Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Tips Mengatasi Ngorok yang Mudah Diaplikasikan

Coba satu per satu tipsnya, ya!

Bobobox.co.id — Mendengkur atau ngorok merupakan salah satu kebiasaan buruk yang wajib diatasi. Pasalnya, kebiasaan tak hanya mengganggu orang lain tetapi juga diri sendiri.

Oleh karenanya, kamu harus mulai mencari tahu bagaimana tips mengatasi ngorok. Jika dibiarkan berlarut-larut, kualitas tidur yang kamu butuhkan akan terganggu secara keseluruhan.

Tak hanya kualitas tidur saja yang bakal terkena dampak dari ngorok. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa orang yang ngorok memiliki peluang 34 persen lebih terkena serangan jantung.

Untuk itu, Bob, di sini, akan membagikan 10 tips mengatasi ngorok yang bisa diaplikasikan dengan mudah di rumah. Langsung saja simak ulasan singkat dari Bob berikut ini, ya!

Mengubah Posisi Tidur

Tips mengatasi ngorok yang pertama adalah mengubah posisi tidur. Cara sederhana satu ini tentu amat sangat mudah kamu aplikasikan dalam usahamu untuk mengatasi kebiasaan burukmu tersebut.

Posisi tidur terkurap atau telentang dapat menjadi rileks. Nah, hal inilah yang justru akan menghalangi jalan napas. Dengan posisi tersebut, kamu justru akan lebih mudah untuk ngorok nantinya.

Untuk mengatas hal tersebut, cobalah tidur dengan posisi menyamping. Kamu bisa mencoba ke samping kiri atau kanan. Tidur dengan posisi ini memungkinkan udara mengalir dan mengurangi dengkuran.

tips mengatasi ngorok mengubah posisi tidur
@olly via pexels.com

Tidur yang Cukup

Kurang tidur ternyata menjadi salah satu penyebab seseorang lebih sering ngorok. Oleh karenanya, tips mengatasi ngorok berikutnya dari Bob adalah tidur atau beristirahat yang cukup setiap harinya.

Harus diakui jika kamu kerap kali sulit menjaga waktu tidurmu di sela-sela kesibukan. Walaupun begitu, jika kamu mempunyai kebiasaan buruk ini, alangkah baiknya untuk tidur yang cukup.

Waktu tidur yang direkomendasikan adalah sekitar 7 hingga 8 jam setiap malam. Dengan tidur dengan tidur, kebiasaan ngorokmu kemungkinan akan berkurang seiring dengan terbiasanya tidur yang cukup.

@saseko via unsplash.com

Mengganti Bantal

Tungau adalah jenis serangga yang ada di sekitar kita namun sulit sekali terlihat dengan kasat mata. Selain menjadi penyebab gatal atau iritasi kulit, tungau pun bisa menjadi penyebab ngorok.

Tumpukan serangga ini pada bantal bisa memunculkan alergi yang menyebabkan ngorok. Untuk itu, tips mengatasi ngorok berikutnya adalah mengganti bantal yang digunakan secara rutin.

Kamu bisa mencuci bantal yang kamu gunakan setiap dua minggu sekali. Nah, untuk penggantian bantalnya, sangat direkomendasikan untuk mengganti bantalmu setiap enam bulan sekali.

@castorlystock via pexels.com

Mencukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Meminum air putih adalah salah satu cara untuk bisa mendapatkan tidur nyenyak. Namun, tak hanya itu, mencukupi kebutuhan cairan tubuhmu pun bisa menjadi tips mengatasi ngorok yang diderita.

Dalam keadaan haus saat tidur, sekresi dalam hidung dan dinding tenggorokan akan lengket. Akibatnya, dehidrasi ini justru akan membuatmu mendengkur atau ngorok ketika tidur nantinya.

Oleh karenanya, cukupilah kebutuhan cairan tubuh yang diperlukan sehari-hari. Setidaknya, dalam sehari, perempuan wajib meminum 11 gelas air putih sedangkan laki-laki mengonsumsi 16 gelas air.

@daria via pexels.com

Menggunakan Nasal Strip

Nah, bagi kamu yang memiliki bujet lebih, tak ada salahnya untuk mengaplikasikan tips mengatasi ngorok ini. Pasalnya, tips satu ini sendiri akan ‘memaksamu’ untuk mengeluarkan uangmu.

Banyak benda yang bisa membantu dalam mengurangi dengkuran saat tidur. Beberapa benda tersebut antara lain nasal strip, diffuser/humidifier, hingga semprotan hidung untuk mengatasi ngorok.

Tak hanya itu, kamu pun bisa mengonsumsi obat-obatan. Obat yang dikonsumsi haruslah obat antihistamin atau obat yang mengandung hormon kortikosteroid karena terbukti mengurangi dengkuran.

Jase Peeples via healthline.com

Menurunkan Berat Badan

Kelebihan berat badan tak baik untuk kesehatan tubuh. Berbagai penyakit pun meningkat risikonya bagi orang yang kelebihan berat badan. Kelebihan berat badan pun disinyalir sebagai salah satu penyebab ngorok.

Risiko orang yang kelebihan berat badan lebih tinggi daripada mereka yang memiliki berat badan ideal. Untuk itu, menurunkan dan mengontrol berat badan adalah tips mengatasi ngorok berikutnya.

Menurunkan dan mengontrol berat badan bagi yang sudah ideal mencegah penebalan jaringan tenggorokan dan penyempitan saluran tenggorokan. Untuk itu, mulailah untuk hidup sehat dari sekarang.

@pixabay via pexels.com

Mandi dengan Air Hangat

Tips mengatasi ngorok berikutnya yang mudah diaplikasikan adalah mandi dengan air hangat. Mandi dengan menggunakan air hangat sebelum tidur dapat membuka saluran hidung.

Dengan terbukanya saluran hidup untuk bernapas, dengkuran pun akan berkurang. Namun, sebenarnya, tak hanya mandi menggunakan air hangat saja yang bisa mengurangi potensi mendengkur.

Kamu pun bisa mencoba untuk menghirup uap hangat selama beberapa menit sebelum tidur. Setelah kamu melakukan tips ini, kemungkinan besar keluhan ngorokmu akan berkurang.

@pixabay via pexels.com

Menjaga Kebersihan Kamar Tidur

Tak hanya bantal, kamar tidur pun bisa jadi salah satu faktor penyebabmu ngorok ketika tidur. Suhu yang dingin atau kering bisa meningkatkan risikomu untuk mendengkur saat tertidur.

Udara yang kering menyebabkan mengeringnya tenggorokan dan dinding dalam hidup. Hal ini membuat hidung menjadi mampat dan jaringan dalam hidung akan bergetar ketika udara keluar masuk.

Cara yang bisa dilakukan adalah menjaga kelembaban kamarmu. Selain itu, kamu bisa mencoba untuk menghangatkan kamar tidurmu dengan menggunakan humidifier yang diletakkan tak jauh dari kasur.

@sidekix via unsplash.com

Meninggikan Posisi Kepala

Meninggikan posisi kepala saat tidur merupakan tips mengatasi ngorok lainnya yang mudah untuk diaplikasikan. Ada penjelasan yang menjadi dasar mengapa meninggikan posisi kepala ini efektif untuk mengatasi ngorok.

Saat menyangga kepala lebih tinggi saat tidur, lidah akan terjaga untuk tidak terdorong ke belakang. Tak terdorongnya lidah ini membuat saluran udara tetap terbuka dengan optimal.

Dengan membantu melebarkan saluran pernapasan, ngorok pun akan hilang. Namun, satu hal yang perlu diingat. Hal tersebut adalah jangan sampai sanggahan kepala yang dibuat terlalu tinggi.

@shop_slo via unsplash.com

Mengurangi Kebiasaan Merokok

Tips mengatasi ngorok terakhir dari Bob yang mudah diaplikasikan adalah mengurangi kebiasaan ngorok. Tips satu ini benar-benar ditujukan bagi kamu yang perokok dan sering mengorok saat tidur.

Faktanya, asap tembakau yang dihasilkan oleh rokok dapat menyebabkan peradangan jaringan pernapasan. Saat terbatasnya aliran udara yang masuk, risiko ngorok pun akan tinggi.

Oleh karenanya, cobalah untuk mengurangi kebiasaan burukmu tersebut. Jika dirasa sulit, cobalah untuk mengurangi kebiasaan merokok sedikit demi sedikit agar nantinya bisa hilang secara total.

@fotografierende via pexels.com

Menginap sambil Dekat dengan Alam? Ya di Bobocabin

Tidur dengan nyenyak menjadi salah satu cara untuk mengatasi ngorok. Nah, kamu bisa mendapatkannya saat mencoba untuk menginap di Bobocabin, salah satu produk terbaru dari Bobobox Indonesia.

Bobocabin sendiri memiliki fasilitas yang sama dengan fasilitas yang ada di Bobobox. Bedanya, Bobocabin memberikanmu kesempatan untuk dekat dengan alam selama menginap di Bobocabin.

Untuk informasi lebih lanjut, klik link ini ya. Tak lupa juga Bob mengingatkan jika kamu bisa mendapatkan aplikasi Bobobox yang bisa kamu unduh di sini.

Bobocabin Concept

You might also like