Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tips Kesehatan; 7 Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan dari Lari

Lakukan secara rutin agar mendapat manfaat yang maksimal

Bobobox.co.id — Olahraga menjadi salah satu yang sering masuk ke dalam tips kesehatan untuk memberikan tubuh yang sehat dan bugar. Sehingga, banyak orang yang berusaha untuk melakukan olahraga di sela-sela kesibukan.

Dengan banyaknya kesibukan yang mendera, olahraga yang dilakukan haruslah yang simpel dan tidak terlalu menguras waktumu yang sudah super padat. Hal itulah yang menjadikan lari sebagai alternatif yang paling pas untuk dilakukan.

Pasalnya, lari bisa dilakukan tanpa memerlukan alat tambahan seperti badminton yang membutuhkan raket dan kok. Selain itu, jika kamu tidak bisa melakukannya di trek lari, kamu pun bisa melakukannya di sekitar rumahmu.

Nah, berikut ini merupakan 7 manfaat dari tips kesehatan satu ini yang bisa jadi membuatmu senang untuk melakukannya setiap hari di sela-sela waktumu.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat dari tips kesehatan ini adalah menjaga bahkan menurunkan berat badan. Namun hal tersebut terjadi jika kamu melakukan tips kesehatan tersebut secara rutin misalkan 3 kali seminggu.

Lari sendiri termasuk salah satu olahraga yang sangat efektif untuk melancarkan metabolisme dan memicu pembakaran kalori yang menjadi penyebab luruhnya lemak dalam tubuh.

Semakin rutin dilakukan, maka lemak yang ada semakin cepat berkurang. Dengan berkurangnya lemak, maka risiko kamu terkena obesitas pun semakin menurun.

Namun untuk bisa menurunkan berat badan, kamu pun harus memerhatikan asupan kalorimu setiap harinya. Jika asupan kalori setiap harinya terhitung berlebihan, lari rasanya tidak akan cukup untuk menurunkan berat badanmu.

tips kesehatan menurunkan berat badan

Menjaga Kesehatan Jantung

Selanjutnya, manfaat yang bisa didapat dari tips kesehatan ini adalah menjaga kesehatan jantung. Saat kamu melakukan olahraga lari, detak jantungmu berdegup lebih kecil dibanding biasanya. Hal ini menandakan bahwa jantungmu sedang dilatih untuk lebih kuat lagi.

Bahkan, jika kamu melakukannya secara rutin minimal 16 kilometer per minggu, ada manfaat lainnya yang bisa kamu dapat menyoal jantung dari tips kesehatan ini.

Manfaat yang dimaksud adalah lari rutin lebih dari 16 kilometer per minggu bisa meningkatkan HDL atau kolestrol baik dalam tubuh. Meningkatnya kolestrol baik ini bisa menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular jika dilakukan secara teratur dan lebih dari 50 menit.

Apalalagi jika kamu bisa menambah jarak lari dan waktu tempuh selama olahraga lari. Kamu akan mendapatkan manfaat lebih yang baik untuk tubuhmu.

Meredakan Stres

Meredakan stres menjadi manfaat yang bisa didapat dari tips kesehatan yaitu melakukan olahraga lari. Bagi kamu yang sering mengalami stres karena masalah pekerjaan atau percintaan, kamu bisa mencobanya sendiri.

Pasalnya, saat berolahraga lari, tubuhmu akan memroduksi hormon endorfin. Hormon ini memiliki peranan penting yang bisa memicu munculnya energi positif dalam tubuh.

Sehingga, kamu pun akan merasa tekanan dan rasa khawatir yang melanda hilang sehingga stres pun bisa diredakan. Selain itu, endorfin berfungsi sebagai pengurang rasa sakit dalam tubuh.

Hal ini menyebabkan selain stres yang kamu rasakan menghilang, kamu pun akan merasakan aura positif di dalam tubuhmu. Dengan begitu, moodmu pun akan meningkat dan mendapatkan semangat untuk menghadapi hari di depanmu.

Meningkatkan Stamina

Selain bisa meredakan stres, tips kesehatan ini pun bisa memberimu manfaat lainnya untuk tubuh yaitu meningkatkan stamina. Apalagi, untuk beberapa kasus, ada yang salah kaprah soal efek olahraga lari untuk stamina.

Banyak yang beranggapan bahwa efek olahraga lari bukanlah meningkatkan staminamu malah menurunkan stamina. Hal ini yang menjadikan tubuhmu menjadi lemas.

Padahal, fakta menunjukkan bahwa jika kamu melakukan tips kesehatan yaitu olahraga lari secara rutin, justru tubuhmu akan menjadi lebih bugar dan stamina pun membaik.

Hal tersebut terjadi akibat aliran darah saat olahraga lari tersuplai secara baik ke seluruh tubuh. Sehingga, kamu pun akhirnya akan terhindar dari rasa lemas.

Memperbaiki Kualitas Tidur

Manfaat selanjutnya dari tips kesehatan dari Bob kali ini adalah memperbaiki kualitas tidur. Jika kamu termasuk kelompok orang yang sering kesulitan untuk tidur nyenyak, ada baiknya menyimak detil satu ini.

Cobalah untuk melakukan olahraga lari secara rutin di pagi hari. Dengan semakin meningkatnya rutinitasmu dalam melakukannya, maka masalah insomnia pun bisa berkurang.

Hal ini karena olahraga seperti lari memicu peningkatan suhu tubuh. Saat terjadi penurunan suhu sehabis olahraga, hal inlah yang bisa menyebabkanmu tertidur dengan pulas.

Manfaat yang bisa diambil setelah mendapatkan kualitas tidur yang mumpuni adalah kamu bisa mendapatkan pola hidup yang lebih baik dan kesehatan kulit dan organ pun bisa terjaga dengan baik.

Menguatkan Otot dan Sendi

Manfaat yang satu rasanya sudah kamu ketahui sebelumnya dari tips kesehatan ini. Manfaat dari tips kesehatan yang dimaksud adalah menguatkan otot dan sendi bahkan hingga bisa mengecilkan betis.

Pada dasarnya, saat melakukan olahraga lari, kaki menjadi bagian tubuh yang menjadi andalan dengan lutut yang menjadi bagian tumpuan saat berlari.

Nah, dengan ketika olahraga lari inilah, otot serta tulang kaki akan semakin terlatih. Khususnya saat dilakukan secara rutin, struktur kaki dan koordinasinya pun akan semakin membaik.

Bahkan, tidak hanya itu saja, kamu pun akan mendapatkan ukuran betis yang lebih kecil dibanding sebelumnya. Hal ini tentu saja jika kamu menjadikan olahraga lari sebagai salah satu rutinitasmu.

Untuk orang berusia lanjut, olahraga lari akan memberi manfaat lebih. Pasalnya, olahraga lari akan mencegah penyakit sendi degeneratif atau ostearthiritis.

Meningkatkan Memori Otak

Manfaat terakhir dari tips kesehatan olahraga lari adalah meningkatkan memori otak. Bagi kamu yang sering lupa menaruh barang, sebaiknya cobalah untuk melakukannya secara rutin.

Saat kamu sedang melakukan olahraga lari, otak akan menghasilkan solusi kreatif untuk beberapa masalah yang misalkan sedang kamu hadapi saat ini. Hal ini terjadi karena adanya asupan oksigen yang membantu sistem saraf pusan berfungsi lebih aktif lagi.

Hal ini didukung dengan penelitian bahwa olahraga lari yang teratur bisa meningkatkan ukuran hippocampus. Hippocampus sendiri merupakan area otak yang terlibat secara langsung dalam memori verbal dan kognitif.

Penelitian lainnya menunjukkan bahwa organ otak para pelari memiliki hubungan yang erat antara jaringan frontal dan parietal dengan area lain yang berkaitan dengan kontrol diri dan daya ingat.

Dengan fungsi otak yang berfungsi lebih aktif, maka tidak heran jika hal tersebut bisa meningkatkan ingatanmu baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek.

Mendapat Pengalaman Menginap Berbeda? Bobobox Jawabannya

Kebingungan dalam memilih akomodasi penginapan saat berada di Semarang? Tidak perlu khawatir karena kamu bisa langsung saja datang ke Bobobox Pods Kota Lama.

Bobobox Pods Kota Lama siap memberikan pengalaman menginap yang berbeda. Fasilitas-fasilitas yang keren dan kekinian menjadi hal mengapa kamu akan mendapatkan pengalaman menginap yang berbeda dibanding di tempat lain.

Penasaran seperti apa pengalaman menginap di Bobobox? Pesan segera podnya melalui aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.