Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Banyak Noda di Kamar Mandi? Ini Dia 10 Tips Membersihkan Kamar Mandi Terbukti Ampuh

Lakukan dengan cermat, ya!

Bobobox.co.id — Kamar mandi merupakan salah satu ruangan yang rentan kotor. Oleh karenanya, kamu membutuhkan tips membersihkan kamar mandi yang terbukti ampuh agar kamar mandimu tetap bersih.

Dengan kamar mandi yang bersih, kenyamanan selama mandi sudah barang tentu didapat. Tak hanya itu, kamu pun tak perlu repot-repot mengeluarkan tenaga lebih jika rutin dalam membersihkan kamar mandinya.

Berikut ini merupakan 10 tips membersihkan kamar mandi dari Bob yang jitu dan terbukti ampuh. Bisa langsung kamu coba saat terlihat banyak noda di kamar mandimu!

Tips Membersihkan Kamar Mandi Terbukti Ampuh

1. Rutin Bersihkan Toilet

Tips membersihkan kamar mandi pertama adalah rutin dalam membersihkan toilet untuk menghindari kerak. Tips satu ini pun berlaku bagi kamu yang menggunakan kloset duduk ataupun jongkok di kamar mandi rumahmu.

Untuk kloset jongkok, kamu cukup menuangkan produk pembersih toilet pada pinggiran dan cekungan di dalamnya. Biarkan beberapa saat untuk kemudian kamu sikat sampai bersih dan terakhir, siram dengan air.

Cara tersebut bisa kamu aplikasikan pada kloset duduk. Namun, kamu perlu memerhatikan bagian luar kloset duduk. Kamu bisa menggunakan disinfektan dan spons untuk membersihkannya dan lap dengan kain.

Membersihkan toilet tips membersihkan kamar mandi
Membersihkan toilet via pexels.com/@karolina-grabowska

2. Selalu Bersihkan Sisa Sabun Menempel

Tips membersihkan kamar mandi kedua berkaitan dengan sisa sabun. Pasalnya, banyak orang yang kerap lupa untuk membersihkan sisa sabun hingga akhirnya lama tak dibersihkan dan malah menjadi kerak keras.

Untuk menghindari kesulitan dalam membersihkannya, ada baiknya kamu jadwalkan secara rutin bersih-bersih kamar mandi. Hal tersebut demi mencegah sesi membersihkan kamar mandi yang lebih melelahkan.

Biasanya, untuk sabun batang, sisa sabunnya bakal menempel pada tempat kamu meletakkan sabun tersebut. Sedangkan untuk sabun cair, kamu bisa mengecek secara berkala tutup botol untuk sisa sabunnya.

Membersihkan sisa sabun tips membersihkan kamar mandi
Membersihkan sisa sabun via The Spruce/Taylor Nebrija

3. Basmi Noda Karat pada Keran

Bagian lain yang harus kamu perhatikan saat membersihkan kamar mandi adalah bagian keran. Terkadang, kamu bisa menemukan noda karat pada area-area di sekitar keran yang ada di kamar mandimu.

Untuk membersihkannya, cara yang harus kamu lakukan terbilang mudah. Tips membersihkan kamar mandi ini bisa diakali dengan menggunakan cairan khusus pembersih karat yang mudah ditemukan di pasaran.

Di samping itu, kamu bisa memanfaatkan baking soda sebagai alternatif jika cairan tersebut tidak ada. Kamu cukup menggosok seluruh permukaan keran dengan sikat gigi bekas. Lalu lap sampai kering.

Basmi noda karat tips membersihkan kamar mandi
Basmi noda karat via pexels.com/@karolina-grabowska

Baca Juga: Coba 5 Tips Dekorasi Rumah Menjadi Mewah Berikut Ini Agar Rumah Kamu Seperti Penthouse!


4. Jangan Lewatkan Sisa Kotoran di Saluran Air

Saluran air adalah gerbang awal di mana air bekas mandi menuju tempat pembuangannya. Dengan pentingnya fungsi dari saluran air, ada baiknya jika mulai dari sekarang untuk melakukan pengecekan secara rutin.

Pasalnya, saluran air kerap tersumbat akibat sisa rambut rontok ataupun kotoran lainnya. Saat dibiarkan terlalu, kotoran tersebut justru menumpuk dan membuat air kamar mandi mudah mengambang karena saluran tersumbat.

Tips membersihkan kamar mandi ini pun untuk menghindari lantai lebih mudah kotor dan licin akibat sisa sabun menempel. Setelah membersihkan saluran air, jangan lupa cuci tangan agar kuman dan bakteri hilang.

Sisa kotoran di saluran air tips membersihkan kamar mandi
Sisa kotoran di saluran air via home.co.id

5. Rutin Bersihkan Cermin Kamar Mandi

Pembatas kaca dan cermin biasanya kerap terkena cipratan air. Tak hanya itu, keduanya pun kerap terkena embun dan uap air yang membuatnya lebih cepat berjamur serta sabun yang kerap tinggal noda membandel.

Nah, jika hal tersebut terjadi di kamar mandimu, tak perlu khawatir. Kamu bisa dengan mudah mengaplikasikan tips membersihkan kamar mandi ini. Tips tersebut adalah menggunakan lap ataupun handuk.

Pertama-tama, basahi lap atau handuk khusus bersih-bersih dengan campuran air dan cuka. Kemudian, usap permukaan cermin dan pembatas kaca hingga cukup berkilau. Terakhir, bilas dan keringkan dengan lap kering.

Membersihkan cermin kamar mandi tips membersihkan kamar mandi
Membersihkan cermin kamar mandi via pexels.com/@karolina-grabowska

6. Celah Lantai Kamar Mandi Perlu Diperhatikan

Dari sekian banyak bagian yang perlu dibersihkan, lantai kamar mandi adalah salah satu bagian tersulit. Tak heran jika banyak orang yang kerap merasa malas saat akan membersihkan bagian kamar mandi ini.

Bagian celah lantai ini berukuran sangat kecil namun rentan menjadi tempat kotoran bersarang. Jika dibiarkan terus menerus tanpa dibersihkan, bisa-bisa lumut atau jamur tumbuh di celah lantai kamar mandimu.

Tips membersihkan kamar ini bisa menggunakan sabun pembersih dan diamkan beberapa saat. Setelahnya, barulah sikat hingga bersih. Untuk area celah lantai, sikat gigi bekas bisa dimanfaatkan agar hasil lebih maksimal.

Celah lantai kamar mandi tips membersihkan kamar mandi
Celah lantai kamar mandi via wattanaphob/istockphoto

Baca Juga: Ini Dia Inspirasi Warna Cat Rumah Cerah Agar Suasana Rumah Lebih Hidup


7. Bersihkan Juga Dinding Kamar Mandi

Di samping lantai, dinding kamar mandi pun adalah bagian yang menguras tenaga saat akan dibersihkan. Timbulnya kerak di dinding kamar mandi biasanya diakibatkan oleh sabun yang menyiprat ke area tersebut.

Noda tersebut sebarnya bisa dihilangkan dengan cara mengguyurnya dengan air. Namun, tips membersihkan kamar mandi tersebut tak akan mempan jika sisa sabunnya sendiri sudah lama dan menjadi kerak.

Untuk membersihkannya, kamu cukup menggunakan sikat dan cairan khusus pembersih dinding. Setelah disemprotkan, barulah gunakan sikat untuk menggosok bagian membandel dan bilas dengan air baik jika sudah.

Membersihkan dinding kamar mandi tips membersihkan kamar mandi
Membersihkan dinding kamar mandi via mrright.in

8. Gunakan Filter Jika Air Wastafel Kotor

Tidak semua rumah memiliki kualitas air yang baik untuk kamar mandinya. Ada beberapa rumah yang air yang digunakan sendiri cukup kuning. Kondisi tersebut bisa membuat kamar mandi lebih cepat kotor.

Hal tersebut bisa terjadi karena air kuning atau keruh membuat toilet cepat berkerak. Saat kerak muncul, kamar mandimu pun akan terlihat kotor. Untuk mengatasinya, ada tips membersihkan kamar mandi yang perlu dicoba.

Tips tersebut adalah dengan menggunakan filter air. Filter air tersebut bisa digunakan pada setiap keran. Namun, agar lebih berhemat, memasang filter di mesin air menjadi pilihan yang lebih baik.

Filter untuk wastafel tips membersihkan kamar mandi
Filter untuk wastafel via pexels.com/@kaboompics

9. Perlengkapan Kamar Mandi Tak Boleh Terlewatkan

Tips membersihkan kamar mandi lainnya adalah memerhatikan juga perlengkapan kamar mandi. Tips satu ini pun disesuaikan dengan seberapa banyak perlengkapan yang ada di kamar mandimu.

Ada orang yang memilih desain minimalis sehingga tak terlalu banyak barang. Ada pula orang-orang yang menyimpan berbagai perlengkapan mandi seperti alat mandi, rak penyimpan, bahkan hingga vas tanaman.

Cara membersihkan perlengkapan ini sendiri terbilang mudah. Kamu cukup mengelapnya. Lalu, bisa dengan air dan keringkan dengan lap kering. Semakin sedikit barangnya, semakin cepat pula prosesnya.

Membersihkan perlengkapan kamar mandi tips membersihkan kamar mandi
Membersihkan perlengkapan kamar mandi via pexels.com/@karolina-grabowska

Baca Juga: Kamarmu Terasa Sempit? Ikuti 7 Tips Menata Kamar Sempit Agar Kamarmu Terasa Lebih Luas Ini!


10. Pastikan Sirkulasi Udara Terjaga

Tips membersihkan kamar mandi terakhir adalah memastikan sirkulasi udara di kamar mandi tetap terjaga. Pasalnya, tempat yang terlalu lembap justru menjadi tempat favorit bagi kuman dan jamur.

Sebenarnya, kamar mandi sendiri memang merupakan tempat yang cenderung lembap. Namun, sirkulasi udara di sebuah kamar mandi bakal kurang baik jika kelembapan ruangan tersebut semakin tinggi.

Untuk itu, pastikanlah udara keluar masuk kamar mandimu cukup mudah. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah membiarkan pintu kamar mandi terbuka lebar saat tidak ada yang menggunakannya.

Sirkulasi udara terjaga tips membersihkan kamar mandi
Sirkulasi udara terjaga via pexels.com/@max-artbovich

Tak Usah Ragu untuk Menginap di Bobobox

Saat menginap, kamar mandi adalah salah satu fasilitas yang bisa menjadi pertimbangan dalam memilih akomodasi. Jika kamu menginap di Bobobox, kamu tak perlu khawatir akan kebersihan kamar mandinya.

Pasalnya, setiap harinya, tiap pod dijaga soal kebersihannya setelah tamu sebelumnya check out. Dengan begitu, kamu tak perlu mengkhawatirkan soal kebersihan dari kamar mandi saat kamu akan gunakan.

Untuk informasi dan pemesanan, unduh aplikasi Bobobox di sini.

Toilet bobobox alun alun bandung

You might also like