Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Helmmu Bau Apek? Lakukan 5 Tips Membersihkan Helm Ini Agar Helm Kesayanganmu Tetap Bersih dan Wangi

Mudah diaplikasikan!

Bobobox.co.id — Helm merupakan barang esensial bagi para pengendara sepeda motor yang mesti dipakai setiap harinya agar tetap aman. Namun, sering digunakannya helm membuat aroma tak sedap timbul dari helm tersebut.

Hal tersebut terjadi karena keringat yang menyerap pada bagian dalam dan cara menyimpan helm yang salah. Untuk itu, kamu perlu membersihkan helm secara rutin agar helmmu tidak bau apek.

Nah, Bob sudah memiliki 5 tips membersihkan helm yang wajib kamu lakukan agar helm kesayanganmu tetap bersih dan wangi. Caranya sendiri mudah dan sangat applicable untuk dilakukan di rumah.

Pisahkan Bagian Dalam dan Luar Helm

Tips membersihkan helm pertama adalah memisahkan bagian dalam dan luar dalam. Pasalnya, helm sendiri tak bisa langsung asal kamu bersihkan saat kamu telah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan.

Kamu harus melepaskan bagian yang ada pada helmmu. Tak hanya itu, kamu pun wajib membersihkannya satu per satu. Oleh karenanya, kamu perlu ekstra sabar saat melakukan hal ini di rumahmu nantinya.

Pastikan bagian-bagian helm yang perlu dibersihkan sudah kamu lepas. Bagian-bagian helm yang wajib dilepas sendiri antara lain busa baik itu bagian atas dan pipi, rachet, visor, dan juga ventilasi.

tips membersihkan helm
Harsya Fikmazi via rockotomotif.com

Tips Membersihkan Helm Bagian Dalam

Nah, setelah melepaskan bagian dalam helm, ada baiknya untuk merendam busa-busa helm. Tips membersihkan helm ini bertujuan agar seluruh kotoran yang menempel pada busa pad helm bisa terangkat.

Cairan rendamannya sendiri berisikan campuran air dan sampo bayi. Nah, setelah direndam selama 20 hingga 30 menit, kamu bisa mengucek ataupun menyikat bagian busa tersebut dengan menggunakan sikat gigi.

Lakukanlah secara perlahan saat menyikat bagian busa ini agar tidak melar. Kemudian, bilas busa yang sudah disikat tersebut sebanyak dua sampai tiga kali hingga bekas samponya sudah tak terlihat lagi.

via carmudi.co.id

Tips Membersihkan Helm Bagian Luar

Tips membersihkan helm berikutnya adalah membersihkan bagian luar helm. Nah, bagian yang satu ini bisa kamu lakukan di sela-sela menunggu rendaman busa pad helm yang diperkirakan memakan waktu kurang lebih 30 menit.

Nah, bagian kaca depan bisa dibersihkan menggunakan air hangat. Gunakan lap yang halus untuk mengangkat kotoran dan minyak pada kaca. Hal ini demi menghindarkan risiko tergoresnya kaca helmmu.

Kamu bisa beralih ke bagian helm luar lainnya. Setelah beres, kamu bisa mengelapnya dengan lap mikrofiber. Jangan lupa untuk membersihkan komponen helm yang kecil dan menggunakan wax sebagai finishing.

via artikel.rumah123.com

Keringkan dengan Cara Tepat

Sekarang, membersihkan helm masuk ke proses pengeringan. Untuk mengeringkan bagian helm ini, ada baiknya jika kamu menggunakan kipas angin ataupun hair dryer dengan settingan panas yang paling rendah.

Pasalnya, mengeringkan helm dengan memanfaatkan sinar matahari justru dapat berpengaruh pada kualitas helm. Oleh karenanya, kipas angin atau hair dryer adalah komponen penting untuk proses ini.

via gzyingliang.com

Semprotkan Pewangi Sebelum Memasangkan Semua Bagian Helm

Tips membersihkan helm terakhir adalah menyemportkan pewangi helm. Semprotkan secara merata parfum helm tersebut pada helm yang sudah kering tersebut. Soal ini, alangkah baiknya jika kamu memiliki parfum khusus helm.

Jika sudah melakukannya secara merata, pasanglah kembali bagian dalam dan luar helmmu. Setelah itu, diamkan sejenak dan helmmu kini sudah bersih dan wangi untuk kamu gunakan.

Bangkit Jaya Putra/kumparan via kumparan.com

Itulah tips membersihkan helm agar helmmu tetap wangi dan tidak bau apek yang tak salah untuk kamu ketahui. Simak artikel menarik lainnya di blog Bobobox ya!

Butuh akomodasi murah namun ingin mendapatkan fasilitas yang wah? Menginap di Bobobox saja! Unduh aplikasi Bobobox di sini untuk informasi lebih lanjut.

You might also like