Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Wah! Ini Dia Tips Jitu untuk Membersihkan Peralatan Kecantikan Ala Bob

Membersihkan peralatan kecantikan itu harus, untuk kamu yang sayang kulit.

Kamu make up enthusiast? Sudah sering mengaplikasikan skincare routine tapi kulit wajahmu masih sering bermasalah? Hati-hati, bisa jadi itu karena kamu tidak pernah membersihkan peralatan kecantikan yang sering kamu gunakan.

Meskipun produk makeup dan skincare yang kamu gunakan sangat cocok untuk kulit wajahmu, namun kebersihan peralatan kecantikannya juga harus dijaga. Jika tidak, peralatan kecantikan tersebut akan menjadi sarang bakteri yang justru akan menimbulkan berbagai masalah pada kulit wajahmu.

Terlebih jika peralatan kecantikan tersebut tidak dibersihkan dalam jangka waktu yang lama, bisa sampai menimbulkan iritasi, atau bahkan infeksi, lo. Yuk, simak tips jitu bagaimana cara membersihkan peralatan kecantikan ala Bob berikut ini supaya kulit wajahmu terhindar dari masalah.

Wah! Ini Dia Tips Jitu untuk Membersihkan Peralatan Kecantikan Ala Bob
Photo by Romina Farías on Unsplash

1. Cara tepat membersihkan seperangkat kuas makeup

Kuas adalah peralatan kecantikan yang paling sering digunakan untuk mengaplikasikan makeup pada wajah. Biasanya, makeup enthusiast memiliki seperangkat kuas lengkap yang memiliki berbagai fungsi berbeda. Nah, seperti apa sih cara membersihkan kuas yang benar? Berikut tips-nya.

  • Siapkan mangkuk atau wadah berisi air bersih yang sudah dicampur dengan beberapa tetes sabun dengan formula yang lembut. Kamu juga bisa menggunakan sampo, karena bahan kuas mirip seperti rambut.
  • Masukkan kuas ke dalamnya, kemudian diamkan selama 10 hingga 15 menit.
  • Kamu bisa membersihkan seperangkat kuas tersebut bersamaan, dengan gerakan memutar hingga kotoran pada bulu-bulu kuas rontok dan larut dalam air sabun.
  • Pijat perlahan bulu-bulu kuas tersebut supaya kuas benar-benar bersih. Jangan memijat dengan keras karena bulu kuas mudah rontok dan bisa rusak.
  • Setelah semuanya bersih, bilas dengan air mengalir untuk menghilangkan sisa sabun dan kotoran yang mungkin masih menempel.
  • Keringkan kuas dengan cara diangin-anginkan di atas handuk bersih. Jangan keringkan kuas di luar ruangan atau terkena matahari secara langsung karena justru akan membuat debu menempel dan akan merusak kuas.

Idealnya, kamu bisa membersihkan seperangkat kuas milikmu minimal seminggu sekali. Sebaiknya, lakukan secara rutin untuk mencegah kuman dan bakteri dari sisa makeup mengendap terlalu lama di kuas yang kamu gunakan sehari-hari, ya.

Wah! Ini Dia Tips Jitu untuk Membersihkan Peralatan Kecantikan Ala Bob
Photo by Laura Chouette on Unsplash

2. Cara yang benar membersihkan spons

Spons juga menjadi salah satu peralatan kecantikan yang fungsinya kurang lebih sama dengan kuas, yakni meratakan makeup di wajah. Spons memiliki daya serap makeup yang tinggi, sehingga perlu rajin dibersihkan. Simak tips membersihkan spons di bawah ini, ya.

  • Siapkan wadah berisi air hangat yang telah dicampur dengan beberapa tetes sabun dengan formula lembut.
  • Masukkan spons ke dalamnya, kemudian pijat-pijat spons agar seluruh kotoran dan sisa makeup-nya keluar. Lakukan beberapa kali pengulangan hingga spons benar-benar bersih.
  • Kamu bisa menyikat perlahan bagian luar spons dengan sikat gigi yang lembut untuk membantu membersihkannya.
  • Bilas dengan air mengalir, lalu peras untuk mengeluarkan sisa air pada spons.
  • Keringkan spons dengan handuk bersih, atau biarkan kering dengan sendirinya dengan diangin-anginkan.

Spons bisa dibersihkan setelah tiga hingga lima kali digunakan, atau setelah tidak ada lagi bagian yang bersih. Selain dapat membantu membunuh kuman dan bakteri, membersihkan spons dengan air panas juga dapat membantu menjaga spons agar tetap awet.

Wah! Ini Dia Tips Jitu untuk Membersihkan Peralatan Kecantikan Ala Bob
Foto oleh Ray Piedra dari pexels.com

3. Cara ampuh membersihkan peralatan kecantikan dari logam

Ada beberapa peralatan kecantikan yang terbuat dari logam, seperti penjepit dan pengeriting bulu mata, pencukur alis, serta gunting kuku. Peralatan kecantikan dari logam ini memerlukan perawatan khusus, lo. Yuk, simak caranya berikut ini.

  • Bersihkan peralatan tersebut dengan air dan sabun antibakteri. Kemudian, sikat perlahan dengan sikat gigi yang lembut bila perlu.
  • Bilas hingga bersih dengan air mengalir, kemudian keringkan dengan tisu bersih.
  • Basahi kapas dengan alkohol, kemudian usapkan pada peralatan tersebut. Biarkan mengering selama beberapa saat.
  • Khusus untuk peralatan yang langsung mengenai wajah, bilaslah lagi dengan air mengalir supaya alkoholnya tidak mengenai wajah.
  • Keringkan kembali dengan handuk atau tisu bersih.

Untuk peralatan kecantikan dari logam ini, kamu bisa membersihkannya setiap setelah selesai digunakan. Jika tidak sempat, kamu bisa membersihkannya minimal dengan air bersih dan sabun saja. Namun, untuk perawatan menyeluruh dengan menggunakan alkohol, kamu bisa melakukannya setiap dua minggu sekali.

Wah! Ini Dia Tips Jitu untuk Membersihkan Peralatan Kecantikan Ala Bob
Foto oleh Ekrulila dari pexels.com

4. Cara jitu membersihkan sikat rambut

Sikat rambut juga termasuk peralatan kecantikan yang tak luput untuk dibersihkan. Berikut ini cara mudah dan jitu untuk membersihkan sikat rambut.

  • Buang terlebih dahulu semua rambut yang menempel pada sikat. Gunakan tusuk gigi atau garpu untuk mempermudah proses ini.
  • Siapkan wadah berisi air yang dicampur dengan beberapa tetes sampo. Rendam seluruh bagian sikat tersebut, lalu biarkan selama tiga hingga lima menit.
  • Bersihkan bulu sikatnya dengan menggunakan sikat gigi yang telah dibasahi dengan air sabun. Kemudian, bilas sikat rambut dengan air mengalir.
  • Siapkan handuk kering yang bersih, kemudian letakkan sisi bulu sikat menghadap ke bawah agar air tak menggenang di alas sikat.
  • Biarkan mengering dengan sendirinya semalaman.

Lakukan pembersihan ini minimal satu minggu sekali. Tujuannya adalah agar bakteri dan kotoran yang menempel di rambut tidak menumpuk dan menyebabkan masalah pada kulit kepala, serta menghindari kekusaman pada rambut.

Wah! Ini Dia Tips Jitu untuk Membersihkan Peralatan Kecantikan Ala Bob
Foto oleh CottonBro dari pexels.com

5. Jangan lupa untuk membersihkan tempat makeup-mu juga

Tempat makeup juga perlu dibersihkan secara teratur, baik tempat yang berupa koper makeup, kotak kecil, maupun hanya berupa pouch yang sering kamu bawa ke manapun. Berikut cara yang efektif untuk membersihkan tempat makeup-mu.

  • Keluarkan terlebih dahulu semua makeup yang ada dalam tempat makeup-mu. Bersihkan semua bagian luar kemasan makeup dengan lap basah, kalau-kalau ada makeup yang tumpah atau mengenai kemasan makeup
  • Untuk koper atau kotak makeup berbahan plastik atau padat, bersihkan dengan menggunakan kapas yang dibasahi dengan alkohol, lalu biarkan hingga kering. Lakukan perawatan ini minimal dua minggu hingga sebulan sekali, tergantung seringnya pemakaian.
  • Untuk pouch makeup dari kain atau kanvas, cucilah dengan sabun seperti mencuci pakaian. Jemur hingga kering, barulah bisa dipakai kembali. Lakukan seminggu hingga dua minggu sekali, tergantung pemakaian.
Wah! Ini Dia Tips Jitu untuk Membersihkan Peralatan Kecantikan Ala Bob
Photo by Annie Spratt on Unsplash

Nah, itulah tips jitu untuk membersihkan peralatan kecantikan ala Bob. Jangan lupa untuk rutin membersihkannya, untuk menghindari masalah pada kulit wajah dan rambutmu. Selamat mencoba, ya!

Selain peralatan kecantikan, ada lagi lo yang bersih dan bikin nyaman. Bobobox pastinya!

Untukmu yang bosan di rumah aja karena pandemi COVID-19, staycation di Bobobox aja, yuk! Sama seperti peralatan makeup di atas, setiap sudut Bobobox juga dirawat serta dibersihkan dengan baik. Jadi, kamu enggak perlu khawatir untuk staycation di hotel kapsul kekinian ini.

Mesti banget ya, staycation di Bobobox? Iya dong! Bobobox ini hotel kapsul yang memiliki desain futuristik yang instagrammable. Dijamin, kamu enggak akan bosan saat staycation di sini karena kamu bebas mengambil foto di sudut manapun.

Enggak hanya itu saja, setiap pod di Bobobox juga memiliki beragam fasilitas hi-tech yang asyik, seperti mengatur warna lampu LED sesuai dengan keinginanmu, atau mendengarkan musik favoritmu dengan menghubungakan smartphone dan audio musik.

Pesan kamarnya juga bisa lewat aplikasi atau website Bobobox, dan kamu enggak memerlukan kunci karena Bobobox sudah menerapkan sistem contactless untuk keamanan menginap. Tunggu apa lagi, yuk staycation di Bobobox!

lorong bobobox kamar

You might also like