Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Tips Membersihkan Kulkas. Jamur dan Karat Dijamin Hilang!

Jangan lupa lakukan secara teratur

Bobobox.co.id — Kulkas adalah alat rumah tangga yang berfungsi untuk menyimpan makanan agar awet lebih lama. Namun, banyak orang yang kerap lupa untuk membersihkan kulkas secara berkala.

Padahal, dengan membersihkannya secara berkala, kualitas isi kulkas baik makanan dan minuman tetap terjaga. Tak hanya itu, pembersihan secara teratur mampu menghindarkan kulkas dari bau dan karat membandel.

Jika kamu ingin membersihkan kulkas, Bob akan membagikan tujuh tips membersihkan kulkas yang bisa kamu pertimbangkan untuk lakukan. Demi menghilangkan jamur dan karat yang mungkin muncul di kulkasmu.

Ini Dia Tips Membersihkan Kulkas Terbukti Ampuh

1. Persiapkan Alat yang Dibutuhkan

Tips membersihkan kulkas pertama adalah dengan mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan. Peralatan yang disiapkan sendiri bergantung dengan apa yang ingin dibersihkan karena ada beberapa hal yang relatif berbeda.

Misalkan saja, jika kamu ingin menghilangkan bau yang muncul, siapkan lah cairan ekstrak vanila dan beberapa lembar kertas tisu. Kedua bahan ini bakal berguna untuk membuat kulkas yang bau menjadi wangi kembali.

Berbeda halnya jika kamu ingin membasmi noda di dalam kulkas. Kamu bisa memanfaatkan soda kue dan air. Campurkan keduanya menjadi pasta bersama dengan cuka putih, kamu bisa mengangkat kotoran dalam kulkas.

Selanjutnya, jika kamu ingin menghilangkan jamur, siapkan pasta gigi sedikit untuk membersihkannya. Tips membersihkan kulkas ini pun tak lepas dari cuka sebagai salah satu cara untuk membersihkan karat pada pintu kulkas.

Botol spray tips membersihkan kulkas
Botol spray via pexels.com/@cottonbro

2. Kosongkan dan Rapikan Kulkas

Tips membersihkan kulkas lainnya adalah mengosongkan keseluruhan isi kulkas. Kamu bisa memulainya dengan mematikan kulkas terlebih dahulu dan barulah mengeluarkan dimulai dari beberapa bagian kulkas.

Setelah itu, mulailah untuk menyortir terlebih dahulu isi kulkas yang sudah kamu keluarkan. Pisahkan makanan yang sudah terlalu lama disimpan yang ditandai dengan bau tak sedap, berubah bentuk ataupun munculnya jamur.

Cek kembali juga tanggal kadaluarsa makanan atau minuman kaleng yang biasa disimpan. Tips membersihkan ini nantinya bakal membuatmu mengetahui mana saja isi kulkas yang bakal ditempatkan lagi di dalam kulkas.

Dengan mengikuti tips satu ini, kamu pun nantinya mendapatkan ruang yang lebih banyak di dalam kulkas. Oleh karenanya, kamu pun bisa berbelanja dan mengisi kembali dengan makanan dan minuman yang diinginkan.

Kosongkan kulkas tips membersihkan kulkas
Kosongkan kulkas via treadingmyownpath.com

Baca Juga: 10 Tips Menyimpan Sayuran Agar Tetap Awet Dan Segar


3. Bersihkan Bagian Dalam Kulkas Terlebih Dahulu

Dari sekian banyak bagian dalam kulkas, membersihkan bagian dalam terlebih dahulu adalah tips membersihkan kulkas lainnya. Bagian luar kulkas bisa kamu kesampingkan terlebih dahulu selama proses membersihkan kulkas.

Kamu bisa memulai tips membersihkan kulkas ini adalah dengan melepas rak bagian dalam sepenuhnya. Tak hanya itu, kamu pun wajib melepas semua rak pintu yang memungkinkan dilepaskan untuk dibersihkan.

Setelah itu, barulah bersihkan bagian dalam kulkas dengan peralatan yang tadi sudah dipersiapkan. Sesuaikan masalah yang timbul saat membersihkan kulkas dengan peralatan-peralatan yang Bob sebutkan sebelumnya.

Jangan lupa untuk mengelap seluruh bagian dalam rak jika sudah dibersihkan. Pastikan juga untuk mengecek apakah semua noda dan kotoran sudah hilang baik untuk bagian dalam kulkas atau rak yang dikeluarkan.

Bagian dalam kulkas tips membersihkan kulkas
Bagian dalam kulkas via istock/JackF

4. Jangan Lupakan Bagian Drainase

Saat membersihkan kulkas, banyak orang yang kerap melupakan bagian satu ini. Padahal, fungsi dari bagian tersebut terbilang penting dan jika dicek secara berkala, justru bakal menimbulkan kerusakan yang tak diinginkan.

Bagian tersebut adalah saluran kondensasi atau drainase. Oleh karena itu, tips membersihkan kulkas berikutnya adalah untuk tidak lupa dalam mengecek dan membersihkan bagian yang bisa ditemukan di belakang kulkas.

Jika kamu tak menemukannya di belakang kulkas, pabrikan kulkasmu mungkin menempatkannya di bawah dinding belakang. Kamu bisa mengecek di mana bagian drainase dari kulkas yang kamu miliki di rumah.

Bersihkan dengan menggunakan sedotan minuman atau cotton bud. Jika tak dibersihkan saluran ini justru bisa menyumbat air dan memungkinkan kelebihan air menempuk pada saluran pembuangan air kulkas.

Drainase kulkas tips membersihkan kulkas
Drainase kulkas via dp32.ru

Baca Juga: 10 Tips Bersepeda Jarak Jauh Bagi Seorang Pemula


5. Bagian Luar Wajib Dibersihkan

Bagian luar adalah bagian dari sebuah kulkas yang terakhir untuk dibersihkan. Walaupun bagian terakhir untuk diprioritaskan, bukan berarti bagian luar kulkas tidak penting seperti halnya bagian dalam sebuah kulkas.

Faktanya, kuman dapat berkumpul di bagian gagang kulkas ataupun bagian lainnya yang sering disentuh. Di samping itu, ada juga kotoran berupa debu dan remah yang kerap menempel di bagian segel pintu dari kulkas.

Untuk membersihkan keduanya, kamu bisa menggunakan alat penyedot debu jika perlu. Tips membersihkan kulkas ini bisa dilakukan juga dengan menyeka semua titik panas kotor dengan menggunakan kain yang dibasahi air.

Namun, ada hal penting yang perlu kamu perhatikan. Jangan terfokus membersihkan pintu saja. Penting untukmu dalam membersihkan bagian luar kulkas lainnya seperti sisi dan atas kulkas yang kerap berdebu.

Bagian luar kulkas tips membersihkan kulkas
Bagian luar kulkas via The Spruce / Ana Cadena

6. Bersihkan Isi Kulkas

Sebagian orang tak meletakkan langsung makanan dan minuman pada rak atau laci kulkas. Orang-orang tersebut menggunakan toples makanan untuk menjaga kebersihan dari makanan yang disimpan di kulkas.

Nah, toples makanan ini pun jangan sampai terlupakan saat membersihkan kulkas. Untuk itu, membersihkan toples makanan ini menjadi salah satu tips membersihkan kulkas yang wajib kamu lakukan.

Kamu bisa membersihkan toples makanan tersebut dengan lap basah. Namun, jika ingin bersih mengkilap, kamu bisa mencucinya dengan sabun cuci selayaknya kamu mencuci peralatan makan lainnya.

Bersihkan isi kulkas tips membersihkan kulkas
Bersihkan isi kulkas via hosstools.com

Baca Juga: 7 Tips Merawat Dan Menyimpan Carrier Agar Lebih Awet


7. Masukkan dan Atur Isi Kulkas

Tips membersihkan kulkas terakhir adalah memasukkan isi kulkas yang telah dikeluarkan sebelumnya. Sebelum memasukkan isi kulkas, pastikan bahwa rak dan laci dalam kulkas telah terpasang dengan sempurna.

Untuk memasukkan isi kulkas, kamu tak boleh sembarang. Ada trik khusus yang bisa kamu lakukan sebagai bagian dari tips membersihkan kulkas ini. Trik tersebut adalah menempatkan isi berdasarkan jenis-jenisnya.

Misalkan saja, kamu bisa menyimpan daging mentah di dalam freezer agar tetap beku. Untuk sayur dan buah, kamu bisa menempatkan pada laci paling bawah dan botol minuman kaleng pada rak tersendiri.

Sedangkan untuk telur, kamu bisa menyimpannya dalam wadah khusus agar selalu segar dan tahan lama. Terakhir, untuk makanan, kamu bisa menyimpannya dalam toples makanan agar menghindari kontaminasi bakteri.

Atur isi kulkas tips membersihkan kulkas
Atur isi kulkas via pexels.com/@polina-tankilevitch

Menginap dengan Nyaman dan Aman? Bobobox Ahlinya

Sulit mencari penginapan yang nyaman dan aman? Tidak perlu khawatir karena sekarang ada Bobobox yang bisa menjamin kedua hal tersebut selama kamu menginap di hotel kapsul ini.

Fasilitas super keren di Bobobox seperti QR Code, lampu LED, WiFi super cepat, hingga pod yang luas menjadi alasan mengapa kamu akan bisa menginap dengan nyaman dan aman.

Penasaran seperti apa? Unduh aplikasinya di sini untuk memesan pod serta informasi lebih lanjut.

You might also like