Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tips Kesehatan Rambut Tetap Sehat dan Tidak Beruban

Selain tubuh, jaga kesehatan rambutmu juga ya!

Memiliki rambut yang sehat, indah, dan berkilau tentu menjadi keinginan bagi semua orang. Karena rambut adalah mahkota bagi manusia terutama kaum wanita. Oleh sebabnya kesehatan rambut harus diperhatikan agar terhindar dari berbagai permasalahan seperti ketombe, rambut rontok, dan uban rambut.

Namun seiring bertambahnya usia dan pengaruh lingkungan, masalah rambut mulai bermunculan satu per satu. Selain itu juga ditambah dengan pengaruh gaya hidup dan styling rambut memengaruhi kesehatan rambutmu. Ditambah lagi sering terkena bahan kimia, polusi, matahari, dan kesehatan mental turut menjadi alasan timbulnya masalah rambut.

Seperti halnya kulit wajah dan tubuh, rambut juga perlu kamu jaga kesehatannya. Banyak yang berpikir hanya dengan keramas setiap hari saja sudah cukup untuk merawat rambut. Padahal rambut juga butuh nutrisi lebih loh! Bahkan jika terlalu sering keramas malah akan membuat rambut dan kulit kepalamu berkurang kesehatannya.

Tumbuhnya uban di rambut juga bukan semata-mata menunjukkan bahwa seseorang sudah tua. Kurangnya nutrisi pada rambut dan stress juga merupakan faktor yang menyebabkan tumbuhnya uban di rambut. Uban di rambut dan masalah rambut lainnya bisa kamu hindari dengan perawatan yang tepat.

Bob akan bagikan tips dan trik untuk perawatan kesehatan rambut supaya rambutmu tetap sehat dan terhindar dari permasalahan rambut dan kulit kepala. Yuk simak ulasannya!

Tips Merawat Rambut Agar Tetap Sehat

Kamu bisa melakukan beberapa hal ini untuk merawat kesehatan rambut dan kulit kepalamu supaya tetap terjaga.

Keramas Secara Teratur

Cara yang paling mudah dilakukan untuk merawat rambut adalah dengan keramas secara teratur. Namun, keramas terlalu sering juga tidak baik untuk kesehatan rambut dan kulit kepalamu. Keramas setiap hari bisa menyebabkan kulit kepala dan rambutmu kering dan rontok karena banyaknya penggunaan shampoo kimia.

Keramaslah cukup setiap dua hari sekali untuk membersihkan kotoran yang menempel di rambutmu. Lakukan pijatan sesekali saat keramas. Gosok dengan lembut kulit kepalamu untuk mengangkat kotoran agar terhindar dari munculnya ketombe. Bilas secara menyeluruh dan pastikan tidak ada sisa shampoo yang tertinggal.

Residu atau sisa shampoo yang tertinggal di kepalamu akan menyebabkan penyumbatan dan penumpukan bahan kimia. Hal tersebut akan menimbulkan ketombe bermunculan. Jadi pastikan kamu membilas rambut dan kepalamu dengan benar ya saat keramas.

Menggunakan Kondisioner dan Vitamin Rambut

Keramas menggunakan shampoo seringkali membuat kulit kepala dan rambut menjadi kering. Terutama jika kamu adalah tipikal orang yang rutin keramas setiap hari karena rambutmu berminyak dan mudah lepek. Tentunya kamu tidak suka kan jika mengalami “bad hair day“.

Untuk mengantisipasi kebiasaanmu untuk keramas setiap hari, usahakan selalu menggunakan kondisioner saat keramas. Gunakan kondisioner mulai dari tengah hingga ujung rambut, jangan gunakan dari pangkal karena malah akan membuat kulit kepalamu cepat berminyak dan berketombe, karena kondisioner berbeda dari shampoo yang mudah dibersihkan.

Lalu saat menggunakan kondisioner jangan dibiarkan terlalu lama, cukup tunggu hingga 2-5 menit saja lalu bilas. Kondisioner akan menjaga agar ujung rambutmu tidak kering dan bercabang.

Setelah itu kamu bisa tambahkan dengan penggunaan vitamin rambut saat rambut setengah kering. Gunakan vitamin rambut pada kulit kepalamu dan pijat dengan lembut supaya nutrisinya bisa diserap dengan baik oleh kulit kepala dan rambutmu.

Vitamin rambut penting untuk menjaga nutrisi rambutmu dan mencegah dan mengurangi kerusakan terutama jika kamu suka melakukan styling rambut dengan menggunakan alat-alat seperti hairdryer atau catokan. Aplikasikan vitamin rambut sebelum kamu menggunakan alat styling.

Jangan Terlalu Sering Melakukan Styling Rambut

kesehatan rambut

Supaya rambut kamu senantiasa sehat dan terhindar dari permasalahan rambut, langkah lain untuk merawat rambutmu adalah dengan mengurangi kegiatan styling rambut. Memang menyenangkan untuk bereksperimen dengan rambutmu, mencoba gaya rambut lain, atau mewarnai rambut.

Namun, hal tersebut bisa merusak rambutmu. Penggunaan hairdryer dan catokan rambut yang menghasilkan gelombang panas akan membuat rambut kamu lebih mudah patah, rontok, dan kering. Selain itu penggunaan bahan kimia untuk meluruskan atau mengeriting rambut, juga hair spray juga akan berefek merusak sel rambut.

Selain itu, minimalkan penggunaan aksesoris rambut seperti ikat rambut atau jepitan. Terlalu sering menguncir atau mengepang rambut terutama jika mengikatnya terlalu kencang juga menyisir terlalu lama bisa menyebabkan terjadinya kerusakan rambut.

Sering mengecat rambut juga malah bisa membuat kulit kepalamu terluka dan bisa mempercepat tumbuhnya uban di rambut. Pigmen alami rambutmu akan berkurang dan lama kelamaan rambutmu mati sehingga timbul uban.

Rutin Melakukan Trimming dan Menyisir dengan Benar

Jika rambutmu ingin terlihat sehat dan indah rutinlah melakukan pemotongan rambut. Bukan memotong rambutmu untuk mengubah gaya, namun ini untuk menghilangkan rambut kering dan bercabang yaitu trimming. Lakukan trimming kurang lebih setiap 1 atau 2 bulan sekali untuk membuang rambut yang bercabang dan kering.

Dengan begitu rambutmu akan lebih sehat dan terhindar dari kerusakan rambut. Rambutmu juga akan lebih cepat tumbuh, bagi kamu yang ingin memanjangkan rambut. Melakukan trimming tidak harus ke salon, kamu bisa lakukan sendiri di rumah dengan menggunakan gunting.

Potonglah rambut bagian ujung yang dirasa kering atau bercabang. Cukup hanya 2 atau 3 senti saja. Hal tersebut akan membuat rambutmu tidak kaku seperti sapu ijuk. Selain itu, perbaiki kebiasaanmu dalam menyisir rambut ya. Sisir rambut bagian bawah atau ujung dahulu, kemudian barulah sisir dari bagian atas hingga ke bawah.

Jangan menyisir rambut saat dalam keadaan basah karena akan menyebabkan rambut menjadi patah dan rontok. Gunakan sisir yang berjari renggang sambil sesekali dipijatkan ke kulit kepala. Hal itu akan memperlancar peredaran darah yang ada di kepala.

Mengkonsumsi Makanan Bernutrisi dan Hair Mask

kesehatan rambut

Makanan yang kamu konsumsi juga berpengaruh terhadap kesehatan rambutmu. Oleh karena itu disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi baik untuk rambut. Makanan yang mengandung protein, zat besi, dan asam lemak omega-3 serta suplemen biotin bisa membantu mengurangi atau mencegah kerontokan rambutmu.

Jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan yang berminyak dan pedas karena itu akan membuat permasalahan rambut lebih mudah muncul. Kemudian, selain nutrisi dari dalam, lakukan juga penutrisian dari luar. Lakukan creambath atau hair mask untuk rambutmu secara teratur minimal 1 – 2 bulan sekali.

Bobobox Solusi Liburan Hemat dan Nyaman

bobobox hotel kapsul

Tahukan kamu selain melakukan perawatan rambut di atas berlibur dan bersantai juga bisa membantu merawat kesehatan rambutmu lho. Hal itu karena berlibur bisa mengurangi stress yang merupakan salah satu penyebab tumbuhnya uban dan kerontokan rambut.

Berlibur tidak harus mahal dan menginap di hotel mewah kok. Kamu bisa melakukan staycation dan menginap di Bobobox untuk bersantai. Dengan harga terjangkau kamu bisa mendapatkan pods yang dilengkapi dengan fasilitas oke dan teknologi canggih. Pesan sekarang di aplikasi bobobox atau klik di sini.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.