Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Tips Mencuci Selimut agar Tak Bau Apek. Mudah Dilakukan!

Bobobox.co.id — Selimut adalah teman timur yang paling dibutuhkan khususnya saat udara sedang dingin-dinginnya. Menjaga selimut tak apek menjadi sebuah keharusan. Untuk itu, kamu wajib tahu tips mencuci selimut.

Pasalnya, tak sedikit orang yang kerap melakukan kesalahan dalam mencuci selimut. Padahal, aroma selimut yang sedap menjadi salah satu faktor penting dalam menjaga kenyenyakan ketika tidur.

Nah, dilansir dari berbagai sumber, simak ulasan lengkap mengenai 7 tips mencuci selimut yang baik dan benar agar tidak bau apek berikut ini.

Tips Mencuci Selimut Agar Tak Bau Apek

1. Baca Instruksi Pemakaian

Tips mencuci selimut pertama yang mesti kamu lakukan adalah membaca instruksi pemakaian. Langkah pertama ini kamu lakukan sebelum benar-benar memulai proses mencuci selimut yang kotor.

Setiap mesin cuci dari tiap pabrikan mempunyai beragam penamaan fitur yang sebenarnya sama. Untuk itu, membaca instruksi pemakaian dapat memberikanmu insight terkait fitur yang tersedia.

Tak hanya sekadar mengetahui fitur saja, kamu pun dapat mengetahui fitur mana yang cocok dengan bahan tertentu. Dengan melakukan tips mencuci selimut ini, hal-hal tak yang tak diinginkan pun bisa diminimalisir.

Misalkan saja, mesin cuci atau selimut yang rusak karena adanya kesalahan saat proses pencucian. Sangat disayangkan jika selimut kesayanganmu malah tak bisa terpakai lagi akibat kelalaianmu.

Baca instruksi pemakaian via The Spruce/Ana Cadena 

2. Bersihkan Debu Terlebih Dahulu

Debu adalah salah satu kotoran yang paling sering menempel pada selimut. Oleh karenanya, tips mencuci selimut berikutnya adalah membersihkan debu yang menempel terlebih dahulu.

Pada beberapa kasus, debu bahkan lebih mudah menempel pada selimut. Selimut berbahan wol lebih mudah menyerap debu yang membuat pemilik selimut jenis ini wajib melakukan double check.

Agar mendapatkan hasil optimal, kamu bisa memanfaatkan alat penghisap debu. Namun, kamu pun bisa menggunakan roller tape saat akan menyikat debu yang menempel pada selimut.

Sama seperti halnya tips mencuci selimut sebelumnya, cara ini wajib kamu lakukan sebelum proses pencucian. Namun, cara ini pun bukan cara terakhir untuk kamu lakukan sebelum proses pencucian.

tips mencuci selimut dengan membersihkan debu
Membersihkan debu via shutterstock/rawpixel.com

Baca Juga: 10 Tips Merawat Sepatu Agar Sepatumu Tetap Awet Dan Tak Cepat Rusak


3. Bersihkan Juga Noda Membandel

Tips mencuci selimut ini masih berkaitan dengan sebelum proses pencucian. Di samping debu yang menempel, kamu pun wajib untuk membersihkan juga noda membandel yang kamu temukan di selimut.

Sebenarnya, noda pada selimut tersebut bisa hilang dengan menggunakan mesin cuci. Namun, agar noda membandel benar-benar hilang, ada baiknya jika membersihkannya dengan cara manual terlebih dahulu.

Kamu bisa melakukan tips mencuci selimut dengan menggunakan sabun dan sikat lembut. Setelah selesai, cek kembali apakah masih ada noda membandel yang mungkin saja kamu lewatkan sebelumnya.

Setelah itu, barulah kamu masukkan ke dalam mesin cuci. Dengan melakukan cara-cara tersebut, noda membandel pun bakal menghilang dan kamu pun mendapatkan hasil yang semakin maksimal.

tips mencuci selimut dengan membersihkan noda membandel
Noda membandel via The Spruce/Michelle Becker

4. Gunakan Detergen Ringan

Detergen adalah campuran berbagai bahan untuk membantu pembersihan sesuatu. Untuk membersihkan selimut kesayanganmu, kamu pun membutuhkan detergen agar hasil pencucian optimal.

Walaupun begitu, jangan salah dalam memilih detergen yang tepat untuk selimutmu. Memilih detergen dengan kandungan kimia tak terlalu kuat adalah tips mencuci selimut agar tak apek lainnya.

Gunakanlah detergen yang mengandung bahan ringan untuk mencuci selimut dengan noda tak membandel. Hal tersebut untuk mencegah dan menurunkan risiko rusaknya serat bahan selimut.

Cara mencuci selimut ini tak hanya berhenti sampai di situ saja. Jika memang ada noda membandel yang begitu sulit untuk kamu hilangkan, barulah menggunakan detergen dengan kandungan kimia kuat.

tips mencuci selimut dengan detergen ringan
Detergen ringan via unsplash.com/@norevisions

Baca Juga: Dijamin Anti Apek, Aplikasikan 10 Tips Jemur Pakaian Saat Musim Hujan Ini


5. Jangan Campur dengan Pakaian

Saat proses pencucian, tanpa sadar kamu kerap mencampurkan pakaian yang akan kamu cuci. Padahal, pakaian putih dan pakaian berwarna wajib kamu pisahkan untuk mengurangi risiko luntur.

Hal tersebut sama seperti halnya saat mencuci selimut. Ada baiknya jika kamu mencuci selimut saja. Mencampurkan selimut dengan pakaian justru bisa meningkatkan potensi luntur pada selimut.

Untuk itu, tips mencuci pakaian lainnya adalah dengan tidak mencampur selimut dengan pakaian khususnya pakaian berwarna. Cara ini pun dilakukan agar masing-masing bahan tidak menjadi rusak.

Tak hanya itu, mencuci selimut secara terpisah pun akan baik untuk kesehatan mesin cuci. Pasalnya, beban kerja dari mesin cuci yang kamu miliki pun tidak akan terlalu berat jika hanya mencuci selimut saja.

tips mencuci selimut dengan tak mencampur pakaian
Jangan campur dengan pakaian via pexels.com/@sarah-chai

6. Jangan Gunakan Pemutih

Pemutih pakaian biasanya digunakan untuk menyingkirkan noda membandel. Walaupun begitu, pemutih pakaian tersebut sebenarnya tak bolah kamu gunakan untuk menghilangkan noda pada selimut.

Penggunaan pemutih pakaian tidak disarankan karena tidak cocok dengan tekstur pada jenis selimut tertentu seperti berbahan tebal. Pemakaian pemutih justru dapat merusak kain selimut tersebut.

Untuk itu, tips mencuci selimut ini bisa kamu akali dengan menggunakan bahan pemutih alami. Bahan-bahan seperti lemon atau baking soda bisa menjadi pilihan tepat untuk kamu gunakan.

Tak lupa juga untuk mengingatkanmu bahwa hanya detergen ringan dan pelembut khusus saja yang kamu gunakan. Penggunaan pelemput tentu saja bakal membuat selimut tetap lembut dan fluffy.

Pemutih pakaian
Pemutih pakaian via pexels.com/@ian-panelo

Baca Juga: 7 Tips Membersihkan Kulkas. Jamur Dan Karat Dijamin Hilang!


7. Keringkan Selimut dengan Benar

Tips mencuci selimut terakhir dari Bob adalah memerhatikan cara mengeringkan selimut. Pasalnya, tak sedikit orang yang mengalami selimut yang masih bau apek walau telah dicuci dengan benar.

Bau apek tersebut bisa terjadi lantara proses pengeringan yang tidak berjalan maksimal. Untuk itu, ada baiknya jika kamu mulai dari sekarang mengetahui cara mengeringkan selimut yang benar.

Saat menggunakan pengering mesin cuci, aturlah pengeringan yang paling rendah agar tidak merusak bahan selimut. Kamu pun bisa melakukan proses pengeringan mesin cuci ini lebih dari satu kali.

Setelah itu, jemurlah selimut di ruang dengan udara terbuka. Tak hanya itu, jemurlah di bawah sinar matahari yang tak terlalu panas. Jangan gunakan selimutmu jika selimutnya belum benar-benar kering.

Menjemur selimut dengan benar via Bob Vila

***

Itulah tadi 7 tips mencuci selimut yang mudah untuk kamu lakukan agar selimutnya tak bau apek.

Jika tips di atas sulit untuk kamu aplikasikan karena berbagai hal, kamu bisa mempertimbangkan datang ke tempat cuci profesional terdekat.

Jangan lupa untuk mengecek juga artikel-artikel menarik lainnya dari Bob yang bisa kamu baca di sini.

Menginap dengan Pengalaman Berbeda? Ya di Bobobox

Terkadang, kamu menginginkan pengalaman menginap yang berbeda saat liburan. Rasa bosan dengan hal itu-itu saja menjadi salah satu dari sekian banyak alasan mengapa kamu ingin pengalaman berbeda saat menginap.

Jika hal itu yang kamu mau, datang saja ke Bobobox. Hotel kapsul ini menawarkan fasilitas-fasilitas keren yang sudah terbukti memberikan banyak orang pengalaman menginap yang tak terlupakan.

Penasaran seperti apa? Unduh aplikasi Bobobox terlebih dahulu di sini untuk pemesanan podnya.

promo bobobox

You might also like