Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Lakukan Tips Membersihkan Laptop Berikut Ini Agar Selalu Bersih Seperti Baru

Pasti kamu enggak nyangka tips membersihkan laptop yang nomor 6

Laptop adalah peralatan elektronik yang cukup sering, terutama di zaman work from home seperti sekarang. Untuk itu, supaya tetap berjalan dengan baik dan terlihat baru, kamu perlu memperhatikan tips membersihkan laptop berikut ini. Soalnya, laptop akan cepat kotor semakin sering dipakai. Penasaran bagaimana caranya? Simak terus di sini ya.

Tips membersihkan laptop 1: Siapkan alat-alat pembersih laptop

tips membersihkan laptop
Photo by Sven Mieke on Unsplash

Sebelum kamu mulai mencoba tips membersihkan laptop ini, siapkan dulu alat-alat yang akan kamu perlukan. Beberapa di antaranya adalah:

  • Cotton bud
  • Vacuum mini
  • Blower
  • Kain microfiber
  • Sikat gigi
  • Cairan pembersih

Jika sudah siap, kamu bisa melanjutkan ke tips membersihkan laptop selanjutnya.

Tips membersihkan laptop 2: Jangan lupa matikan laptop

tips membersihkan laptop
Photo by Kari Shea on Unsplash

Nah, setelah semua alat tips membersihkan laptop sudah kamu siapkan, langkah berikutnya adalah matikan laptop. Kamu perlu melakukan ini untuk membuka bagian dalam laptop, dan kamu tidak ingin melakukannya dalam keadaan meyala.

Tips membersihkan laptop 3: Buka badan laptop

tips membersihkan laptop
Photo by Alexandre Debiève on Unsplash

Debu yang membuat laptop kotor tidak hanya ada di luar saja. Bagian dalam laptop juga bisa menjadi tempat debu berkumpul dan jika dibiarkan terlalu lama bisa menimbulkan masalah. Salah satunya adalah kipas angin yang akan berbunyi kencang.

Setelah badan laptop dibuka, tips membersihkan laptop yang harus kamu lakukan adalah membuang semua debu menggunakan blower. Bawa laptopmu ke tempat lain untuk membersihkan, jangan di kamar atau tempat bersih lain. Kemudian, gunakan blower perlahan untuk membuang debu.

Perhatikan juga bagian kipas angin. Bersihkan kipas angin dari berbagai sudut namun jangan sampai kipasnya berputar terlalu kencang karena itu bisa merusak kipas. Kamu juga bisa menggunakan kuas atau alat pembersih halus lain untuk membersihkan debu-debu yang menempel.

Jika kamu belum pernah membuka badan laptop sebelumnya, kamu bisa melihat tutorial di YouTube untuk tips membersihkan laptop. Cari model laptop yang sesuai lalu ikuti petunjuknya selangkah demi selangkah. Namun, jika kamu belum pernah, kamu bisa meminta bantuan ahli atau mulai ke langkah tips membersihkan laptop selanjutnya.

BACA JUGA: Rekomendasi Laptop Murah Dengan Harga Terjangkau Yang Cocok Untuk Kerja Dan Gaming

Tips membersihkan laptop 4: Bersihkan debu di keyboard

tips membersihkan laptop
Photo by rupixen.com on Unsplash

Pertama, balikkan laptop dalam keadaan terbuka lalu ketuk atau goyangkan laptop untuk menghilangkan debu. Tips membersihkan laptop ini perlu kamu lakukan untuk menghilangkan potongan kotoran yang lebih besar sehingga laptopmu lebih mudah dibershikan dari debu-debu kecil.

Setelah itu, gunakan sikat gigi/sikat berbulu lembut untuk membersihkan kotoran yang terlepas dari sela-sela tombol laptop. Kamu juga bisa menggunakan blower jika membutuhkan lebih banyak tenaga. Terakhir, lap seluruh tombol dengan kain mikrofiber yang sedikit lembap.

Jika masih ada kotoran yang menempel, gunakan kapas yang dicelupkan ke dalam alkohol untuk tips membersihkan laptop selanjutnya. Alkohol akan membantu melarutkan kotoran pada keyboard. Meskipun alkohol menguap lebih cepat daripada air, pastikan untuk mengeringkannya setelah dibersihkan untuk mencegah laptop menjadi terlalu lembap.

Tips membersihkan laptop 5: Bersihkan layar laptop

tips membersihkan laptop
Photo by John Schnobrich on Unsplash

Setelah keyboard selesai, sekarang giliran layar laptop yang harus kamu bersihkan. Bersihkan debu dengan kain mikrofiber kering. Untuk membersihkan noda dan goresan pada permukaan layar, semprotkan semprotan pembersih LCD ke sisi kain mikrofiber yang bebas debu.

Setelah itu, bersihkan permukaan secara menyeluruh tetapi jangan sampai ke tepi layar. Biarkan layar mengering. Jika ada goresan yang tersisa, kamu bisa menggunakan tepi kain mikrofiber yang kering untuk membantu menghilangkannya.

Tips membersihkan laptop 6: Hilangkan aroma bau dari laptop

tips membersihkan laptop
Photo by Wander Fleur on Unsplash

Selain kebersihan fisik, kamu juga harus memerhatikan aroma laptop. Seringkali kamu makan, merokok, atau melakukan kegiatan lain sambil berlaptop. Oleh karena itu, kamu juga harus menghilangkan aroma bau tersebut. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan arang.

Arang adalah salah satu penyerap dan penghilang bau yang baik. Caranya adalah dengan menyegel laptop kamu di dalam tas atau tempat yang dapat ditutup dengan rapat. Biarkan selama 24 hingga 48 jam.


BACA JUGA: Jangan Langsung Kerja! Lakukan Ritual Pagi Yang Baik Bagi Otak Ini Dulu Sebelum Mulai Beraktivitas


Tips membersihkan laptop 7: Gunakan lapisan pelindung

tips membersihkan laptop
Photo by Jonathan Francisca on Unsplash

Tips membersihkan laptop selanjutnya adalah dengan mencegah laptop kamu menjadi kotor. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan pelindung. Hal ini perlu kamu lakukan terutama saat pergi ke luar rumah dan berlaptop di tempat-tempat seperti kafe dan lain-lain.

Ada banyak jenis pelindung yang bisa kamu gunakan. Salah satunya adalah garskin. Garskin atau skin protector adalah sejenis stiker yang memiliki fungsi sebagai pelindung dari goresan maupun kotoron.

Selain sebagai pelindung laptop, garskin juga sering dipakai karena desain dan warnanya yang beragam. Dengan demikian, laptopmu bisa terlihat lebih unik, sesuai dengan selera yang kamu inginkan. Di samping, garskin, ada juga pelindung lain seperti dari kulit.

Tips membersihkan laptop 8: Rapikan folder dan desktop

tips membersihkan laptop
Photo by Christin Hume on Unsplash

Jangan hanya fisiknya saja yang dibersihkan. Kamu juga harus membersihkan data yang ada di dalam laptopmu. Mulailah dari mengorganisasi folder-folder yang berantakan. Dengan demikian, laptopmu akan terlihat lebih enak dipandang. Mencari file yang dibuthkan juga tak lagi sulit karena jauh lebih rapi.

Setelah itu, bersihkan juga file-file yang tidak dibutuhkan. Buang file-file duplikat dan semua yang menumpuk di recycle bin. Kamu bisa menggunakan aplikasi seperti CCleaner untuk tips membersihkan laptop secara otomatis.

Itulah beberapa tips membersihkan laptop yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Jangan lupa lakukan secara berkala ya supaya laptopmu bisa awet dan nyaman dipakai.


BACA JUGA: Sedang Rakit PC High-End Untuk Gaming Dan Editing? Simak Rekomendasi Prosesor

Untuk Editing Ini


Mau menginap di hotel kapsul yang bersih dan nyaman? Di Bobobox aja!

bobobox

Bobobox adalah hotel capsule Jakarta yang menggunakan teknologi terkini. Hampir semua aktivitas menginap kamu terintegrasi melalui aplikasi seperti untuk memesan kamar, sebagai kunci kamar berbasi QR code, pengatur lampu, dan lain-lain.

Selain itu, Bobobox juga adalah hotel kapsul yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati, apalagi buat kamu yang suka foto-foto.

Nggak percaya? Tenang. Supaya kamu punya gambaran yang lebih jelas soal pengalaman menginap yang lebih nyata, kamu bisa lho keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob. Kamu bisa membuktikan sendiri sebelum dateng langsung ke tempatnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak.

You might also like