Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Mulai Pola Makan Sehat dengan Tips Makan Sehat untuk Jantung Ini!

Bobobox.co.id — Jantung adalah salah satu organ vital yang wajib kamu jaga kesehatannya. Sebelum terlembat, mulailah pola makan sehat dengan melakukan tips makan sehat untuk jantung.

Tips makan sehat tersebut wajib kamu lakukan mulai dari sekarang. Pasalnya, banyak orang yang kerap tak menyandari kebiasaan yang mereka lakukan justru meningkatkan risiko berbagai penyakit khususnya pada jantung.

Nah, untuk membantu mencegahnya, langsung saja simak ulasan lengkap Bob mengenai tips makan sehat untuk jantung berikut ini.

Daftar Tips Makan Sehat Untuk Jantung

1. Sehat Tanpa Membatasi

Tips makan sehat untuk jantung pertama adalah menerapkan pola makan sehat. Walaupun begitu, bukan berarti makanan yang kamu konsumsi pada pola makan ini haruslah kamu batasi.

Pola makan yang baik untuk kesehatan organ penting tubuh ini tak hanya berfokus pada satu atau beberapa makanan saja. Pola makan sehat ini justru berkaitan dalam cara penerapannya dalam jangka panjang.

Konsistensi adalah hal terpenting dalam tips makan sehat untuk jantung ini. Pola makan yang sehat dapat menurunkan berbagai faktor risiko seperti tekanan darah tinggi dan kolestrol tinggi.

Untuk mendapatkan hasil optimal, pola makan sehat saja tak cukup. Kamu pun wajib menggabungkannya dengan olahraga teratur guna menjaga pembuluh darah agar tetap lentur dan tubuh fit.

tips makan sehat untuk jantung dengan tanpa membatasi
Makanan sehat via pexels.com/@iamtrangdoan

2. Batasi Gula Tambahan

Gula adalah bahan pemanis yang mungkin setiap hari kamu konsumsi dalam jumlah tertentu. Biasanya, kamu menambahkan gula untuk mempermanis rasa dari makanan atau minuman.

Nah, rasa kamu pun mengetahui bahwa asupan gula sehari-hari tak boleh terlalu banyak. Pasalnya, terlalu banyak konsumsi gula justru akan meningkatkan risiko untuk berbagai penyakit jantung.

Alhasil, tips makan sehat untuk jantung lainnya adalah membatasi asupan gula. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah mulai mengurangi meminum minuman soda yang tinggi akan gula.

Di samping mengurangi gula tambahan, ada baiknya jika kamu pun meningkatkan asupan makanan yang baik untuk jantung. Beberapa makanan tersebut adalah buah, sayuran, dan ikan.

tips makan sehat untuk jantung batasi gula tambahan
Gula via pexels.com/@suzyhazelwood

Baca Juga: Hati-Hati Dengan Hati! Kenali Tips Jaga Kesehatan Hati Wajib Dilakukan Dari Sekarang!


3. Ganti Daging Merah dengan Kacang-Kacangan

Daging merah adalah salah satu jenis daging yang memiliki warna kemerahan akibat pigmen yang dimiliki oleh hewan tersebut. Jenis daging merah kamu dapatkan pada daging sapi, kambing, dan kerbau.

Pada tips makan sehat untuk jantung ini, ada baiknya mulai mengurangi konsumsi daging merah. Tak hanya berkurang, ada baiknya jika kamu mengganti daging merah dengan kacang-kacangan.

Kacang-kacangan dan juga polong-polongan adalah protein nabati tanpa lemak dan rendah lemak jenuh. Memakan kacang secara teratur dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung.

Tak hanya itu, kacang-kacangan pun kaya serat dan air yang membuat kamu cepat kenyang. Kaya antioksidan pada kacang dapat mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas.

tips makan sehat untuk jantung mengganti dengan kacang
Kacang-kacangan via pexels.com/@martabranco

4. Hindari Biji Olahan

Dalam kesehariannya, kamu mungkin tak menyadari bahwa kamu mengonsumsi biji olahan atau refined grain. Biasanya, makanan dengan biji olahan antara lain roti tawar, sereal, dan biskuit.

Mengonsumsi biji olahan tersebut memiliki beberapa kekurangan. Mulai dari menjadi penyebab kenaikan gula darah dengan cepat hingga tidak efektif dalam menjaga berat badan agar tetap ideal.

Untuk itu, menghindari biji olahan adalah tips makan sehat untuk jantung lainnya. Tak hanya menghindari, sebaiknya ganti juga mengonsumsi biji olahan dengan biji-bijian utuh atau whole grain.

Mengonsumsi whole grain justru dapat meningkatkan koletrol baik dalam tubuh. Alhasil, mengonsumsi makanan seperti roti gandum utuh dan beras merah menurunkan risiko penyakit jantung.

tips makan sehat untuk jantung hindari biji olahan
Roti gandum via pexels.com/@hermaion

Baca Juga: Agar Tubuh Semakin Sehat, Yuk Lakukan 10 Ritual Pagi Sehat Dari Bob Ini!


5. Perhatikan Soal Asupan Lemak

Mungkin kamu berasumsi bahwa menjaga kesehatan jantung adalah benar-benar tidak mengonsumsi lemak sama sekali. Padahal, lemak adalah makronutrien penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Alih-alih mengurangi asupan lemak, memerhatikan soal pola konsumsi adalah tips makan sehat untuk jantung yang mesti kamu lakukan. Kurangilah konsumsi lemak jenuh dan perbanyak konsumsi lemak baik.

Terlalu banyak mengonsumsi lemak trans dan lemak jenuh justru meningkatkan produksi kolestrol. Risikonya adalah lemaknya akan mengendap di dalam darah dan menyebabkan penyumbatan.

Seperti yang Bob singgung sebelumnya, perbanyaklah konsumsi lemak sehat. Lemak sehat tersebut bisa kamu dapat dari berbagai makanan laut dan makanan tinggi omega 3 seperti salmon, udang, dan lainnya.

tips makan sehat untuk jantung konsumsi ikan salmon
Salmon via unsplash.com/@carolineattwood

6. Makan Lebih Banyak Serat

Untuk menunjang hidup sehatmu, rekomendasi mengonsumsi banyak serat kerap kamu dengar. Rekomendasi tersebut berlaku juga sebagai tips makan sehat untuk jantung lainnya yang akan Bob bahas.

Serat sendiri adalah sejenis karbohidrat dalam makanan nabati yang tidak dapat dicerna atau diserap oleh tubuh. Biasanya, kamu dapat menemukannya terkandung dalam buah, sayur, dan kacang.

Manfaat serat bagi kesehatan tak perlu terbantahkan lagi. Misalkan saja, serat dapat mengurangi kolestrol sehingga membuat arteri lebih bersih. Nah, manfaat serat tak berhenti sampai di situ saja.

Serat pun dapat membantu tubuh dalam mengatur gula darah sehingga mampu mencegah diabetes. Tak hanya itu, serat mampu membantu dalam mengurangi peradangan termasuk pada sistem kardiovaskular.

Buah pisang via pexels.com/@jsalamanca

Baca Juga: Tidak Sesulit Itu, Ini Dia 7 Cara Awal Memulai Pola Hidup Sehat!


7. Tips Makan Sehat untuk Jantung Lainnya

Tips makan sehat untuk jantung terakhir ini akan mencakup banyak hal. Perbanyaklah untuk konsumsi sayuran hijau. Sayuran hijau terkenal dalam melindungi arteri dan berkontribusi pada kesehatan jantung.

Tak hanya itu, ada baiknya untuk mengurangi konsumsi alkohol jika memungkinkan. Jika belum pernah, sebaiknya tak usah iseng untuk mencoba minuman yang tak baik untuk jantung ini.

Kamu pun wajib mulai membatasi asupan garam pada masakan yang kamu santap. Pasalnya, garam menjadi faktor terbesar pemicu lonjakan tekanan darah yang bisa memicu serangan jantung.

Terakhir, hindarilah mengonsumsi gorengan mulai dari sekarang. Gorengan tersebut justru dapat meningkatkan berbagai risiko seperti diabetes tipe 2, obesitas, dan tekanan darah tinggi.

Bayam
Bayam via pexels.com/@jhowell

***

Itulah tadi bahaya makan makanan pedas secara berlebihan.

Semoga artikel di atas bermanfaat, ya!

Jangan lupa untuk mengecek juga artikel-artikel menarik lainnya dari Bob yang bisa kamu baca di sini.

Menginap dengan Nyaman di Bobobox

Kenyamanan adalah faktor penting dalam memilih sebuah penginapan. Pasalnya, kenyamanan bakal memengaruhi kualitas tidur dalam mengisi kembali energi yang habis setelah bekerja seharian.

Dari sekian banyak penginapan, Bobobox adalah penginapan yang mampu memberi kenyamanan yang kamu butuhkan. Fasilitas mumpuni yang ada bakal menjamin kualitas tidur mumpuni yang bakal kamu dapatkan.

Jadi, tunggu apalagi? Unduh aplikasi Bobobox di sini dan pesan podnya sekarang juga.

You might also like