Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Makan Kembali Nyaman dengan 7 Tips Mencegah Sariawan Berikut!

Coba tips mencegah sariawan ini biar makan kembali enak!

Bayangin kamu sedang makan bareng teman-teman kamu di restoran yang kece. Makanan dan minuman yang kamu pesan semuanya terlihat menggoda. Duh! Nggak sabar deh rasanya ingin cicipi semuanya. Begitu mulai makan, tiba-tiba kamu merasakan perih di mulut kamu. Walhasil, momen makan kamu pun terganggu. Ah! Semuanya gara-gara si sariawan menyebalkan!

Kita semua pasti pernah mengalami sariawan, baik di lidah, dinding mulut, maupun bibir. Menurut Alodokter, sariawan bisa disebabkan oleh infeksi virus atau jamur, serta cedera atau iritasi akibat tergigit, misalnya. Kondisi tertentu seperti penyakit autoimun, perubahan hormon, kekurangan nutrisi, dan faktor genetik juga jadi pemicu sariawan. Dalam bahasa Inggris, kondisi ini dikenal sebagai mouth ulcer.

tips mencegah sariawan
Sumber: https://www.pexels.com/photo/fashion-people-woman-coffee-6193197/

Baca Juga: Ini Dia 10 Minuman Sehat untuk Menjaga Kondisi Tubuhmu


Tentunya menyebalkan ketika si sariawan rajin banget mampir ke mulut kita. Selain mengganggu, tentunya kondisi ini juga nggak baik jika terus terjadi. Ada banyak cara dan tips mencegah sariawan yang kamu bisa ikuti. Beberapa kiat pencegahan ini berkaitan dengan hal-hal sepele, seperti kebiasaan menggosok gigi dan konsumsi jenis makanan tertentu. Yuk simak 7 tips mencegah sariawan dari Bob!

1. Pilih Sikat Gigi Berbulu Halus

Kiat yang pertama berkaitan dengan kebiasaan menggosok gigi kamu. Ternyata, pemilihan sikat gigi yang salah bisa memicu sariawan. Pasalnya, dilansir dari drstevenghim.com, sikat gigi berbulu halus tidak mengiritasi mulut seperti sikat berbulu kasar. Dengan kata lain, sikat gigi berbulu halus lebih friendly buat mulutmu karena tidak mudah memicu iritasi.

tips mencegah sariawan
Sumber: https://www.pexels.com/photo/dawn-people-woman-girl-8762973/

Sebagai tambahan untuk tips mencegah sariawan ini, hindari juga penyikatan di area sariawan. Seperti yang disebutkan sebelumnya, sariawan bisa dipicu oleh iritasi. Kalau kamu menyikat di area sariawan, kamu justru memicu iritasi lebih lanjut. Bukannya cepat sembuh, sariawan kamu akan terasa lebih perih. Makin susah makan deh!


Baca Juga: Hindari Kebiasaan Kebiasaan Yang Merusak Gigi Ini Agar Mulutmu Jadi Lebih Sehat


2. Hindari Pasta Gigi yang Mengandung Sodium Lauril Sulfat

Masih berkaitan dengan kebiasaan menggosok gigi, tips mencegah sariawan yang ini harus dicoba. Sodium lauril sulfat atau SLS adalah bahan yang terkandung di banyak produk kebersihan. Namun, dilansir dari Zendium, bahan ini bisa memicu iritasi kulit, termasuk bagian dalam mulut. Buat kamu yang sering sariawan, SLS juga bikin sariawan makin sering muncul.

tips mencegah sariawan
Sumber: https://www.pexels.com/photo/close-up-shot-of-a-wooden-toothbrush-with-a-toothpaste-8842623/

Selain itu, sodium lauril sulfat juga bisa memengaruhi indra pengecapmu. Bahan ini dapat mengubah rasa yang terdeteksi lidah. Setelah kamu menggosok gigi dengan pasta gigi yang mengandung SLS, beberapa makanan atau minuman akan terasa berbeda. Jadi, supaya nggak terasa aneh, ada baiknya kamu menghindari pasta gigi yang mengandung SLS.

3. Pakai Dental Wax

Kalau kamu sedang atau pernah pakai behel, pasti bukan sekali dua kali kamu mengalami sariawan. Ya, kawat dan sudut-sudut bracket yang tajam bisa memicu iritasi pada mulut. Walhasil, sariawan pun muncul dan mengganggu keseharianmu. Pakai behel saja sudah sakit dan bikin susah makan. Ditambah kena sariawan? Aduh! Menyiksa banget!

tips mencegah sariawan
Sumber: https://www.pexels.com/photo/woman-in-gray-tank-top-laughing-3812740/

Sebagai tips mencegah sariawan untuk kamu yang berbehel, kamu bisa pakai dental wax. Dilansir dari Gluck Orthodontics, dental wax merupakan bahan serupa beeswax yang bisa dengan mudah diambil dan ditempelkan ke bracket. Hangatkan wax terlebih dahulu dengan tangan sebelum ditempelkan. Jadi, kamu bisa mencegah gesekan bracket dengan bagian mulut.


Baca Juga: Kenali Apa Itu Invisalign dan Kegunaanya Bagi Gigimu!


4. Jangan Banyak Bicara Saat Makan

Salah satu etika saat makan adalah tidak berbicara ketika mengunyah makanan. Selain tidak sopan, kebiasaan ini ternyata bisa berpotensi memicu sariawan. Dilansir dari Medical News Today, berbicara saat makan bisa membuat kita tidak sengaja menggigit dinding dalam mulut atau lidah. Walhasil, cedera, peradangan, dan infeksi bisa terjadi pada area gigitan.

tips mencegah sariawan
Sumber: https://www.pexels.com/photo/man-and-woman-having-breakfast-4045928/

Infeksi dan cedera tersebut bisa memicu sariawan. Tentunya kalau sudah sariawan, repot ‘kan? Sariawan juga bisa dipicu oleh kebiasaan mengunyah yang salah atau terburu-buru. Oleh karena itu, saat makan kunyah makanan dengan baik dan tidak terburu-buru. Jangan mengobrol atau banyak bicara saat makan. Etika makan ternyata berguna juga buat kesehatan, ‘kan?

5. Batasi Makanan yang Mengiritasi Mulut

Jenis makanan yang kamu konsumsi juga bisa memicu sariawan. Buah-buahan kaya akan vitamin C seperti jeruk dan stroberi bisa mencegah sariawan, katanya. Namun, hati-hati, lho! Pasalnya, dilansir dari Valley Ridge Dental Center, buah yang asam, terutama jeruk-jerukan bisa memicu sariawan. Nanas dan stroberi juga merupakan buah dengan kadar asam tinggi yang sama berisikonya.

tips mencegah sariawan
Sumber: https://www.pexels.com/photo/assorted-sliced-fruits-1128678/

Bukan hanya buah yang asam, kacang-kacangan juga bisa memicu sariawan karena kandungan asam amino L-Arginin. Makanan pedas bisa merusak atau mengiritasi dinding dan bagian mulut lainnya. Dan yang lebih mengejutkan, cokelat juga bisa memicu sariawan! Mulut kita sangat sensitif terhadap kandungan obromid dalam cokelat. Duh! Tips mencegah sariawan yang satu ini agak susah, ya.

6. Kendalikan Stres

Siapa bilang penyebab sariawan selalu bersifat fisik? Kondisi mental juga ternyata bisa memicu sariawan. Menurut Delta Dental, stres menjadi salah satu penyebab utama sariawan. Bahkan, sebuah penelitian terbaru menunjukkan korelasi yang signifikan antara sariawan dengan gejala-gejala depresif. Kesehatan mental memang berpengaruh ke mana-mana, ya.

tips mencegah sariawan
Sumber: https://www.pexels.com/photo/woman-in-blue-shirt-using-macbook-5908779/

Sebagai tips mencegah sariawan dan menjaga kesehatan mental, mulai cek tingkat stresmu. Sebisa mungkin hindari pemicu stres dengan berbagai cara. Kamu juga bisa menjalani aktivitas-aktivitas yang menenangkan. Bahkan, kamu bisa mencoba yoga, meditasi, atau latihan pernapasan. Jadi, kesehatan mulut dan mentalmu tetap terjaga.

7. Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang dan Suplemen Multivitamin

Tips mencegah sariawan yang terakhir adalah mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Saat memilih bahan makanan, kamu juga tetap mempertimbangkan tingkat keasaman atau potensi iritasi jenis makanan tersebut. Selain itu, jangan lupa konsumsi suplemen multivitamin harian. Dengan asupan gizi yang tepat, sariawan nggak akan mudah muncul.

tips mencegah sariawan
Sumber: https://www.pexels.com/photo/happy-ethnic-woman-at-street-cafe-table-with-tasty-lunch-7242737/

Sebagai tambahan, kamu bisa memilih makanan yang lebih lunak. Dilansir dari Very Well Health, sup hangat, smoothies, mashed potato, dan yoghurt, dan pasta bisa jadi pilihan. Buah-buahan yang kaya air seperti semangka, melon, dan persik juga membantu menghidrasi mulut dan menyegarkannya. Kamu juga bisa berkumur-kumur menggunakan air hangat setelah makan.

Gimana? Itulah 7 tips mencegah sariawan yang kamu bisa coba dari Bob. Beberapa kiat mungkin agak susah dicoba, terutama urusan pilihan jenis makanan. Namun, dengan membatasi dan mengendalikan konsumsi jenis makanan yang bersifat iritan, sariawan nggak akan mudah datang. Jangan lupa kendalikan tingkat stres dan istirahat yang cukup, ya!

Liburan Nggak Pakai Stres di Bobobox!

Menikmati liburan antiribet nggak perlu keluar budget besar! Di Bobobox, teknologi yang dihadirkan terintegrasi dengan aplikasi ponsel. Jadi, mengakses pod, mengatur pencahayaan, hingga berinteraksi dengan staf, semua bisa dilakukan lewat ponselmu. Apalagi, Bobobox juga menawarkan pod yang luas dengan kasur yang nyaman. Liburan dijamin unik dan seru!

Fasilitas yang tersedia di Bobobox mencakup pantry, shared bathroom, communal space, vending machine, dan musala. Koneksi WiFi yang tersedia juga reliable banget, pas untuk kerja, maraton Netflix, atau sekadar YouTube-an. Jangan lupa download aplikasi Bobobox ke ponselmu, ya! Aplikasi ini tersedia secara gratis untuk perangkat Apple dan Android. Yuk download aplikasinya!

You might also like