Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Bermimpi Menjadi Digital Nomad? Simak 10 Tips Memulai Menjadi Digital Nomad

Semoga membantu, ya!

Bobobox.co.id — Berkembangnya teknologi membuat peluang pekerjaan semakin terbuka. Salah satunya adalah digital nomad yang kini mendapatkan popularitasnya berkat keuntungan yang ditawarkan.

Bagi kamu yang belum tahu, digital nomad adalah seseorang yang berkerja tanpa ada ikatan tempat dan waktu. Fleksibilitas merupakan salah satu keunggulan yang ditawarkan dari menjadi digital nomad.

Kendati begitu, masih banyak orang yang ragu untuk menjadi digital nomad. Walaupun bermimpi menjadi digital nomad, banyak hal yang berpengaruh terhadap keputusan orang-orang tersebut.

Nah, untuk itu, Bob akan membagikan 10 tips memulai menjadi digital nomad yang wajib kamu simak. Bob harap ulasan singkat ini bisa memberikanmu gambaran yang harus dilakukan saat memutuskan sebagai digital nomad Indonesia.

Tetapkan Niat Awal

Tips memulai menjadi digital nomad yang pertama adalah menetapkan niat awal. Menetapkan niat ini adalah kunci awal dari segalanya. Untuk itu, tanyakan pada dirimu alasan kuat mengapa kamu ingin menjadi seorang digital nomad.

Pikirkan baik-baik dan secara matang. Jangan sampai terburu-buru dalam mengambil keputusan. Pekerjaan digital nomad sendiri memiliki keuntungan dan kerugian yang mesti dipikirkan dengan pikiran tenang.

Pastikanlah bahwa kamu siap dengan segala konsekuensi dan rintangan yang harus dihadapi. Dengan niat teguh, kamu bisa mengalahkan segala rintangan yang memang sudah kamu prediksi sebelumnya.

tips memulai menjadi digital nomad
Niat awal menjadi Digital Nomad via pexels.com/@chinmay-singh-251922

Pilihlah Bidang Sesuai Skillmu

Setelah memantapkan alasan menjadi seorang digital nomad, tips memulai menjadi digital nomad berikutnya adalah memilih bidang sesuai skillmu. Jangan memilih bidang hanya berdasarkan rekomendasi orang.

Memilih bidang yang kamu nikmati dan sesuai dengan skillmu tentu akan membuat lebih menikmati serta berkomitmen pada pekerjaan yang ditawarkan. Di samping itu, pilih juga yang menawarkan sistem kerja remote.

Sistem pekerjaan digital nomad ini akan memberikan keleluasaan saat kamu berpetualang ke kota tertentu. Sekarang ini, kamu bisa dengan mudah menemukan pekerjaan dengan sistem kerja seperti ini.

Kenali skill via pexels.com/@startup-stock-photos

Lakukan Uji Coba

Nah, jika kamu sudah mempunyai alasan kuat tetapi belum terlalu yakin, tak ada salahnya untuk melakukan uji coba. Tips memulai menjadi digital nomad ini tentu akan memberikan gambaran yang harus dilalui di lapangan.

Mengajukan cuti beberapa hari patut diperhitungkan. Cari projek freelance yang memungkinkan untuk dikerjakan di suatu tempat yang kamu sukai. Selama beberapa hari, kamu bisa menyimpulkan yang kamu dapatkan.

Jika kamu merasa nyaman dengan apa yang kamu lakukan, kamu bisa memantapkan hatimu untuk resign dan menjadi digital nomad. Jika belum, jangan paksakan hingga kamu memang merasa siap.

Ujicoba jadi digital nomad via unsplash.com/@luciannovo

Investasi Alat Penunjang Kerja

Setelah tips di atas sudah kamu aplikaskan, tips memulai menjadi digital nomad lainnya adalah menginvestasi uangmu untuk berbelanja alat penunjang kerja. Hal ini sama seperti pekerjaan kantoran.

Setiap pekerjaan pastinya membutuhkan tools berbeda. Oleh karenanya, investasikan sesuai dengan bidang yang kamu akan ambil. Jangan lupa juga untuk menjaga alat penunjang kerja ini sebaik mungkin.

Pasalnya, alat penunjang inilah yang nantinya akan memberimu pundi-pundi penghasilan. Tak lupa juga untuk bekerja di area yang memiliki jaringan internet yang memadai agar pekerjaan lancar.

Investasi alat kerja via pexels.com/@oleg-magni

Kumpulkan Portfolio

Portfolio adalah hal penting yang wajib dimiliki di era digital seperti sekarang ini. Portfolio adalah media promosi yang memberikan gambaran hasil kerjamu untuk menarikan calon klien yang ingin menggunakan jasamu.

Jika belum punya, cobalah untuk membuat portfolio dari sekarang. Projek gratisan menjadi sarana yang tepat untuk mengasah kemampuanmu dan mendapatkan portfolio pada bidang yang kamu sukai.

Setelah itu, kumpulkan semua hasil karya yang pernah kamu kerjakan. Tak hanya dari hasil dari tempat kerja terdahulu, projek freelance serta karya yang belum dipublikasikan bisa jadi portfoliomu.

Buat portoflio via pexels.com/@format-380633

Membuat To Do List

Tips memulai menjadi digital nomad adalah membuat to do list yang baik. Tak hanya membuat to do listnya saja, kamu pun wajib mematuhi to do list yang sudah kamu buat tersebut kelak.

Pasalnya, manajemen kerja yang baik adalah sebuah keharusan bagi seorang digital nomad. Hal tersebut sendiri berkaitan dengan produktivitas kerja dan juga kredibilitasmu di hadapan klien.

Dengan memiliki to do list yang baik, kamu bisa mengerjakan pekerjaan tepat waktu. Sekali lagi, pastikan bahwa kamu berpegang teguh pada to do list yang sudah kamu buat sebelumnya.

Buat to do list via pexels.com/@breakingpic

Melakukan Manajemen Waktu

Di samping to do list, kamu pun wajib melakukan manajemen waktu. Maksud dari manajemen waktu di sini adalah kesiapanmu dalam menyeimbangkan antara melakukan jalan-jalan serta bekerja.

Keunggulan digital nomad di mana kamu bisa bekerja di manapun dan kapanpun. Nah, keuntungan digital nomad ini akan memberikanmu banyak waktu luang yang bisa digunakan untuk bersantai.

Walaupun begitu, jangan sampai terlena. Dengan melakukan tips memulai menjadi digital nomad ini, kamu bisa menyeimbangkan antara waktu untuk bekerja dan juga waktu untuk mengeksplorasi kota.

Manajemen waktu via pexels.com/@riciardus

Siapkan Tabungan

Sama seperti halnya seorang freelancer, tantangan digital nomad adalah penghasilan tak pasti. Tak ada jaminan kamu bisa mendapatkan uang dalam jumlah tertentu setiap bulannya.

Oleh karenanya, siapkanlah tabungan yang cukup. Jika memungkinkan, tabungan ini kamu siapkan sebelum memutuskan untuk menjadi seorang digital nomad. Minimal untuk memenuhi enam bulan pengeluaran.

Setelah itu, kamu bisa memanfaatkan uang dari projek saat sedang banyak-banyaknya. Dengan cara seperti ini, kamu memiliki dana lebih untuk bertahan hidup yang mampu mencukupi saat projek seret.

Siapkan tabungan via pexels.com/@maitree-rimthong-444156

Bergabung dengan Komunitas Digital Nomad

Tips memulai menjadi digital nomad lainnya adalah bergabung dengan komunitas digital nomad. Bergabung bersama digital nomad community ini adalah solusi yang cukup efektif bagi digital nomad pemula.

Banyak komunitas digital nomad yang bisa kamu temukan di media sosial ataupun forum di internet. Dengan adanya komunitas ini, kamu bisa mendapatkan informasi, tips, serta saran.

Tak hanya itu, kamu bisa juga meminta bantuan jika kamu mengalami kesulitan. Bahkan, bisa saja, anggota komunitas tersebut mengajakmu untuk berbagi tempat tinggal agar bisa menghemat keuangan.

Gabung komunitas via unsplash.com/@omarlopez1

Manfaat Sarana Digital secara Maksimal

Tips memulai menjadi digital nomad terakhir adalah memanfaatkan sarana digital secara maksimal. Media sosial seringkali diasosiasikan sebagai dua sisi mata pisau yang mengharuskan penggunanya bijak.

Nah, jika kamu memanfaatkannya dengan baik, hal baik justru mengikuti. Kamu bisa melakukan personal branding melalui media sosial ini dan malah mendapatkan penghasilan dari hal yang sudah kamu share.

Gunakan media sosial ini untuk memperluas channel pekerjaanmu. Jangan lupa juga untuk menyiapkan curriculum vitae menarik jika suatu saat ada perusahaan yang membutuhkan jasamu.

Manfaatkan sarana digital via pexels.com/@cottonbro

Butuh Staycation? Mampir Aja Ke Bobobox

Bingung mencari penginapan yang cocok untuk para digital nomad? Arahkan pandanganmu pada hotel kapsul berlogo koala ini. Pasalnya, akomodasi ini adalah surganya bagi para digital nomad.

Harga inap per malam yang murah dengan koneksi WiFi yang mampu diandalkan adalah dua hal yang pastinya membuatmu senang untuk mengerjakan pekerjaan sekaligus beristirahat.

Nah, jika kamu tertarik untuk memesan kamar kapsulnya, yang perlu kamu lakukan adalah mengunduh aplikasi Bobobox terlebih dahulu di sini. Setelah itu, kamu bisa memesan kamar kapsul yang kamu inginkan lewat aplikasi tersebut.

You might also like