Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tips Kreatif Mengajak Anak Berpuasa. Pasti Jadi Pengen Puasa, Deh!

Buat puasa anak menyenangkan dengan tips kreatif mengajak anak berpuasa ini!

Tips kreatif mengajak anak berpuasa berikut ini bisa jadi inspirasi bagi kamu yang akan mulai mengajarkan anak, adik, atau saudara untuk berpuasa. Seperti yang kamu ketahui ibadah puasa merupakan salah satu rukun islam yang wajib dilakukan setiap muslim di dunia jika sudah memasuki usia dewasa atau baligh. Anak-anak memang tidak diwajibkan untuk berpuasa. namun meskipun demikian tidak ada salahnya bagi kamu untuk mengajari anak-anak mengenai konsep berpuasa.

Dengan mengajari anak tentang berpuasa ia akan belajar mengenai hukum-hukum Islam seperti apa saja yang membatalkan puasa dan cara berpuasa yang benar. Jika sejak kecil anak sudah diajarkan mengenai berpuasa, anak menjadi mudah dan tak kesulitan untuk mulai serius berpuasa saat ia sudah memasuki usia dewasa karena sudah terbiasa. Bob sangat mengerti sekali jika mengajarkan anak berpuasa itu tentulah tidak mudah. Oleh karena itu simak yuk tips kreatif mengajak anak berpuasa di bawah ini!

1. Tips Kreatif Mengajak Anak Berpuasa: Jelaskan Pengertian Puasa

Tips kreatif mengajak anak berpuasa yang pertama adalah dengan mengajarkan pemahaman dasar dan konsep berpuasa. Anak umumnya memiliki keingintahuan yang besar dan membutuhkan pemahaman yang ia mampu pahami sebelum melakukan sesuatu yang kita minta ia lakukan. Kita tidak bisa dengan mudah eminta anak berpuasa tanpa ia memahami mengapa ia harus berpuasa dan mengapa ia harus repot-repot menahan haus dan lapar ketika ia dikelilingi oleh melimpahnya makanan dan air di rumah.

Selama anak memahami kewajiban beribadah puasa, anak akan lebih mudah mencoba mempraktekkan ibadah puasa ini dan siap mengalami perubahan rutinitasnya. Pastikan untuk memberi anak mengenai penjelasan ibadah puasa ini jauh sebelum anak mulai melakukan ibadah puasa. Buatlah ibadah puasa anak menjadi menyenangkan dengan memberikan cerita mengenai bagaimana ibadah puasa di bulan ramadhan itu istiewa dibandingkan bulan-bulan lainnya.

2. Tips Kreatif Mengajak Anak Berpuasa: Tawarkan Anak untuk Belajar Berpuasa

Tips kreatif mengajak anak berpuasa selanjutnya adalah dengan menawarkan anak belajar berpuasa setelah memberikannya pemahaman mengenai apa itu ibadah puasa. Jangan sampai pemahaman mengenai puasa tak dibarengi dengan pengalaman mencoba melaksanakan ibadah puasa. Buatlah tawaran belajar berpuasa ini menjadi sesuatu hal yang menyenangkan dan bukan menjadi hal yang memberatkan dan beban bagi anak. Hindari memerintah dan memaksanya ya.

3. Tips Kreatif Mengajak Anak Berpuasa: Ciptakan Suasana Berpuasa yang Menyenangkan

Tips kreatif mengajak anak berpuasa berikutnya adalah dengan menciptakan suasana berpuasa yang menyenangkan. Agar anak merasa bersemangat, pastikan orang-orang disekelilingnya pun ikut berpuasa dan hindari banyak mengeluh seperti lelah berpuasa, lapar, dan haus. Keluhan-keluhan ini hanya akan membuat anak ikut merasa bahwa puasa itu memberatkan dan melelahkan. Cobalah jalani ibadah puasa dengan gembira dan penuh syukur ya.

4. Tips Kreatif Mengajak Anak Berpuasa: Menyiapkan Makanan yang Tepat

Saat sahur dan berpuasa kamu bisa coba memberikan si kecil makanan yang bergizi dan bernutrisi sekaligus makanan kesukaannya. Pastikan untuk mengubah menu makanan berbuka dan sahur setiap beberapa hari agar ank tidak merasa bosan. Tips kreatif mengajak anak berpuasa ini juga bisa menjadi kesempatan untuk memenuhi kebutuhan energinya. Saat anak makan dengan lahap, anak pun akan lebih bersemangat saat puasa dan tidak mudah merasa lemas.

5. Tips Kreatif Mengajak Anak Berpuasa: Apresiasi Tiap Capaian Anak

Kamu bisa coba mengajai anak berpuasa setengah hari misal sampai pukul 9 pagi, 12 siang, atau 3 sore sebagai permulaan. Setelah anak berhasil mencapai target berpuasanya pastikan untuk memberikannya apresiasi seperti pujian. Dengan begitu anak akan lebih bersemangat untuk mencoba berpuasa lebih lama sehingga memberikan kemajuan yang pesat. Jika anak berhasil berpuasa lebih lama dari sebelumnya berikan juga ia apresiasi.

Tips kreatif mengajak anak berpuasa ini merupakan usaha dalam menumbuhkan perilaku positif anak saat anak belajar berpuasa. Kamu juga bisa menggunakan kata-kata positif agar anak tidak goyah dalam menjalankan ibadah puasa. Hindari menjanjikan hadiah pada anak karena ini hanya akan membuat anak mengharapkan hadiah dari kamu bukan pahala yang diberikan oleh Allah.

6. Tips Kreatif Mengajak Anak Berpuasa: Berikan Contoh

Tak kalah penting dari tips kreatif mengajak anak berpuasa, tips kreatif mengajak anak berpuasa ini juga penting untuk kamu lakukan. Anak umumnya adalah peniru yang unggul. Kamu bisa mencoba memberikan contoh yang baik tentang bagaimana cara berpuasa yang baik agar anak dapat menirunya. Dengan melihat langsung bagaimana cara kamu berpuasa anak akan menjadi lebih memahami bagaimana sebenarnya puasa itu dipraktekkan sehingga anak akan lebih mudah pula untuk melakukannya.

7. Tips Kreatif Mengajak Anak Berpuasa: Jauhkan Godaan Dari Anak

Jangankan mereka yang masih anak-anak, kita yang dewasa pun bisa mudah tergoyah dengan adanya godaan seperti makanan dan minuman yang kita temui. Oleh karena itu bantulah mempermudah anak menjalankan ibadah puasa dengan menjauhkannya dengan berbagai godaan yang ada disekitarnya. Buatlah anak tetap melakukan berbagai kegiatan untuk yang membuat dia sibuk dan lupa waktu. Ingat untuk tidak membiarkan anak bermain yang membuatnya terlalu lelah ya.

8. Tips Kreatif Mengajak Anak Berpuasa: Tumbuhkan Keinginan Berpuasa

Tips kreatif mengajak anak berpuasa

Seperti yang telah Bob sampaikan di atas, hindari memerintah ataupun memaksa anak untu berpuasa. Selain berpuasa merupakan hal yang tidak wajib anak lakukan, memerintah dan memaksa anak hanya akan membuat anak merasa terpaksa dan berat untuk berpuasa. Cobalah untuk menumbuhkan keinginan anak untuk berpuasa dengan membuat kesan bahwa berpuasa adalah sesuatu hal yang menyenangkan. Dengan begitu anak bisa melakukan ibadah puasa atas keinginannya sendiri.

9. Tips Kreatif Mengajak Anak Berpuasa: Hindari Memarahi Anak

Tips kreatif mengajak anak berpuasa yang terakhir adalah dengan menghindari memarahi anak dan justru berikan apresiasi jika anak berhasil berpuasa meskipun tidak sempurna. Berilah anak kebebasan dalam melakukan ibdah puasanya yang pertama kali dan sesuaikan dengan kemampuannya. Sangat wajar jika ibadah puasa yang pertama bagi anak hanyalah setengah hari.

Daripada memarahinya, lebih baik kamu memberikannya semangat agar ia lebih bersemangat dalam menjalani puasa di keesokan harinya. Selain memarahinya hindari juga membandingkan anak dengan anak orang lain seusianya yang misal mampu menjalankan puasa dengan baik. Hal ini hanya akan membuat anak tidak merasa percaya diri dan tidak bersemangat.

Liburan Antiribet di Bobobox

Bobobox bukan sembarang hotel kapsul, lho! Setiap pod di Bobobox didesain dalam gaya futuristik yang keren dan dilengkapi pencahayaan yang kamu bisa atur sesuka hati! Tekonologi dalam pod juga terintegrasi dengan aplikasi seluler. Pokoknya praktis banget! Mengakses pod, atur lampu, hingga menghubungi staf bisa dilakukan lewat HP kamu. Say no to ribet! Bobobox juga punya fasilitas seperti pantry, shared bathroom, musala, dan communal space. Dijamin nggak akan mati gaya deh!

You might also like