Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Pentingnya Memiliki Tabungan Darurat untuk Generasi Muda. Yuk, Intip Tips untuk Memulainya!

Semoga tipsnya berguna, ya!

Bobobox.co.id — Setiap insan manusia tentu tidak ingin terkena sebuah musibah tak terduga. Namun, kehidupan tentu tak seperti itu karena sebuah kejadian tak terduga seperti musibah bisa saja menimpa.

Oleh karenanya, di ambang ketidakpastian, tabungan darurat adalah elemen penting yang wajib dimiliki khususnya untuk generasi muda. Pasalnya, fungsi dari tabungan ini yang benar-benar bermanfaat saat sesuatu tak terduga terjadi.

Walaupun begitu, generasi muda kerap kali menghadapi masalah untuk menyisihkan uangnya untuk memiliki tabungan darurat. Untuk itu, Bob akan memberikan beberapa tips yang mungkin bisa diaplikasikan.

Tak usah berlama-lama lagi, langsung saja simak kesepuluh tips untuk memiliki tabungan darurat bagi generasi muda berikut ini.

Pahami Kondisi Terkini Keuanganmu

Tips pertama dalam memiliki tabungan darurat adalah memahami kondisi terkini keuanganmu. Hanya kamu yang paling mengetahui setiap pemasukan serta pengeluaranmu setiap bulannya.

Dengan mengetahui kondisi keuangan, kamu dapat menentukan pos-pos mana saja yang menjadi pengeluaranmu. Pos yang wajib dimasukkan antara lain pos kebutuhan sehari-hari dan tabungan darurat.

Pencatatan cashflow ini pun ditujukan agar kamu tidak melakukan overspending dalam kurun waktu tertentu. Kamu tentu tidak ingin menghambur-hamburkan uangmu hingga habis tanpa kamu sadari.

Tips Menghemat Uang Saat Pandemi
@karolina-grabowska via pexels.com

Tentukan Target Tabungan Darurat

Tips berikutnya dari Bob adalah menentukan target yang ingin kamu capai dari tabunganmu tersebut. Target yang dimaksud bukanlah target yang jika dicapai, kamu berhak untuk membelanjakan uang tersebut.

Target yang Bob maksud di sini adalah tujuan digunakannya dana darurat tersebut. Pasalnya, tabungan darurat dan tabungan biasa adalah dua hal yang relatif sama namun berbeda dalam implementasinya.

Dana darurat ditujukan jika terjadi sesuatu di luar yang sudah direncanakan. Oleh karenanya, menentukan target yang ingin dicapai adalah hal dasar yang perlu diperhatikan sebelum mempersiapkan dana yang ditabung.

@freeimages9 via pexels.com

Mulai secara Perlahan

Memulai sesuatu adalah hal tersulit yang harus dilalui untuk mencapai hal yang diinginkan. Sama seperti halnya dengan tabungan darurat, memulainya adalah hal yang relatif sulit bahkan untuk sebagian orang.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk memulainya dari yang kecil. Setelah itu, cobalah untuk beranjak secara perlahan dalam menyisihkan uang yang sudah kamu dapatkan setiap bulannya untuk dana ini.

Tetapkan target yang relatif mudah tercapai. Misalkan saja, tabungan untuk jaga-jaga kendaraan rusak. Setelah itu, beri waktu pada dirimu sendiri dan jangan cepat berputus asa dalam meniti tabungan ini.

tabungan darurat dari sekarang
@anniespratt via unsplash.com

Buka Rekening Khusus

Saat menabung, ada saja godaan untuk menggunakan uang tersebut untuk keperluan yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Untuk menjaga uang di tabungan daruratmu, ada baiknya jika kamu membuat rekening baru.

Rekening baru ini haruslah dikhususkan untuk menyimpan tabungan untuk hal tak terduga. Memiliki rekening terpisah ini pun bisa membangun dinding psikologis terkait uang yang bisa kamu gunakan dan yang tidak.

Nah, jika sebelumnya, kamu sudah memiliki tabungan rekening dari dua atau tiga bank, kamu bisa memilih salah satunya untuk dana darurat. Pilihlah bank yang menawarkan tingkat bunga layak atau berbiaya rendah.

@hostreviews via unsplash.com

Manfaatkan Fitur Auto-Debit

Teknologi yang semakin maju membuat banyak bekerja keras untuk menyelaraskan fitur-fitur bagi para konsumen. Salah satu yang mungkin bisa dimanfaatkan dengan baik adalah fitur auto-debit.

Fitur satu ini akan didebit secara otomatis pada tanggal tertentu juga dengan jumlah yang sudah kamu tentukan. Dengan begitu, kamu tidak akan lupa untuk menyisihkan uangmu setiap bulannya untuk tabungan darurat.

Dengan memanfaatkan fitur ini pula, kamu bisa lebih rajin dalam mengumpulkan dana untuk hal-hal tak terduga. Jadi, tidak ada alasan lupa selama fitur auto-debit ini kamu maksimalkan dengan baik.

@dom-j-7304 via pexels.com

Salurkan Uang Ekstra

Selain pemasukan tetap setiap bulan seperti gaji, terkadang, ada keburuntungan yang bisa saja terjadi. Pada bulan tertentu, kamu bisa mendapatkan uang ekstra yang tak kamu sangka sebelumnya.

Nah, kamu bisa menyalurkan uang ekstra yang kamu dapat untuk mempertebal dana tabungan daruratmu. Kamu tentu tidak diwajibkan untuk menyalurkan semua uang ekstra ini untuk tabungan darurat.

Kamu bisa menyisihkan sesuai dengan keinginanmu. Hal terpenting yang harus digarisbawahi adalah kamu menyisihkan sedikit dari uang ekstra tersebut agar target yang kamu tetapkan lebih cepat tercapai.

emaji-4642101 via pixabay.com

Tekan Pengeluaran

Besar pasak dari pada tiang. Istilah tersebut jangan sampai terjadi kepadamu. Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk memastikan bahwa kamu pengeluaranmu tidak lebih besar dari pemasukan.

Salah satu caranya adalah menekan pengeluaran. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, menghemat uang adalah hal yang wajib kamu lakukan agar uangmu tidak habis dengan sia-sia.

Menekan pengeluaran ini bisa dilakukan dengan banyak cara. Misalkan saja, kamu bisa mencoret pengeluaran yang bukan merupakan kebutuhan yang wajib kamu penuhi setiap bulannya.

@northfolk via unsplash.com

Cari Pemasukan Tambahan

Selain menekan pengeluaran, salah satu cara agar target tabungan darurat mudah tercapai adalah dengan mencari pemasukan tambahan. Sekarang ini, kamu bisa mengakses beragam pekerjaan sampingan di dunia maya.

Maksimalkan kemampuanmu untuk mendapatkan pemasukan tambahan ini. Jika kamu handal dalam bermain alat musik, kamu bisa menjadi tutor online bagi murid yang ingin belajar alat musik.

Tak hanya itu, banyak sekali peluang yang bisa kamu dapatkan asalkan kamu jeli dalam melihat peluang sekecil apapun. Walaupun begitu, jangan lupa untuk melakukan manajemen waktu agar semua berjalan sesuai rencana.

@kaboompics via pexels.com

Cek secara Rutin Uang yang Ditabung

Setelah mengaplikaskan semua tips di atas, tidak serta merta kamu mengabaikan uang yang sudah kamu tabung. Ada baiknya untuk melakukan peninjauan atau pengecekan secara berkala.

Hal ini demi memastikan bahwa dana yang sudah terkumpul sudah sesuai dengan rencana sebelumnya. Dengan peninjauan ini, kamu bisa mengambil keputusan tertentu tergantung situasi.

Misalkan saja, kamu bisa menaikan ataupun mengurangi uang untuk tabungan darurat tiap bulannya. Soal ini, keputusan benar-benar ada di tanganmu. Untuk itu, bijak dalam bertindak, ya!

@sigmund via unsplash.com

Gunakan Hanya untuk Keadaan Darurat

Tips dalam mempersiapkan tabungan darurat adalah memahami fungsi dari tabungan tersebut. Jangan sampai kamu menghabiskan uang yang telah kamu kumpul ini hanya untuk kesenangan semata.

Gunakanlah dana yang ada jika memang kamu terjepit dalam keadaan darurat yang tidak kamu duga sebelumnya. Jaga komitmenmu dalam menyisihkan uang untuk dana darurat ini.

Cobalah untuk berkomitmen dalam diri sendiri untuk tidak menggunakannya secara asal-asalan. Ingatlah perjuangan ekstra kerasmu dalam mengumpulkan dana ini selama berbulan-bulan.

@artyom-kulakov-1190754 via pexels.com

Bobobox sebagai Penginapan yang Pas untuk Generasi Muda

Generasi muda senang dengan hal-hal yang berbau minimalis dan instagrammable. Penginapan termasuk salah satunya. Nah, soal ini, Bobobox adalah penginapan yang menawarkan keduanya sekaligus.

Hotel kapsul ini pun menawarkan harga yang affordable di mana akan cocok bagi kamu yang mengincar penginapan murah namun berkualitas saat berpergian.

Pemesanan dan informasi lebih lanjut bisa kamu dapat dengan mengunduh aplikasi Bobobox di sini.

Bobobox rules

You might also like