Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Tips Melawan Rasa Malas Ampuh untuk Dapatkan Diri Lebih Produktif

Semoga bermanfaat, ya!

Bobobox.co.id — Merasa malas tentu pernah dialami oleh semua orang. Hal tersebut tentu manusiawi. Namun, saat terlalu sering muncul hingga mengganggu aktivitasmu, kamu wajib tahu tips melawan rasa malas.

Pasalnya, saat terlalu sering muncul, kemungkinan besar banyak hal yang terpengaruh oleh rasa malas tersebut. Stres tingkat tinggi bisa dirasa karena kamu harus bekerja ekstra keras dengan deadline yang mepet.

Untuk menghindarkanmu dari kondisi tersebut, Bob akan membagikan tujuh tips melawan rasa malas ampuh. Guna dapatkan diri lebih produktif!

Inilah Tips Melawan Rasa Malas versi Bob

1. Istirahat yang Cukup

Tips melawan rasa malas pertama adalah dapatkan istirahat cukup. Terlalu sering begadang membuat kualitas istirahat yang kamu butuhkan pun berkurang. Alih-alih semangat, kamu bangun dalam kondisi tak terlalu prima.

Alhasil, kamu pun merasa lebih dan kesulitan dalam berkonsentrasi. Tak mengherankan jika kamu merasa malas yang sulit untuk dilawan khususnya saat kamu tidak mengoptimalkan durasi tidur ideal yang wajib dijaga.

Untuk itu, istirahat yang cukup adalah tips melawan rasa malas yang terbukti ampuh. Durasi tidur pada malam hari cukup bervariasi. Namun, tujuh hingga sembilan jam adalah durasi yang sangat direkomendasikan.

Dengan mendapatkan kualitas tidur mumpuni, kamu pun bisa bangun dengan tubuh yang jauh lebih segar. Selain bakal lebih bersemangat dalam menjalani hari, kamu pun bisa lebih mudah dalam fokus pada pekerjaan.

Istirahat yang cukup tips melawan rasa malas
Istirahat yang cukup via unsplash.com/@tsujigimi

2. Lakukan Meditasi

Meditasi merupakan salah satu cara yang dikenal untuk urusan menghilangkan stres dan memberikan ketenangan yang dibutuhkan untuk memulai hari. Di samping itu, ada manfaat lain yang berkaitan dengan rasa malas.

Manfaat tersebut adalah mampu menjaga fokusmu sepanjang hari. Oleh karena itu, Bob sarankan untuk melakukan meditasi sebagai salah satu tips melawan rasa malas yang mungkin sedang kamu rasakan saat ini.

Di samping mudah, waktu yang diperlukan pun tak terlalu banyak, kok. Kamu cukup melakuka tips melawan rasa malas ini secara singkat namun rutin misalkan setelah bangun pagi atau saat istirahat pada jam kerja.

Dengan melakukan meditasi, fokus atau konsentrasi akan terjaga lebih lama yang baik dalam menghindarkanmu dari rasa malas. Selain itu, daya ingat pun meningkat sehingga dapat mengingat detil pekerjaan dengan baik.

Lakukan meditasi tips melawan rasa malas
Lakukan meditasi via pexels.com/@olly

Baca Juga: Tak Disangka-Sangka! Inilah 7 Olahraga Bikin Panjang Umur Yang Wajib Kamu Lakukan


3. Nikmati Alam

Saat pandemi seperti ini, rasa malas kerap dirasakan hampir sepanjang hari. Pasalnya, pemandangan setiap hari yang monoton membuatmu merasa bosan hingga akhirnya senang untuk bermalas-malasan saja.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, ada baiknya jika kamu keluar rumah sejenak. Nikmatilah pemandangan alam yang hijau dan asri sebagai tips melawan rasa malas yang bakal membuatmu jauh lebih produktif nantinya.

Kegiatan menikmati pemandangan alam tersebut terbukti mampu membuat pikiran jernih. Hal tersebut bisa terjadi karena otak terstimulus dengan keindahan alam seperti tanaman, pepohonan, bunga, dan banyak lainnya.

Walaupun begitu, kamu tak perlu repot-repot untuk mengunjungi tempat wisata alam yang jauh dari rumah. Jika tak sempat, menikmati momen merawat tanaman hias yang ada di rumah pun bisa jadi alternatif terbaik.

Nikmati alam tips melawan rasa malas
Nikmati alam via unsplash.com/@elleirva

4. Susun Prioritas dan Waktu

Rasa malas kerap muncul saat banyak pekerjaan yang justru harus dikerjakan. Nah, guna menghilangkan keenggananmu dalam mengerjakan pekerjaan-pekerjaan tersebut, ada baiknya mulai susun prioritas dan waktu.

Tips melawan rasa malas tersebut bisa dengan mudah kamu aplikasikan. Buku bekas yang masih tersisa beberapa halaman bisa menjadi tempat di mana kamu menuliskan prioritas dan membagi waktu dengan mendetil.

Membuat to do list dipercaya sangat efektif sebagai tips melawan rasa malas. Pasalnya, lewat to do list tersebut, kamu memiliki target yang harus dikerjakan sehingga kamu akan memiliki motivitasi lebih dalam mencapainya.

Jika kamu sudah mulai bisa dalam melawan rasa malas tersebut, ada baiknya untuk terus melakukan tips ini. Dengan begitu, kegiatan harian yang akan dilakukan lebih mudah diperkirakan dan dijalankan.

Susun prioritas dan waktu tips melawan rasa malas
Susun prioritas dan waktu via pexels.com/@breakingpic

Baca Juga: Agar Tubuh Semakin Sehat, Yuk Lakukan 10 Ritual Pagi Sehat Dari Bob Ini!


5. Kerjakan yang Mudah Terlebih Dahulu

Selain membuat to do list, mengerjakan yang mudah terlebih dahulu adalah tips melawan rasa malas lainnya. Di samping terlalu banyak pekerjaan, pekerjaan yang dirasa sulit kerap membuatmu untuk menunda pekerjaan.

Guna menghilangkan kemalasanmu tersebut, satu cara yang mungkin bisa kamu lakukan. Tips melawan rasa malas tersebut adalah mulailah untuk mengerjakan dari hal terkecil atau paling mudah terlebih dahulu.

Melakukan hal terkecil atau paling mudah dulu terbukti mampu membuat mood untuk mengerjakan sesuatu naik. Sedikit demi sedikit, rasa malas pun bakal hilang dan kamu pun bisa fokus dalam mengerjakan sesuatu.

Tak lupa juga untuk terus mengontrol mood bekerjamu seperti ini. Dengan konsistensi yang mumpuni, kamu pun akan mendapati dirimu termotivasi lebih lagi dan mampu menyelesaikan to do list yang harus diselesaikan.

Kerjakan yang mudah tips melawan rasa malas
Kerjakan yang mudah via pexels.com/@lilartsy

6. Cari Suasana Baru

Tips melawan rasa malas lainnya adalah mencari suasana baru. Pandemi seperti ini membuat banyak orang yang harus bekerja atau kuliah di rumah. Saat inilah, pemandangan saat mengerjakan sesuatu terasa monoton.

Pemandangan yang itu-itu saja mungkin bisa membuat rasa malas justru muncul. Alhasil, kamu pun kerap menunda-nunda pekerjaan walaupun pekerjaan yang harus diselesaikan terbilang mudah dan cepat selesai.

Untuk itu, ada baiknya mulai cek ruang kerja publik yang bisa kamu singgahi. Pada tips melawan rasa malas ini, kamu bisa mengunjungi perpustakaan, kedai kopi, ataupun co-working space dekat dengan rumahmu.

Namun, sebelum berangkat, jangan lupa untuk menggunakan masker dan menjaga protokol kesehatan selama di lokasi baru. Selain itu, pilih juga tempat untuk bekerja yang menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Cari suasana baru tips melawan rasa malas
Cari suasana baru via unsplash.com/@daanelise

Baca Juga: Ikuti Tips Work Life Balance Berikut Ini Agar Hidupmu Lebih Seimbang!


7. Beri Penghargaan Atas Capaian Diri

Tips melawan rasa malas terakhir dari Bob adalah memberi penghargaan atas capaian diri. Cobalah memotivasi diri dengan memberikan suatu penghargaan guna melawan rasa malas yang mungkin muncul dari awal.

Untuk rewardnya sendiri, kamu tak perlu penghargaan yang mahal-mahal. Reward yang diberikan pada dirimu bisa terkait hal-hal yang terbilang simpel seperti menonton film atau serial televisi favorit setelah beres bekerja.

Lewat menetapkan penghargaan yang akan dicapai, kamu secara tidak langsung memotivasi diri untuk fokus bekerja. Pasalnya, kamu akan fokus dalam bekerja karena ada reward yang menanti saat menyelesaikan pekerjaan.

Tips melawan rasa malas tersebut pun bisa dilakukan dengan cara menentukan tujuan. Tak hanya itu, tetapkan juga penghargaan yang sesuai dengan seberapa berat pekerjaan yang berhasil kamu selesaikan.

Penghargaan atas pencapaian diri tips melawan rasa malas
Penghargaan atas pencapaian diri via pexels.com/@freestocks

Yuk, Coba Workcation From Bobobox!

Bosan dengan situasi itu-itu saja selama WFH? Bagaimana kalau kamu coba untuk WFB alias Work From Bobobox. Di samping suasana baru, kamu bisa mendapatkan koneksi internet super cepat.

Koneksi internet super cepat ini tentu bakal semakin memperlancar online meeting bersama atasan dan rekan kerja. Dengan begitu, kerjaanmu dijamin tak bakal terganggu untuk urusan internet.

Tertarik mencoba? Unduh aplikasi Bobobox di sini untuk memesan dan merasakan langsung pengalaman bekerja yang menyenangkan!

You might also like