Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ingin Punya Binatang Peliharaan? Ini Dia 7 Tips Memelihara Binatang dengan Baik di Rumah

Agar binatang peliharaan tetap sehat dan aktif!

Bobobox.co.id — Saat memutuskan untuk memelihara binatang di rumah, kamu wajib mengetahui tips memelihara binatang dengan baik di rumah. Pasalnya, tak sedikit orang yang tidak terlalu memahami hal tersebut.

Dengan mengetahui tips memelihara dengan baik di rumah, kamu sebagai pemilik pun akan senang. Hewan peliharaanmu bisa bermain dengan aktif dan tetap sehat selama berkeliaran di rumah.

Malahan, dengan mencurahkan rasa sayangmu, hewan tersebut pun akan menunjukkan rasa sayangnya terhadapmu. Saat itulah, hewan peliharaan akan semakin membuatmu bahagia di rumah.

Nah, oleh karena itu, kamu wajib mengetahui tips untuk memelihara hewan. Penasaran apa saja tipsnya? Simak ulasan singkat dari Bob mengenai tips memelihara binatang dengan baik di rumah berikut ini.

Ini Dia Tips Memelihara Binatang dengan Baik

1. Sediakan Kandang yang Nyaman

Tips memelihara binatang dengan baik di rumah pertama adalah dengan menyediakan kandang yang nyaman. Hal ini berlaku bagi kamu yang baru berniat memelihara hewan peliharaan di masa yang akan datang.

Tak lupa juga untuk memperhatikan binatang peliharaan itu sendiri. Pasalnya, tiap binatang peliharaan memiliki kriteria kandang yang berbeda-beda yang harus disesuai dengan kriteria hewan tersebut.

Sejumlah hewan peliharaan yang harus disediakan kandang antara lain kucing, burung, ular, dan ikan. Nah, jangan lupa juga untuk menyediakan alas tidur khususnya untuk anjing dan kucing.

Soal alas tidurnya, carilah alas tidur yang bisa membuat hewan nyaman untuk beristirahat. Beberapa di antaranya antara lain kain, selimut, handuk, dan barang lain yang serupa dengan barang tersebut.

Sediakan kandang yang nyaman tips memelihara binatang dengan baik
Sediakan kandang yang nyaman via unsplash.com/@duytanphoto

2. Beri Makanan dan Minuman Sehat secara Teratur

Tips memelihara binatang dengan baik di rumah berikutnya adalah memberi makanan dan minuman sehat secara teratur. Hal ini tentu wajib kamu lakukan sebagai majikan hewan peliharaan di rumah.

Sama seperti halnya manusia, makan dan minum sehat adalah sebuah keharusan. Pada umumnya, hewan peliharaan bisa kamu beri makan ataupun minum setiap tiga kali sehari bergantung pada hewannya.

Pastikan bahwa makanan yang diberikan kaya akan nutrisi agar hewan peliharaan tumbuh sehat. Tak lupa pula untuk menghindari makanan yang membahayakan hewan peliharaanmu.

Selain memberi makanan, kamu pun harus menyediakan air bersih untuk minum. Gantilah air minum hewan peliharaan setiap sekali sehari agar air yang diminu tetap bersih dan tak ada bakteri hinggap.

Makan dan minum hewan tips memelihara binatang dengan baik
Makan dan minum hewan via unsplash.com/@bekkybekks

Baca Juga: Punya Ikan Cupang? Ini Dia 12 Tips Merawat Ikan Cupang Dengan Benar!


3. Sediakan Tempat Lain di Luar Kandang

Hewan-hewan seperti kucing, anjing, dan kelinci akan mudah mengalami stres jika selalu berada dalam kandang. Oleh karenanya, kamu wajib menyediakan tempat bermain di luar kandang untuk hewan tersebut.

Untuk areanya sendiri, kamu bisa menyediakan area khusus outdoor atau juga indoor. Tinggal sesuaikan dengan kondisi rumah dan juga perhatikan trik lainnya seperti area yang mudah dibersihkan.

Agar binatang peliharaan dapat bermain bebas dengan nyaman, kamu bisa menyimpan alas tidur, mainan atau makanan di luar kandang. Tujuannya agar hewan bisa beristirahat jika dibutuhkan saat di luar kandang.

Selain itu, jangan lupa untuk mengamankan barang-barang tertentu yang bisa membahayakan hewan seperti kabel ataupun obat-obatan. Hal tersebut demi menjaga hewan agar tetap aman selama bermain.

Luar kandang hewan tips memelihara binatang dengan baik
Luar kandang hewan via pexels.com/@irinababina

4. Siapkan Keamanan Khusus

Nah, tips memelihara binatang dengan baik berikutnya masih berhubungan dengan tips sebelumnya. Selama membiarkan hewan di luar, ada kekhawatiran jika mereka akan kabur dari rumahmu.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, ada baiknya untuk menyediakan keamanan khusus. Tips memelihara binatang dengan baik ini bisa dilakukan dengan memasang pagar khusus hewan.

Pemasangan pagar khusus hewan ini tak hanya mencegah hewan untuk kabur. Pagar khusus ini pun bisa membuat beberapa binatang lebih bahagia lagi seperti contohnya adalah kelinci.

Soal pagarnya, kamu bisa menyesuaikannya dengan ukuran hewan yang kamu miliki. Jangan lupa juga untuk menjaga keamanan pagar tersebut secara rutin agar hewan kesayangan tidak mudah kabur.

Pagar untuk keamanan tips memelihara binatang dengan baik
Pagar untuk keamanan via unsplash.com/@chungharu

Baca Juga: Sayang Kucing Liar? Ini 10 Tips Street Feeding Yang Kamu Harus Ketahui


5. Jaga Kebersihan Hewan Peliharaan

Sebagai pemilik hewan, kamu tentu ingin hewan kesayanganmu dapat hidup dalam waktu yang lama. Untuk itu, menjaga mereka dari serangan penyakit adalah satu kewajiban yang harus dilakukan.

Salah satu cara untuk memastikan binatang selalu sehat adalah dengan menjaga kebersihan mereka. Tak hanya kebersihan hewannya saja, tetapi juga kandang pun harus dalam keadaan bersih.

Kotoran dari sisa makanan bisa saja mengundang bakteri dan kutu. Mandikanlah hewan seperti kucing dan anjing secara rutin agar mereka tetap bersih dan tidak terkena penyakit dari bakteri yang hinggap.

Di samping itu, pembersihan kandang pun wajib dilakukan. Namun, tak hanya kandangnya saja, kamu wajib membersihkan barang lain seperti tempat makan, tempat main, dan barang yang biasa digunakan hewan.

Jaga kebersihan hewan peliharaan tips memelihara binatang dengan baik
Jaga kebersihan hewan peliharaan via unsplash.com/@claybanks

6. Lakukan Rutinitas Harian

Melakukan rutinitas harian bersama binatang kesayangan menjadi tips memelihara hewan dengan baik di rumah berikutnya. Hal ini bertujuan untuk membangun ikatan emosional.

Cara tersebut dianggap sebagai salah satu cara efektif untuk merangsang pertumbuhan hewan. Di samping itu, kamu pun akan merasa senang dan bahagia saat bermain dengan hewan peliharaanmu.

Tak lupa juga untuk memperhatikan kebiasaan hewan peliharaanmu. Biasanya, kucing senang menggaruk sofa atau lemari dan anjing senang untuk mengunyah benda-benda tertentu.

Untuk menghindarkan mereka dari merusak barang perabotan di rumah, kamu bisa melatih mereka. Caranya adalah dengan menyediakan mainan yang biasa dikunyah untuk anjing dan benda tempat kucing mencakar.

Rutinitas bersama hewan tips memelihara binatang dengan baik
Rutinitas bersama hewan via pexels.com/@yuliya-kota-2099022

Baca Juga: Ingin Pelihara Ikan Cupang? Ikuti Tips Agar Ikan Cupang Selalu Sehat Dan Cantik Berikut Ini!


7. Periksakan Hewan Kesayangan secara Teratur

Tips memelihara hewan dengan baik di rumah terakhir adalah memeriksakan hewan kesayanganmu secara teratur. Hal tersebut dilakukan demi menjaga kesehatan hewan tersebut.

Pemeriksaan secara berkala menjadi salah satu yang paling direkomendasikan. Namun, jika kesulitan, kamu bisa memeriksakan hewan saat hewan tersebut berpergian dari rumah.

Selepas pulang, cek kondisi mereka terlebih dahulu. Jika hewan tersebut terlihat lemas, sakit, atau muntah, sesegera mungkin untuk membawa hewan peliharaanmu ke dokter hewan terdekat.

Namun, untuk upaya preventif, ada baiknya hewan peliharaan mendapatkan vaksinasi secara rutin. Selain itu, menjaga kondisi hewan dan kandangnya agar tetap bersih bisa jadi cara lain yang bisa dilakukan.

Doktor hewan tips memelihara binatang dengan baik
Doktor hewan via pexels.com/@ifaw

Menginap dengan Nyaman dan Aman? Bobobox Jawabannya

Kenyamanan dan keamanan menjadi dua hal penting yang harus kamu perhitungkan dalam memesan sebuah penginapan. Dari sekian banyak penginapan, Bobobox adalah penginapan yang terdepan dalam menyediakan keduanya.

Penasaran ingin mencoba kenyamanan dan keamanan yang Bob maksud? Unduh aplikasi Bobobox di sini untuk pemesanan podnya.

lorong bobobox kamar

You might also like