapat dari menggunakan bahan-bahan alami tersebut akan lebih terasa pada rambutmu.

@pisauikan via unsplash.com

Mengelola Stres

Banyak sekali faktor yang menjadi penyebab dari mudahnya rambut rontok. Stres merupakan satu di antaranya. Untuk mencegah rontoknya rambutmu secara berlebihan, ada baiknya kelola dengan baik tingkat stresmu.

Tips mengatasi rambut rontok ini sendiri ditujukan agar mengurangi risiko kerontokan rambut yang lebih lanjut. Melakukan hobi atau aktivitas seru yang kamu sukai bisa jadi salah satu teknik manajemen stres yang patut dicoba.

Jika kamu kesulitan melakukan hobi yang kamu sukai, tak ada salahnya untuk mencoba aktivitas lain. Cobalah untuk berolahraga seperti lari, menonton film feel good, atau bisa juga sekadar membersihkan rumah.

Dengan pengelolaan stres yang baik, salah satu faktor penyebab rambut rontok bisa berkurang. Tips mengatasi rambut rontok ini tentunya akan memberikan efek yang lebih baik pada rambutmu.

@olly via pexels.com

Mengurangi Mewarnai Rambut

Kamu mungkin pernah merasa bosan dengan warna rambut yang itu-itu saja. Akhirnya, kamu pun memutuskan untuk mewarnai rambutmu untuk memberikan kesan yang lebih fresh.

Namun, usahakanlah untuk tidak terlalu sering mewarnai rambutmu. Bahan kimia pada cat rambut bisa berakibat fatal bagi rambutmu karena dapat melemahkan akar rambut dan merusak batangnya.

Tak hanya mewarnai rambut saja yang harus kamu hindari untuk dilakukan terlalu sering. Beberapa aktivitas lain seperti memanaskan rambut dengan hair dryer, menggunakan catokan, dan smoothing wajib dihindari.

Tips mengatasi rambut rontok ini sendiri bukan berarti benar-benar tak melakukan aktivitas tersebut. Kamu masih boleh melakukannya selama dalam jangka waktu yang tepat dan tidak terlalu sering saja.

@timmossholder via unsplash.com

Memerhatikan Pola Makan dan Diet

Pola makan tak sehat selain berpengaruh pada kesehatan tubuh secara umum, nyatanya juga berpengaruh pada kesehatan rambut. Pertumbuhan rambut akan berkurang secara signifikan akibat pola makan tak sehat.

Beberapa pola makan tak sehat antara lain merokok, minum minuman beralkohol, dan terlalu banyak meminum minuman berkafein dan bersoda. Untuk itu, cobalah mengaplikasikan pola makan sehat.

Pertimbangkan secara serius untuk mengonsumsi makanan berprotein tinggi. Protein sendiri merupakan zat utama yang mampu menutrisi rambut. Sumber protein yang baik ada pada telur, kacang-kacangan, dan lainnya.

Selain itu, konsumsi juga beberapa makanan lainnya seperti wortel, gandung, yoghurt, dan beras merah. Penuhi juga kebutuhan air putih sehari-hari disesuaikan dengan kondisi masing-masing.

@daria via pexels.com

Mengeringkan Rambut dengan Benar

Mengering rambut jika dilakukan dengan salah, hasilnya bisa merusak lapisan luar rambut. Maka dari itu, tips mengatasi rambut rontok berikutnya adalah mengeringkan rambut dengan benar.

Cara paling aman untuk mengeringkan rambut adalah dengan memeras lembut rambut menggunakan handuk. Lalu, angin-anginkan atau kamu bisa biarkan rambutmu kering secara alami.

Setelah kering, gunakan sisir dengan gigi yang lebar dan tidak tajam untuk mengurai rambutmu. Hindari menarik rambutmu dengan keras agar potensi rusaknya rambut bisa diminimalisir saat menyisir.

Tips mengatasi rambut rontok lainnya adalah tidak menyisir rambut saat rambut sedang basah. Hal ini justru meningkatkan kerusakan rambut karena kondisi rambut pada saat tersebut sangat rentan.

@cottonbro via pexels.com

Memilih Produk Perawatan Rambut yang Sesuai

Tips mengatasi rambut rontok terakhir adalah memilih produk perawatan rambut yang sesuai. Salah satunya adalah menggunakan sampo berbahan organik tanpa campuran bahan kimia sama sekali.

Kamu bisa menemukan beberapa produk sampo bebas sulfat (SLS) di marketplace yang tersebar di semua e-commerce. Pengurangan paparan kimia ini sebagai upaya untuk mencegah rambut rontok berlebih.

Tak hanya soal produk yang dipakai langsung pada rambutmu saja, kamu pun bisa menambah konsumsi suplemen. Tips mengatasi rambut rontok ini sendiri agar memaksimalkan pencegahan rambut rontok.

Untuk mencegah rambut rontok, suplemen yang dikonsumsi pun harus mengandung beberapa vitamin tersebut. Mulai dari vitamin A, vitamin B12, dan vitamin E. Mineral lain pun harus dipertimbangkan seperti magnesium dan zinc.

@charissek via unsplash.com

Menginap dengan Nyaman? Ya di Bobobox

Akomodasi penginapan yang nyaman tentu menjadi hal wajib untuk dipilih saat liburan. Sehingga, memilih akomodasi yang tepat menjadi sebuah hal yang harus diperhatikan.

Salah satu akomodasi penginapan yang recommended adalah Bobobox. Hotel kapsul ini menawarkan fasiltas mumpuni yang siap membuat para pengunjungnya merasa nyaman dan betah berlama-lama.

Jika kamu tertarik untuk mencoba menginap di Bobobox, informasi pemesanan bisa kamu cek di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

penginapan di bobobox

You might also like