Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Pertama Kali Ngekost? Baca Dulu 10 Tips Mencari Kostan Impian dari Bob!

Pilihan tips mencari kostan yang nyaman dan bikin kamu betah.

Saat menginjak fase kehidupan baru, terkadang kita harus mengambil keputusan-keputusan besar. Nah, salah satunya adalah tinggal sendiri. Mungkin kamu kuliah atau bekerja di luar kota, atau memang ingin mencoba hidup secara mandiri. Ada banyak alasan untuk move out, tetapi yang jelas, kamu membutuhkan tempat tinggal baru. Membeli rumah tentunya butuh dana yang besar, dong, terutama dengan harga-harga properti yang makin lama makin meningkat. Untungnya, kehadiran kostan menjadi solusi tempat tinggal alternatif yang lebih terjangkau.

tips mencari kostan
Sumber: Bens Korea Facebook

Untuk kamu yang pertama kali ngekost, tinggal di kostan mungkin bikin perasaan kamu campur aduk. Di satu sisi, kamu mungkin senang dan excited karena bisa tinggal sendiri dan merasa lebih bebas. Di sisi lain, kamu khawatir dengan tanggung jawab dan berbagai kewajiban baru, seperti bayar kostan dan sebagainya. Selain itu, mencari kostan juga menjadi tantangan tersendiri. Tentu, dong! Seperti halnya mencari rumah atau kontrakan, mencari kostan juga gampang-gampang susah. Ada banyak faktor yang harus kamu pertimbangkan.

Nah, supaya kamu nggak kebingungan, Bob punya 10 tips mencari kostan untuk kalian para first timer. Tips dari Bob bukan hanya soal menghitung budget yang kamu miliki saja, lho! Dengan tips-tips ini, kamu bisa menemukan kostan yang nyaman dan bikin betah! Yuk simak apa saja tipsnya!

1. Pilih Sistem Pembayaran yang Sesuai

tips mencari kostan
Sumber: Insider

Sebagian besar kostan menerapkan sistem pembayaran per tahun. Namun, ada juga yang menerapkan sistem per bulan hingga mingguan. Untuk kamu yang berniat ngekost untuk jangka panjang, lebih baik kamu memiliki pembayaran per tahun. Dilansir dari Brilio, biaya kostan tahunan jatuhnya lebih terjangkau dibandingkan biaya kostan bulanan. Kamu memang perlu mengeluarkan dana besar di awal, tetapi selanjutnya, kamu nggak perlu repot-repot urus bayar bulanan. Tips mencari kostan ini juga bisa membantumu berhemat karena selisih antara biaya tahunan dan bulanan biasanya cukup signifikan.

2. Pertimbangkan Biaya Tambahan dari Pihak Kost

tips mencari kostan
Sumber: mmooney.tistory.com

Tips mencari kostan berikutnya masih berkaitan dengan uang. Saat berkunjung atau mencari informasi kostan dari internet, cari tahu apakah ada biaya tambahan. Biaya-biaya ini mencakup biaya listrik, gas, pemeliharaan, atau layanan tambahan. Beberapa kostan menerapkan sistem all inclusive fee. Ini artinya biaya yang harus kamu baya sudah mencakup biaya tambahan. Jika tidak, kamu harus perhitungkan biaya-biaya tambahan tersebut. Kalau biaya tambahan bikin tagihanmu membengkak, mungkin kamu perlu mencari opsi lain.

3. Cari Informasi Kostan dari Aplikasi dan Internet

tips mencari kostan
Credit: tirachardz via Freepik

Perkembangan teknologi memudahkan kita semua untuk melakukan berbagai hal, termasuk mencari kostan. Seperti dilansir dari Cermati, ada beragam situs dan aplikasi yang memungkinkan kamu untuk menemukan kostan. Situs dan aplikasi seperti ini biasanya menampilkan informasi lengkap mengenai properti-properti yang ditawarkan. Kalau sudah ketemu yang pas, kamu bisa menghubungi pihak pengelola kostan. Hemat waktu, ‘kan? Ingin lebih yakin? Datang langsung ke tempat setelah kamu menelepon pihak pengelola untuk melihat kondisi secara langsung.

4. Pertimbangkan Fasilitas Umum di Kostan

tips mencari kostan
Sumber: IMBC

Tips mencari kostan impian berikutnya yang perlu diperhatikan adalah fasilitas umum kostan. Beberapa properti menawarkan fasilitas bersama yang bisa digunakan para penyewa. Opsi yang ditawarkan pun beragam, dari dapur dan ruang santai hingga fasilitas mewah seperti gym. Cari tahu fasilitas umum yang tersedia dan jika memungkinkan, pilih kostan dengan fasilitas penunjang. Fasilitas dapur, misalnya, memungkinkan kamu buat memasak sendiri di kostan dan berhemat, lho!. Dilansir dari Kompasiana, memasak sendiri, selain mengurangi pengeluaran juga memungkinkan kamu untuk menyesuaikan makanan dengan selera. Lumayan ‘kan sisa uangnya.

5. Perhitungkan Space dan Furnitur yang Dibutuhkan

tips mencari kostan
Credit: talkavera via Pinterest

Kamu tentunya nggak mau dong tinggal di kamar yang terlalu sempit. Namun, kamar yang terlalu besar juga justru terkesan dingin, terutama saat jumlah furnitur atau barangmu sedikit. Nah, tips mencari kostan yang satu ini akan membantu kamu mendapatkan keseimbangan dari dua hal tersebut. Sejak awal, pikirkan barang-barang yang kamu bawa dari rumah, termasuk furnitur. Setelah itu, perhitungkan space dan furnitur di calon kostan pilihanmu. Pastikan masih ada ruang untuk bergerak nyaman. Ingin kamar terasa lebih luas? Ada beberapa tips tambahan buat kamu, seperti dilansir dari Tokopedia. Kamu bisa mengaplikasikan warna putih, memilih furnitur bergaya minimalis, atau memasang cermin besar untuk memberikan kesan luas pada kamar.

6. Pilih Kamar dengan Ventilasi dan Pencahayaan Alami yang Baik

tips mencari kostan
Sumber: eedens.tistory.com

Tips mencari kostan berikutnya berkaitan dengan kesehatanmu. Kamar yang pengap tentunya nggak baik untuk kondisi tubuhmu. Dilansir dari Rumah.com, sirkulasi udara yang baik akan menentukan kenyaman tempat tinggal. Oleh karena itu, pastikan kamar kostan pilihanmu memiliki ventilasi yang memadai. Selain itu, pastikan terdapat jendela sebagai jalur masuk cahaya matahari. Situs berita Liputan 6 mengutip penelitian yang menunjukkan bahwa kamar yang terpapar cahaya matahari memiliki lebih sedikit kuman. Selain itu, dilansir dari Healthline, cahaya matahari juga bisa mencegah kanker dan memperbaiki suasana hati, lho!

7. Amati Keamanan Lingkungan Kostan

tips mencari kostan
Sumber: Naver

Kostan kemalingan tentunya bukan hal yang diinginkan. Kamu pun nggak mau, ‘kan, jadi korban berikutnya? Kita memang nggak bisa menebak kapan datangnya musibah. Namun, kita bisa mengambil langkah preventif sejak awal. Dalam tips mencari kostan ini, kamu perlu mencari tahu atau mengamati lingkungan sekitar kostan pilihanmu terlebih dahulu. Coba tanya-tanya kondisi keamanan lingkungan, bukan hanya ke pengelola kostan, tetapi ke warga sekitar. Pastikan tingkat kejahatan di lingkungan tersebut rendah. Jika memungkinkan, pilih juga kostan yang dekat dari pos ronda atau pos polisi.

8. Pilih Kostan dengan Lokasi Strategis

tips mencari kostan
Sumber: Brunch

Nah, tips mencari kostan yang satu ini juga penting diingat. Pasalnya, lokasi kostan bisa berdampak ke banyak aspek, termasuk keuangan. Mungkin kostan pilihanmu menawarkan harga terjangkau, kamar yang nyaman, dan fasilitas yang mumpuni. Namun, lokasi kostan yang jauh dari mana-mana justru bakalan bikin kamu kerepotan sendiri. Dilansir dari Shopback, makin jauh kostanmu dari kampus atau kantor, makin besar biaya transportasi yang harus dikeluarkan. Pilih juga kostan yang dekat dari halte bis atau stasiun MRT, atau setidaknya bisa dilewati kendaraan umum. Tentunya kamu nggak mau dong harus jalan kaki setengah jam hanya untuk beli Nasi Padang atau jajan ke minimarket?

9. Pertimbangkan Tingkat Kebisingan Lingkungan Kostan

tips mencari kostan
Sumber: Original Answer

Setiap orang punya toleransi terhadap tingkat kebisingan yang berbeda-beda. Ada orang yang bisa tidur dengan nyenyak dan mudah, meskipun lingkungan sekitarnya berisik. Nah, kalau kamu bukan tipe orang yang seperti itu, lingkungan yang berisik pasti mengganggu istirahatmu. Kamu perlu mempertimbangkan hal ini saat mencari kostan yang nyaman. Pastikan lingkungan sekitar kostan relatif tenang dan tidak begitu berisik. Dengan begini, kamu bisa bekerja dan beristirahat di kamar dengan nyaman. Amati juga kultur di kostan pilihanmu. Kalau tetangga-tetangga kostan yang lain cenderung berisik, mungkin kamu perlu mencari opsi lain supaya nggak terganggu.

10. Ngekost Sekamar Bareng Teman

tips mencari kostan
Sumber: Newsroom Cha University

Nah! Tips mencari kostan yang satu ini membantu kamu berhemat dan juga bikin kamu nggak kesepian! Sahabat atau saudaramu sama-sama sedang cari kostan juga? Kalian kuliah atau bekerja di kota yang sama? Kenapa nggak ngekost bareng? Beberapa properti menawarkan kamar-kamar yang bisa ditempati oleh dua orang. Kamu dan teman atau saudaramu bisa menyewa satu kamar untuk ditempati bersama. Biaya kostanmu bisa dibagi dua, deh. Namun, pastikan kamu dan teman atau saudaramu sama-sama tidak keberatan tinggal bareng, ya. Pastikan juga kalian berdua sama-sama menjaga ketenangan dan privasi masing-masing.

Itulah 10 tips mencari kostan dari Bob untuk kalian para first timer. Gimana? Sudah siap mencari kostan dan tinggal mandiri? Semoga kamu bisa segera menemukan pilihan yang nyaman, aman, dan terjangkau, ya! Tinggal di kostan akan memberikan pengalaman baru dan juga a change of scenery. Eh, tapi kalau soal change of scenery sih, di Bobobox juga bisa, lho!

Ganti Suasana dengan Menginap di Bobobox!

Mungkin kamu penat dengan suasana di rumah atau kostan yang gitu-gitu aja. Ingin liburan, tapi kondisinya belum memungkinkan untuk bepergian jarak jauh. Nah, staycation di Bobobox aja! Bobobox bukan sembarang hotel kapsul, lho! Setiap pod di sini dilengkapi kasur yang besar dan nyaman, serta teknologi dengan integrasi ke aplikasi seluler. Interior bergaya futuristik dalam dominasi warna putihnya pun bikin kamu nyaman beristirahat dan bersantai di dalam pod! Mau foto-foto, tidur, atau nonton drakor? Pasti betah, deh!

Karena teknologi dalam pod terintegrasi dengan aplikasi, kamu bisa mengatur pencahayaan, mengakses pod, dan mengunci pintu lewat ponselmu. Praktis, ‘kan? Ada juga Bluetooth speaker sebagai media hiburan di dalam pod. Fasilitas umum di Bobobox juga mencakup shared bathroom, vending machine, musala, pantry, dan communal space. Jadi, kamu nggak akan bosan saat menginap. Oh, ya! Jangan lupa unduh aplikasi Bobobox sebelum datang, ya! Aplikasi tersebut akan kamu pakai selama menginap. Selain itu, lewat aplikasi Bobobox, kamu bisa mendapatkan beragam promosi menarik. Seru, ‘kan? Yuk download aplikasi Bobobox sekarang!

You might also like