Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Tips Membuat CV Menarik Agar Dilirik HRD. Job Seekers Wajib Tahu!

Aplikasikan pada CVmu, ya!

Bobobox.co.id — Senjata utama yang mampu mengantar pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan adalah CV. Untuk kamu para job seekers, kamu wajib mengetahui tips membuat CV yang menarik.

Dengan membuat CV yang menarik, kamu bisa mendapatkan perhatian dari perekrut. Walhasil, kemungkinanmu dalam mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan akan semakin besar pula.

Nah, dilansir dari berbagai sumber, simak ulasan soal tips membuat CV menarik berikut ini.

Tips Membuat CV Menarik Agar Dilirik HRD

1. Hanya Tulis Komponen Penting

Tips membuat CV menarik agar dilirik HRD pertama adalah hanya menuliskan komponen penting saja. Hal tersebut dapat membantu CV dalam menyampaikan informasi yang dibutuhkan secara efektif.

Secara umum, setidaknya ada tujuh komponen penting yang wajib dimasukkan. Ketujuh komponen tersebut adalah identitas, kontak, informasi pendidikan, profil singkat, skill, dan pengalaman kerja.

Tak hanya itu, ada juga beberapa informasi lain yang bisa dituliskan untuk membuat CV lebih menarik. Kontak referensi, pengalaman organisasi, hobi yang relevan, dan prestasi kerja bisa dimasukkan.

Walaupun begitu, informasi tersebut tidak wajib untuk kamu masukkan. Jika memang tidak ada relevansi dengan lowongan pekerjaan yang dilamar, sebaiknya tak usah dicantumkan.

tips membuat cv dengan memasukkan komponen penting saja
sumber: pexels.com/@goumbik

2. Tonjolkan Skill dan Pengalaman Kerja

Seperti yang disebutkan sebelumnya skill dan pengalaman kerja wajib kamu masukkan dalam CVmu. Namun, tips membuat CV terlihat lebih menarik adalah dengan menonjolkan kedua informasi tersebut.

Tonjolkanlah informasi mengenai pengalaman kerjamu sebaik mungkin. Masukkan prestasi yang kamu torehkan di perusahaan sebelumnya agar HRD semakin tertarik untuk merekrutmu.

Jika kamu tak memiliki pengalaman terlalu banyak, kamu bisa menonjolkan skillmu. Jangan lupa untuk merinci secara detail skill yang memang menjadi kelebihanmu dengan cara yang menarik.

Untuk meningkatkan skill, kamu bisa mengikuti sejumlah kursus. Saat ini, banyak sekali kursus yang bisa kamu ikuti untuk meningkatkan berbagai skill yang sebelumnya tidak kamu miliki.

tips membuat cv dengan tonjolkan skill
sumber: unsplash.com/@joaoscferrao

Baca Juga: 10 Pekerjaan Sampingan Yang Bisa Dilakukan Selama WFH


3. Gunakan Desain Menarik Tapi Elegan

Sebelum melihat isinya, HRD pasti melihat tampilan dari CVmu terlebih dahulu. Oleh karenanya, tips membuat CV terlihat menarik lainnya adalah dengan mendesain sebaik mungkin CV yang kamu miliki.

Sekarang ini, kamu bisa dengan mudah mencari desain CV yang bisa kamu duplikasi. Namun, jangan lupa untuk memerhatikan komposisi warna yang di mana jangan terlalu banyak warna.

Pilihlah warna untuk desain CV yang tidak terlalu mencolok. Tak lupa juga untuk memastikan bahwa warna yang kamu gunakan pada CVnya tetap membuat isi dari tulisannya tetap mudah untuk dibaca.

Penyusunan setiap elemen informasi pun jangan lupa untuk kamu perhatikan. Pastikan informasi tertata dengan baik agar informasi tersebut mampu tersampaikan dengan baik saat dibaca oleh HRD.

tips membuat cv dengan membuat desainnya menarik
sumber: graphicmega.com

4. Pilih Font Standar

Kunci utama dari penulisan CV yang benar adalah kemudahan untuk dibaca. Oleh karenanya, kamu tak perlu memilih font yang unik namun keterbacaannya sendiri justru relatif kurang.

Pilihlah font standar seperti Times New Roman, Arial, atau Calibri. Walaupun terasa kurang menarik, font tersebut justru cukup representatif dalam menyampaikan informasi penting tentang dirimu.

Hal terpenting dalam membuat sebuah CV adalah mudah dibaca oleh perekrut. Walhasil, tips membuat CV yang wajib kamu camkan baik-baik adalah memilih dan menggunakan font standar.

Di samping Times New Roman, Arial, atau Calibri, ada beberapa rekomendasi lainnya yang bisa kamu gunakan. Beberapa di antaranya adalah CambriaGaramond, dan Helvetica

tips membuat cv dengan menggunakan font standar
sumber: pexels.com/@brettjordan

Baca Juga: Sedang Mencari Pekerjaan? Simak 10 Rekomendasi Situs Lowongan Kerja Terpercaya Ini


5. Hindari Desain CV Berlebihan

Di samping pemilihan font, ada hal penting yang perlu kamu perhatikan. Hal penting tersebut adalah memilih desain yang tepat untuk menjadi representasi CV yang akan kamu kirim ke perusahaan nantinya.

Pilihlah CV yang tidak memiliki desain yang berlebihan. Pasalnya, desain CV berlebihan justru membuat informasi di dalamnya tak terbaca dengan jelas karena perekrut terdistraksi oleh desainnya.

Format CV ATS adalah salah satu pilihan desain CV menarik yang perlu kamu pertimbangkan. Dengan adanya sistem ini, kamu tinggal mengikuti guidance yang sudah ditetapkan pada format ATS.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa mencari informasi lebih lanjut soal CV ATS. Tips membuat CV ini sudah terbukti ampuh dalam membuat CV banyak orang dilirik dan orang tersebut mendapatkan panggilan.

sumber: stylebyemilyhenderson.com

6. Pastikan Tidak Ada Typo

Tips membuat CV yang menarik HRD adalah memastikan tidak adanya typo. Kesalahan satu ini memang sangat sering terjadi dan tak jarang membuat banyak orang tak mendapatkan panggilan kerja.

Oleh karena itu, jangan meremehkan typo. Cek kembali CV yang telah kamu buat siapa tahu masih banyak kesalahan ejaan yang justru membuat CVmu terlihat kurang profesional.

Tak hanya itu, pastikan juga bahwa kamu tidak menggunakan kata-kata yang disingkat pada CVmu. Misalnya saja, menggunakan kata hubung ‘yang’ disingkat menjadi ‘yg’ dan sebagainya.

Dengan tidak menyingkat kata-kata, hal tersebut akan memudahkan perekrut untuk memahami informasi yang kamu sampaikan. Di samping itu, hal tersebut pun mampu membuat CV terlihat profesional.

sumber: blog.bahaso.com

Baca Juga: Biar Dilirik HRD, Simak Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar Ini


7. Minta Orang Lain untuk Membaca CVmu

Tips membuat CV menarik agar dilirik HRD adalah meminta orang lain untuk membaca CVmu. Cara satu ini tak ada salahnya untuk kamu aplikasikan pada CV yang baru saja kamu buat.

Pasalnya, bisa saja ada kesalahan yang tidak kamu lihat sebelumnya. Dengan meminta orang lain, siapa tahu kesalahan tersebut dapat terlihat dan bisa kamu ubah saat mereka menemukannya.

Biasanya, saat dibaca orang lain, lebih mudah ditemukan adanya kesalahan penulisan atau tata bahasa. Selain itu, kamu pun bisa menanyakan feedback yang tak hanya seputar penulisan saja.

Kamu pun bisa bertanya soal desain CV yang telah kamu buat. Mintalah feedback agar CV yang nantinya kamu kirimkan ke banyak perusahaan bisa jauh lebih menarik dibanding sebelumnya.

sumber: pexels.com/@cottonbro

***

Itulah tadi tips membuat CV agar terlihat lebih menarik.

Semoga artikel di atas bermanfaat ya, Sahabat Bob!

Cek juga artikel-artikel menarik lainnya dari Bob yang bisa kamu baca di sini.

Tak Usah Ragu untuk Menginap di Bobobox

Masa PPKM seperti ini memungkinkanmu untuk ragu dalam memilih tempat menginap di luar rumah. Namun, kamu tak perlu khawatir dan ragu jika kamu memutuskan untuk menginap di Bobobox.

Pasalnya, setiap harinya, tiap pod dijaga soal kebersihannya setelah tamu sebelumnya check out. Dengan begitu, kamu tak perlu mengkhawatirkan soal kebersihan dari pod yang kamu pesan untuk menginap.

Untuk informasi dan pemesanan, unduh aplikasi Bobobox di sini.

Bob tunggu kehadiranmu menginap di Bobobox terdekat, ya!

You might also like