Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Sebentar Lagi Natal! Yuk Bersihkan Pohon Natalmu dengan Mengikuti Tips-Tips Berikut Ini!

Saatnya bersih-bersih

Natal merupakan hari raya yang identik dengan pohon cemara, meski artificiall atau buatan sekalipun. Pohon artificial sendiri kini mulai populer penggunaannya terutama karena lebih awet dan murah serta tidak menimbulkan alergi, membutuhkan air atau mengotori rumah akibat guguran daunnya.

Meski begitu, bukan berarti kamu bisa mengabaikannya begitu saja. Pohon Natal artificial juga perlu dibersihkan agar tetap awet serta tampil segar dan baru layaknya pohon asli. Melansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa tips membersihkan pohon Natal yang bisa kamu coba.

Siapkan Area Pembersihan

via Pinterest

Tips membersihkan pohon Natal meliputi penentuan area untuk bersih-bersih. Sebelum kamu mengeluarkan pohon artificial, pilihlah ruangan dengan pencahayaan yang baik serta cukup luas agar kamu leluasa bergerak. Sediakan pula alas untuk pohon agar lantai terhindar dari debu dan potongan kecil pohon yang mungkin terjatuh saat dikeluarkan.

Kamu bisa menggunakan seprai atau selimut lama, kantung plastik sampah, atau kertas koran sebagai alas. Namun, selimut tebal lebih dianjurkan sebagai bantalan jika ada ornamen gampang pecah yang terjatuh. Pssst, sebaiknya jauhkan anak-anak dan hewan peliharaan dari area bersih-bersih untuk meminimalkan risiko kecelakaan.

Baca Juga: Ramah Lingkungan Dan Terbuat Dari Pasir, Ini Dia 10 Pohon Natal Tercantik Di Dunia

Gunakan Pelindung

Tips membersihkan pohon Natal selanjutnya adalah persiapan alat pelindung. Sebelum mulai membersihkan pohon, jangan lupa siapkan alat pelindung seperti sarung tangan, masker dan kaca mata debu bila perlu. Alat pelindung ini akan membantu melindungi tangan, hidung dan mata dari debu dan kotoran yang bertebaran di udara.

Penggunaan masker dan kaca mata juga dianjurkan bagi kamu yang memiliki alergi debu atau jika pohon sudah cukup lama disimpan. Semakin lama disimpan, pohon semakin banyak mengumpulkan debu dan bahkan jamur.

Selain itu, gunakan juga pakaian yang nyaman dan dapat melindungi bagian tubuh kamu. Pakaian lengan panjang dan celana jeans panjang lebih dianjurkan agar lengan dan kaki tidak tergores oleh tusukan cabang dan daun pohon Natal.

Manfaatkan Garam Kosher

via allrecipes.com

Jika pohon Natal kamu dibagi ke dalam bagian-bagian kecil, kamu bisa memanfaatkan garam kosher untuk membersihkannya. Masukkan bagian-bagian tersebut ke dalam kantung sampah tebal dan tambahkan dua cangkir garam kosher ke dalamnya. Tutup kantung tersebut lalu goyang-goyang dengan kuat.

Tips membersihkan pohon Natal ini bisa kamu anggap sebagai tahap pembersihan awal. Metode ini juga bertindak sebagai pembersih abrasif ringan yang akan membantu melepaskan kotoran dan debu. Jika sudah selesai, keluarkan setiap bagian dan goyangkan di atas alas agar garam, debu dan kotorannya berjatuhan. Setelah itu, lanjutkan dengan pemasangan pohon.

Pasang Pohonnya

Jika penggunaan garam kosher terasa merepotkan, kamu bisa melewatkan tips membersihkan pohon Natal tersebut. Sebagai gantinya, setelah mengeluarkan pohon dari tempat penyimpanan, buka ikatan pada semua batang lalu pasang bagian-bagian pohon menjadi satu.

Jika masih ada ornamen yang terpasang, lepaskan semua ornamen tersebut dari pohon. Untuk pohon berlampu atau pre-lit, matikan sambungan listrik dan pastikan lampu tidak dalam keadaan menyala. Sambil memasang, kamu dapat mengecek setiap bagian pohon dan segera memperbaiki masalahnya.

Baca Juga: Pancarkan Semangat Dan Kehangatan Natal Dengan Menghias Rumahmu Dengan Inspirasi Dekorasi Natal Yang Simpel Dan Menawan Ini!

Gunakan Penyedot Debu

via nytimes.com

Penggunaan penyedot debu menjadi salah satu tips membersihkan pohon Natal yang paling disukai karena kemudahan dan kecepatannya. Meski begitu, kamu harus tetap berhati-hati saat melakukannya agar bagian pohon tidak rusak.

Untuk itu, lakukanlah selembut mungkin dan pastikan kamu menggunakan kepala sikat bulu pada selangnya. Dalam membersihkan pohon Natal, penyedot debu genggam dianggap lebih ideal terutama karena daya isapnya yang lebih lemah. Jika penyedot debu kamu memiliki pengaturan multiple suction, pilihlah daya isap yang paling lemah atau rendah.

Mulailah dari atas ke bawah di setiap cabang pohon dari dalam ke luar. Namun, perhatikan jangan sampai cabang pohon masuk ke dalam selang. Jika pohon natal kamu memiliki lampu atau pre-lit, jangan gunakan vacuum pada lampu tersebut. Sebaiknya, pegang lampu dengan jari dan jauhkan dari penyedot debu saat kamu membersihkan bagian-bagian pohon. Selain itu, untuk pohon buatan yang sudah terlalu tua dan rapuh, penggunaan kemoceng lebih disarankan daripada penyedot debu.

Baca Juga: Malas Bersih-Bersih Rumah? Coba Alat-Alat Ini Yang Bisa Membantu Membuat Kerjaan Rumah Jadi Mudah!

Gunakan Kain Kering

Meski pohon sudah dibersihkan secara menyeluruh dengan penyedot debu, beberapa noda dan kotoran mungkin masih menempel. Untuk itu, kamu bisa menggunakan kain microfiber untuk mengelap cabang, daun, dan bagian pohon lainnya.

Kain microfiber sendiri dikenal ampuh dalam mengangkat kotoran, debu hingga bakteri. Mulai dari atas hingga bawah sehingga kotoran akan terkumpul di bawah. Lakukan dengan lembut dan jangan terburu-buru agar hasilnya maksimal.

Gunakanlah kain yang tidak melepaskan serat kain dan hidarilah kain yang mudah luntur karena dapat memengaruhi warna daun pohon. Karenanya, kain tidak berwarna lebih dianjurkan. Selain kain, kamu juga bisa menggunakan sikat dengan bulu halus untuk membersihkan pohon Natal tersebut. Sebelum digunakan, pastikan sikat sudah dibersihkan terlebih dahulu agar sisa kotoran tidak mengotori bagian-bagian pohon.

Untuk pohon Natal warna putih, kain atau lap berwarna sangat tidak dianjurkan. Jenis kain tersebut berisiko luntur dan memberi warna pada pohon. Karena itu, pilihlah kain atau lap berwarna putih saja.

Gunaan Kain Basah

Buatlah campuran cairan pembersih dan air hangat. Namun, pastikan kamu tidak menggunakan detergen kaustik atau cairan pembersih kimia karena hal tersebut berpotensi merusak pohon.

Basahi lap atau kain microfiber dengan campuran air hangat tersebut lalu peras sekuat mungkin agar tidak ada cairan yang menets. Setelah itu, mulailah bersihkan pohon secara menyeluruh dari atas ke bawah.

Pastikan kamu selalu membersihkan kembali kain agar tidak menyebarkan debu basah pada pohon. Base pohon juga tidak boleh sampai luput dari pembersihan. Selanjutnya, biarkan pohon mengering hingga siap untuk didekorasi.

Perlu diingat, penggunaan kain basah atau metode basah lainnya berisiko merusak pohon, terutama yang putih dan berlampu. Cairan umumnya dapat memudarkan atau memberi noda pada daun buatan. Jika tidak dikeringkan secara menyeluruh, pohon bisa menjadi media pertumbuhan jamur.

Karena itu, tips membersihkan pohon Natal ini tidak dianjurkan untuk pohon berlampu atau dengan sambungan listrik karena berpotensi dapat merusak sambungan tersebut. Jika kamu bersikeras, sebaiknya jauhkan kain basah dari lampu seperti saat kamu membersihkan dengan vacuum cleaner.

Liburan Natal dan tahun baru sudah di depan mata nih! Daripada bingung harus ke mana, pintu Bobobox terbuka lebar untuk memberi kamu pengalaman menginap yang asyik dan menyenangkan dalam menyambut hari baru.

Masalah kenyamanan, tidak perlu kamu ragukan lagi! Interior podnya cukup luas dengan kasur empuk yang dijamin bikin kamu betah. Nggak hanya itu, Bobobox juga dilengkapi dengan fasilitas seperti Bluetooth speaker, Wi-Fi, moodlamp, pantry, shared bathroom, musala, communal space hingga vending machine yang siap memenuhi kebutuhan camilan kamu.

Harganya juga terjangkau. Kamu bahkan bisa mendapatkan kesempatan menginap dengan harga promo lewat aplikasi Bobobox! Yuk unduh aplikasinya untuk informasi lebih lanjut!

You might also like