Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Banyak Lalat di Rumah? Ini Dia 9 Tips Mengatasi Banyak Lalat di Rumah Versi Bob!

Terbukti ampuh dan efektif mengusir lalat!

Bobobox.co.id — Berbicara soal hewan penggangu, lalat mungkin menjadi hewan yang akan terbayang di benakmu. Pasalnya, hewan satu ini cukup sering menggangumu karena hinggap di makanan atau minuman.

Lalat yang berkeliaran tersebut tak hanya menggangu saja tetapi juga membawa kuman saat hinggap di makanan, minuman, atau perabotan lainnya. Kuman yang menempel inilah yang jadi sumber penyakit.

Kondisi banyak lalat di rumah tentu dialami oleh banyak orang. Kamu mungkin salah satunya. Oleh karenanya, kamu tentu membutuhkan tips mengatasi banyak lalat di rumah yang terbukti ampuh dan efektif.

Nah, Bob akan berbagi 9 tips mengatasi banyak lalat di rumah yang bisa dilakukan dengan sangat mudah dan sederhana. Bahan-bahannya sendiri bisa dengan mudah kamu beli di warung atau pasar tradisional terdekat.

Bisa Menggunakan Plastik Air

Tips mengatasi banyak lalat di rumah pertama adalah menggunakan plastik air. Kamu mungkin akan dengan mudah menemukan plastik air ini menggantung di area depan warung rumahan dekat tempat tinggalmu.

Selain untuk membuat dijadikan pemberat spanduk, nyatanya plastik air ini berguna untuk mengusir lalat. Hal tersebut tentunya semakin masuk akan jika warung tersebut menjual makanan yang dibuat dadakan.

Nah, kamu pun bisa mengaplikasikan tips mengatasi banyak lalat di rumah ini. Caranya adalah menggantungkan plastik air ini di ruangan atau tempat yang menjadi berkerumunnya banyak lalat di rumah. Misalkan ruang makan.

Plastik air ini sendiri dapat mengelabui penglihatan lalat. Plastik air ini dapat membuat penglihatan lalat tidak fokus dan akan membuatnya pergi dari rumahmu.

via rumah.com

Mengusir Lalat dengan Garam

Garam biasanya bermanfaat sebagai penambah rasa makanan akan terasa lebih enak dan sedap. Namun, garam mempunyai manfaat lainnya, lho! Salah satu manfaat lain dari garam adalah untuk mengusir lalat.

Tips mengatasi banyak lalat di rumah ini termasuk tips yang paling mudah di daftar ini. Pasalnya, hampir setiap rumah tentunya memiliki persediaan garam yang mencukupi baik untuk masak dan mengusir lalat.

Cara untuk mengaplikasikan tips mengatasi banyak lalat di rumah ini pun sangatlah mudah. Kamu hanya perlu menaburkan garam di area yang sering dihinggapi lalat misalkan di dapur atau di sekitar tempat sampah.

tips mengatasi banyak lalat di rumah garam
via daveynutrition.com

Memaksimalkan Daun Pandan

Tips mengatasi banyak lalat di rumah berikutnya adalah dengan memaksimalkan daun pandan. Seringkali dimanfaatkan saat memasak, kamu pun bisa memanfaatkan daun pandan sebagai pengusir lalat di rumah.

Salah satu alasan mengapa daun pandan efektif sebagai pengusir lalat adalah aroma wangi yang dihasilkan oleh daun ini. Manusia mungkin akan menyukai aroma wangi yang dihasilkan namun tidak dengan lalat.

Lalat justru tidak menyukai aroma wangi daun pandan. Untuk itu, kamu bisa menyiapkan beberapa helai daun pandan untuk diiris dan disimpan di wadah seperti piring. Lalu, simpan irisan tersebut di tempat yang dihinggapi lalat.

via marketexperiences.com

Menggunakan Tanaman Pengusir Lalat

Jika beberapa tips mengatasi banyak lalat di rumah lainnya belum cocok, mungkin tips satu ini bakal jadi pilihanmu. Pasalnya, tips ini bisa saja sekalian dilakukan saat kamu berniat untuk mempercantik rumahmu.

Tips tersebut adalah menggunakan tanaman yang juga berguna untuk mengusir lalat. Beberapa tanaman pengusir lalat yang bisa kamu pilih antara lain pandan, kemangi, lavender, dan masih banyak tanaman lainnya.

Caranya pun cukup mudah. Kamu tinggal menempatkan pot tanaman hias tersebut di ruangan yang sering dihinggapi banyak lalat. Selain mengusir lalat, ruangan tersebut akan tampak lebih cantik dengan tanaman tersebut.

Getty Images via gardeningknowhow.com

Lemon sebagai Alternatif

Lemon yang ada di rumah bisa kamu jadikan sebagai alternatif untuk mengusir lalat. Tips mengatasi banyak lalat di rumah ini bisa dilakukan dengan menggabungkannya dengan bahan lain seperti jeruk atau cengkeh.

Seperti yang disinggung sebelumnya, lalat termasuk binatang yang tidak menyukai aroma wangi. Aroma wangi kombinasi cengkeh dan lemon yang cukup tajam mampu mengusir lalat dan serangga kecil lainnya dari rumahmu.

Kamu hanya perlu memotong lemon tersebut menjadi empat bagian. Kemudian, tancapkan 12 biji cengkeh. Letakkan irisan lemon dan cengkeh tersebut di area yang sering didatangi oleh lalat.

Hati-Hati! 7 Jenis Buah dan Sayur yang Tidak Boleh Dimasukkan ke Kulkas
@eggbank via Unsplash

Gunakan Lilin sebagai Penangkal

Lilin biasanya akan sangat berguna saat rumahmu terkena pemadaman listrik bergilir di malam hari. Namun, lilin pun bisa berguna juga untuk menjadi pengusir lalat yang sering menghingapi makanan yang ada di rumah.

Tips mengatasi banyak lalat di rumah ini terjadi karena lalat tidak menyukai ruangan yang banyak asap. Tips ini sebenarnya sudah banyak dilakukan oleh rumah makan ataupun restoran.

Walaupun memiliki manfaat sebagai pengusir lalat, kamu wajib waspada. Kamu tak boleh meletakkan lilin berdekatan dengan benda-benda di rumah yang relatif mudah terbakar seperti plastik ataupun kertas.

@reneasmussen via pexels.com

Cuka Apel pun Bisa untuk Mengatasi Lalat

Cuka apel biasanya dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh seperti membantu menurunkan berat badan. Disamping itu, cuka apel pun termasuk salah satu tips mengatasi banyak lalat di rumah.

Cara menfaatkan cuka apel untuk mengusir lalat pun cukup mudah. Kamu hanya membutuhkan botol tak bekas. Kemudian, buatlah lubang kecil pada bagian atas botol yang dengan plastik bening dan diikat karet.

Isi botol tersebut setengah botol saja. Secara efektif, aroma cuka apel tersebut mampu memancing lalat untuk masuk ke dalam botol. Setelah masuk, lalat tersebut justru sulit keluar dan justru akan tenggelam.

Getty Images via healthing.ca

Tips Mengatasi Banyak Lalat di Rumah dengan Cengkeh

Nah, cengkeh menjadi tips mengatasi banyak lalat di rumah selanjutnya. Cengkeh sendiri terkenal akan bau khasnya yang sangat tajam. Aroma inilah yang mampu membuat lalat enggan untuk mendatangi rumahmu.

Oleh karenanya, kamu bisa memanfaatkan cengkeh yang ada di rumah untuk mengusir lalat. Caranya pun cukup mudah dan sederhana. Kamu hanya tinggal merendam beberapa cengkeh pada air.

Setelah terendam, simpan rendaman air tersebut di area yang menjadi tempat berkumpulnya lalat di rumah. Dengan begitu, lalat tersebut akan cepat kabur dan tak akan kembali ke area tersebut.

via leavla.com

Menggunakan Bawang Putih

Tips mengatasi banyak lalat di rumah terakhir adalah menggunakan bawang putih. Tak seperti tips lainnya, tips kali ini tak bisa dilakukan hanya dengan bawang putih saja. Kamu membutuhkan tambahan lainnya.

Tambahan tersebut antara lain kayu manis, bubuk cabai, dan air. Keempat bahan ini akan dijadikan sebagai semprotan pengusir lalat. Cara pembuatan semprotan pengusir lalat ini pun cukup mudah kok.

Kamu tinggal menghaluskan ketiga bahan tersebut hingga rata. Kemudian, campurkan dengan air. Setelah itu, saring air campuran tersebut untuk kemudian dimasukkan ke dalam botol semprotan tidak terpakai di rumah.

@matthewpilachowski via unsplash.com

Menginap Tanpa Lalat Penggangu? Ya di Bobobox

Saat tidur, kamu tentu tidak ingin diganggu oleh siapapun termasuk lalat. Bahkan, momen menginapmu di akomodasi penginapan tertentu akan menjadi buruk tatkala makhluk kecil ini menganggu tidurmu.

Namun, hal tersebut tak terjadi di Bobobox. Pasalnya, kebersihan menjadi salah satu hal yang paling dijaga di Bobobox. Oleh karenanya, kamu tak perlu khawatir jika lalat penggangu akan datang menggangumu.

Pemesanan dan informasi lebih lanjut bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

You might also like