Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Deg-Degan dan Takut Canggung saat Kumpul Keluarga Besar? Simak Tips-Tips Berikut Ini agar Acara Jadi Seru!

Bisa dicoba!

Bobobox.co.id — Momen lebaran sebentar lagi akan kita rayakan bagi umat Islam. Setelah dua tahun tidak bisa mudik, momen kumpul keluarga pun akan kita dapatkan lagi dengan bertemu langsung.

Setelah lama tidak bertemu, tentu ada sedikit perasaan canggung dan deg-degan untuk kembali bertemu sanak keluarga. Beberapa orang bahkan merasa takut untuk sekadar menyapa sanak keluarga.

Padahal, kumpul keluarga tidak akan seburuk itu, kok. Dengan mengaplikasikan tips kumpul keluarga dari Bob, suasana yang awalnya canggung dijamin bakal cair.

Apa saja tips agar tidak canggung selama kumpul keluarga? Yuk, simak tipsnya berikut ini!

Tips Kumpul Keluarga Besar agar Tidak Canggung

1. Awali dengan Makan Bersama

Tips kumpul keluarga pertama adalah mengawali dengan makan bersama. Banyak yang sudah tahu jika makanan selalu bisa mempereat hubungan yang awalnya terasa begitu canggung jadi terasa dekat.

Kamu bisa memulai dengan memesan satu makanan dengan porsi yang cukup besar. Jika memungkinkan, kamu bahkan bisa memasak bersama dengan angggota keluarga lain untuk cairkan suasana.

Lalu, duduklah bersama keluarga besar di satu meja sambil menyantap hidangan. Walau terlihat sederhana, kegiatan ini bisa memancing setiap anggota keluarga untuk saling berbicara satu sama lain.

kumpul keluarga dengan makan bersama
sumber: pexels.com/@cottonbro

2. Tetap Santai

Momen kumpul keluarga biasa merupakan waktu yang tepat untuk bersantai. Bahkan, kamu bisa memanfaatkan waktu ini untuk bercanda gurau sambil saling menceritakan hal-hal yang menyenangkan.

Jika kamu merasa deg-degan dan canggung, cobalah untuk tetap tenang dan santai. Bisa saja rasa deg-degan dan canggung yang kamu rasakan ini hanya datang dari pikiranmu saja.

Kamu bisa memulai dengan bersikap sopan saat memulai pertanyaan. Tanyakan kepada anggota keluarga lain mengenai rencana liburan atau lemparkan lelucon yang tak terlalu personal.

tetap santai
sumber: pexels.com/@anastasia-shuraeva

3. Mulai dengan Obrolan Ringan

Seperti yang disinggung sebelumnya, rasa canggung antar anggota keluarga di kumpul keluarga bisa cair berkat hadirnya obrolan ringan. Nah, kamu bisa saja menginisiasi untuk hal yang satu ini.

Kamu tak perlu muluk-muluk mencari topik yang ingin diangkat. Kamu bisa mengawali obrolan bersama keluarga lain dengan topik sederhana seperti menanyakan kabar atau mengobrol soal hiburan.

Ingat, jangan sampai untuk melempar pertanyaan pribadi yang bisa melukai hati saudara. Alih-alih mencairkan suasana, topik sensitif justru mampu membuat suasana kumpul keluarga semakin canggung.

obrolan santai wanita
sumber: pexels.com/@mentatdgt-330508

Baca Juga: Nggak Betah Dengan Keluarga? Kenali Dampak Orang Tua Toxic Dan Cara Menanganinya


4. Hindari Menggunakan Gawai

Kumpul keluarga di Hari Raya Idulfitri merupakan momen yang cukup langka. Oleh karena itu, jangan sampai kamu menyia-nyiakannya dengan hanya bermain gawai sepanjang waktu.

Selagi ada anggota keluarga lain, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan waktu untuk bercengkrama bersama. Jarang-jarang kamu mendapatkan waktu yang lama untuk bersama dengan mereka.

Nikmatilah momen kebersamaan ini untuk menciptakan kenangan bersama. Awalnya, mungkin kamu akan merasa ada sesuatu yang hilang. Namun, lama-lama kelamaan, kamu akan terbiasa, kok!

momen keluarga kurangi menggunakan gawai
sumber: pexels.com/@charlotte-may

5. Berbagi Cerita

Salah satu cara ampuh untuk bisa akrab dengan anggota keluarga adalah saling berbagi cerita. Biasanya, cerita yang diangkat menjadi topik perbincangan adalah kisah masa lalu atau nostalgia.

Cara ini bisa kamu lakukan sambil membuka foto keluarga dan menceritakan kejadian-kejadian lucu. Tak hanya itu, kamu juga bisa mengisahkan kisah memalukan yang bisa mencairkan suasana.

Kenangan lama ini bisa saja mengingatkanmu bahwa waktu berlalu dengan cepat. Dengan pentingnya menghabiskan waktu bersama keluarga, luangkan waktumu untuk kumpul keluarga sesibuk apapun.

pria wanita berbagi cerita
sumber: pexels.com/@cristian-rojas

6. Adakan Waktu Kegiatan Bersama

Jika topik obrolan sudah habis dan suasana mulai terasa membosankan, kamu bisa mencoba menggunakan cara satu ini. Cara tersebut adalah menyarankan untuk melakukan aktivitas icebreaking.

Untuk aktivitas icebreakingnya sendiri, kamu bisa memilih beberapa alternatif. Mulai dari menonton flm keluarga, bermain bersama, hingga bermain permainan kartu yang terbukti menyenangkan.

Oleh karena itu, sebelum kumpul keluarga, tak ada salahnya untuk menyiapkan beberapa barang pelengkap terlebih dahulu. Ini dilakukan sebagai antisipasi jika memang suasana kumpul mulai mengendur.

menonton film bersama
sumber: pexels.com/@ketut-subiyanto

Baca Juga: Biar Hubungan Semakin Erat, Coba 7 Tips Quality Time Keluarga Ini


7. Jangan Bandingkan

Terkadang, momen kumpul keluarga menjadi kesempatan bagi sebagian orang untuk memamerkan apa yang sudah mereka capai. Hal ini kerap menjadikan momen berkumpul berubah 180 derajat.

Kamu mungkin kerap merasa ingin mencoba memamerkan apa yang sudah kamu lakukan. Sebab, kamu merasa apa yang kamu kerjakan selama ini pun pantas untuk mendapat apresiasi.

Namun, jangan sampai upayamu menunjukkan prestasimu justru terlihat membanding-bandingkan atau merendahkan orang lain. Usahakan untuk tetap mengapresiasi capaian orang lain dengan cara yang baik.

jangan membandingkan diri sendiri
sumber: pexels.com/@ketut-subiyanto

8. Jangan Tersinggung

Momen kumpul keluarga biasanya dipenuhi oleh intrik-intrik kecil. Salah satunya yang paling sering terjadi adalah sanak keluarga yang menanyakan hal-hal yang bisa dikategorikan cukup sensitif.

Hal yang sensitif ini biasanya berkaitan dengan sesuatu yang terlalu pribadi. Pertanyaan seperti kapan menikah dan kapan mempunyai anak adalah dua pertanyaan sensitif yang paling sering ditanyakan.

Jika kamu dalam posisi tersebut, dengarkan saja pertanyaan tersebut tetapi jangan diambil hati. Berikanlah jawaban sederhana tanpa menyinggung untuk menghindari konflik lanjutan.

obrolan yang tidak menyinggung
sumber: pexels.com/@rodnae-prod

9. Bersikap Hangat

Rasa canggung pasti akan dialami saat pertama kali bertemu dengan anggota keluarga yang jarang ditemui. Namun, rasa canggung tersebut bisa kamu cegah agar suasana ngobrol lebih cair.

Misalkan saja, kamu bisa mencobanya dengan bersikap hangat kepada setiap sanak keluarga yang ditemui. Tunjukkan bahwa keberadaan mereka berarti untuk kamu dan juga anggota keluargamu.

Suasana hangat yang kamu keluarkan bisa membuat orang lain akan merasa lebih nyaman. Walhasil, suasana pembicaraan akan lebih nyambung dan tidak ada lagi yang namanya canggung.

momen kumpul keluarga bersikap hangat
sumber: pexels.com/@mentalhealthamerica

Baca Juga: Bingung Pilih Jurusan Kuliah Mana? Simak 10 Prospek Jurusan Kuliah Menjanjikan 2021 Ini


10. Hindari Konflik Masa Lalu

Tips untuk menghadapi momen kumpul keluarga adalah menghindari pembahasan yang sensitif. Seperti disebut sebelumnya, ada beberapa topik lain yang wajib kamu hindari.

Dari sekian banyak topik yang wajib dihindari, topik konflik di masa lalu adalah topik nomor satu yang tak boleh diperbincangkan kembali. Ini demi menghindari rusaknya momen kebersamaan.

Suasana lebaran tentu baiknya jika diisi dengan membicarakan hal-hal yang baik saja. Jangan sampai salah dalam memilih topik pembicaraan justru menimbulkan konflik baru.

Menghindari konflik masa lalu
sumber: pexels.com/@timur-weber

***

Itulah tadi tips untuk mengurangi rasa canggung pada momen kumpul keluarga.

Jangan lupa untuk mengecek juga artikel-artikel menarik lainnya dari Bob yang bisa kamu baca di sini.

Menginap dengan Nyaman? Ya di Bobobox

Kenyamanan tentu menjadi salah satu hal yang wajib kamu prioritaskan selama menginap. Salah satu yang bakal menjamin kenyamanan tiap pengunjungnya adalah Bobobox.

Pasalnya, hotel kapsul ini menyediakan berbagai fasilitas keren seperti pod yang luas dengan kasur yang empuk sebagai fasilitas yang menjamin kenyamananmu selama beristirahat.

Informasi soal pemesanan bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa kamu unduh di sini.

You might also like