Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Kerap Merasa Cemas? Simak 10 Tips Mengatasi Cemas Berlebihan Berikut Ini

Mudah dipraktikkan!

Bobobox.co.id — Rasa cemas yang dialami menjadi hal yang wajar jika dalam taraf normal. Berbeda halnya jika kamu kerap merasakan cemas berlebihan dan terjadi secara terus menerus.

Jika dibiarkan terus menerus, kondisi tersebut dapat menimbulkan efek samping. Mulai dari kesulitan tidur, sakit kepala, hingga masalah pada pencernaan menjadi beberapa efek samping yang mungkin terjadi.

Oleh karena itu, kamu perlu berupaya untuk mengatasi rasa cemas berlebihan tersebut. Berikut ini merupakan tips mengatasi cemas berlebihan dari Bob yang mudah kamu praktikkan dalam keseharianmu.

Ini Dia Tips Mengatasi Cemas Berlebihan Berikut Ini

1. Tarik Napas Panjang

Tips mengatasi cemas pertama yang paling mudah dilakukan adalah dengan menarik napas panjang. Cara sederhana ini dapat membantu tubuhmu untuk mengaktifkan respon relaksasi dalam tubuh.

Terangsangnya sistem saraf parasimpatik yang menenangkan dapat melawan serta membantu menetralisir kcemasan. Dengan begitu, kecemasan yang sedang kamu rasakan pun akan berkurang.

Untuk melakukannya, teknik pernapasan sederhana 4-7-8 bisa dilakukan. Kamu tinggal menghembuskan napas sepenuhnya, tarik melalui hidung selama 4 detik, tahan selama 7 detik, lalu hembuskan lewat mulut selama 8 detik.

Tarik napas panjang tips mengatasi cemas
Tarik napas panjang via pexels.com/@kelvin809

2. Berbicara dengan Orang Lain

Tips mengatasi cemas berlebihan berikutnya adalah dengan berbicara dengan orang lain. Sebisa mungkin, orang yang diajak bicara tersebut adalah orang yang benar-benar dekat denganmu.

Dukungan dari orang terdekat bisa memberikan rasa nyaman saat kecemasan sedang dirasakan. Perasaanmu akan semakin tenang saat kamu meluapkan apa yang membuatmu cemas berlebihan.

Tak hanya sekadar berbicara, kamu pun bisa saja menghabiskan waktu lebih bersama orang terdekat. Semakin menyenangkan hal yang kamu lakukan, semakin mudah lepas kecemasan yang dirasa.

tips mengatasi cemas Berbicara dengan orang lain
Berbicara dengan orang lain via unsplash.com/@felixrstg

3. Lakukan Hal yang Kamu Sukai

Saat merasa sedih, hobi menjadi salah satu kegiatan yang menjadi luapan emosimu. Nah, tak hanya mengurangi rasa sedih, melakukan hal yang kamu suka seperti hobi bisa jadi tips mengatasi cemas.

Cara satu ini dapat membantu tubuhmu untuk melepaskan hormon endorfin. Hormon tersebut sendiri merupakan hormon dalam tubuh yang berfungsi untuk mengendalikan luka dan stres.

Bahkan, di samping melakukan hal yang kamu suka, kamu bisa saja mencoba hal-hal baru. Bahkan, dengan cara ini, kamu bisa mendapatkan hobi baru yang menambah keterampilanmu nantinya.

Lakukan hobi tips mengatasi cemas
Lakukan hobi via pexels.com/@thatguycraig000

Baca Juga: Sering Alami Kesemutan? Ini Dia Cara Mengatasi Kesemutan Dengan Ampuh!


4. Hindari Minuman Kafein

Kafein merupakan senyawa stimulan yang biasa ditemukan dalam kopi, teh, cokelat, dan minuman berenergi. Saat kamu mengalami cemas berlebihan, sebaiknya hindarilah minuman berkafein.

Pasalnya, mengonsumsi kafein secara berlebihan justru dapat meningkatkan kecemasan. Jika termasuk yang mudah gelisah padahal baru mengonsumsi sedikit kafein, ada baiknya benar-benar dihindari.

Untuk itu, ketahuilah toleransi kandungan kafein tubuhmu. Dengan begitu, kamu tahu kapan boleh mengonsumsi minuman berkafein dengan takaran kafein sesuai dengan toleransi kafein tubuh.

Hindari minuman berkafein tips mengatasi cemas
Hindari minuman berkafein via pexels.com/@kaboompics

5. Pergi ke Luar Ruangan

Hal yang jarang disadari adalah tidak terkena pancaran sinar matahari bisa memperburuk rasa cemas yang dialami. Untuk itu, tips mengatasi cemas berikutnya adalah dengan pergi ke luar ruangan.

Bahkan, tak hanya ke luar ruangan saja, lho. Jika memungkinkan, cobalah untuk pergi ke alam bebas. Menghabiskan waktu di alam terbuka yang menenangkan akan mampu menstabilkan pikiranmu.

Lakukanlah hal tersebut hanya dalam waktu 15 menit saja. Soal tujuan alam bebasnya, kamu bisa pergi ke taman atau kebun. Hal terpenting adalah suasana tenang yang ada di sekitar alam bebas tersebut.

Ke luar ruangan tips mengatasi cemas
Ke luar ruangan via unsplash.com/@julianhochgesang

6. Melakukan Olahraga

Berolahraga menjadi tips mengatasi cemas berikutnya. Olahraga sendiri dipercaya dapat melawan stres atau cemas berlebihan karena dapat meningkatkan mood atau suasana hati.

Hal tersebut terjadi karena olahraga bisa menurunkan hormon stres seperti kortisol. Di samping itu, aktivitas fisik yang dilakukan membantu tubuh dalam melepaskan hormon endorfin.

Untuk olahraganya sendiri, kamu tak perlu melakukan olahraga berat. Olahraga ringan seperti jogging atau yoga bisa jadi pilihan karena tidak terlalu memakan waktu dan menguras banyak stamina.

Berolahraga tips mengatasi cemas
Berolahraga via pexels.com/@tirachard-kumtanom-112571

Baca Juga: Tertarik Detoks Media Sosial Untuk Mental Lebih Sehat? Coba 7 Tips Detoks Media Sosial Ini Untuk Memulainya Yuk!


7. Kurangi Penggunaan Media Sosial

Bisa dibilang jika media sosial seperti pisau bermata dua. Kamu akan mendapatkan kebaikan atau keburukan dari penggunaan media sosial berdasarkan bagaimana kamu menyikapinya.

Nah, saat mengalami kecemasan berlebihan, mengurangi penggunaan media sosial adalah tips mengatasi cemas yang wajib dilakukan. Hal ini demi menghindarkanmu dari kondisi cemas yang semakin parah.

Banyak ahli pun menyarankan untuk menghindari media sosial saat merasa cemas. Alih-alih menggunakan media sosial, kamu bisa memanfaatkan waktu tersebut dengan beristirahat sebaik mungkin.

Batasi media sosial tips mengatasi cemas
Batasi media sosial via pexels.com/@tracy-le-blanc-67789

8. Ciptakan Pola Hidup Sehat

Kamu mungkin pernah mendengar bahwa makanan yang kamu konsumsi berdampak pada perasaanmu. Mulai dari minum minuman berkafein hingga melewatkan makan bisa mengubah suasana hati.

Untuk itu, tips mengatasi cemas berlebihan lainnya adalah dengan menciptakan pola hidup sehat. Walaupun terdengar sulit, tapi kamu bisa mencoba untuk memulainya sedikit demi sedikit.

Kamu bisa memulainya dengan memakan makanan sehat. Kemudian, tunjang pola hidupmu dengan memenuhi kebutuhan tidurmu minimal tujuh jam per hari dan berolahraga secara teratur.

Pola hidup sehat tips mengatasi cemas
Pola hidup sehat via pexels.com/@iamtrangdoan

9. Berpikir Positif

Tips mengatasi cemas lainnya adalah mencoba untuk berpikir positif. Kecemasan yang kamu rasakan justru akan semakin memburuk jika kamu berpikiran negatif tentang dirimu dan lingkungan di sekitarmu.

Berpikir positif justru mampu memberikan manfaat bagi kesehatan mental dan juga fisikmu. Salah satunya adalah mengatasi kecemasan berlebihan yang kerap kamu alami.

Aromaterapi bisa menjadi cara untuk menstimulus pikiran agar lebih tenang dan berpikir positif. Aromaterapi ini dipercaya membantu mengaktifkan reseptor tertentu yang berpotensi mengurangi kecemasan.

Berpikir positif tips mengatasi cemas
Berpikir positif via pexels.com/@olly

Baca Juga: 10 Tips Hilangkan Bau Badan Secara Alami. Dijamin Berhasil!


10. Mendengarkan Musik

Tips mengatasi cemas berlebihan terakhir dari Bob adalah mendengarkan musik. Mendengarkan musik ini dapat memberikan efek rileks pada tubuh khususnya saat kamu sedang cemas.

Walaupun begitu, tak semua genre musik cocok untuk mengatasi cemas. Musik instrumental menjadi salah satu contoh genre yang dapat memicu respon relaksasi karena membantu menurunkan tekanan darah.

Selain itu, suara alam bisa dipilih sebagai opsi menarik lainnya. Suara alam seperti deru arus sungai dengan kicauan burung mampu menenangkan pikiran dan mengatasi stres dan cemas.

Mendengarkan musik tips mengatasi cemas
Mendengarkan musik via pexels.com/@burst

Tak Perlu Cemas dan Khawatir saat Menginap di Bobobox

Rasa cemas dan khawatir kerap kali muncul saat menginap. Biasanya, kecemasan dirasakan karena rasa takut berlebih jika sesuatu hal buruk terjadi seperti hilangnya barang-barang berharga.

Namun, kamu tak akan merasakan rasa cemas tersebut saat menginap di Bobobox. QR Code sebagai kunci keluar masuk siap menjamin keamanan barang-barang berhargamu saat kamu tinggal.

Jadi, tunggu apalagi? Unduh aplikasinya di sini untuk pemesanannya dan nikmati kenyamanan dan keamanan mumpuni saat menginap di Bobobox!

You might also like