Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ingin Mengajarkan Anak Bersosialisasi? Simak Tips-Tips Mendidik Anak Agar Dia Menjadi Pribadi yang Friendly dan Supel

Yang paling penting, tetap sabar dan ajarkan perlahan.

Selain tumbuh menjadi anak yang cerdas, menjadi pribadi yang supel dan friendly pun sangat penting untuk pergaulan dan kehidupan sosial si kecil di masa depan, loh. Namun, mengajarkan mereka bersosialisasi terkadang menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua, sebab setiap anak lahir dengan pribadi yang unik. Untuk itu, lakukanlah beberapa tips mengajarkan anak bersosialisasi di bawah ini agar mereka dapat tumbuh menjadi pribadi yang ramah dan menyenangkan!

1. Biarkan Anak Bebas Bermain

Tips mengajarkan anak bersosialisasi yang pertama adalah dengan membiarkan mereka bebas bermain. Dengan demikian, sang anak akan lebih bisa mengenal dan meng-explore dunia selain di dalam rumah.

Tips mengajarkan anak bersosialisasi

Photo by Michael Morse from Pexels

Jangan sampai anak-anak dibatasi ruang geraknya. Biarkan mereka bebas berekspresi dan mencoba melakukan berbagai kegiatan-kegiatan positif di luar seperti berolahraga atau bermain di taman bersama teman. Selain menjadi lebih pandai bersosialisasi, si kecil juga akan menjadi lebih percaya diri.

2. Banyak Ngobrol dengan Anak

Selain memberi kebebasan dalam bermain, banyak-banyak mengajak ngobrol si kecil juga merupakan salah satu tips mengajarkan anak bersosialisasi yang patut kamu lakukan. Ajaklah anak ngobrol seputar hal-hal positif yang bisa mengedukasi dan melatih kecerdasan mereka. Jawablah setiap pertanyaan anak dengan hati-hati namun tetap memberikan jawaban jelas terhadap jiwanya yang penuh rasa ingin tahu.

3. Biasakan Anak untuk Menyapa dan Tersenyum

Menyapa dan tersenyum mungkin merupakan hal sederhana yang biasa kita lakukan sehari-hari. Namun ternyata, hal kecil ini dapat melatih si kecil menjadi pribadi yang supel dan ramah, loh.

Tips mengajarkan anak bersosialisasi ini pun akan membuat si kecil tumbuh menjadi pribadi yang sopan. Jika terus dibiasakan, mereka pun akan menyapa dan tersenyum pada orang lain tanpa perlu diingatkan terlebih dahulu oleh orang tuanya.

4. Ajarkan Anak tentang Etika Bergaul

Tips mengajarkan anak bersosialisasi berikutnya adalah dengan mengajarkan mereka etika bergaul. Mulai dari yang paling sederhana seperti mengucapkan terima kasih, tolong, dan maaf.

Tips mengajarkan anak bersosialisasi

Photo by Naomi Shi from Pexels

Contoh lainnya jika sedang bermain di tempat bermain umum atau playground, kamu bisa mulai mengajarkan anak untuk berbagi dan bergantian dalam bermain. Tips mengajarkan anak bersosialisasi satu ini mengajarkan mereka untuk saling berbagi, tidak serakah, dan menanamkan nilai-nilai norma yang baik dalam diri mereka.

5. Ajarkan Eye Contact

Menatap mata lawan bicara merupakan hal yang wajib dilakukan saat sedang berbicara dengan orang lain. Hal ini menunjukkan bahwa kita menghargai orang yang sedang berbicara dengan kita.


BACA JUGA: Khusus Untuk Para Orangtua! Ini Dia Rekomendasi Game Anak-Anak Terbaik Untuk Pembelajaran Versi Bob


So, hal ini pun sangat penting untuk diajarkan kepada si kecil sejak dini. Selain mampu menghargai lawan bicaranya, tips mengajarkan anak bersosialisasi satu ini pun akan membangun dan melatih rasa percaya dirinya saat bergaul dengan orang lain.

6. Biarkan Anak Bergabung dalam Berbagai Komunitas

Tips mengajarkan anak bersosialisasi selanjutnya adalah dengan membiarkan mereka bergabung di berbagai komunitas seperti tempat kursus atau kelompok bermain. Hal ini bertujuan agar mereka mengenal pergaulan yang lebih luas, tidak hanya di sekolah saja.

Tips mengajarkan anak bersosialisasi

Photo by RODNAE Productions from Pexels

Dengan begitu, antusias sang anak untuk bersosialisasi dengan orang lain pun akan semakin meningkat. Sebelum melakukan tips mengajarkan anak bersosialisasi ini, perhatikanlah terlebih dahulu bidang apa yang kira-kira si kecil minati.

Contohnya, jika si kecil tertarik di bidang seni, kamu bisa mengajaknya bergabung di komunitas musik atau ballet, dan lain sebagainya. Jadi, selain melatih jiwa sosialnya, ini juga akan sekaligus melatih minat dan bakatnya.

7. Ajak Anak Menonton Film

Menonton film merupakan kegiatan seru yang bisa dilakukan bersama anak-anak. Ternyata, menonton film bukan hanya sekadar sebagai hiburan semata, loh. Kamu juga bisa menonton film bersama si kecil sebagai salah satu tips mengajarkan anak bersosialisasi.

Tentu saja film yang dipilih haruslah mengandung nilai-nilai edukasi dan humor yang pas untuk usia anak-anak. Dengan begitu, mereka akan tumbuh menjadi pribadi penuh canda yang menyenangkan namun tetap cerdas.

Tips mengajarkan anak bersosialisasi

Photo by Tima Miroshnichenko from Pexels

Jangan lupa untuk selalu berhati-hati memilih film bagi si kecil, sebab mereka mudah sekali menyerap dan meniru apapun. Tugas kita adalah menjadi filter utama dan terdepan saat hendak melakukan tips mengajarkan anak bersosialisasi yang satu ini.

8. Menjadi Support System untuk Pertemanan Anak

Tips mengajarkan anak bersosialisasi berikutnya adalah dengan menjadi support system untuk pertemanan mereka. Dukunglah saat mereka mulai menjalin pertemanan, dan jelaskanlah pentingnya arti memiliki teman atau sahabat di hidup ini.


BACA JUGA: 9 Manfaat Memeluk Anak Bagi Kesehatan Fisik Dan Mental Anak


Jika sang anak memiliki pribadi yang tertutup, berusahalah untuk mendukung dan membantunya mulai membuka diri terhadap orang lain sedikit demi sedikit. Namun tetap pastikan bahwa mereka merasa nyaman dan siap, ya.

9. Jadilah Contoh yang Baik untuk Anak

Selain menjadi support system, tips mengajarkan anak bersosialisasi selanjutnya adalah dengan menjadi contoh dalam bergaul yang baik bagi mereka. Sebab, anak-anak akan selalu menyerap dan meniru apapun yang dilihatnya, terutama dari orang tua.


BACA JUGA: Simak Rekomendasi Novel Anak Berikut Ini Untuk Meningkatkan Minat Baca Si Kecil!


Untuk itu, upayakan untuk selalu berinteraksi secara baik dan sopan dengan siapapun, mulai dari tutur kata hingga sikap. Tips mengajarkan anak bersosialisasi satu ini akan lebih efektif untuk dilakukan ketimbang mengajarkan mereka teorinya.

10. Tak Perlu Terlalu Protektif

Para orang tua mungkin menginginkan setiap proses tumbuh kembang anaknya berjalan secepat dan selancar mungkin. Maka, jika ada sesuatu yang tidak sesuai rencana para orang tua pun akan langsung turut campur, termasuk dalam pergaulan atau kehidupan bersosial si kecil.

Sebaiknya, latihlah si kecil secara perlahan dan lakukanlah tips mengajarkan anak bersosialisasi yang satu ini, yakni tidak terlalu protektif. Cukup perhatikan si kecil dari jauh untuk mendukungnya mulai berani bersosialisasi.

Photo by Kampus Production from Pexels

Biarkan mereka untuk mencoba melakukannya sendiri dan jangan langsung mengkritik jika si kecil melakukan kesalahan. Tips mengajarkan anak bersosialisasi ini bisa kamu coba dengan hal yang simpel, seperti memintanya mencoba bayar di kasir sendiri saat membeli mainan. Dengan begitu, kemampuan berkomunikasi serta rasa percaya dirinya pun akan meningkat.

Pasti happy staycation di Bobobox!

Bermain bersama anak dan orang-orang terkasih tentunya sangat menyenangkan dan mampu membunuh stress yang sedang melanda. Ada berbagai cara asik untuk melepas stress, salah satunya adalah dengan staycation!

Bingung pilih hotel yang seru dan nyaman untuk staycation-mu? Tenang, ada Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel. Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama staycation di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Untuk memesan kamar, kamu nggak usah khawatir bakal ribet, tinggal download aja aplikasinya. QR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox! Oh iya, kamu juga bisa melihat langsung pods Bobobox lewat virtual 360° tour lho!

You might also like