Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Jangan Bingung! Ini Dia Tips Memilih Oleh-Oleh Saat Sedang Travelling

Berikut tips memilih oleh-oleh anti gagal ala Bob!

Tips memilih oleh-oleh berikut ini bisa jadi panduan kamu dalam memilih oleh-oleh saat sedang liburan atau sedang melakukan perjalanan dinas ke luar kota. Biasanya sebelum kita akan melakukan perjalanan jauh-jauh orang-orang terdekat kita seperti sahabat maupun keluarga ada yang menitip oleh-oleh yang unik dan sulit ditemukan di daerah mereka. Meskipun orang-orang terdekat tidak meminta oleh-oleh pun rasanya kurang lengkap jika kita tidak membawa sesuatu untuk mereka sepulang perjalanan.

Membawa oleh-oleh atau buah tangan selepas melakukan perjalanan telah menjadi sebuah budaya dan kebiasaan masyarakat Indonesia. Dengan melakukan kebiasaan ini persahabatan dan kasih sayang antar keluarga akan semakin harmonis dan hangat.

Saat kamu mendapatkan oleh-oleh dari orang terdekat kamu selepas ia bepergian, hal ini menunjukkan bahwa orang terdekat kamu tersebut peduli dan sayang kepada kamu. Meskipun nampaknya terdengar simpel, faktanya tidak semua orang memiliki kahlian dalam berbelanja terutama memilih dan membeli oleh-oleh yang efektif dan efisien.

Seringkali banyak orang mengeluhkan waktu membeli oleh-oleh terasa memusingkan dan melelahkan karena kurangnya melakukan beberapa persiapan. Tak hanya liburan saja yang perlu melakukan persiapan dan perhitungan, urusan membeli oleh-oleh pun perlu persiapan dan perhitungan. Agar kamu tidak pusing menyiapkan rencana belanja oleh-oleh, yuk simak tips memilih oleh-oleh seperti berikut ini!

Tips Memilih Oleh-oleh: Menyiapkan Dana Khusus

Tips memilih oleh-oleh yang pertama adalah mengatur keuangan kamu dan menyesuaikan oleh-oleh yang akan kamu beli dengan budget yang kamu miliki. Tips memilih oleh-oleh ini penting kamu lakukan sehingga kamu memiliki dana khusus yang kemudian akan kamu gunakan untuk membeli oleh-oleh di luar dana liburan. Jangan sampai liburan kamu jadi terganggu karena kamu belum menyisihkan dan memperhitungkan dana khusus oleh-oleh ya.

Dengan mengikuti tips memilih oleh-oleh berikut ini kamu akan menjadi lebih mudah dalam berbelanja oleh-oleh. Dana khsus belanja oleh-oleh tersebut pun akan menjadi patokan dana maksimal yang bisa kamu keluarkan sehingga kamu akan menjadi lebih waspada dan menghindari membeli barang di luar budget. Dengan begitu kamu tidak akan memaksakan diri membeli oleh-oleh di luar kemampuan kamu dan liburan kamu pun akan tetap berjalan dengan aman tanpa khawatir kekurangan dana.

Selain memperhitungkan dana khusus oleh-oleh siapkan juga catatan kecil berupa seberapa banyak orang yang akan kamu berikan oleh-oleh. Dana khusus oleh-oleh tersebut kemudian dapat disesuaikan dengan jumlah orang yang akan kamu berikan oleh-oleh sepulangg liburan. Tips memilih oleh-oleh yang bisa kamu lakukan untuk menyiasati dana khusus oleh-oleh untuk jumlah orang yang banyak adalah dengan membeli pernak-pernik dengan harga terjangkau.

Kamu bisa membeli gantungan kunci, magnet kulkas, dompet, kain, maupun tas kecil sebagai oleh-oleh, Umumnya pernak-pernik tersebut mudah kamu temukan di sekitar destinasi wisata dan dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Jangan lupa juga untuk menyiapkan dan memperhitungkan dana khusus oleh-oleh ini sebelum liburan ya!

Tips Memilih Oleh-oleh

Tips Memilih Oleh-oleh: Perhatikan Tanggal Kedaluwarsa

Tips memilih oleh-oleh berikutnya yang wajib kamu perhatikan adalah tanggal kadaluwarsa barang atau makanan yang akan kamu beli. Umumnya makanan terutama makanan basah memiliki usia yang singkat. Jika sudah begitu maka makanan tersebut tidak cocok kamu beli untuk oleh-oleh terutama jika waktu perjalanan pulang termasuk panjang. Beberapa produk makanan, obat-obatan, skincare pun terkadang dijual dengan harga murah karena usia pakainya mendekati tanggal kadaluwarsa.

Oleh karena itu sangat penting bagi kamu untuk melakukan perhitungan kapan oleh-oleh tersebut akan sampai di tangan penerimanya. Perhatikan juga setiap label kadaluwarsa barang yang akan kamu beli. Jika kamu akan membeli  makanan sebagai oleh-oleh kamu dapat bertanya kepada sang penjual terlebih dahulu. Tanyakan kepada penjual berapa lama makanan tersebut dapat bertahan di suhu ruangan. Hal ini mengingat kamu akan membawa makanan tersebut di luar suhu lemari pendingin selama perjalanan. 

Tips Memilih Oleh-oleh: Perhatikan Berat dan Ukuran Oleh-oleh

Tips memilih oleh-oleh yang ketiga yang bisa kamu lakukan adalah memerhatikan berat dan ukuran oleh-oleh sebelum kamu memutuskan membelinya. Ukuran dan berat oleh-oleh yang akan kamu beli sangat penting karena akan memengaruhi cara kamu membawanya pulang. Tentu akan terasa lebih mudah jika kamu pergi beliburan dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil.

Namun membawa oleh-oleh berukuran besar maupun berat akan menyulitkan kamu jika kamu menggunakan transportasi umum. Beberapa transportasi umum seperti pesawat, bus, dan kereta pun memiliki standar ukuran bagasi tertentu untuk setiap penumpangnya. Jangan sampai oleh-oleh yang telah kamu beli dan kamu bawa melebihi standar ukuran bagasi. Jika hal ini terjadi maka kamu bisa dikenai biaya tambahan.

Tips Memilih Oleh-oleh:Pilih Oleh-oleh Khas Daerah yang Dikunjungi

Tips memilih oleh-oleh selanjutnya adalah membeli oleh-oleh lokal khas daerah yang akan kamu kunjungi. Setiap daerah memiliki budayanya tersendiri sehingga oleh-oleh lokal khas setiap daerah akan menjadi keunikan tersendiri. Kamu bisa melakukan riset apa saja oleh-oleh yang bisa kamu dapatkan di daerah yang akan kamu kunjungi.

Dengan melakukan riset jauh-jauh hari maka kamu dapat mempersiapkan jadwal liburan kamu termasuk destinasi wisata belanja yang perlu kamu kunjungi. Contohnya jika kamu memiliki agenda liburan ke Yoyakarta maka kamu dapat menyempatkan diri untuk mengunjungi Bakpia Pathok sebagai buah tangan sebelum kamu pulang.

Tips Memilih Oleh-oleh: Perhatikan Cara Mengemas Oleh-oleh

Meskipun terdengar sepele, tips memilih oleh-oleh ini juga tidak kalah pentingnya dengan tips memilih oleh-oleh sebelumnya. Setelah kamu berhasil membeli oleh-oleh penting bagi kamu untuk mengemas oleh-oleh tersebut dengan baik. Tips memilih oleh-oleh ini penting dilakukan agar oleh-oleh tersebut tidak mudah rusak selama perjalanan pulang.

Tips Memilih Oleh-oleh: Istirahat dengan Cukup dan Fun!

Tertarik untuk mengunjungi salah satu tempat wisata belanja di kota-kota di sekitar kamu? Jangan lupa untuk membawa oleh-oleh lokal di sekitar destinasi wisata tersebut ya. Secara tidak sadar kamu telah membantu perekonomian warga lokal di sana, lho. Belanja memang menyenangkan sekaligus melelahkan. Tips memilih oleh-oleh yang terakhir adalah memastikan tubuh kamu dalam kondisi bugar dan fit sebelum berburu oleh-oleh!

Faktanya beristirahat dengan cukup akan menghasilkan mood yang baik dan menjadikan tubuh lebih sehat dan siap untuk beraktifitas penuh energik di keesokan harinya! Bobobox adalah salah satu penginapan yang bisa kamu coba untuk mengumpulkan kembali tenaga dan mood kamu menjadi lebih baik. Kamu akan menemukan lampu di dalam kamar Bobobox yang bisa kamu atur warnanya mengikuti mood kamu dan masih banyak lagi fasilitas menarik lainnya!

Bob juga sering berbagi promo menarik yang bisa kamu gunakan saat menginap di sini lho. Untuk tahu informasi lengkap mengenai Bobobox dan promo yang berlaku, pastikan kamu telah mengunduh aplikasi Bobobox melalui Play Store dan App Store di smartphone kamu. Gimana, apakah kamu siap mempraktekkan tips memilih oleh-oleh di atas?

Aktivitas-di-kasur-bobobox

You might also like