Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

9 Tips Jitu Memperbaiki WiFi yang Lambat atau Error

WiFi kamu lemot? Yuk cari tahu penyebab dan cara memperbaikinya!

WiFi kini menjadi sebuah kebutuhan yang penting dan menunjang kehidupan banyak orang baik itu di sektor pendidikan, ekonomi, pemerintahan, dan lain-lain. Peran WiFi kian menjadi penting saat masa karantina, PSBB, dan New Normal diberlakukan. Akses internet membantu memberi hiburan dan juga membantu agar setiap orang dapat terhubung dengan orang lain saat kita tak bisa pergi ke luar rumah.

Sebagai salah satu pengguna WiFi yang aktif pasti kamu pernah sesekali mengalami kelambatan koneksi internet? Berbagai cara dilakukan dimulai dari membersihkan router ataupun melakukan reset modem karena internet yang lambat padahal sinyal internet penuh. Jika kamu adalah salah satu diantaranya yang pernah mengalami hal tersebut jangan langsung menyalahkan provider-nya, ya!

Selain provider yang bermasalah bisa jadi masalah internet lambat ini dikarenakan adanya kemungkinan router yang bermasalah. Lalu bagaimana caranya mengatasi WiFi yang lambat? Bukan hanya sekedar memaparkan kemungkinan penyebab lambatnya internet, Bob juga akan memberikan solusi terbaik untuk mengatasinya. Penasaran? Yuk langsung simak beberapa alasan mengapa WiFi lambat seperti berikut ini!

1. Koneksi Internet Bermasalah

Jaringan internet sudah diaktifikan tapi masih saja lambat atau bahkan tidak mendapatkan koneksi internet sedikit pun? Coba deh gunakan kabel Ethernet dan cek kecepatan internet secara online. Jika kecepatan internetnya termasuk wajar dan normal mungkin kamu salah menaruh posisi router. Namun jika kamu masih belum bisa terkoneksi dengan internet bisa jadi ada permasalahan pada provider penyedia WiF kamui. Jangan ragu untuk hubungi pihak provider-nya ya!

2. Kabel LAN Terputus

Selain mencoba untuk reset modem kamu coba deh sekalian cek kabel LAN yang ada pada router. Bisa jadi kamu  salah menyambungkan kabel LAN atau mungkin kamu belum menyambungkan kabel LAN pada modem kamu sama sekali. Jika kamu kurang paham cara menyambungkan kabel LAN Bob sarankan kamu untuk segera menghubungi pihak provider untuk meminta bantuan. Jangan sampai kamu malah membuat router rusak karena kurang mengerti cara menyambungkannya.

3. Menyimpan Router di Lantai

Seperti yang Bob jelaskan sebelumnya saat koneksi internet lancar ketika menggunakan kabel Ethernet maka kemungkinan lambatnya internet adalah karena kamu salah meletakkan posisi router. Apakah kamu salah satu orang yang menyimpan router di atas lantai? Jika iya maka kamu salah besar! Mengapa penyimpanan router di lantai dapat memengaruhi kelancaran akses internet?

Sama halnya dengan antena pada TV, saat kamu meletakkan router di posisi yang rendah maka sinyal yang akan didapat pun tidak akan maksimal. Maka dari itu Bob sangat menyarankan kamu untuk tidak meletakkan router di atas lantai. Penyimpanan di atas lantai akan mempersulit router untuk mendapatkan sinyal. Coba deh simpan router di tempat yang tinggi seperti di atas meja atau di atas lemari.

4. Menyimpan Router WiFi Terlalu Jauh

Walaupun Bob menyarankan kamu untuk menyimpan router di tempat yang cukup tinggi namun bukan berarti kamu harus menyimpannya di tempat yang terlalu jauh. Router pun memiliki kapasitas jangkauan tertentu sehingga jika kamu meletakkan router terlalu jauh maka besar kemungkinan kamu akan kesulitan mendapatkan koneksi internet. Oleh karena itu Bob menyarankan kamu untuk menaruh router di tempat yang strategis.

Simpanlah router di ruangan yang sering kamu tempati. Jika kamu lebih sering menggunakan akses internet di dalam kamar maka kamu bisa letakkan router di kamar atau di ruangan yang dekat dengan kamar kamu. Jangan lupa juga untuk memposisikan router di tempat yang cukup tinggi ya agar sinyal internet dapat tersebar dengan maksimal!

5. Router Berada di Ruangan Tertutup

Salah satu tempat terbaik untuk meletakkan router adalah di dalam kamar. Ruangan selain kamar pun bisa menjadi tempat yang ideal namun pastikan apakah ruangannya sangat tertutup atau tidak. Jika ruangan penyimpanan router terlalu tertutup maka hal tersebut justru akan menghambat sinyal internet.

Saat router disimpan di ruangan tertutup dan kamu berada di ruangan tersebut maka sinyal internet akan sangat kencang. Hal inilah yang membuat sinyal internet akan menjadi lambat saat kamu sudah keluar dari ruangan tertutup tempat router disimpan. Maka dari itu kamu dapat menyiasatinya dengan menaruh router di ruangan yang dekat dengan kamu namun tetap terbuka. Pastikan juga router dapat  terlihat dari sisi manapun.

6. Meletakkan Router di Dekat Jendela

Masih seputar tempat penyimpanan router, faktanya menyimpan router di dekat jendela akan membuat sinyal internet menjadi lambat. Loh kok bisa sih Bob? Alasannya adalah karena router akan mengirimkan sinyal ke luar jendela yang artinya sinyal internet akan terbagi. Oleh karena itu usahakan untuk tidak meletakkan router di dekat jendela ya agar sinyal internet dapat diterima dengan maksimal dan tidak terbagi dengan ruangan yang berada di luar jendela.

7. Router Berdekatan dengan Barang Elektronik Lainnya

Coba deh perhatikan apakah kamu menyimpan router berdekatan dengan barang elektronik? Jika iya demikian maka hal tersebut nyatanya bisa menjadi salah satu penyebab WiFi kamu lambat. Hal ini dikarenakan barang elektronik dapat menghasilkan gelombang elektromagnetik yang dapat mengacaukan sinyal internet. Cobalah menjauhkan router dari TV, microwave, ponsel, atau perangkat elektronik lainnya agar sinyal WiFi dapat bekerja secara optimal.

8. Terlalu Banyak Pengguna

Kelebihan WiFi adalah akses internet yang dapat digunakan oleh siapapun selama masih berada di jangkauan router. Salah satu penyebab lambatnya WiFi adalah terlalu banyak pengguna yang menggunakan jaringan WiFi kamu. Apalagi jika WiFi yang kamu gunakan merupakan WiFi di tempat umum. Pastikan pengguna WiFi tidak terlalu banyak sehingga internet dapat berjalan dengan lancar. Untuk mengatasi hal ini kamu dapat mengatur password pada jaringan WiFi kamu. Dengan begini maka tidak sembarang orang bisa menikmati fasilitas WiFi kamu.

9. Mengunduh Data dengan Kapasitas yang Besar

Kemungkinan penyebab WiFi lambat yang terakhir akan Bob bahas adalah mungkin kamu sedang mengunduh data dengan kapasitas yang besar. Menggunakan WiFi memang membuat kamu lebih praktis untuk mengunduh film, game, lagu, atau data lainnya. Saat kamu sedang mengunduh data dengan kapasitas besar maka kamu harus mengorbankan waktu berselancar di internet kamu terganggu dengan internet yang lambat.

Hal ini terjadi karena WiFi akan mengalokasikan sinyal internet untuk menyelesaikan data yang kamu unduh. Oleh karena itu, jika kamu ingin internetan dengan lancar saat menggunakan WiFi, kamu dapat menunda waktu mengunduh data yang kamu inginkan. Saat akses internet lancar maka pekerjaan kamu yang berhubungan dengan internet dapat selesai lebih cepat. Jangan sampai internet yang lambat membuat kamu harus begadang semalaman.

Jika kamu membutuhkan akses internet yang cepat dan tempat yang nyaman untuk bekerja sambil beristirahat cobain deh menginap di Bobobox. Bobobox menawarkan kamu pengalaman menginap yang nyaman disertai akses internet super cepat. Harganya juga terjangkau lho! Kamu bisa unduh aplikasi Bobobox di smartphone kamu untuk mendapatkan promo menariknya!

bobobox semarang