Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tips Untuk Kamu Yang Kuliah Dan Bekerja Di Waktu Bersamaan

Tips berikut ini akan sangat membantu kamu untuk bekerja sambil kuliah!

Tips yang akan Bob sampaikan saat ini akan sangat bermanfaat bagi kamu yang sedang kebingungan dalam mengambil keputusan bekerja sambil kuliah. Memang bisa bekerja sambil kuliah? Tentu saja bisa, asalkan kamu mengikuti tips membagi waktu, menjaga performa bekerja dan performa kuliah, mengatur keuangan, dan memilih pekerjaan yang sesuai dengan baik. Faktanya cukup banyak lho mahasiswa dan mahasiswi Indonesia yang bekerja sambil kuliah.

Cukup banyak juga mahasiswa dan mahasiswi Indonesia yang mampu berprestasi di tempa kerja juga di tempat mereka kuliah. Tentunya penting juga bagi kamu untuk menjaga dan memperhatikan kesehatan mengingat waktu kamu bekerja dan kuliah akan cukup menyita waktu kamu. Belum lagi dengan rentetan tugas dari kampus yang harus kamu kerjakan. Persiapan yang matang dan mengikuti beberapa tips bisa menjadi solusi untuk kelancaran bekerja sambil kuliah kamu.

Saat kamu bekerja sambil kuliah kamu tak hanya menambah uang saku kamu untuk jajan, membeli barang yang kamu inginkan membayar kostan, membeli buku, atau menambah uang liburan kamu. Pengalaman yang kamu dapatkan saat bekerja sambil kuliah akan sangat membantu kamu saat kamu lulus kuliah dan langsung terjun di tengah masyarakat. Pengalaman bekerja sama di dalam sebuah tim pun akan sangat berguna untuk saat kamu sepenuhnya bekerja setelah lulus.

Kamu akan dituntut untuk beradaptasi dengan pekerjaan kamu dengan cepat saat bekerja. Kemampuan beradaptasi dengan berbagai masalah yang kamu temukan saat bekerja akan membantu kamu meningkatkan pengalaman. Banyak perusahaan yang lebih menyukai calon karyawan yang memiliki pengalaman bekerja karena kemampuan adaptasi dengan pekerjaan yang cukup baik. Penasaran seperti apa tipsnya? Berikut adalah tips bekerja sambil kuliah yang bisa kamu aplikasikan!

Tips Bekerja Sambil Kuliah: Pilih Bidang Pekerjaan Yang Sesuai Minat Dan Bakat

Tips yang pertama kamu bisa memilih bidang pekerjaan yang sesuai dengan jurusan kamu saat kuliah. Dengan adanya kesamaan antara pekerjaan dan bidang keilmuan yang kamu tekuni di kampus akan membuat pekerjaan kamu terasa lebih mudah karena kamu cukup menguasainya. Selain itu kamu pun bisa sekaligus bekerja sambil belajar. Bisa saja hal-hal yang kamu pelajari saat bekerja merupakan pengetahuan baru yang tak kamu temukan di bangku kuliah.

Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mempraktikkan langsung ilmu yang kamu dapatkan di kampus dan mengaplikasikannya saat bekerja. Kamu juga bisa sambil bertanya dengan rekan kerja kamu untuk menambah pengetahuan mengenai bidang yang sama dengan jurusan kamu. Pilihan lainnya kamu bisa juga mencoba menjadi seorang tutor untuk mengingat kembali beberapa ilmu yang telah kamu pelajari sebelumnya.

Tips Bekerja Sambil Kuliah: Konfirmasi Pada Perusahaan

Tips selanjutnya adalah jangan sampai kamu mengorbankan kuliah kamu untuk tetap bisa bekerja. Jangan sampai perusahaan tempat kamu bekerja tidak mengetahui bahwa kamu adalah seorang mahasiswa atau mahasiswi. Keterbukaan kamu terhadap perusahaan sejak proses wawancara kerja itu penting, lho. Sebagian perusahaan ada yang memperkerjakan karyawan untuk bekerja paruh waktu dan sebagian lainnya hanya memperkerjakan karyawan untuk bekerja penuh waktu.

Jangan sampai karena kamu tidak terbuka kepada perushaan dengan menyatakan kamu masih kuliah membuat perusahaan menuntut kamu bekerja penuh disaat kamu seharusnya kuliah. Kuliah tetap harus menjadi prioritas utama kamu. Untuk menghindari hal ini terjadi tips yang harus kamu aplikasikan adalah untuk menginformasi perusahaan bahwa kamu adalah seorang mahasiswa. Dengan begitu perusahaan dapat bantu menyesuaikan jadwal bekerja kamu dengan jadwal kuliah kamu.

Tips Bekerja Sambil Kuliah: Perhatikan Biaya Pengeluaran Agar Tetap Efisien

Kamu mungkin satu diantara mahasiswa yang memutuskan kuliah sambil bekerja untuk meringankan biaya kuliah atau sekedar menambang uang jajan. Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa mengajukan permohonan beasiswa kepada perusahaan tempat kamu bekerja, lho! Jika proposal kamu diterima perusahaan karena performa kamu memuaskan saat bekerja, kamu dapat meringankan biaya kuliah kamu dari beasiswa yang kamu peroleh dari perusahaan tempat kamu bekerja.

Oleh karena itu penting bagi kamu untuk menjaga sekaligus meningkatkan performa bekerja kamu agar tetap menjanjikan. Jika perusahaan menilai kehadiran kamu sangat berkontribusi pada perusahaan bisa saja kamu diberikan beasiswa hingga akhir masa kuliah kamu. Pada beberapa perusahaan bisa saja terdapat sebuah perjanjian yang perlu kamu tepati seperti kontrak kerja hingga kompensasi yang harusnya kamu terima.

Tips Bekerja Sambil Kuliah: Pertahankan Perfoma Kamu Saat Kuliah Dan Saat Bekerja

Sesuai dengan tips di atas, pastikan kuliah menjadi prioritas utama kamu. Saat kamu sudah memutuskan untuk mencoba kuliah sambil kerja, kamu harus membuat komitmen terhadap diri sendiri. Komitmen yang kamu buat adalah berkaitan dengan usaha kamu menjaga dam mempertahankan performa kamu baik saat kuliah ataupun saat kamu bekerja. Selain bekerja untuk menambah kemampuan dan uang saku, kamu punya tanggung jawab untuk menyelesaikan kuliah kamu.

Jangan sampai bekerja menjadi alasan kamu untuk maklum saat performa kamu saat kuliah menurun ataupun sebaliknya. Perusahaan kamu tempat bekerja tentu tidak akan memberi kamu maklum saat performa kamu bekerja menurun karena sibuknya kegiatan di kampus. Buatlah perencanaan waktu yang baik agar kamu tetap dapat bekerja sambil kuliah. Kamu perlu memiliki ketekunan dan niat yang kuat untuk menjalani kehidupan kuliah sambil kerja.

Kamu harus menunjukan perfoma kamu saat bekerja sehingga atasan kamu yakin bahwa kamu memiliki kemampuan yang sama dengan professional lainnya atau bahkan melampaui pekerja lainnya. Saat kamu dapat membuat atasan kamu memiliki pandangan baik dan yakin akan perfoma kamu saat bekerja, kamu akan lebih mudah untuk dapat meyakinkannya agar memberikan beberapa kompensasi. Perusahaan bisa saja memberikan penyesuaian jadwal , fleksibilitas, hingga beasiswa.

tips kerja sambil kuliah

Tips Bekerja Sambil Kuliah: Menjaga Diri Tetap Produktif

Tips yang terakhir jangan lupa untuk tetap belajar, mengembangkan diri, melaksanakan hobi yang kamu sukai agar tidak stres. Walaupun pasti waktu kamu akan menjadi sangat terbatas untuk dapat melakukan hal-hal tersebut. Disitulah kamu harus pandai memanfaatkan waktu luang kamu untuk tetap produktif. Sepulang kuliah atau bekerja kamu bisa mempersiapkan diri untuk mempelajari materi kuliah kamu atau untuk menyiapkan diri bekerja esok harinya.

Tips tambahan untuk mengatur waktu dengan baik, kamu bisa menulis jadwal harian kamu. Semoga tips-tips di atas membantu kamu ya! Tips-tips ini akan membantu kehidupan bekerja sambil kuliah menjadi lebih mudah. Siap untuk mencoba mengaplikasi tips di atas? Tips yang terpenting adalah kamu menikmati kesibukan kamu saat bekerja sambil kuliah agar terjauh dari stres saat bekerja yang dapat menganggu kesehatan kamu.

Setelah lelah seharian bekerja sambil kuliah, kamu bisa sesekali melakukan staycation di penginapan seperti Bobobox yang terkenal dengan harganya yang terjangkau! Dijamin ramah untuk kantong mahasiswa dan mahasiswi! Unduh aplikasi Bobobox sekarang untuk tahu informasi lengkapnya!

You might also like