Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tips Kesehatan Mengatasi Mabuk Di Perjalanan Ala Bob!

Tips kesehatan ini dijamin bikin perjalanan kamu lebih menyenangkan!

Tips kesehatan ala Bob kali ini akan membahas mengenai cara mengatasi mabuk di perjalanan yang mungkin pernah kamu alami. Sebagian orang cenderung mudah mengalami mabuk perjalanan karena perjalanan yang terasa melelahkan. Saat kamu akan melakukan perjalanan yang cukup ada baiknya kamu melakukan banyak persiapan. Namun kamu tak perlu khawatir karena dengan mengikuti beberapa tips kesehatan berikut kamu dapat menghindari terjadinya mabuk di perjalanan.

Kondisi mabuk di perjalanan ini biasa dialami saat berada di kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Hal umum yang biasanya dirasakan saat mabuk di perjalanan adalah kondisi pusing dan mual. mabuk di perjalanan tentu merupakan kondisi yang tidak nyaman dan tidak pernah menyenangkan. Faktanya mabuk perjalanan ini terjadi karena disebabkan oleh kebingungan sensorik.

Sensorik seperti mata dan telinga bagian akan mendapatkan sinyal yang bertentangan tentang gerakan yang terjadi di sekitar kamu. Kondisi mabuk perjalanan ini dapat memengaruhi siapa pundalam semua jenis kendaraan yang bergerak. Baik perempuan ataupun laki-laki, tua maupun muda memiliki kemungkinan mabuk di perjalanan yang sama. Oleh karena itu Bob akan memberikan kamu tips kesehatan untuk mengatasi mabuk di perjalanan seperti berikut ini!

Tips Kesehatan Mabuk Perjalanan: Jangan Berpergian Dengan Perut Kosong

Saat kamu bepergian jarak jauh dengan kendaraan pastikan perut kamu tidak kosong. Bepergian dengan perut kosong faktanya dapat membuat kamu lebih rentan mengalami mabuk perjalanan. Tips kesehatan dari Bob untuk menghindari mabuk perjalanan adalah dengan makan sesuatu yang ringan 45 hingga 60 menit sebelum bepergian.

Kamu bisa mencoba mengkonsumsi biskuit atau roti yang dapat membantu menenangkan perut kamu sebelum memulai perjalanan. Dengan memastikan perut kamu tidak posong saat perjalanan akan membuat kemungkinan kamu untuk muntah menjadi lebih kecil.

Tips Kesehatan Mabuk Perjalanan: Mengemil Selama Perjalanan

tips kesehatan makanan
Photo credit: Adam Śmigielski

Selain memastikan perut kamu tidak kosong dan mengisi perut kamu dengan makanan sebleum memulai perjalanan, baiknya kamu pun tidak lupa untuk mengemil. Pastikan untuk mengkonsumsi makanan ringan setiap beberapa jam selama perjalanan untuk menjaga makanan tetap ada di perut. Kamu bisa memakan makanan apa pun yang rendah lemak dan asam. Kamu bisa mengemil makanan ringan setiap 1 atau 2 jam sekali selama perjalanan.

Jangan sampai kamu melewatkan waktu makan kamu. Istirahatlah di tempat makan atau rest area yang tersedia di tengah perjalanan untuk ebristiahat sekaligus mengisi perut kamu. Tips kesehatan ini berguna karena faktanya perut kosong dapat memperburuk rasa mual yang kamu rasakan saat perjalanan.

Setelah selesai makan, hindari berbaring selama setidaknya 30 menit setelah makan. Berbarig setalh makan dapat menekan perut kamu dan membuat rasa mual meningkat. Makanan berminyak juga pedas dapat memicu rasa mual. Oleh karena itu hindari makanan berminyak dan pedas sebelum dan selama perjalanan.

Tips Kesehatan Mabuk Perjalanan: Pilih Tempat Duduk Yang Tepat

mutualisme-with-bobobox-cover

Siapa yang mengira jika posisi duduk kamu dalam kendaraan saat perjalanan membuat sebuah pebedaan. Faktanya menurut Mayo Clinic posisi tempat duduk dalam kendaraan dapat menentukan munculnya tingkat mabuk perjalanan. Untuk meminimalisir mabuk perjalanan kamu bisa memilih posisi tempat duduk paling depan saat berkendara dengan mobil.

Saat kamu berkendara dengan kereta api, tips kesehatan menyebutkan duduk di sebelah jendela dan menghadap ke depan. Duduk menghadap ke arah yang dilalui kereta dapat membantu mengurangi rasa mabuk perjalanan. Hindari untuk duduk berlawanan dari arah perjalanan kamu.

Jika kamu berkendara dengan kapal, cari kabin kapal yang cukup tinggi di dekat tengah kapal. Untuk kamu yang berkendara dengan pesawat terbang, cobalah untuk duduk di bagian tengah pesawat tepat di bagian depan kedua sayap pesawat.

Tips Kesehatan Mabuk Perjalanan: Istirahatkan Mata

Tips kesehatan berikutnya disampaikan oleh American Academy of Otolaryngology bagian Bedah Kepala dan Leher. Disampaikan bahwa orang-orang yang rentan terhadap mabuk perjalanan direkomendasikan untuk duduk di kursi yang menghadap ke depan dan menghindari membaca saat bepergian. Hal ini dikarenakan fokus mata dapat memberi peran mengurangi mabuk perjalanan.

Kamu bisa memfokuskan pandangan kamu pada langit, gunung, atau rambu jalan. Hindari memainkan ponsel selama perjalanan. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit pun merekomendasikan untuk mengurangi input sensorik dengan berbaring, memandang cakrawala, atau menutup mata.

Tips Kesehatan Mabuk Perjalanan: Dapatkan Udara Segar Yang Cukup

Mabuk perjalanan dapat membuat Anda merasa panas dan berkeringat, dan angin (atau hembusan udara bertiup ke arah Anda) dapat membantu Anda merasa lebih baik. Untuk mencegah mabuk laut, berdirilah di luar (di atas dek kapal) di udara dingin selama beberapa menit.

Buka ventilasi udara segar sebisa mungkin. Untuk perjalanan menggunakan mobil atau bus, buka kaca jendela untuk mendapatkan udara segar. Udara segar alami lebih baik dari udara yang dikeluarkan oleh pendingin kendaraan.

Jika tahu kondisi kita cepat mual saat naik kendaraan, sebaiknya mencari tempat duduk yang dekat dengan jendela. Hindari juga wewangian dengan aroma kuat, makanan, atau bensin yang bisa menambah perut mual.

Tips Kesehatan Mabuk Perjalanan: Mengunyah Permen Jahe

Indonesia dikenal kaya akan rempah-rempah yang memberi banyak manfaat pada keshatan tak terkecuali dengan jahe. Banyak riset yang telah membuktikan manfaat jahe dalam mengatasi dan mencegah mabuk perjalanan. Saat kamu akan memulai perjalanan, tips kesehatan yang bisa kamu lakukan adalah mengkonsumsi jahei. Kamu bisa mengkonsumsi manisan jahe, mengisap permen rasa jahe, menelan kapsul jahe, atau meminum air jahe.

Jika kamu tidak bisa menemukan jahe di sekitar kamu, kamu bisa mengatasinya dengan tips kesehatan lainnya yaitu dengan mengkonsumsi permen peppermint. Permen mint juga dikenal ampuh dalam mengurangi mabuk perjalanan. Kandungan mint yang menyegarkan dapat membantu kamu bernafas dengan lebih ringan. Jahe dan peppermint juga dikenal dapat menghangatkan perut dan mencegah munculnya rasa mual saat perjalanan.

virus corona

Tips Kesehatan Mabuk Perjalanan: Tidur Cukup

Bob sarankan untuk melakukan konsultasi ke dokter saat semua tips kesehatan di atas tak cukup membantu mengatasi mabuk perjalanan kamu. Saat rasa mual sepanjang perjalanan sudah terasa sangat parah dan tak tertahankan, jangan ragu untuk segera menemui dokter.

Selain itu tips kesehatan berikutnya adalah dengan memiliki waktu tidur yang cukup sebelum melakukan perjalanan jauh yang akan membuat badan kamu terasa segar juga bisa mengurangi rasa mual. Saat kamu akan bepergian jauh hingga harus bermalam selama perjalanan kamu bisa beristirahat sejenak di penginapan.

Penginapan yang nyaman akan membantu kamu memulihkan rasa lelah, pusing, juga mual setelah lama dan jauhnya perjalanan yang kamu tempuh. Bobobox merupakan salah satu penginapan nyaman dengan harga terjangkau yang bisa kamu temukan di beberapa kota di Indonesia. Unduh aplikasi Bobobox untuk book kamar kapsul pilihan kamu. Semoga tips kesehatan ini bermanfaat untuk kamu ya!

You might also like