Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Gampang Menyebar, Ini Dia Tips untuk Menangkal Berita Palsu atau Hoax. Semoga Berhenti di Kamu!

Stop penyebaran hoax mulai dari sekarang!

Di zaman serba canggih dan melek internet seperti sekarang ini, berbagai informasi dan berita memang sangat mudah menyebar, termasuk berita bohong atau hoax. Banyaknya berita bohong atau hoax yang berseliweran di dunia maya seringkali meresahkan bahkan memicu kerusuhan. Agar tidak menjadi salah satu korban provokasi berita bohong, lakukanlah beberapa tips menangkal berita palsu yang telah Bob rangkum di bawah ini.

1. Jangan Percaya Mentah-Mentah Berita yang Kamu Terima

Tips menangkal berita palsu yang pertama adalah dengan tidak percaya mentah-mentah berita yang kamu terima. Usahakanlah untuk selalu mengecek kembali kebenaran berita sebelum kamu menyebarkannya ke orang lain. Selain itu, tahanlah hasratmu untuk langsung bereaksi atau berkomentar pada berita yang tidak-tidak, agar tidak memperkeruh suasana.

tips menangkal berita palsu

(Photo by @MatheusBertelli from Pexels)

Selain itu, memacu diri menjadi selalu penasaran dan ingin tahu juga merupakan salah satu tips menangkal berita palsu. Dengan begitu, pemikiranmu akan menjadi lebih kritis dan cerdas dalam menyaring informasi apapun yang kamu dapat.

2. Pastikan dan Cari Tahu Keaslian Alamat Situs Laman

Tips menangkal berita palsu yang kedua adalah dengan mencari tahu keaslian alamat situs laman tersebut. Cobalah untuk memerhatikan tautan dari berita atau artikel yang sedang kamu baca. Berhati-hatilah agar tidak terkecoh dengan tautan yang kerap dibuat oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab.

Jika tautan tersebut adalah milik media berita asli, maka kamu bisa bernapas lega. Namun kamu perlu berhati-hati dengan maraknya tautan berupa blog yang dibuat mirip seperti media aslinya.

3. Jangan Termakan Judul yang Provokatif

Berita dengan judul sensasional atau clickbait memang bertujuan agar para pembaca tertarik dan langsung klik judul berita tersebut. Namun, usahakanlah untuk tidak langsung termakan judul provokatif atau judul yang menghasut.

Langkah ini juga merupakan salah satu tips menangkal berita palsu, agar tidak timbul kesalahan persepsi akibat bereaksi telalu cepat pada sebuah judul clickbait. Maka, bacalah dan pahami baik-baik keseluruhan isi berita. Jangan percaya pada berita yang terpotong-potong.

Selain itu, bacalah berita dari beberapa sumber dengan isi berita serupa agar kamu bisa melihat dari berbagai sudut pandang. Dengan tips menangkal berita palsu yang satu ini, kemungkinan untuk terpapar hoax pasti menjadi semakin kecil.

4. Cek Keaslian Foto

Bukan hanya berita bohong dalam bentuk tulisan atau kata-kata yang di-pelintir saja, hoax juga kerap muncul dalam bentuk foto-foto yang tersebar di dunia maya. Agar terhindar dari hoax semacam ini, lakukanlah tips menangkal berita palsu yang satu ini.

Sebab, tak jarang foto-foto yang beredar di dunia maya adalah foto-foto yang telah dimanipulasi, di-edit, atau bahkan hanya foto lama yang diunggah kembali untuk menggoreng sebuah berita bohong. Tetapi tak perlu khawatir, sebab kamu bisa mengecek keaslian sebuah foto dengan fitur dari Google Images (images.google.com).

5. Cari Tahu Asal Sumber Berita

Tips menangkal berita palsu berikutnya adalah dengan mencari tahu asal sumber berita yang kamu dapat. Pastikanlah berita yang kamu dapat bersumber dari sumber yang resmi dan terpercaya.

tips menangkal berita palsu

(Image by @memyselfaneye from Pixabay)

Contohnya, jika kamu melihat sebuah berita kriminal atau kasus korupsi, pastikan sumber tersebut dikutip langsung dari kepolisian atau KPK. Mengecek dan membandingkan kembali berita tersebut dengan siaran langsung di TV nasional atau media berita lain juga merupakan salah satu tips menangkal berita palsu yang bisa kamu lakukan.

Selain itu, kamu juga harus bisa membedakan antara berita yang memang fakta atau hanya berupa opini yang lahir dari pemikiran seseorang. Perlu diingat, berita yang berupa opini tersebut bukanlah berita yang mesti selalu kamu percaya dan setujui mentah-mentah.

6. Bergabung dalam Grup Diskusi Anti-Hoax

Tips menangkal berita palsu selanjutnya adalah dengan bergabung dalam grup diskusi anti-hoax yang banyak terdapat di media sosial. Dengan melakukan tips menangkal berita palsu yang satu ini, kamu bisa berdiskusi tentang informasi-informasi terbaru yang kamu dapat. Hal ini tentunya akan semakin memperluas wawasanmu serta membuat pikiranmu semakin terbuka.

7. Waspada dengan Forward Messages di Aplikasi Chat atau Media Sosial

Hampir semua pengguna fasilitas aplikasi chat atau media sosial lain pasti pernah mendapat forward messages atau pesan yang diteruskan. Tak jarang, pesan berantai ini berisi berita bohong atau hoax yang tentu meresahkan.

Tak jarang pesan-pesan tersebut berisi ancaman atau iming-iming hadiah untuk meneruskan kembali pesan yang berisi berita bohong tersebut. Jika kamu mendapatkan forward messages seperti itu, lakukanlah tips menangkal berita palsu ini dengan cara mengabaikan dan segera menghapus pesan-pesan tidak jelas tersebut.

8. Memerhatikan Kecenderungan Artikel (Tendensi)

Berita yang ditulis oleh media berita resmi haruslah bersudut pandang netral. Jika kamu merasa berita tersebut memiliki kesan ditulis dengan sudut pandang tertentu atau terkesan berat sebelah, maka jangan ragu untuk melakukan tips menangkal berita palsu, yakni dengan cara waspada dan tetap mencari dari sumber lainnya.

tips menangkal berita palsu

(Image by @memyselfaneye from Pixabay)

Tips menangkal berita palsu yang satu ini bertujuan agar kamu bisa tetap memiliki sudut pandang yang netral, serta tidak termakan oleh informasi-informasi bohong yang hanya bertujuan untuk menggiring opini publik.

9. Laporkan ke Pihak Berwajib

Tips menangkal berita palsu yang terakhir adalah dengan melaporkan berita bohong atau hoax tersebut ke pihak yang berwajib. Tidak perlu takut atau ragu untuk langsung melaporkannya jika kamu sudah yakin bahwa berita yang kamu baca adalah hoax.

Kamu bisa melaporkannya ke Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui surat elektronik aduankonten@mail.kominfo.go.id. Kerahasiaan data dirimu pun dijamin aman, kok, jadi kamu tak perlu khawatir. Selain itu, tips menangkal berita palsu lainnya di sosial media adalah dengan sesimpel menekan tombol report di berbagai platform media sosial yang kamu pakai.

Pasti happy nginap di Bobobox!

Baca berita dan berselancar di dunia maya paling asyik dilakukan di tempat yang nyaman dan internetnya kenceng? Kalau kamu bosan internetan di rumah, berarti ini saatnya kamu datang ke Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa membuat segala kegiatan internetan dan me time kamu jadi lebih seru.

Selain bisa santai di pod-nya yang unik dan nyaman, kamu juga bisa streaming terus tanpa hambatan setiap waktu, karena Bobobox dilengkapi jaringan WiFi yang pastinya lancar banget. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Untuk memesan kamar, kamu nggak usah khawatir bakal ribet, tinggal download aja aplikasinya. QR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo datang di Bobobox! Oh iya, kamu juga bisa melihat langsung pods Bobobox lewat virtual 360° tour lho!

You might also like