Capture

Punya Ruangan Kecil? Intip Tips Membuat Ruang Sempit Terlihat Luas Ini!

Bobobox.co.id — Ruang yang besar dan luas merupakan sebuah advantage yang tidak semua orang miliki. Banyak orang yang terhalang oleh lahan sehingga ruangan di rumah tampak lebih sempit.

Namun, hal tersebut bisa saja diakali. Pasalnya, kamu bisa menyulap ruang sempit di rumah agar tampak luas dan nyaman. Cara yang bisa lakukan bisa dengan mengubah beberapa hal yang ada di ruangan tersebut.

Oleh karenanya, tips membuat ruang sempit terlihat luas ini akan memberikan glimpse kreasi yang membuat keterbatasan luas dari ruang sempit tersebut tidak membatasi keinginanmu dalam mendapatkan kesan luas dari sebuah ruangan.

Kesan luas ini akan sangat bermanfaat bagi ruang yang awalnya terlihat sempit. Saat terasa luas, kamu bisa saja menghabiskan banyak waktumu di ruangan tersebut karena kenyamanan yang ditawarkan.

Nah, kira-kira apa sajakah tips membuat ruang sempit terlihat luas dari Bob kali ini? Langsung saja simak kelima tips membuat ruang sempit terlihat luas berikut ini. Tidak hanya akan tampak lebih luas tapi juga nyaman.

Simpanlah Barang yang Dianggap Tidak Perlu

Tips membuat ruang sempit terlihat luas pertama adalah menyimpan barang-barang yang dianggap tidak terlalu diperlukan. Banyak orang yang kerap kali menyimpan barang ini tanpa melihat fungsi dari barang tersebut.

Fungsi untuk tiap barangnya bisa dikategorikan baik itu secara kegunaan atau fungsi visual barang. Pilihlah barang-barang tersebut berdasarkan fungsi barang tersebut secara kegunaan serta visual bagi ruang tamu anda.

Setelah menyortir barang-barang tersebut, kamu akan menemukan barang-barang yang tidak terlalu perlu untuk diletakkan di ruangan tersebut. Oleh karenanya, aplikasikan tips membuat ruang sempit terlihat luas ini.

Untuk barang tak terpakai ini, kamu bisa menyimpannya di ruangan penyimpanan atau gudang. Berbeda halnya jika kamu masih memiliki barang-barang yang sudah tidak laik untuk digunakan sehari-hari.

Barang-barang ini ada baiknya untuk tidak disatukan dengan barang-barang yang akan disimpan di gudang. Kamu bisa menjualnya atau mendaur ulang barang tersebut jika memang memungkinkan.

tips membuat ruang sempit terlihat luas

@ketut-subiyanto via pexels.com

Pasanglah Cermin di Tempat yang Strategis

Tips membuat ruang sempit terlihat luas berikutnya adalah memasang cermin di tempat yang strategis. Tips kali ini sendiri sudah relatif sering diaplikasikan oleh desainer untuk memberikan kesan luas pada suatu ruangan.

Kamu pun bisa melakukannya di rumahmu. Cermin sendiri dapat membuat sebuah ruangan nampak besar karena mampu memantulkan cahaya dan menciptakan ilusi optikal pada ruang yang relatif sempit.

Kebanyakan orang hanya memanfaatkan cermin sebagai media ntuk merapikan diri sebelum beraktivitas. Namun, cermin nyatanya mampu memberi manfaat lain yang mungkin tidak kamu ketahui sebelumnya.

Walaupun begitu, kamu tetap harus selektif dalam pemilihan cerminnya. Pasanglah cermin berlawanan dengan sofa yang kamu miliki. Jika memungkinkan, pasanglah cermin tersebut di jendela.

Pilihlah cermin yang berukuran besar. Pasalnya, cermin berukuran besar akan mampu memantulkan cahaya dan bayangan secara optimal. Hal tersebut membuat ruang sempit seolah-olah bertambah luas.

@thanospal via unsplash.com

Manfaatkan Area Dinding Ruang Tamu

Sebuah ruangan kerapkali akan dipenuhi oleh furnitur. Nah, biasanya, furnitur inilah yang akan memakan banyak tempat. Bahkan, terkadang, ruangan tersebut dirasa sudah tidak ada space yang cukup.

Jika hal tersebut terjadi, kamu bisa memasang rak layang sebagai tips membuat ruang sempit terlihat luas berikutnya. Kamu bisa memaksimalkan fungsi dari rak layang itu sendiri untuk menambah kesan luas.

Rak layang kerap kali digunakan sebagai alternatif area penyimpanan jika area bawah kamar sudah dipenuhi barang lainnya. Nah, kamu bisa menyimpan barang yang sebelumnya disimpan di meja.

Dengan berpindahnya barang-barang tersebut ke rak layang, kamu hanya perlu melakukan penataan ulang beberapa barang dan furnitur yang ada untuk disesuaikan kembali dengan kondisi yang baru.

Tak hanya rak layang, kamu bisa menempatkan cermin besar. Hal ini bisa menjadi salah satu cara dalam memanfaatkan dinding. Selain itu, kamu pun bisa memasang lampu gantung atau lampu dinding untuk sumber cahaya pada kamarmu.

Memanfaatkan rak layang ini membuatmu tidak terpaku lagi pada area bawah yang biasa kamu gunakan. Pemanfaatan ini tentunya akan memberikan kesan luas dan baru pada ruang yang tadinya sempit.

Gunakan Meja Kecil

Tips membuat ruang sempit terlihat luas ini mungkin memerlukan effort lebih. Pasalnya, bisa saja tips kali ini justru mengharuskanmu untuk merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkan kesan luas.

Ada baiknya jika kamu menggunakan furnitur berukuran relatif kecil. Mulai dari meja kecil, lemari, ataupun sofa. Furnitur berukuran kecil ini pastinya tidak akan terlalu makan banyak tempat di ruang sempit.

Oleh karenanya, ada banyak space yang bisa digunakan untuk hal lainnya. Salah satu manfaatnya adalah space tersebut mampu menjadi akses jalan atau barang lain yang ingin ditempatkan di ruangan tersebut.

Kamu juga bisa membeli furnitur serbaguna untuk ruang sempit yang ada di rumah. Furnitur serbaguna ini memiliki beberapa fungsi dalam satu barang yang akan menghemat dan memberi kesan luas.

Sekarang ini, kamu bisa dengan mudah menemukan beragam furnitur serbaguna ini baik toko online maupun offlinenya. Kamu tinggal sesuaikan bujet yang kamu anggarkan dengan furnitur-furnitur tersebut.

@atbo-66986 via pexels.com

Atur Pencahayaan Semaksimal Mungkin

Tips membuat ruang sempit terlihat luas terakhir adalah mengatur pencahayaan semaksimal mungkin. Pencahayaan ini sering kali dianggap remeh oleh sebagian orang walaupun fungsinya begitu penting.

Hal yang mungkin sebagian orang tersebut tak sadari adalah pengaturan cahaya mampu mempengaruhi tampilan interior sebuah kamar tidur. Oleh karenanya, banyak yang menyarankan untuk mengatur hal ini sedemikian rupa.

Tips membuat ruang sempit terlihat luas ini memanfaatkan ilusi luas yang dihasilkan oleh pengaturan cahaya yang optimal. Dengan cahaya yang semakin terang, kamar sempitmu akan terasa lebih luas dibanding aslinya.

Pemanfaatan cahaya ini bisa menggunakan dua cara. Kamu bisa memanfaatkan pencahayaan alami dari matahari. Untuk yang satu ini, kamu membutuhkan jendela besar agar mendapatkan cahaya yang optimal.

Cara kedua adalah dengan menggunakan lampu. Tips yang satu ini pun akan cocok bagi yang mempunyai jendela kecil pada ruangannya. Buatlah pencahayaan dari bawah ke atas dan pilih lampu cahaya putih.

@mateusz-dach-99805 via pexels.com

Menginap di Penginapan Minimalis? Datang saja Langsung ke Bobobox

Sedang mencari akomadasi penginapan dengan gaya minimalis? Kamu tidak perlu risau karena Bobobox merupakan akomodasi penginapan yang mengusung konsep futuristik nan minimalis.

Konsepnya yang futuristik dan minimalis ditunjang dengan area yang luas dalam podnya. Hal ini tentu membuatmu dalam memanfaatkan berbagai spot di Bobobox untuk berfoto-foto. Bahkan, banyak spot di Bobobox yang instagramable.

Informasi pemesanan bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh melalui link ini.

Bob tunggu di Bobobox, ya!

promo bobobox

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles