Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tips Membuat Ayam Goreng Krispi Super Kriuk dan Antigagal

Dijamin, rasanya seenak di restoran cepat saji!

Ayam goreng krispi atau ayam goreng tepung merupakan salah satu makanan yang paling digemari di Indonesia. Tengok saja restoran cepat saji yang menyediakan ayam goreng krispi sebagai menu utamanya, tak pernah sepi pengunjung, kan?

Rasanya yang gurih serta teksturnya yang renyah saat digigit menjadi alasan mengapa ayam goreng krispi menjadi favorit banyak orang. Kamu bisa memakannya sebagai teman nasi atau kentang goreng, atau hanya dimakan begitu saja dengan dicocol saus sambal.

Tips Membuat Ayam Goreng Krispi Super Kriuk dan Antigagal
Foto oleh Brian Chan dari Unsplash

Tak heran, banyak orang yang mencoba untuk menduplikasi resep ayam goreng ini untuk sekadar dimakan bersama keluarga atau bahkan dijual kembali.

Namun, tak semua orang bisa berhasil membuat ayam goreng yang persis seperti yang dijual di restoran meskipun sudah mengikuti resep. Entah dari teksturnya yang tak mirip atau rasanya yang kurang pas, membuat ayam krispi yang dibuat sendiri tak seenak di restoran.

Jangan khawatir, Bob beri bocoran deh supaya kamu bisa termotivasi untuk membuat ayam goreng krispimu sendiri. Dijamin, tips dari Bob ini akan membuat ayam krispi buatanmu antigagal, deh!

Gunakan ayam negeri untuk ayam goreng krispi buatanmu

Ayam, tentu saja, adalah bahan paling utama dalam memasak ayam goreng krispi ini. Pemilihan ayam yang tepat sangatlah penting agar ayam goreng buatanmu memiliki rasa yang enak. Pilihlah ayam negeri atau ayam broiler berkualitas baik yang ada di pasaran.

Tips Membuat Ayam Goreng Krispi Super Kriuk dan Antigagal
Foto oleh izkey.com

Kamu bisa memakai ayam negeri yang organik atau non-organik, asalkan ayam tersebut masih dalam keadaan segar. Hindari memakai ayam pejantan atau ayam kampung untuk dijadikan ayam goreng tepung karena tekstur serat daging kedua jenis ayam tersebut tidak selembut ayam negeri.

Jangan pula menggunakan ayam yang sudah dimasukan ke dalam kulkas terlalu lama. Ayam yang sudah disimpan di dalam kulkas dalam waktu yang lama akan menyebabkan bagian dalam ayam basah atau berair saat dimakan nantinya.

Sebagai permulaan, jangan potong ayam dengan ukuran terlalu besar. Hal ini disebabkan karena ayam dengan potongan yang besar lebih sulit matang hingga ke dalam dibandingkan ayam dengan potongan lebih kecil.

Semakin besar potongan ayam yang dimasak, waktu yang dibutuhkan untuk memasak harus semakin tepat. Jika terlalu cepat atau terlalu lama, bisa-bisa bagian dalam ayam tidak matang atau malah luarnya sudah overcooked.

Rendam ayam semalaman sebelum dimasak

Merendam ayam merupakan proses yang sangat penting untuk membuat rasa ayam goreng terasa sampai ke dalam. Namun, rendaman ayamnya tak cukup jika hanya berupa air garam saja.

Rendam ayam yang sudah dipotong ke dalam campuran susu UHT plain, garam, gula, dan perasan lemon. Untuk 1 ekor ayam, kamu membutuhkan 1 liter susu UHT, 1 sendok makan garam, 1 sendok makan gula pasir, dan 3 sendok makan air perasan lemon.

Tips Membuat Ayam Goreng Krispi Super Kriuk dan Antigagal
Foto oleh William Gozali dari Youtube

Pastikan ayam terendam seluruhnya dalam larutan bumbu tersebut dan diamkan di dalam kulkas minimal 8 jam atau semalaman. Ini bertujuan untuk membuat daging ayamnya empuk dan lembut sampai ke dalam ketika dimakan.

Teknik pencampuran tepung kering dan tepung basah

Untuk melapisi bagian luar ayam goreng krispi, tentu dibutuhkan tepung terigu. Kamu bisa menggunakan tepung terigu serbaguna berprotein rendah untuk membuat ayam goreng yang sangat renyah.

Namun, kamu tidak bisa mendapatkan kulit luar yang kriuk jika ayam hanya dilapisi oleh tepung terigu begitu saja. Diperlukan dua jenis campuran tepung agar ayam goreng bisa renyah sempurna, yakni tepung basah dan tepung kering.

 

Tips Membuat Ayam Goreng Krispi Super Kriuk dan Antigagal
Foto oleh thespruceeats.com

Kedua campuran tepung terigu tersebut juga harus dicampur dengan bumbu dan rempah agar rasanya lezat. Kamu bisa mencampurkan bubuk bawang putih, bubuk bawang bombay, bubuk cabai, ketumbar, cengkih, jinten, jahe, lada hitam, lada putih, daun oregano kering, garam halus  dan baking powder sesuai selera.

Setelah mendapatkan campuran tepung tersebut, pisahkan seperempat campuran tepung kering ke dalam mangkuk dan beri air es hingga menjadi larutan tepung. Inilah yang disebut campuran tepung basah.

Tips Membuat Ayam Goreng Krispi Super Kriuk dan Antigagal
Foto oleh thespruceeats.com

Untuk mendapatkan lapisan luar yang krispi, balur satu per satu ayam yang telah direndam semalaman ke dalam campuran tepung kering. Hindari membalur ayam dalam jumlah banyak sekaligus karena itu akan membuat ayam tidak terbungkus sempurna dengan tepung.

Kemudian celupkan ke campuran tepung basah, dan lapisi kembali dengan tepung kering. Remas-remas ayam hingga tepung menempel pada setiap bagian ayam dan berbentuk keriting. Lapisan tepung keriting inilah yang menjadi lapisan renyah ayam goreng krispi.

Masak dengan minyak banyak

Setelah baluran terakhir, tepuk-tepuk ayam agar sisa tepung yang tidak menempel bisa terlepas. Sisa tepung yang tidak menempel akan membuat minyak semakin kotor saat menggoreng.

Ayam yang sudah dibalur harus lekas digoreng agar tepung keritingnya tidak hancur. Goreng ayam dengan menggunakan minyak banyak hingga ayam terendam seluruhnya.

Teknik memasak menggunakan minyak banyak ini disebut juga deep frying. Dengan menggunakan minyak yang banyak, ayam akan matang merata dan tidak perlu sering dibolak-balik.

Tips Membuat Ayam Goreng Krispi Super Kriuk dan Antigagal
Foto oleh William Gozali dari Youtube

Jangan menggoreng dengan menggunakan wajan kecil karena ayam tidak akan terendam sempurna oleh minyak. Gunakan penggorengan khusus atau deep fryer. Jika tidak ada, kamu bisa memakai wajan yang besar dengan ukuran yang lebih cekung atau panci antilengket.

Pastikan minyak sudah panas ketika memasukkan ayam ke dalam penggorengan. Masak dengan api kecil agar ayam goreng bisa matang merata hingga ke dalam tanpa khawatir bagian luarnya gosong terlebih dahulu.

Hindari memasak ayam berjumlah banyak sekaligus dalam sekali masak. Semakin banyak jumlah ayam dalam sekali penggorengan, maka akan semakin sedikit ayam yang matang sempurna hingga ke dalam. Selain itu juga waktu yang dibutuhkan untuk memasak akan semakin lama.

Tips Membuat Ayam Goreng Krispi Super Kriuk dan Antigagal
Foto oleh Huynh Quyet dari Unsplash

Suhu aman minyak ketika memasak ayam adalah sekitar 145-150 derajat Celcius. Sedangkan waktu memasak yang paling tepat adalah sekitar 7-8 menit tanpa membolak-balik ayam dalam penggorengan.

Agar renyahnya awet, tiriskan ayam goreng selama 15 menit sebelum disantap. Ini berfungsi untuk menurunkan minyak bekas penggorengan dan meminimalisir kadar cairan dalam ayam, sehingga ayam akan terasa garing dan gurih.

Mudah bukan membuatnya?

Jadi deh, ayam goreng krispi yang renyah dan enak! Dijamin, rasa ayam goreng krispi buatanmu pasti tak kalah dengan ayam goreng yang disajikan di restoran fast food di luar sana.

Lapisan luarnya yang kriuk, ditambah tekstur ayamnya yang lembut dan empuk, juga rasanya yang gurih sampai ke dalam akan membuat nafsu makanmu meningkat.

Selain memasak ayam goreng, ada lagi kemudahan lain yang bisa kamu dapatkan. Nikmati kemudahan memesan kamar dan menginap di Bobobox! Kamu bisa mendapatkan pengalaman mudah dan menyenangkan dengan bermalam di hotel kapsul yang dilengkapi dengan fasilitas bergaya modern dan futuristik. Unduh aplikasinya di sini dan pesan kamar sekarang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.