Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tips Lengkap Membuat Paspor Anti Ribet dan Pasti Cepet

Bantuan paling tepat untuk kamu yang mau bikin paspor.

Paspor adalah salah satu syarat utama yang harus kamu penuhi untuk kamu bisa bepergian ke luar negeri. Tanpa memiliki ini maka sudah barang tentu kamu tidak bisa bepergian ke luar negeri karena tidak akan mendapatkan izin. Mengapa buku ini penting? Paspor merupakan identitas yang diterima secara internasional sebagai pengganti Kartu Tanda Penduduk atau KTP.

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya saat pembuatan paspor dapat dilakukan dengan mengantre secara manual di gedung imigrasi, saat ini pendaftaran antrean dilakukan secara online. Hal ini tentu memudahkan kamu karena kamu tidak lagi perlu untuk datang pagi-pagi buta untuk berebut antrean. Gak tau harus mulai dari mana saat kamu ingin membuat paspor? Pada kesempatan kali ini Bob akan jelaskan tips lengkap, anti ribet dan pastinya cepet.

Apa Saja Dokumen Persyaratan yang Harus Dipersiapkan untuk Membuat Paspor Baru?

data perpanjang paspor

Terdapat sejumlah dokumen-dokumen persyaratan yang kamu harus persiapkan dan wajib kamu bawa ke kantor imigrasi saat mendaftar antrean paspor online. Sebelum mendaftar antrean online, kamu perlu mengetahui dulu dokumen-dokumen persyaratan yang dibutuhkan dan wajib kamu sertakan photo copy dan berkas aslinya ke kantor imigrasi. Berikut ini adalah rincian dokumen yang perlu kamu siapkan:

  1. e-KTP asli beserta fotokopinya.
  2. Kartu Keluarga asli beserta fotokopinya.
  3. Akta kelahiran, ijazah SD/SMP/SMA, surat/buku nikah, atau surat baptis asli beserta fotokopinya. Kamu cukup memilih salah satu diantara tiga dokumen tersebut. Pada umumnya masyarakat menggunakan dokumen berupa akta kelahiran. Namun jika akta kelahiran kamu contohnya berada di kampung halaman sedangkan kamu sedang berada di kota lain, kamu bisa manfaatkan buku nikah atau surat baptis sebagai pengganti akta kelahiran. Pastikan dokumen-dokumen tersebut mencantumkan nama lengkap kamu, tempat dan tanggal lahir, dan nama orangtua kandung.
  4. Siapkan materai 6000.

Bagi kamu yang berencana akan membuat paspor untuk anak maka pastikan untuk menyertakan paspor asli kamu disertai dengan surat/buku nikah. Perlu ditekankan di sini bahwa kamu wajib menggunakan KTP elektronik asli. Jika KTP kamu belum selesai di buat oleh pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau Disdukcapil kamu bisa meminta surat keterangan atau surat rekomendasi dari Disdukcapil dan membawanya saat kamu pergi ke kantor imigrasi.

Cara Daftar Antrean Online Lewat Aplikasi

Smartphone
Photo by Jamie Street on Unsplash
  1. Kamu bisa unduh aplikasi bernama Antrian Paspor di Google Play Store maupun App Store. Aplikasi ini dikembangkan langsung oleh Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi Keimigrasian Indonesia.
  2. Buka aplikasi Antrian Paspor lalu daftarkan diri kamu sesuai dengan formulir yang tersedia dalam aplikasi. Masukan data berupa username, password yang kamu buat saat pembuatan akun di aplikasi, nama, NIK, nomor handphone, email, dan alamat lengkap kamu.
  3. Pendaftaran akun kamu selanjutnya akan diverifikasi melalui email setelah kamu selesai mengisi formulir dengan lengkap.
  4. Setelah pendaftaran akun kamu diverifikasi maka kamu bisa langsung akses akun kamu di aplikasi dengan menggunakan email dan password yang sudah kamu buat.
  5. Setelah berhasil masuk ke dalam aplikasi menggunakan akun kamu pilihlah wilayah kantor imigrasi yang paling dekat dengan tempat tinggal kamu saat ini.
  6. Selanjutnya, isi data permohonan antrean paspor, mulai dari tanggal, jam, hingga jumlah pemohon yang sesuai dengan yang kamu inginkan untuk pembuatan paspor,.
  7. Setiap kantor imigrasi memiliki kuota harian yang berbeda untuk pengajuan anrean online. Oleh karena itu pastikan pengajuan antrean kamu sudah disetujui dan masuk ke dalam kuota harian sesuai tanggal yang dipilih.
  8. Apabila permohonan antrean kamu sudah disetujui, kamu bisa datang langsung ke kantor imigrasi yang sudah dipilih sesuai tanggal dan jam yang kamu ajukan di aplikasi.
  9. Kamu bisa tunjukkan kode booking atau QR Barcode yang ada pada akun kamu di aplikasi kepada petugas admin atau resepsionis yang ada di kantor imigrasi.
  10. Petugas kemudian akan memberikan kamu kertas atau bukti cetak antrean yang berisi nomor urut panggilan.

Ketentuan Mendaftar Antrean Online via Aplikasi

  1. Ingin mendaftar lebih dari satu orang? Kamu bisa mendaftarkan antrean untuk lima orang sekaligus dalm satu akun aplikasi.
  2. Lima orang ini adalah yang termasuk dalam anggota keluarga inti seperti bapak/ibu, suami/istri, anak, dan diri sendiri. Yuk ajak keluarga kamu sekalian!
  3. Di luar daripada itu, antrean tidak bisa diajukan secara bersama-sama atau kolektif.
  4. Aplikasi ini dapat digunakan di beberapa kantor imigrasi berikut ini:
@DirektoratJendralImigrasi

Tips Mendapatkan Kuota Antrean Online

  1. Lakukanlah pengecekan kuota antrean online pembuatan paspor yang tersedia di kantor imigrasi yang kamu pilih secara berkala .
  2. Ketersediaan kuota diperbaharui pada hari Minggu setiap pukul 17.00.
  3. Jika kantor imigrasi pilihanmu kuotanya selalu penuh kamu bisa cari alternatif kantor imigrasi lainnya. jangan terpaku pada satu kantor imigrasi saja.
  4. Setelah kamu berhasil mendapatkan kuota antrean pastikan untuk datang ke kantor imigrasi sesuai dengan jadwal yang sudah disetujui di aplikasi. Bob saranin kamu untuk datang 1 jam lebih awal dari jadwal seharusnya. Jika kamu datang terlambat maka nomor antrean kamu akan hangus dan kamu harus mendaftar nomor antrean dari awal lagi melalui aplikasi.

Cara Pembayaran

Biaya pembuatan disesuaikan dengan jenis buku yang kamu buat ditambah dengan biaya jasa biometrik sharga 55 ribu rupiah. Jika kamu memilih buku berjumlah 48 halaman maka total biayanya adalah 355 ribu rupiah. Pembayarannya bisa kamu lakukan dengan transfer melalui teller bank maupun ATM BNI, BRI, Mandiri, atau BCA dengan memasukan kode pembayaran yang tertera dalam bukti tagihan yang diberikan di kantor imigrasi.

Simpan bukti transfer kamu untuk selanjutnya kamu bawa dan serahkan saat jadwal pengambilan. Terdapat dua jenis buku yang bisa kamu pilih yaitu paspor biasa dan paspor elektronik. Perbedaan utamanya adalah kamu bisa menemukan sebuah chip yang berisi data biometrik seperti sidik jari dan hasil pindai bentuk wajah sebagai identitas kamu. Di kantor imigrasi kamu akan ditanyai seputar tujuan pembuatan paspor, pengambilan foto, dan sidik jari.

Chip ini terdapat pada bagian sampul paspor kamu, Dengan adanya chip ini maka lebih terjamin keamanannya dan akan sangat sulit untuk dipalsukan jika dibandingkan dengan yang biasa yang hanya berisi informasi atau identitas dasar. Paspor kamu bisa langsung diambil di kantor imigrasi sekitar tiga hari setelah pembayaran selesai dilakukan. Jangan lupa membawa bukti pengambilan serta struk bukti pembayaran saat datang ke kantor imigrasi ya!

Kesimpulan

Selain beberapa dokumen penting yang harus kamu siapkan, pastikan make up kamu mendukung untuk saat pengambilan foto di kantor imigrasi. Setelah paspor selesai dibuat kamu tinggal mulai bersiap untuk liburan! Langkah selanjutnya adalah menyiapkan akomodasi saat liburan. Kamu bisa unduh aplikasi Bobobox untuk mendapatkan informasi hotel kapsul dengan harga terbaik yang bisa kamu dapatkan. Yuk unduh sekarang!

Bobobox

Comments
Loading...