Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tidak Usah Tergesa-Gesa, Simak 7 Tips Membeli Smart TV Agar Tak Menyesal

Dapatkan smart TV sesuai kebutuhanmu

Bobobox.co.id — Membeli smart TV bisa dibilang gampang gampang susah. Pasalnya, banyak pilihan dengan spesifikasi yang berbeda tentu bakal memusingkanmu. Untuk itu, Bob hadir dengan tips membeli smart TV.

Tips yang akan Bob bagikan pun demi menghindarkanmu dalam memilih smart TV yang tak sesuai kebutuhan. Pasalnya, setiap orang memiliki kebutuhannya masing-masing dan bakal berbeda satu sama lainnya.

Nah, jika kamu sedang berencana membeli smart TV, simak tujuh tips membeli smart TV berikut ini. Dengan membaca tips ini, Bob harapkan kamu pun mendapatkan smart TV idaman yang sesuai dengan kebutuhan.

Berikut adalah Tips-Tips Membeli Smart TV

1. Pemilihan Merk Smart TV

Tips membeli Smart TV pertama adalah memilih merk tv yang kamu ingin beli. Setiap merk televisi menawarkan garansi, lokasi, dan kualitas layanan purna jual yang berbeda-beda dari satu merk ke merk tv lainnya.

Untuk garansi misalkan, kebanyakan brand menawarkan garansi tiga tahun. Namun, jika kamu teliti ada juga brand yang di mana hingga saat ini merupakan brand satu-satunya yang menawarkan garansi tv lima tahun penuh.

Layanan purna jual tak kalah pentingnya. Kemudahan dalam mengklaim garansi hingga melaporkan kerusakan dari tv yang kamu beli bakal menjadi nilai tambah untuk memilih brand yang menawarkan hal tersebut.

Pastikan juga kamu mengecek service center di kotamu sebagai tips membeli smart TV lainnya. Jangan sampai kamu sudah memiliki smart TV dari brand yang justru tidak memiliki service center di kota tempat tinggalmu.

Merk smart TV tips membeli smart TV
Merk smart TV via unsplash.com/@babak20

2. Cek Kembali Ukuran Layar dan Luas Ruangan

Tips membeli smart TV berikutnya adalah mengecek kembali ukuran layar tv idaman dan luas ruangan di mana tv diletakkan. Ukuran layar tv yang besar bisa saja tidak cocok untuk kamu jadikan sebagai tv utama.

Ada beberapa panduan yang bisa kamu coba aplikasikan. Jika jarak pandangnya kurang dari 150 cm, kamu bisa memilih smart TV 32 inci. Namun, jika berada di antara 150 hingga 180 cm, pilihlah tv berukuran 43 inci.

Jika ruangan di rumah cukup lega kurang lebih di dua meter, 46 atau 50 inci adalah ukuran ideal yang perlu dipertimbangkan. Nah, jika empat meter ke atas, kamu bisa beralih ke panel 55 atau 60 inci.

Setelah mengetahui tips membeli smart TV ini, mulai mengukur luas ruangan tempat televisinya akan disimpan. Pastikan, bahwa kamu membeli tv yang cocok agar kamu mendapatkan pengalaman menonton yang maksimal.

Ukuran layar dan luas ruangan tips membeli smart TV
Ukuran layar dan luas ruangan via unsplash.com/@moniz437

Baca Juga: 10 Rekomendasi Smart TV Terbaik 2021 Untuk Menemani Kamu Selama PPKM


3. Pertimbangkan Jenis Layar

Perkembangan teknologi tak hanya dirasakan dari smartphone yang kamu gunakan saat ini. Pesatnya teknologi berkembang pun berlaku juga pada layar televisi yang ada saat ini khususnya pada smart TV di pasaran.

Oleh karena itu, mempertimbangkan jenis layar tv adalah tips membeli smart TV lainnya. Saat ini, kamu bisa memilih smart TV yang ada di pasaran dalam tiga jenis layar utama yakni OLED, QLED, dan juga LED.

Jenis layar utama tersebut pun memainkan peran vital dalam menampilkan kualitas video yang menjanjikan. Oleh karenanya, kamu pun wajib mengetahui perbedaan ketiganya sebagai tips membeli smart TV lainnya.

Untuk penjelasan mudahnya, OLED dan QLED memiliki kualitas gambar yang lebih baik dibanding layar LED. Namun, tentu saja harga menjadikan tv dengan OLED dan QLED memiliki harga yang terbilang cukup mahal.

Jenis layar smart TV tips membeli smart TV
Jenis layar smart TV via theindianwire.com

4. Memilih Resolusi Layar yang Tepat

Tak hanya soal jenis layar, resolusi layar pun menjadi elemen penting lainnya yang wajib kamu pikirkan matang-matang. Pasalnya, tips membeli smart TV ini pun bakal memengaruhi pengalamanmu dalam menonton televisi.

Sejauh ini, ada dua resolusi yang bisa kamu pilih yakni Full HD dan juga 4K. Keduanya memiliki piksel yang berbeda cukup jauh di mana 1920 x 1080 piksel untuk Full HD dan 3840 x 2160 piksel untuk resolusi 4K.

Semakin besarnya inci dari smart TV yang dipilih, kerapatannya pun semakin berkurang. Hal ini pun layak untuk kamu pertimbangkan jika kamu memilih smart TV yang memiliki resolusi Full HD di atas 40 inci.

Di samping resolusi layar, memilih refresh rate pun jadi tips membeli smart TV yang wajib diaplikasikan. Saat ini, kebanyakan smart TV memiliki refresh rate di angka 60 Hz dan beberapa smart TV lainnya di angka 120 Hz.

Resolusi layar smart TV tips membeli smart TV
Resolusi layar smart TV via unsplash.com/@nicolasjleclercq

Baca Juga: 7 Kelebihan Tablet Yang Perlu Diketahui Dibandingkan Dengan Gadget Lain


5. Riset soal Fitur dan Konektivitas

Fitur sebuah smart TV layak untuk dipertimbangkan. Fitur ini sendiri pun bakal semakin memusingkanmu tatkala perbedaan harga yang sedikit bisa menjadikan fitur yang dibawa oleh televisinya berbeda sedikit saja.

Misalkan saja, ada smart TV yang menawarkan HDR10 yang mampu menyuguhkan sesuatu yang berbeda. Selain itu, Dolby Audio pun jadi fitur yang layak dipilih untuk dapatkan suara yang lebih menggelegar.

Di samping fitur, kamu pun wajib cermat dalam mengecek konektivitas smart tv idaman. Tips membeli smart TV ini pun agar kamu bisa mendapatkan kenikmatan dalam menonton yang disambungkan berbagai perangkat elektronik.

Beberapa konektivitas penting yang wajib ada dari sebuah smart tv adalah port USB, Bluetooth, dan juga HDMI. Biasanya, kamu bakal mendapatkan HDMI 2.1 dari smart TV yang memiliki resolusi layar 4K.

Fitur dan konektivitas smart TV tips membeli smart TV
Fitur dan konektivitas smart TV via unsplash.com/@dariox

6. Memilih Sistem Operasi yang Tepat

Tips membeli smart TV lainnya adalah cermat dalam memilih sistem operasi yang tepat. Sama seperti halnya sebuah smartphone, ada berbagai macam sistem operasi yang diadopsi oleh banyak smart TV.

Beberapa sistem operasi yang mudah dijumpai adalah Firefox, Tizen, hingga Android. Di antara ketiganya, kamu mungkin lebih familiar dengan Android karena sistem operasi tersebut banyak digunakan smartphone terkini.

Tak mengherankan jika kamu pun memilih Android TV sebagai pilihan tv yang ingin dibeli. Namun, bagi kamu yang senang dengan hal-hal baru, sistem operasi lainnya pun tak kalah menarik untuk kamu coba pilih.

Tips membeli smart TV ini pun bakal kembali ke masing-masing orang. Hal terpenting yang wajib diperhatikan adalah aplikasi yang dibutuhkan untuk menemani momen menonton film atau serial televisi favorit pun tak akan terganggu.

Sistem operasi smart TV tips membeli smart TV
Sistem operasi smart TV via unsplash.com/@jonasleupe

Baca Juga: Rekomendasi Laptop Murah Dengan Harga Terjangkau Yang Cocok Untuk Kerja Dan Gaming


7. Pertimbangkan Harga dan Bujet

Tips membeli smart TV terakhir adalah mengecek harga tv yang kamu incar. Tak hanya itu, kamu pun wajib mempertimbangkan harga yang dipatok dengan bujet yang sudah kamu persiapkan jauh-jauh hari.

Perbedaan harga dari satu tv ke tv lain yang tak terlampau jauh membuatmu wajib memilih tv yang pas. Hilangkan faktor-faktor tak penting yang memungkinkanmu melakukan kesalahan dalam memilih tv yang diincar.

Tak usah tergiur dengan televisi keluaran terbaru. Tak semua televisi keluaran baru menawarkan fitur yang berbeda jauh dengan keluaran sebelumnya. Bahkan, ada beberapa yang hanya menawarkan minor upgrade.

Tips membeli smart TV lainnya adalah untuk jangan terburu-buru. Kamu bisa memanfaatkan momen diskon seperti tanggal cantik di beberapa e-commerce serta akhir tahun untuk dapatkan harga yang affordable.

Beli saat diskon tips membeli smart TV
Beli saat diskon via unsplash.com/@purzlbaum

Dapatkan Sensasi Menginap Menyenangkan di Bobobox

Butuh hiburan untuk menghilangkan stresmu setelah bekerja? Kamu bisa langsung datang ke Bobobox. Hotel kapsul yang Bob rekomendasikan ini ditunjang fasilitas yang bakal menghilangkan rasa penat pada pikiranmu.

Informasi lebih lanjut soal pemesanan bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox dengan mengklik link ini.

You might also like