Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Kulkasmu Sudah Mulai Kotor? Ikuti Tips Membersihkan Kulkas Berikut Ini

Yuk ikuti tips membersihkan kulkas berikut agar kulkas kamu terawat!

Tips membersihkan kulkas berikut bisa kamu coba untuk membereskan kulkas kamu yang berantakan dan yang mulai mengeluarkan aroma tidak sedap. Kulkas merupakan salah satu perabotan rumah angga yang umum dijumpai di setiap rumah karena memiliki fungsi yang sangat penting. Kehadiran kulkas dapat membuat setaip makanan dan minuman yang kamu beli maupun kamu buat sendiri tetap terjaga keawetan dan kesegarannya.

Namun tidak jarang makanan maupun minuman yang disimpan dalam waktu tertentu di dalam kulkas akan mulai mengeluarkan bau yang tidak sedap. Hal ini terjadi karena kulkas bisa menjadi rumah bagi bakteri yang terbawa dari makanan mentah, sayur, atau pun buah-buahan. Untuk menghindari hal tersebut oleh karena itu sepantasnya kita dapat merawat dan membersihkan kulkas secara rutin salah satunya dengan mengikuti tips membersihkan kulkas berikut ini. Yuk, simak!

1. Tips Membersihkan Kulkas: Siapkan Peralatan Pembersih

Tips membersihkan kulkas yang pertama adalah dengan menyiapkan peralatan dan bahan-bahan yang kamu perlukan untuk membersihkan bagian dalam dan juga bagian luar kulkas. Salah satu bahan yang perlu kamu siapkan adalah larutan pembersih yang terdiri dari campuran air panas dan sabun pencuci piring. Agar praktis digunakan, masukkan larutan pembersih tersebut ke dalam sebuah semprotan.

Kamu juga bisa menggunakan larutan pembersih dari bahan alami seperti  campuran cuka dan air. Jangan lupa juga untuk siapkan lap atau sponge, lap kering, sarung tangan karet, serta sikat gigi bekas untuk membersihkan bagian sudut-sudut kulkas yang sulit untuk dijangkau.

2. Tips Membersihkan Kulkas: Cabut Stop Kontak

Sebelum kamu mulai membersihkan kulkas jangan lupa untuk memastikan kabel kulkas telah tercabut dari stop kontak. Hal ini tak hanya akan membantu mengurangi energi listrik yang terbuang selama proses pembersihan tapi juga untuk menghindari risiko tersetrum.

Tips Membersihkan Kulkas

3. Tips Membersihkan Kulkas: Keluarkan Semua Isi Kulkas

Tips membersihkan kulkas selanjutnya adalah dengan mengeluarkan semua isi kulkas agar bagian dalam kulkas dapat terbersihkan secara menyeluruh. Ini bisa menjadi kesempatan bagi kamu untuk menyortir makanan dan minuman yang ada di dalam kulkas yang telah memasuki masa kadaluarsa atau telah membusuk. Pisahkan makanan dan minumana di dalam kulkas sesuai kategorinya masing-masing dan bersihkan jika diperlukan.

4. Tips Membersihkan Kulkas: Lepas Laci dan Rak Lalu Bersihkan

Setelah selesai mengeluarkan semua makanan dan minuman di dalam kulkas langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan melepas laci dan rak kulkas. Faktanya laci dan rak dalam kulkas memiliki kontak langsung dengan setiap makanan dan minuman yang kamu simpan di dalam kulkas. Hal ini tentunya membuat laci dan rak kulkas beresiko tinggi memiliki kotoran yang tumpah sehingga permukannya menjadi lengket dan mengeluarkan aroma tidak sedap.

5. Tips Membersihkan Kulkas: Bersihkan Bagian dalam Kulkas

Setelah rak dan laci dikeluarkan dan dibersihkan ini saatnya kamu membersihkan bagian dalam kulkas. Tips membersihkan kulkas berikutnya adalah dengan membersihkan bagian dalam kulkas menggunakan kain lap yang dibasahi campuran cuka atau pembersih. Kamu bisa mulai membersihkan kulkas bagian atas hingga bawah sekligus bagian pintu kulkas dan sela-sela yang tak terjangkau menggunakan sikat gigi bekas. Pastikan tidak ada bagian yang tertinggal ya!

6. Tips Membersihkan Kulkas: Bilas Bagian dalam Kulkas

Setelah membersihkan bagian dalam kulkas menggunakan kain lap yang dibasahi campuran cuka dan pembersihkan lakukan proses pembilasan dengan menggunakan kain basah bersih. Setelah itu gunakan lap kering dan lap semua bagian dalam kulkas.

Langkah Tepat untuk Mencuci Tangan dengan Sabun
Foto oleh Matthew Tkocz dari Unsplash

7. Tips Membersihkan Kulkas: Bersihkan Bagian Luar Kulkas

Tips membersihkan kulkas yang tak boleh kamu lewatkan adalah membersihkan bagian luar kulkas. Kebersihan bagian luar kulkas tak kalah pentingnya dengan bagian dalam kulkas, lho. Kamu bisa manfaatkan larutan pembersih yang sama dan lap menggunakan kain basah dan juga lap kering setelah selesai.

8. Tips Membersihkan Kulkas: Bersihkan Botol dan Wadah Penyimpan Makanan

Tips membersihkan kulkas berikutnya adalah membersihkan setiap botol maupun wadah penyimpanan makanan yang biasa kamu masukkan ke dalam kulkas. Hal ini dilakukan untuk menghindari kontaminasi wadah dan botol yang kotor ke dalam kulkas yang telah kamu bersihkan dengan penuh perjuangan. Bersihkan setiap botol dan wadah lalu keringkan sebelum kamu gunakan kembali dan dimasukkan ke dalam kulkas.

9. Tips Membersihkan Kulkas: Susun Kembali Isi Kulkas

Tips membersihkan kulkas yang terakhir adalah dengan menyusun kembali isi kulkas dengan rapi sesuai jenis makanan dan minuman dan dengan mempertimbangka ukurannya. Penggunaan wadah berwarna bening akan membantu kamu agar mudah menemukanan makanan dan minuman yang kamu cari di dalam kulkas. Pastikan untuk memasukan setiap makanan dan minuma ke dalam kulkas secara hati-hati untuk menghindari resiko wadah terjatuh, rusak, maupun tumpah.

Tips Menghilangkan Bau Tak Sedap di Kulkas

Kulkas kamu sudah selesai dibersihkan namun masih saja meninggalkan aroma yang tidak sedap? Yuk cobaiin tips menghilangkan bau tidak sedap di kulkas secara alami dan mudah seperti berikut ini!

1. Bubuk Kopi

Tips membersihkan kulkas sekaligus menghilangkan bau tidak sedapnya yang pertama adalah dengan memanfaatkan bubuk kopi yang kamu miliki di rumah. Faktanya bubuk kopi memiliki kemampuan menghilangkau bau di sekitarnya sehingga dapat menjadi solusi bagi kamu untuk menghilangkan bau tidak sedap di dalam kulkas.

Caranya pun cukup mudah, lho. Kamu hanya perlu menyimpan bubuk kopi ke dalam sebuah wadah lalu simpan di dalam kulkas dalam keadaan terbuka. Jangan lupa untuk mengganti bubuk kopi dengan yang baru secara berkala sekitar 2 minggu sekali agar hasilnya lebih maksimal!

2. Air Lemon

Selain menggunakan bubuk kopi kamu juga bisa memandaatkan air lemon untuk menghilangkan bau tidak sedap di dalam kulkas. Selain menghilangkan bau tidak sedap, aroma segar pada lemon ini akan membuat kulkas kamu memiliki aroma yang menyenangkan. Caranya pun terbilang sangat mudah. Kamu hanya perlu menyimpan perasan lemon ke dalam sebuah wadah secara terbuka lalu letakkan di dalam kulkas.

Menikmati Cemilan Kesukaan di Bobobox juga Seru, lho!

Jika kamu bingung mencari tempat dimana kamu bisa berkumpul dengan teman dekatmu sambil mengobrol ringan dan quality time, tidak usah bingung karena kamu bisa coba Bobobox. Bobobox adalah hotel kapsul yang di desain sangat futuristik dan unik dan juga dilengkapi dengan ruang bersama.

Di ruang bersama Bobobox inilah kamu bisa mengobrol bersama temanmu sampai puas sambil menikmati cemilan kesukaan kalian. Apalagi sekarang Bobobox sudah tersebar di berbagai kota besar di Indonesia sehingga kamu tidak perlu bingung memikirkan tempat istirahat yang nyaman bersama temanmu saat travelling. Masih penasaran dengan Bobobox? Untuk yang masih penasaran, sekarang kamu sudah bisa melakukan virtual tour di Bobobox, lho. Cek fitur baru bobobox di sini, ya.

@arisitag.com

You might also like