Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Perlu Kamu Ketahui, Ini 10 Tips Mengatasi Hidung Tersumbat. Terbukti Ampuh!

Mudah juga untuk dilakukan!

Bobobox.co.id — Hidung tersumbat kerap jadi masalah yang dianggap sepele oleh banyak orang. Padahal, hidung tersumbat justru kerap mengganggu produktivitas seperti bekerja atau kegiatan sehari-hari lainnya.

Untuk itu, agar menghindarkanmu dari terus-terusan terganggu akibat hidung mampet, kamu wajib mengaplikasikan tips mengatasi hidung tersebut yang akan Bob bagikan.

Daripada berlama-lama, langsung saja simak ulasan lengkap mengenai 10 tips mengatasi hidung tersumbat yang terbukti ampuh berikut ini.

Tips Mengatasi Hidung Tersumbat yang Ampuh

1. Jaga Suhu Tetap Hangat

Tips mengatasi hidung tersumbat pertama adalah dengan menjaga suhu tetap hangat. Cara mengatasi hidung mampet ini bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti mematikan AC atau kipas angin di rumah.

Pasalnya, jika kamu merasa kedinginan, hal tersebut justru membuat lendir penyebab hidung mampet jadi lebih mudah menebal. Untuk itu, pentingnya menjaga suhu tubuh tetap hangat saat hidung mampet.

Di samping mematikan AC dan kipas angin, ada tips mengatasi hidung tersumbat lainnya. Kamu pun bisa menghangatkan tubuhmu dengan menggunakan pakaian hangat dan selimut ketika kamu tidur.

Jaga suhu tetap hangat tips mengatasi hidung tersumbat
Jaga suhu tetap hangat via unsplash.com/@delaneyvan

2. Gunakan Humidifier

Humidifier atau alat pelembap udara merupakan barang yang berfungsi untuk melembapkan udara di sekitar. Kelembapan udara sendiri berperan penting dalam membantu untuk meredakan hidung mampet.

Tips mengatasi hidung tersumbat memang terbukti dalam mengurangi nyeri sinus dan meredakan hidung tersumbat. Caranya adalah menenangkan jaringan yang teriritasi dan pembengkakan pembuluh darah.

Dalam mengembalikan kondisi pernapasan ke keadaan normal, cobalah untuk letakkan alat pelembap udara ini di kamar. Dengan begitu, iritasi mereda dan gejala hidung mampet berkepanjangan pun berkurang.

Humidifier tips mengatasi hidung tersumbat
Humidifier via New Africa/shutterstock

3. Tetap Terhidrasi

Ketika hidung mampet berkepanjangan tak kunjung mereda, cobalah untuk tetap mengonsumsi air putih yang banyak. Tetap menghidrasi tubuh ini menjadi salah satu cara mengatasi hidup mampet.

Masuknya cairan ke dalam tubuh akan membuat kekentalan lendir di hidung berkurang. Alhasil, lendir yang asalnya menutupi rongga hidung akan tak tertup yang membuatmu bisa bernapas lebih lega.

Walaupun begitu, ada hal penting yang wajib diperhatikan dari tips mengatasi hidung tersumbat ini. Cairan yang mesti dikonsumsi adalah air putih hangat atau jika mau, kamu bisa konsumsi sup hangat.

Tetap terhidrasi tips mengatasi hidung tersumbat
Tetap terhidrasi via pexels.com/@daria

Baca Juga: Tanpa Disadari, Ini 10 Kebiasaan Merusak Gigi Sering Dilakukan


4. Mandi dengan Air Hangat

Tak hanya meminum air hangat, kamu pun bisa mencoba tips mengatasi hidung tersumbat dengan mandi air hangat. Cara atasi hidung mampet ini pun terbukti ampuh jika gejala yang timbul adalah batuk dan pilek.

Uap dari mandi air hangat tersebut baik dalam mengencerkan lendir pada rongga hidung. Alhasil, lendir pun akan menjadi lebih cair dan akhirnya membuat lendir tersebut mudah untuk dikeluarkan.

Tak hanya itu, masih ada manfaat lain yang diberikan oleh mandi dengan air hangat ini. Uap air hangat pun dipercaya dapat membantu dalam mengurangi peradangan yang ada di dalam hidung.

Mandi air hangat tips mengatasi hidung tersumbat
Mandi air hangat via pexels.com/@pixabay

5. Gunakan Dekongestan

Tips mengatasi hidung tersumbat bisa dilakukan dengan cara menggunakan obat. Salah satunya adalah obat oral atau obat nasal berjenis dekongestan yang bisa dengan mudah kamu temukan di apotek.

Obat tersebut mampu mengurangi pembengkakan dan meredakan nyeri yang berhubungan dengan iritasi saluran hidung. Obat ini sendiri tersedia dalam dua bentuk yakni semprotan hidung dan pil.

Untuk hasil yang lebih cepat, gunakan dekongestan berjenis semprotan hidung. Jika sudah mengaplikasikan tips satu ini lebih dari 3 hari, segeralah hentikan karena justru dapat membuat hidung mampet makin parah.

Dekongestan tips mengatasi hidung tersumbat
Dekongestan via New Africa/shutterstock

6. Coba Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih kerap menjadi pilihan karena khasiatnya yang baik untuk kesehatan seperti meredakan batuk. Tak hanya itu, minyak kayu putih pun bisa digunakan untuk mengatasi hidung mampet.

Tips mengatasi hidung tersumbat ini bisa dilakukan dengan cara mengoleskan minyak kayu putih di area hidung. Uap dari minyak tersebut mampu membuat lapisan lendir dalam hidung akan menipis.

Dengan begitu, kamu pun dapat bernapas lebih lega setelah mengaplikasikan cara mengatasi hidung mampet ini. Di samping itu, peradangan yang mungkin terjadi pun bisa berkurang berkat minyak ini.

Minyak kayu putih tips mengatasi hidung tersumbat
Minyak kayu putih via shutterstock

Baca Juga: Merasa Sudah Cukup Tidur Tapi Mudah Mengantuk? Simak 10 Penyebab Rasa Kantuk Yang Jarang Diketahui


7. Konsumsi Obat Antihistamin

Tak hanya dekongestan, obat lain yang bisa dikonsumsi untuk atasi hidung mampet yakni obat antihistamin. Obat satu ini dianjurkan untuk dikonsumsi bagi hidung mampet yang disebabkan oleh alergi.

Obat ini mampu meredakan hidung mampet yang dipicu alergi dengan cara mengurangi pembengkakak di saluran hidung. Alhasil, permasalahan pada hidung yang dialami pun dapat teratasi dengan cepat.

Namun, tips mengatasi hidung tersumbat ini perlu diperhatikan baik-baik. Pasalnya, antihistamin mampu menimbulkan efek kantuk yang kuat sehingga tak cocok dikonsumsi saat kamu berkendara.

Obat antihistamin tips mengatasi hidung tersumbat
Obat antihistamin via gooddoctor.co.id

8. Hirup Uap Hangat

Seperti yang sempat disinggung beberapa kali, uang hangat terbukti tokcer dalam mengatasi hidung mampet. Jika kedua cara sebelumnya tak berjalan efektif, cobalah dengan menghirup uap hangatnya saja.

Tips mengatasi hidung tersumbat ini bisa dilakukan dengan cukup mudah. Kamu hanya perlu memasukkan air hangat ke dalam sebuah wadah. Lalu, hiruplah uap yang dihasilkan secara perlahan.

Jangan lupa untuk memberi jarak antara hidung dan wadah selama mengaplikasikan cara mengtasi hidung mampet ini. Kamu pun bisa melaurkan minyak kayu putih untuk meringankan gejala hidung mampet.

Hirup uap hangat tips mengatasi hidung tersumbat
Hirup uap hangat via medicalnewstoday.com

9. Gunakan Neti Pot

Penggunaan neti pot merupakan cara mengatasi hidung mampet yang kerap dianjurkan. Bagi kamu yang belum tahu, neti pot sendiri adalah wadah yang dirancang untuk mengelurkan lendir dari saluran hidung.

Untuk menggunakannya, kamu perlu memakai air suling atau steril. Langkah-langkah penggunaannya bisa kamu cek di bawah ini:

  • Berdirilah dekat wastafel
  • Tempatkan cerat neti pot di salah satu lubang hidung
  • Miringkan neti pot tersebut hingga air masuk ke saluran hidung dan lendir keluar dari lubang lainnya.
  • Terakhir, lakukan cara atasi hidung tersumbat ini selama kurang lebih satu menit.
Neti pot tips mengatasi hidung tersumbat
Neti pot via South_agency/Getty Images

Baca Juga: 10 Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk. Efektif Dan Mudah Dilakukan!


10. Konsumsi Bahan Alami

Tips mengatasi hidung tersumbat terakhir dari Bob adalah mengonsumsi bahan alami. Bawang putih merupakan bahan alami yang cocok untuk dikonsumsi karena berfungsi sebagai agen antibakteri dan anti jamur.

Dengan fungsi sebagai agen antibakteri dan antijamur, bahan daput ini berguna untuk melenyapkan bakteri penyebab hidung mampet Dengan begitu, kamu pun bakal bisa bernapas dengan lega.

Kamu pun sebenarnya bisa mengatasi hidung tersumbat dengan makanan pedas. Makanan pedas sendiri mampu melegakan pernapasan yang mampet dengan langsung mengeluarkan lendir di hidung.

Konsumsi bahan alami tips mengatasi hidung tersumbat
Konsumsi bahan alami via unsplash.com/@mufidpwt

***

Itulah tadi 10 tips mengatasi hidung tersumbat yang terbukti ampuh dan cocok untuk kamu aplikasikan jika kamu memiliki permasalahan hidung mampet berkepanjangan.

Semoga artikel di atas bermanfaat, ya.

Jangan lupa untuk mengecek juga artikel-artikel menarik lainnya dari Bob yang bisa kamu baca di sini.

Jadikan Staycation di Bobobox sebagai Salah Satu Resolusimu!

Belum pernah staycation? Bingung untuk pilih tempat menginapnya? Tak usah ragu untuk memilih Bobobox. Malahan, kamu bisa menjadikan staycation di Bobobox ini sebagai salah satu resolusimu tahun ini!

Fasilitas futuristik bakal memanjakan dan membuat momen tahun baru rasanya bakal semakin mengasyikkan.

Untuk pemesanan, kamu bisa melakukannya di aplikasi Bobobox yang bisa kamu unduh di sini.

You might also like