Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tips Memasak Agar Tidak Jenuh Saat WFH

Apa saja sih yang bisa dilakukan agar kegiatan masakmu tidak terasa jenuh saat WFH? Yuk, intip tips-tipsnya!

Sudah beberapa bulan ini seluruh dunia dengan sekuat tenaga bersama-sama menghadapi wabah Covid-19. Cukup banyak dampak yang harus dihadapi, salah satunya yaitu banyaknya perusahaan yang mewajibkan karyawannya untuk bekerja dari rumah atau biasa disebut WFH (Work From Home).

 

tips memasak saat WFH

(Photo by: pexels.com)

Tidak sedikit yang merasa sangat bosan, bahkan sampai stress karena harus “terjebak” di rumah. Ini dilakukan demi melindungi diri dan orang-orang tersayang agar terhidar dari paparan virus Corona.

Bahkan, banyak pula yang kebingungan harus memasak apa lagi hari ini karena menu atau bahan makanan yang tersedia di rumah terasa membosankan dan itu-itu lagi.

Tidak usah panik dan bingung untuk menghadapi situasi seperti ini, karena Bob sudah merangkum beberapa tips agar kamu tidak jenuh memasak selama WFH. Check these out!

tips memasak saat WFH

(Photo by: pexels.com)

Mencoba Menu Baru

Jika kamu sudah bosan karena menu makanan di rumahmu selama WFH hanya itu-itu saja, ini berarti saatnya kamu untuk mencoba menu-menu baru. Kamu bisa mencari inspirasi menu yang variatif dengan browsing di internet, ataupun mencontek dari buku-buku resep yang ada di rumahmu.

Kalau kamu biasa mengolah satu bahan menjadi menu yang itu-itu saja, kamu juga sebaiknya mencari inspirasi lain untuk mengolah bahan tersebut menjadi menu yang lebih menarik untuk menemani kegiatan WFH-mu.

Misalnya, jika sayur-sayuran di rumahmu biasanya hanya diolah menjadi tumis sayuran, ada baiknya jika kamu mencoba untuk mengolahnya menjadi masakan yang belum pernah kamu masak sebelumnya. Kamu bisa mengolah sayuranmu menjadi salad, burger nasi isi sayuran, atau bisa juga dikreasikan dengan pasta kesukaanmu.

Improve Skill Memasakmu

Jika mungkin sebelumnya kemampuan memasakmu hanya sebatas menggoreng telur, membuat mie rebus, atau hanya memasak masakan yang sangat sederhana, berarti ini saatnya kamu meningkatkan kemampuan masakmu selama masa WFH ini.

Tentu saja ini bisa menjadi kegiatan yang sangat berguna untuk mengisi waktu WFH-mu. Dengan mengasah kemampuan memasak, tentu frekuensi “makan di luar”mu akan berkurang.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa membuat sendiri makanan favoritmu yang biasa kamu beli dari restoran-restoran. Ini bisa membantu mengobati rasa rindumu terhadap makanan favoritmu yang sempat tidak bisa kamu beli selama WFH karena terhalang oleh protokol kesehatan dari pemerintah yang mengharuskan sebagian restoran untuk tutup sementara.

tips memasak saat WFH

(Photo by: pexels.com)

Tambahkan Menu Masakan Sehat

Bagi kamu yang sebelumnya sibuk kerja di kantor dan tidak punya waktu untuk memasak, makanan instant dan kurang sehat memang menjadi solusi. Selain prosesnya yang praktis dan tidak memakan waktu lama, cita rasa dari makanan instant pun cenderung enak karena kaya akan bahan penyedap buatan.

Jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama, tentu saja tidak akan baik untuk kesehatanmu. Maka, ada baiknya jika kamu mulai meng-explore makanan-makanan sehat apa saja yang bisa kamu buat sendiri di rumah selama masa WFH ini.

Selain menjaga kesehatan dan mengisi waktumu agar tidak jenuh saat WFH, keuntungan meng-explore dan memasak sendiri menu-menu makanan sehat adalah kamu jadi bisa lebih menghemat pengeluaranmu. Sebab, restoran yang menyajikan makanan sehat biasanya masih jarang dan harganya pun cenderung mahal.

tips memasak saat WFH

(Photo by: pexels.com)

Hias Piring dan Makanan

Jika selama ini kamu hanya menaruh asal-asalan saja setiap makanan yang kamu masak ke dalam piringmu, maka sekarang saatnya kamu mengubah kebiasaan tersebut menjadi kegiatan yang lebih seru. Cobalah untuk menyusun dan menghias makananmu agar terlihat lebih menarik.

Menurut penelitian, makanan yang tersusun dengan baik dapat menggugah rasa lapar, lho. Tak hanya itu, jika tampilan makananmu menarik, maka kamu bisa dengan bangga untuk memamerkannya di akun media sosialmu. Tentu saja, unggahanmu pasti akan menjadi inspirasi bagi teman-temanmu yang juga sedang menjalani kegiatan WFH.

Belanja Online

Bahan-bahan yang ada di dalam lemari esmu itu-itu saja? Pantas saja jika kamu cepat merasa bosan untuk memasak selama WFH ini. Agar kamu tidak cepat merasa bosan, ada baiknya jika kamu berbelanja beragam bahan-bahan masakan yang belum pernah kamu masak sebelumnya.

Namun, perlu diperhatikan juga olehmu bahwa selama masa pandemi Covid-19 ini kita tetap harus menaati imbauan pemerintah untuk tetap menjaga jarak aman demi membantu memutus rantai penyebaran virus Corona. Maka dari itu, belanja online merupakan solusi untukmu.

Di masa pandemi ini, telah banyak supermarket yang melayani pembelanjaan online dengan berbagai kemudahannya. Tentu ini sangat membantumu untuk berbelanja kebutuhan dapur selama masa-masa WFH.

Cara ini akan membuatmu lebih nyaman dalam berbelanja, karena kamu tidak perlu pergi ke pasar yang kemungkinan akan ramai pengunjung sehingga dapat meningkatkan risiko terpapar virus Corona. Kamu tinggal duduk-duduk di rumah dan memilih bahan masakan apa saja yang ingin kamu beli dari layar ponselmu.

Bahkan, beberapa supermarket biasanya memberi promo gratis ongkos kirim untuk kamu yang bertempat tinggal tidak jauh dari supermarket tersebut. Sangat menguntungkan, bukan?

tips memasak saat WFH

(Photo by: pexels.com)

Masak Bersama Orang Tersayang

Jika selama ini hanya kamu sendiri saja yang memasak di rumah, maka ada baiknya jika kamu mengajak orang tersayangmu untuk memasak bersama di rumah. Ini bisa menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengusir rasa jenuh saat memasak selama WFH.

Kegiatan memasakmu selama WFH pasti akan lebih seru karena ada orang tersayang yang menemani dan membantumu. Ini juga bisa membantu mempererat hubungan dan ikatan emosional kamu dan orang tersayangmu, lho.

Buat Jurnal Resep Masakan

Untuk menghindari pengulangan masakan yang itu-itu saja selama WFH, kamu tentu dapat mengatasi hal ini dengan cara membuat jurnal yang berisikan resep-resep untuk beberapa hari ke depan. Sebaiknya, siapkan jadwal atau daftar masakan tersebut untuk minimal seminggu atau dua minggu ke depan.

Jika sudah selesai dengan jurnal untuk minggu ini, kamu bisa mulai mencari inspirasi menu lainnya untuk dimasak di minggu berikutnya. Hal ini bisa mempermudah kamu untuk berkreasi dan merencanakan variasi menu makanan apa saja yang akan dibuat selanjutnya, sehingga rasa jenuh di saat WFH ini bisa segera dihindari.

tips memasak saat WFH

(Photo by: pexels.com)

Bobobox, pilihan tepat saat WFH!

Beberapa bulan WFH, lama-lama pasti kamu jenuh juga. Butuh suasana baru yang bisa bikin kegiatan WFH kamu jadi makin seru dan nggak monoton?

Ini saatnya kamu pesan kamar di Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa membuat kamu jadi lebih semangat untuk menjalani WFH, dan pastinya akan memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel.

Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama staycation di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Untuk memesan kamar, kamu nggak usah khawatir bakal ribet, tinggal download aja aplikasinya. QR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Ngga akan nyesel deh WFH di Bobobox!

You might also like