Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Tips Kuliah Online Agar Tidak Mager dan Terus Semangat di Rumah

Tetap semangat yaa!

Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia membuat aktivitas sehari-hari jadi terhambat, tidak terkecuali perkuliahan. Banyak kampus yang mengubah metode belajarnya menjadi online atau daring. Namun, keadaan ini pun bukan berarti tidak datang tanpa kendala apa-apa. Mulai dari kampus yang tidak memberi subsidi kuota sampai kehilangannya motivasi untuk belajar. Untuk itu, berikut beberapa tips kuliah online dari Bob yang mungkin bisa membantu. Catat yaa!

 

1. Bersihkan meja belajar

Jeff Sheldon via Unsplash

De-cluttering is a must! Pastikan kamu punya area untuk belajar dan kalau bisa jangan gunakan area itu untuk aktivitas lainnya. Selain itu, pastikan juga meja belajarmu bersih dan tidak penuh dengan barang-barang yang berceceran dan berantakkan. Tips kuliah online yang satu ini berguna banget karena tempat yang berantakkan membuatmu tidak nyaman. Jika tidak nyaman, besar kemungkinan selera kamu untuk belajar jadi menurun. Selain itu, mager nggak sih belajar di tempat yang nggak jelas? Maka dari itu, luangkan wakru setiap minggunya untuk membersihkan area belajar kamu ya!

 

2. Disiplin

William Iven via Unsplash

Sama seperti ngampus pada umumnya, kamu pun perlu kedisiplinan tinggi dalam kuliah online. Tips kuliah online yang ini sangatlah krusial karena jika kita tidak disiplin, bawaannya pasti akan selalu mager dan menunda-nunda tugas. Mulailah dengan membuat jadwal belajar (jika kuliahmu tidak pada jam tertentu) dan anggap seolah-olah kamu benar-benar akan pergi ngampus. Cobalah untuk mandi pada pagi hari dan kenakan pakaian yang biasa kamu gunakan setiap ngampus daripada mengenakan piyama atau baju rumah. Meski awalnya akan terasa susah, membangun rutinitas dan kedisiplinan ini tips kuliah online yang akan membantumu pada jangka panjang.

 

3. Fleksibel

Aleks Dorohovich via Unsplash

Tips kuliah online selanjutnya adalah menjadi fleksibel. Kelas-kelasmu menjadi online dengan bentuk conference call, video, ataupun bahan bacaan. Perpustakaan pun bentuknya menjadi digital. Bisa fleksibel dalam beradaptasi dengan hal-hal seperti ini akan sangat membantumu, juga orang lain.

Misalnya ketika sinyal tiba-tiba jelek, kamu harus bisa fleksibel menerima perubahan tersebut dan cari cara bagaimana caranya untuk keep up ketika sinyalmu sudah kembali lagi. Maka dari itu, buatlah beberapa rencana cadangan. Download materi-materi pembelajaran dari awal sehingga kamu dapat mengakses mereka secara online. Selain itu, jangan lupa untuk simpan kontak dosenmu jadi kamu bisa mengabari mereka ketika kejadian seperti ini terjadi.

 

4. Time management

 

Sonja Langford via Unsplash

Tips kuliah online selanjutnya adalah bagaimana cara kamu mengatur waktu. Ketika kelas kuliahmu masih kelas tatap muka, kamu sudah tidak perlu khawatir lagi karena kurikulum dan jadwalnya sudah tersedia. Kamu jadi tinggal datang dan belajar. Tapi, dalam kuliah online, pengaturan waktu merupakan hal yang krusial karena jika kamu tidak patuh pada jadwal yang telah kamu buat, atau bahkan tidak ada jadwal sama sekali, bisa-bisa proses belajarmu malah jadi berantakkan.

Perhatikan deadline untuk masing-masing tugas. Setelah itu, coba buat jadwal prioritas untuk apa yang akan dikerjakan. Tugas dengan deadline yang paling cepat menjadi tugas pertama yang dijadikan prioritas. Selain itu, tips kuliah online lainnya adalah dengan mencoba selipkan waktu istirahat di tengah-tengah waktu belajarmu dan jangan cramming semua dalam sekali duduk. Tips kuliah online ini berguna karena mengerjakan semuanya tanpa istirahat malah akan membuatmu jadi stres dan malas kedepannya.

 

5. Sadar bahwa semua orang pun melewati hal yang sama sepertimu

Luis Villasmil via Unsplash

Merasa kewalahan merupakan hal yang wajar, apalagi pada masa pandemi seperti ini. Tips kuliah online selanjutnya adalah mengetahui bahwa apa yang kamu alami pun dialami oleh semua orang, termasuk teman sekelas dan dosenmu. Jadi, kamu tidak perlu khawatir ya!

Akan tetapi, dengan mengetahui hal ini, kamu pun jadi bisa berlatih empati, terlebih ketika salah seorang teman sekelompokmu agak susah diajak kerja sama atau dosenmu tidak komunikatif. Mungkin saja mereka pun sedang struggling dengan kesehatan mentalnya masing-masing juga. Coba bisa mengerti satu sama lain dan approach mereka secara perlahan.

 

6. Keep in touch

Dole777 via Unsplash

Tips kuliah online selanjutnya adalah tetap keep in touch dengan teman-temanmu, baik yang sekelas maupun teman lainnya. Dengan itu, kamu jadi tidak merasa sendiri dan social barmu pun tetap terpenuhi. Selain itu, kamu juga bisa saling mengecek keadanmu dan temanmu untuk membuat mereka tidak merasa sendiri dan merasa diperhatikan juga.

Partisipasi dalam kerja kelompok dan menjadi komunikatif untuk urusan tugas pun merupakan salah satu tips kuliah online yang akan memudahkanmu dan orang lain. Dengan komunikasi yang jelas, kamu dan teman sekelompokmu jadi bisa mengerjakan proyekmu dengan baik dan minim hambatan. Namun, kamu juga bisa lho untuk menaruh garis boundaries atau batasan. Bagi waktu untuk ‘productive hours‘ dan waktu untuk beristirahat. Jika mereka mengontakmu pada waktu istirahat, kamu berhak untuk tidak membalas mereka.

 

7. Buat strategi belajar

Thought Catalog via Unsplash

Memiliki strategi belajar merupakan salah satu tips kuliah online yang penting untuk kamu ingat. Terlebih jika kamu merupakan mahasiswa tingkat akhir atau yang sudah dekat dengan waktu-waktu ujian, baik itu ujian tengah semester maupun akhir semester.

Jika tidak ada deadline tugas secara gamblang, coba kamu kembali mengatur posisi prioritas tugas-tugas tersebut. Lalu, buatlah jadwal untuk belajar perharinya dan selipkan bahan bacaan atau jurnal yang perlu dibaca pada hari itu. Kamu juga bisa menyiapkan goals yang ingin kamu capai tiap harinya untuk tetap termotivasi. Misal, untuk hari pertama, kamu sudah bisa membuat pendahuluan atau outline untuk essay. Dan lain sebagainya.

Dengan mempunyai strategi belajar, kamu jadi lebih terorganisir dan tips kuliah online ini akan memudahkan kamu untuk memetakan pembelajaranmu nantinya. Selain itu, dengan mempunyai strategi belajar sebagai tips kuliah online, kamu akan lebih termotivasi untuk terus maju.

 

8. Self-care

Kevin Laminto via Unsplash

Setelah banyak belajar, tips kuliah online selanjutnya adalah self-care! Jangan lupakan tips kuliah online yang satu ini ya, karena keadaan fisik dan mentalmu merupakan hal yang penting juga. Untuk tips kuliah online ini kamu bisa mulai dari menjaga pola makan dan badan agar tetap fit.

 

9. Jangan mendorong diri terlalu keras

Drew Coffman via Unsplash

Kunci dari tips kuliah online ini adalah jangan mendorong dirimu terlalu keras. Tubuh dan pikiranmu butuh istirahat dan setiap orang pun sedang melewati hal yang sama denganmu. Jadi, ketika dirasa semuanya terlalu berlebihan untukmu, just sit back and relax.

 

10. Have fun!

Jeshoots via Unsplash

Apa arti dari tips kuliah online jika kamu tidak bersenang-senang? Di ujung hari ketika jadwal belajarmu sudah selesai, jangan lupa untuk mengistirahatkan pikiran dengan bermain game atau menonton film ya! Tips kuliah online yang satu ini tidak boleh dilewatkan agar kamu tidak stres.

Selain itu, tips kuliah online lainnya adalah kamu bisa meluangkan waktu weekendmu untuk bersenang-senang dan staycation dengan harga terjangkau di Bobobox! Dengan bluetooth speaker dan adjustable LED lights, dijamin kamu akan merasa lebih semangat melewati rutinitas sehari-hari. Kamu juga bisa lho belajar dengan nyaman di Bobobox sebagai tips kuliah online lainnya. Yuk download aplikasinya dan dapatkan promo menarik!

You might also like